Mengatasi Rasa Eneg dan Kembung Setelah Minum Susu


Assalaamualaikum, teman. Apakah kamu termasuk orang yang minum susu segar secara rutin? Saya termasuk yang suka minum susu sapi segar walaupun tidak rutin. Berbeda dengan anak sulung saya, Kakak Za yang suka sekali minum susu secara rutin. Dalam sehari ia harus minum susu tiga kali, pagi, siang dan sore. Setiap bangun tidur, yang ia minta pertamakali pasti minum susu. Padahal, saat ia masih kecil dan baru lepas dari ASI, si sulung sempat alergi terhadap susu sapi dan mengalami diare. Tapi seiring dengan pertumbuhan usia dan pertahanan tubuhnya yang semakin baik, ia malah yang paling rajin minum susu diantara semua anggota keluarga kami.


Saya sendiri suka minum susu segar dengan diolah menjadi minuman dingin seperti es susu, milkshake, pudding susu, dan sebagainya. Saya paling sering membuat milkshake karena membuatnya cukup mudah. Caranya dengan mencampurkan susu, buah kesukaan, es batu dan sedikit gula pasir, lalu memblendernya. Hmm, rasanya nikmat banget dan menyegarkan karena ada tambahan buah segarnya. Dan, tentu saja jadi lebih sehat. 

Mengatasi Rasa Eneg dan Kembung Setelah Minum Susu


Dalam segelas susu segar mengandung banyak vitamin, protein, lemak, asam amino, potassium, kalsium, zat besi, magnesium, seng, tembaga, dan zat yang lainnya. Semua zat itu baik untuk tubuh karena bermanfaat untuk kesehatan tulang, jantung, otak, karbohidrat sebagai sumber energi dan vitamin untuk mendukung fungsi tubuh. 

Namun, dengan kandungan baik yang banyak itu, belum banyak orang Indonesia yang mengonsumsi susu. Berdasarkan data Kementerian Pertanian tahun 2016, konsumsi susu di Indonesia saat ini masih lebih rendah dibandingkan dengan negara ASEAN lainnya. Sebagian orang melewatkan manfaat dari susu sapi segar karena merasa mual, menimbulkan diare, atau karena alergi. 

Alhamdulillah, saya sendiri tidak ada masalah dengan minum susu sapi. Aman-aman saja. Namun tidak dengan putri saya. Jika minum susu terlalu banyak, ia akan merasa mual. Makanya, ia hanya sanggup meminum susu secangkir kecil saja setiap kali minum. 

Menurut Pakar gizi, dr. Rizal Alaydrus, MSc., ternyata gejala mual, kembung, atau diare setelah mengonsumi susu terjadi karena kandungan protein beta casein A1 dalam susu yang bereaksi dengan protein pencernaan lainnya di dalam tubuh. Hal ini memicu gejala yang menyerupai intoleransi terhadap laktosa, seperti ketidaknyamanan perut, flatulensi (akumulasi gas berlebih dalam perut dari usus besar), kembung, dan diare yang terjadi setelah mengonsumsi produk susu.

Susu sapi pada umumnya memiliki kandungan protein A1 dan protein A2 dengan rasio 40% dan 60%. Awalnya sapi di seluruh dunia hanya menghasilkan protein A2 saja, namun seiring berjalannya waktu dan adanya mutasi genetik, saat ini semakin banyak sapi yang menghasilkan susu dengan kandungan protein A1.

Mengatasi Rasa Eneg dan Kembung Setelah Minum Susu


Saat ini, susu dari sapi A2 tengah mendapat perhatian dari dunia kesehatan karena potensinya dalam menjadikan susu sapi lebih baik dari segi nutrisi maupun dari segi toleransi oleh sistem pencernaan. Susu yang hanya mengandung protein A2, dipercaya lebih mudah dicerna oleh tubuh dan nutrisinya lebih mudah diserap.

Berita baiknya, di Indonesia sekarang sudah hadir KIN Fresh Milk, Susu dari sapi A2 yang hanya mengandung protein A2 (tanpa protein A1) sehingga lebih mudah dicerna dan nyaman di perut. KIN Fresh Milk terbuat dari 100% susu segar, alami tanpa ada yang ditambahkan atau dikurangi kandungannya. Penasaran kan seperti apa rasanya susu dari sapi A2?

Saya dan keluarga sudah coba nih susu ini. KIN Fresh Milk tersedia dalam 3 rasa original, chocolate, dan coffee yang bisa kita pilih sesuai dengan selera kita. Semua rasanya enak dan segar. Untuk anak-anak, pasti deh rasa yang mereka suka adalah KIN Fresh Milk Chocolate. Dan untuk orang dewasa, biasanya KIN Fresh Milk Coffee jadi pilihan menarik, termasuk suami saya juga menyukainya.

Mengatasi Rasa Eneg dan Kembung Setelah Minum Susu


Kemasan botol KIN Fresh Milk sebanyak 200 ml susu segar, sangat praktis dibawa kemanapun. Saya jadi tidak khawatir saat mau jalan bareng keluarga, karena KIN Fresh Milk bisa dimasukkan ke tas untuk bekal di perjalanan tanpa takut tumpah. 

Untuk kamu yang suka merasa mual dan eneg setelah minum susu, KIN Fresh Milk Susu Berkelas Dari Sapi Teratas  ini bisa jadi solusi yang tepat untuk dikonsumsi. Dan kamu akan tetap mendapat manfaat susu tanpa terganggu dengan rasa mual dan eneg. Asyik, kan! Untuk mendapatkan KIN Fresh Milk pun cukup mudah kok. Karena produk ini sudah tersedia di minimarket dan supermarket terdekat. 

Untuk informasi lebih lengkap tentang KIN Fresh Milk, kamu bisa kunjungi media sosial KIN Fresh Milk berikut ini.

www.kindairy.com
Instagram: @kindairyid

Comments

  1. wah belum coba merek ini jadi penasaran pingin coba jugaa

    ReplyDelete
  2. wah sejak usia di aats 40 tahun kl minum susu seagr suak diare

    ReplyDelete
  3. setelah suia menua paling gak bisa minum susu segar

    ReplyDelete
  4. Aku juga sebelumnya sempat suka eneg dan malah mulas kalo minum susu. Padahal sewaktu kecil aku paling suka minum susu. Sekarang baru nyaman lagi minum susu, setelah aku biasain minum susu dengan porsi sedikit dan disajikan dingin. Minum produk susu olahan kayak yoghurt atau susu dengan varian rasa juga ngebantu banget. Setuju sama semua tips yg Mbak bagikan :) Thank you for sharing!

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Alhamdulillah, Saya Sudah 2 Kali Operasi Caesar

Wirda Mansur, Anak Muda Inspiratif dan Nyentrik

Agar Ayam Matang Tak Berdarah

Menginap di Hotel Yang Ramah Anak di Bogor