Menyiapkan Keperluan Bayi Sejak Trimester Pertama Kehamilan, Bolehkah?



Menyiapkan keperluan bayi sejak trimester pertama, boleh nggak ya? Banyak orang yang bilang pamali, kalau menyiapkan keperluan bayi sebelum 7 bulan. Entahlah, apa alasan sebenarnya. Saya sendiri di kehamilan ketiga ini sudah mencicil beberapa keperluan bayi sejak trimester pertama. Alasannya, sederhana dan realistis saja. Keperluan bayi itu banyak dan butuh banyak dana. Kalau tidak dicicil sejak awal, akan terasa berat ketika bayi akan lahir.

Saya mulai membongkar lemari di saat luang untuk mencari berbagai keperluan bayi bekas kakak Za dan Ra. Hasilnya, saya menemukan kain-kain bedong dan perlak bekas kakak Za dan Ra. Memang sebagian kain bedong sudah lusuh, tapi masih banyak juga yang masih bagus terutama kain-kain batik pemberian ibu saat melahirkan kakak Za. 

bayi
pixabay.com

Berburu Flash Sale juga saya lakukan untuk berburu keperluan bayi yang murah meriah. Resikonya, kalau berburu flash sale harus cepat-cepatan dengan pembeli yang lain. Sakit hati deh pokoknya kalau tidak dapat barang yang diinginkan dengan harga miring banget dari flash sale, hehe. Tapi ya sudahlah, bukan rejekinya kali ya. 

Di beberapa toko online seperti Shopee, Lazada, dan Bukalapak, seringkali item barang yang di-sale adalah keperluan bayi seperti popok. Yup, ini penting banget nih, POPOK bayi, terutama popok kain yang bisa dicuci dan dipakai berulang kali. Karena pengalaman dengan anak-anak sebelumnya, urusan buang air anak ini cukup membuat ibu stress, apalagi kalau ibu baru melahirkan. Di saat tubuh butuh istirahat, eh anak malah pup atau buang air kecil. Dan namanya bayi, frekuensi baung airnya pasti sering dan tidak bisa diprediksi.

Sekarang banyak popok kain yang tahan air, bahkan sejak bayi baru lahir. Tapi ya itu, harganya lebih mahal dibandingkan dengan popok biasa. Dan pastinya akan butuh banyak popok kain buat persedian ganti. Makanya, mencicil keperluan bayi seperti popok sejak trimester pertama menurut saya adalah langkah bijak dan realistis. 

sepatu bayi
pixabay.com


Keperluan bayi lainnya seperti kasur, menurut anda perlu tidak sih? Kan bayi bisa diletakkan di ranjang orangtuanya. Pengalaman saya, saat bayi diletakkan di ranjang orangtuanya (yang biasanya tinggi dan penghalangnya hanya berupa bantal dan guling), bayi berpotensi jatuh ke bawah ranjang. Ini pernah dialami oleh adik Ra saat masih bayi. Ia berkali-kali jatuh ke bawah ranjang sehingga membuat saya khawatir. Masalahnya, ranjang bayi itu tidak murah, makanya mencicil dari trimester pertama adalah sebuah solusi. Kalau tidak membeli ranjang bayi pun tidak apa, asal harus ekstra pengawasan terhadap bayi yang sedang tidur agar tidak terjatuh ke bawah ranjang. 

Keperluan bayi lainnya yang bisa dicicil dari trimester pertama adalah handuk, selimut, kaus kaki, seatu, jaket bayi, topi bayi, gendongan, dan keperluan bayi lainnya yang terutama dibutuhkan saat bayi baru lahir pertama kali. Jangan lupa untuk mencicil keperluan ibu baru melahirkan juga seperti vitamin, breatpad, pembalut, dan sebagainya.

Comments

Popular posts from this blog

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Alhamdulillah, Saya Sudah 2 Kali Operasi Caesar

Wirda Mansur, Anak Muda Inspiratif dan Nyentrik

Menginap di Hotel Yang Ramah Anak di Bogor

Agar Ayam Matang Tak Berdarah