Secangkir Kehangatan Untuk Masa Kehamilan



Menjalani kehamilan ketiga dengan jarak 7 tahun dengan anak kedua, merupakan tantangan tersendiri. Di satu sisi, ada rasa lega karena anak pertama dan kedua sudah bisa mandiri dalam beberapa hal. Namun di sisi lain juga sedikit cemas karena hal lainnya. Bisakah mengurus satu anak lagi? Bisakah menafkahi ketiga anak nanti? Dan pertanyaan lainnya. Tetapi, dibandingkan perasaan cemasnya, saya lebih fokus ke menjalani kehamilan dengan mengalir dan berusaha positif thinking saja.


Setiap perempuan memiliki gejala yang berbeda ketika hamil karena kondisi tubuhnya berbeda-beda. Jangankan dengan perempuan lain, jika dibandingkan dengan kehamilan anak pertama dan kedua, kehamilan saya yang ketiga ini juga punya perbedaan. Di kehamilan pertama, saya mengalami morning sickness yang cukup parah. Setiap selesai makan, pasti saya akan muntah di kamar mandi. Dan juga, saya paling tak tahan makan telor dan langsung memuntahkannya. Pada kehamilan kedua, saya tidak mengalami morning sickness yang parah sehingga saat itu saya yang masih bekerja sebagai pengajar masih bisa tetap beraktivitas. Sedangkan pada kehamilan ketiga ini, ada rasa mual tapi tidak terlalu kentara. Namun saya jadi malas makan sehingga badan lemas dan cepat lelah.

Mual pada wanita hamil merupakan hal yang biasa terjadi karena adanya perubahan hormon kehamilan. Sekitar 85 persen wanita hamil akan mengalami mual ketika hamil trimester pertama. Mual bisa dialami pagi, siang, atau malam hari. Wanita hamil yang mengalami mual dan muntah disarankan untuk mencoba pola makan dalam porsi sedikit namun sering, hindari makanan yang berbau tajam atau pilihlah cemilan tinggi protein yang lebih tawar, minum air secara teratur dan hindari makanan atau minuman yang asam jika memicu mual. Jika mual tidak juga berkurang hingga lebih dari 12 minggu, menyebabkan dehidrasi, dan membuat kita sama sekali tidak bisa mengonsumsi makanan jenis apa pun maka ini tergolong tidak normal. Kita harus segera memberi tahu dokter karena bisa jadi kita memerlukan perawatan di rumah sakit.

herbadrink sari jahe

Syukurlah, morning sickness yang saya alami tidak terlalu parah. Saya bersyukur dan memang berharap semua proses kehamilan ini dimudahkan. Semua saran di atas sudah berusaha saya jalankan untuk mengurangi rasa mual. Saya juga meminum secangkir minuman jahe untuk mengurangi rasa mual. 

Ada mitos yang mengatakan bahwa ibu hamil dilarang minum minuman jahe karena rasa panasnya bisa membayakan janin di dalam perut. Padahal, selama konsumsinya masih dalam batas kewajaran, jahe manfaatnya banyak untuk ibu hamil. Jahe mengandung vitamin, zat besi yang bisa menaikkan HB tubuh ibu hamil, asam folat yang sangat bermanfaat untuk ibu hamil, minyak atsiri yang menenangkan, dan manfaat lainnya.

Tanaman dengan nama ilmiah Zingiber officinale ini juga mampu memblok serotonin, yaitu senyawa kimia yang dapat menyebabkan perut berkontraksi sehingga timbul rasa mual, termasuk mual akibat morning sickness. Rasa hangat dari minuman jahe membuat perut saya nyaman dan hangat saat mengonsumsinya. Setelah itu, biasanya saya memilih istirahat dan bangun lagi dengan badan yang lebih segar.

manfaat jahe untuk ibu hamil
pixabay.com

Cara membuatnya juga mudah. Geprek saja jahe dan rebus dengan sedikit gula merah atau pemanis lainnya seperti madu. Tapi, kadang-kadang rasa mual menyebabkan saya jadi enggan melakukan berbagai hal termasuk pergi ke dapur untuk mengolah secangkir minuman jahe. Padahal, hal ini tidak bisa dibiarkan karena saya harus melakukan sesuatu agar badan saya nyaman. Jadi, saya menyiapkan minuman jahe instan di rumah agar lebih praktis. Saya memilih Herbadrink Sari Jahe karena pedasnya pas dan sugar free

Berbeda dengan jahe merah yang sangat pedas yang sering dikonsumsi suami saya saat masuk angin, Herbadrink Sari Jahe pedasnya pas banget buat saya yang dalam kondisi hamil. Hangatnya sari jahe yang mengalir di tenggorokan membuat badan nyaman dan hangat. Manisnya Herbadrink Sari Jahe juga pas, tidak terlalu manis. Kalau terlalu manis justru biasanya akan membuat tenggorokan saya sakit, karena saya sangat sensitif dengan rasa yang sangat manis. Selain itu, kelebihan Herbadrink adalah diolah dari ekstrak jahe murni pilihan dan berkualitas, diproses dengan teknologi modern, serta tanpa pengawet dan tanpa endapan sehingga sangat aman dikonsumsi.

herbadrink sari jahe


Praktis banget kalau ada Herbadrink. Saya tinggal seduh 1 sachet Herbadrink Sari jahe dengan 150 ml air panas atau dingin. Dalam 1 dus Herbadrink Sari Jahe ada 5 sachet @ 22 gram. Selain Herbadrink Sari Jahe, ada juga varian lainnya seperti Herbadrink Sari Temulawak, Lidah Buaya, dan lain-lain dengan manfaatnya masing-masing. Lain kali, mau coba juga deh varian Herbadrink lainnya. Oh ya, Herbadrink ini bisa dibeli di supermarket atau toko online. Harganya kurang lebih sekitar 15 ribuan per dus. 

Bagaimana dengan teman-teman, apa yang biasanya dilakukan saat mengalami morning sickness? Apakah secangkir kehangatan dari Sari Jahe adalah pilihan anda juga untuk meredakan rasa mual?

Comments

  1. semoga lancar terus sampai tiba waktu melahirkan nanti ya Mba. :)

    ReplyDelete
  2. Wah jadi anget ya mba, nggak perlu potong" dan rebus. .Lebih praktis

    ReplyDelete
  3. Wah mba Kania lg hamil selamat ya...klo lg hamil memang lbh aman konsumsi yg alami spt herbadrink ini

    ReplyDelete
  4. Sehat-sehat terus ya Mbak.
    Btw, herbadrink emang enak ya. Variannya juga banyak :)

    ReplyDelete
  5. Herbadrink juga favoritku mba. Aku suka yg temulawak dan lidah buaya :)

    ReplyDelete
  6. Hangatnya herbadrink jahe bikin nyaman badan dan lambung ya mba. Semoga sehat terus.

    ReplyDelete
  7. Saya pun kalau pas perut kembung atau ngrasa nggak enak biasa bikin wedang jahe. Kadang ditambah sereh dan lemon juga, enak.

    ReplyDelete
  8. Semoga mbak dan dede bayinya sehat ya.. herbadrink alami dan memang pas buat mengembalikan kesehatan badan.

    ReplyDelete
  9. Aku yang enggak hamil ajah kalau pagi mesti mual dan kadang muntah hlo, Mbak... aku juga mengkonsumsi Sari Jahe Herbadrink ini...

    sehat-sehat terus yaa bumil...

    ReplyDelete
  10. Teteeh, sekali lagi saya ucapkan selamat ya atas kehamilannya,s ehat selalu ibu dan janinnya, aamiin. Saya malah baru tahu, ibu hamil ndak boleh minum wedang jahe gitu, soalnya dulu saya sering juga makan permen jahe dan minum wedang jahe. Kemaren-kemaren sewaktu suka mual di pagi hari, saya langsung minum wedang jahe, Alhamdulillah mual hilang, tapi mual yang saya alami bukan gejala hamil, tapi tumpukan pikiran, hehehee

    ReplyDelete
  11. Pengalamaku waku hamil muda pengennya minum anget2, tapi pas hamil tua malah pengen yang dingin. Hihi

    ReplyDelete
  12. selamat yaah, mudah - mudahan lancar sampai hari persalinan tiba. Btw saya jadi ingin minum sari jahe nih untuk menghangatkan .

    ReplyDelete
  13. Wah, sy baru tahu loh ini aman buat bumil tyt ya. Mmg setau sy begitu bund, yg mengandung jahe berlebih dilarang. Tyt aman ya. Sy kira ini sifatnya sm kyk larutan masuk angin dsb.. He

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillah saya 3X hamil gak pernah rasain yang namanya morning sickness atau ngidam.
    Dari tulisan mbak Kanis saya pun baru tau kalo Jahe aman dikonsumsi ibu hamil.

    ReplyDelete
  15. Di minum wanita hamil juga aman ya, mba.

    ReplyDelete
  16. Sewaktu hamil aku malah suka minum teh yang airnya aku rebus dengan jahe. Enak ke badan dan nggak membuat mual.

    ReplyDelete
  17. Wah, lagi hamil ya mba? Selamat, ya. Mudah-mudahan selalu diberi kesehatan.

    Btw aku dulu ga ngalamin morning sikcness. Kalau hamil anak kedua, jadi tau nih buat ngusir morning sickness yg ampuh pake apa.

    ReplyDelete
  18. Wah lagi hamil tho, sehat-sehat ya bumil. Dulu, anak ketigaku jaraknya 5 tahun dengan kakaknya yang nomor dua, dan mual-mual sepanjang kehamilan. Salah satu ngatasinya yah minum jahe :)

    ReplyDelete
  19. Wah, sedang hamil tho. Sehat-sehat ya bumil. Dulu, anak ketigaku jaraknya 5 tahun dengan kakaknya yang nomor dua. Selama hamil, mual-mual terus, dan ngatasinya ya minum jahe itu :)

    ReplyDelete
  20. morning sickness aku mual dan mudah capek, jadi biasanya aku banyak istirahat dan mencoba minum yang hangat. Herbadrink mantap ya bisa diminum ibu hamil juga

    ReplyDelete
  21. Semangat menghadapi morning sickness ya mbak. Semoga sehat dan lancar selama kehamilan, persalinan dan setelahnya.

    Dan ternyata herba drink sari jahe ramah utk menetralkan morning sickness ya. Semoga saya segera ketularan hamilnya. Aamiin

    ReplyDelete
  22. Waaa Bumil selamat ya. Semoga sehat ibu dan dedek bayinya.

    ReplyDelete
  23. Wah jahe emang tokcer ya buat morning sickness.
    Selamat atas kehamilannya. Moga sehat selalu ibu dan janinnya.

    ReplyDelete
  24. Semoga lancar ya kehamilannya. Jauh juga jaraknya 7 tahun, aku nanti gimana ya? Hehe. Dulu anak pertama morning sickness di trimester satu. Anak kedua all day sickness, hhaa

    ReplyDelete
  25. waaah aku baru tahu klo mba kania lg hamil lagi, sehat2 yaaa smoga lancar smp hari H

    ReplyDelete
  26. Ooo wanita hamil boleh ya. Saya kira ga boleh buat hamil karena minuman ini masuk kategori jamu kalau ga keliru.

    ReplyDelete
  27. Jd keinget dulu saat hamil anak pertama aku tuh batuk2 sebulan gtu mbak, trus ma dokternya disarankan minum jahe, tapi sayang dulu blm kenal herbadrink. Kalau herbadrink praktis ya.

    ReplyDelete
  28. Sari jahe ini teman setiaku tiap kali musim dingin dan batuk pilek melanda. Secangkir jahe panas bikin badan jadi nyaman.

    ReplyDelete
  29. Herbadrink ini aku suka banget yang Lidah Buaya diminum tambah es batu segerrr banget

    ReplyDelete
  30. Meski lagi hamil boleh ya mbk minum sari jahe?

    ReplyDelete
  31. Saya suka Herbadrink jahe, apalagi kalau ditambah kopi dan dinikmati pagi hari. Duh, seger :D :D

    ReplyDelete
  32. Wah sekarang praktis ya kalau mau minum jahe gak perlu repot karena ada Herbadrink nih, selain jahe juga ada varian lainnya yang bisa kita minum kapan saja.

    ReplyDelete
  33. Favorit banget ya Sari Jahe Herbadrink ini.. Sehat-sehat yaa bumil dan calon bebi...

    ReplyDelete
  34. selama hamil kemarin aku juga suka banget minum sari jahe, baru tau ternyata sekarang ada minuman serbuk jahe, jadi lebih praktis

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Alhamdulillah, Saya Sudah 2 Kali Operasi Caesar

Wirda Mansur, Anak Muda Inspiratif dan Nyentrik

Agar Ayam Matang Tak Berdarah

Menginap di Hotel Yang Ramah Anak di Bogor