Sudah Bekerja Keras, Boleh Dong Manjakan Diri dan Keluarga



Ada yang sudah pernah nonton drama korea berjudul What’s Wrong With Secretary Kim? Saya bukan mau membahas sosok peran utamanya, tapi salah satu peran pembantunya. Di drama tersebut, diceritakan seorang karyawan laki-laki yang setiap hari memakai jas itu-itu saja ke kantor dan kaos yang itu-itu saja saat di rumah. Ketika ditanya oleh teman kantornya, ia bilang bahwa ia sedang bekerja keras untuk menabung untuk masa depan. Dan jumlah tabungannya memang bernilai lumayan untuk seorang single, sehingga sempat membuat temannya yang bertanya terkejut. Tapi, sang teman menyarankan agar ia sedikit memanjakan diri atas kerja kerasnya itu dengan membeli jas dan kaus baru untuk gonta-ganti agar tidak terlihat memakai pakaian yang itu-itu saja.


Hmm, menurut kamu boleh tidak sih memanjakan diri setelah bekerja keras? Menurut saya, selama wajar-wajar saja dan tidak berlebihan ya tidak apa-apa menghadiahi diri dengan sesuatu setelah bekerja keras. Karena sesuatu yang berlebih-lebihan itu biasanya akan berdampak buruk. Misalnya saja nih, suami seharian sudah bekerja keras bekerja di luar rumah. Sampai di rumah, biasanya ia ingin bersantai dan dijamu serta dilayani oleh istri. Biarkan saja dulu ia memanjakan dirinya. Baru deh kalau ia sudah terlihat tidak capek, kita sebagai istri minta ijin untuk mengungkapkan kebutuhan kita atau meminta bantuannya.

Ibu rumah tangga yang Cuma di rumah saja pun layak loh buat memanjakan diri setelah bekerja keras di rumah. Mungkin banyak yang menyepelekan pekerjaan rumah tangga, bahkan kadang orang terdekat kita pun demikian. Jangan salah, seringkali pekerjaan ibu rumah tangga tidak hanya di dapur, sumur, dan kasur, tapi juga merangkap sebagai tukang ojek anak, guru anak, bahkan pencari nafkah tambahan!

Ada kalanya jenuh melanda ibu rumah tangga mengerjakan pekerjaan yang rutin setiap harinya. Kalau sudah jenuh, mood akan memburuk dan mempengaruhi anggota keluarga lainnya. Makanya, perlu lah memanjakan diri sendiri walau dengan hal kecil agar hati bahagia. Beberapa kegiatan ini mungkin bisa menginspirasi anda untuk memanjakan diri sendiri setelah seharian bekerja keras di rumah.

  1. Kopi, Cemilan, Buku, dan Nonton

kopi
picabay.com

Setelah anak dan suami berangkat, siapkan secangkir kopi panas. Sesap kopi sedikit demi sedikit sambil selonjoran, menikmati cemilan, membaca buku yang ringan atau menonton tayangan favorit. Ini kegiatan memanjakan diri yang murah meriah kan, dan bisa dilakukan semua orang. 

Dulu sebelum hamil, minum secangkir kopi sambil menulis blog adalah kegiatan memanjakan diri yang lumayan menghibur buat saya. Menulis itu konon sebagai terapi jiwa, karena kita bisa mencurahkan perasaan dan pikiran lewat tulisan. Tulislah apa saja yang ingin kita tulis. Jika kita tidak ingin tulisan kita di blog dibaca oleh semua orang, bisa kok kita setting untuk bacaan pribadi saja seperti diary online.

  1. Dipijat
pijat
pixabay.com

Hmm, mendengar kata dipijat saja saya membayangkannya nikmat banget deh. Sesekali boleh juga nih memanjakan diri dengan dipijat setelah bekerja kerjas di rumah. Tidak perlu pijat yang mahal, tapi tidak juga asal pilih tukang pijat. Banyak tempat yang menyediakan jasa pijat wanita mulai dari terjangkau sampai yang mahal sekali dengan fasilitas lengkap. Pilih saja yang sesuai kemampuan. Kalau masih tetap tidak ada anggaran, minta tolong suami saja memijati kita di area yang dibutuhkan. Toh tidak lama dan jadi bisa semakin harmonis nih kalau tukang pijatnya suami sendiri, ehmm.

  1. Libur Masak, Beli Masakan Jadi, Atau Makan di Luar
ayam bakar pak tok bintaro

Boros! Eit, tunggu dulu, makan di luarnya dimana dulu dong, Makan di teras rumah juga sudah termasuk makan di luar hehe, biar suasananya lain daripada biasanya. Kadang-kadang kan ibu rumah tangga malas masak karena kehabisan ide atau kecapean, dan ingin dimanja dengan dimasakin suami, beli jadi di warung, atau sekalian saja makan di luar di tempat makan yang terjangkau. 
 
Beberapa hari yang lalu, saya diajak kakak ipar saya makan di sebuah tempat makan di wilayah Bintaro. Sambil menikmati hidangan, kita ngobrolin segala hal. Kakakku ini kebetulan habis beres-beres rumahnya yang cukup luas. Capek dan ingin menikmati makanan pedas, beliau pun mengajak saya ke sebuah restoran sunda yang menyajikan sambal. Duuh, nikmat banget memanjakan diri dengan sepaket nasi liwet yang di dalamnya ada sambal, ikan asin dan sayur asem yang super sueger. 

  1. Belanja
belanja
pixabay.com

Kalau lagi ada rejeki, memanjakan diri dengan berbelanja boleh juga dong. Seringkali saat mendapat honor dari menulis, saya pakai sebagian untuk membeli kebutuhan diri sendiri seperti pakaian dan kosmetik. Kalau sekarang, karena mau ada anggota baru di rumah, saya juga memanjakan anggota keluarga dengan mencicil berbelanja kebutuhan bayi.
  
Pas banget ada Hari Berbelanja Terbesar di dunia tanggal 11 bulan 11 nanti. Lazada sebagai destinasi belanja dan berjualan online nomor satu di Asia Tenggara sangat mendukung perayaan 11.11. Tahun ini, Lazada mengadakan festival belanja dengan Diskon Terbesar 24 Jam pada 11.11. Lazada 11.11 akan memanjakan semua orang dengan berbagai penawaran menarik dan memberikan pengalaman berbelanja yang tak terlupakan buat semua orang.

lazada.co.id


Buat saya, berbelanja ketika pesta diskon seperti ini adalah momen istimewa untuk mewujudkan berbagai wishlist untuk bayi baru yang akan hadir di keluarga. Maklum, udah 7 tahun berlalu sejak anak kedua lahir. Berbagai keperluan bayi bekas anak pertama dan kedua sudah banyak yang dihibahkan, karena saya awalnya tidak berencana untuk hamil lagi. Sehingga saya harus mempersiapkan berbagai kebutuhan bayi (juga ibu hamil) dari awal lagi.

Ini wishlist yang ingin saya wujudkan di Lazada 11.11.

  • Kasur Bayi

lazada.co.id

Idealnya sih ranjang bayi ya, biar aman dan nyaman buat bayi. Sayangnya, kamar di rumah sempit jadi sepertinya kasur bayi baru sudah cukup untuk kebutuhan bayi baru nanti. Tidak perlu yang mahal, yang penting bahannya lembut dan nyaman buat bayi.

  • Keperluan mandi bayi
bak mandi lazada


Bayi baru lahir berbeda denga orang dewasa. Perlengkapan mandinya pun harus khusus untuk bayi, seperti bak mandinya, sabun dan shampoonya, handuknya sebaiknya berbahan lembut, dan sebagainya. Dan semuanya itu tak satupun belum saya siapkan! Mudah-mudahan Lazada 11.11 bisa mewujudkannya.

  • Pakaian dan popok Bayi
Walaupun bayi cepat besar, tetap harus sedia banyak pakaian dan popok untuk ganti. Karena kulit bayi itu sensitif. Baju basah sedikit karena keringat atau air susu, sebaiknya diganti. Baju kotor karena makanan bayi atau air susu, sebaiknya juga ganti. Apalagi popok, pasti akan sering ganti Karena bayi baru lahir frekuensi buang air kecilnya sering.

popok bayi
lazada.co.id
 
Cita-cita saya sih ingin sedia popok kain yang tahan air, yang bisa menyerap cairan dan tidak membasahi orang yang menggendong. Membayangkan masa punya bayi dulu, rasanya repot sekali harus sering ganti popok sehingga untuk mengerjakan pekerjaan lain sudah lelah duluan. Sayanya juga harus sering ganti baju yang terkena air kencing, serta cucian jadi semakin banyak. Kalau tidak segera ganti, kulit bayi dan ibunya bisa iritasi. Kalau punya popok kain yang bisa menyerap air kencing, jadi bisa sedikit memanjakan diri setelah lelah mengurus anak kan. Punya bayi itu meski bahagia ya tetap capeee laaah.

Sayangnya, popok kain yang bisa menyerap air kencing itu harganya lumayan mahal loh disbanding popok kain biasa. Makanya nih, berharap banget sama Lazada 11.11, please..wujudkan wishlist saya.

  • Bouncer
bouncer
lazada.co.id

Bayi selalu menjadi lebih tenang ketika diayun-ayun oleh orang tersayang, terutama ibu. Bouncer membantu meringankan tugas ibu membuat bayi tenang ketika ibu harus melakukan sesuatu atau istirahat sejenak. Saat berada di dalam bouncer, bayi merasa seperti sedang diayun-ayun ringan.

  • Gendongan bayi

gendongan bayi di lazada
lazada.co.id

Menggendong bayi itu kadang membuat pundak ibu pegal, disinilah saya merasa perlu mendapatkan gendongan yang bagus yang bisa membuat ibu dan bayi nyaman. Lagi-lagi, saya berharap Lazada 11.11 akan membantu mewujudkannya.

Duh, banyak banget wishlistnya ya. Bagaimana dengan anda, punya rencana meramaikan Festival Belanja 11.11 Lazada Indonesia? Tak ada salahnya menyiapkan wishlist barang impian anda, siapa tahu rejeki anda bisa diwujudkan oleh Lazada 11.11. Wish we luck!

Comments

  1. Waah kebutuhan bayi emang banyak ya mba, kalau ada diskon di marketplace pengen rasanya dibeli semua. Semoga apa yang diinginkan dapat terwujud nanti

    ReplyDelete
  2. Wishlistku sudah ready mbak, tinggal bersiap-siap untuk rebutan di hari-H

    ReplyDelete
  3. Aamiin semoga jadi kenyataan ya wishlist belanja di Lazadanya. AKu juga mau bikin ah

    ReplyDelete
  4. wah keren nih festival belanja 11.11, aku mau catat dulu untuk memanjakan diri nanti

    ReplyDelete
  5. Lazada lagi promo lagi ya mba. langsung sikat nie

    ReplyDelete
  6. Menurut aku sih kita sangat boleh memanjakan diri sendiri. Ya tentu saja sepanjang bisa ditoleransi oleh keluarga. Memanjakan diri kan membuat kita bahagia. Perempuan bahagia akan membuat orang-orang disekitarnya juga bahagia :)

    ReplyDelete
  7. Aamiin, semoga whislistnya semua tercapai yaa

    ReplyDelete
  8. Sepertinya perlu bikin wishlist dari sekarang, supaya pas hari H langsung gerak cepat takut kehabisan.

    ReplyDelete
  9. wishlist aku popok bayi mba hahaha duh ga tahan kalau ada diskon gercep mesti beli :D

    ReplyDelete
  10. Ini aku banget zaman masih ngantor setelah kerja gitu suka memanjakan diri sendiri dengan me time. Entah itu ke salon atau belanja. Tapi memang lebih seringnya belanja sih, hhahahaaa

    ReplyDelete
  11. Yuk, siap-siap tanggal 11.11 kita serbu Lazada.

    Selain belanja, saya paling suka kalau dipijat. Badan jadi terasa enak gitu. Terus nafsu makan setelah dipijat pasti naik, hihihi

    ReplyDelete
  12. Reward untukku suka beli buku hihi sama perhiasan kalau ada rezeki..

    ReplyDelete
  13. Sesekali memanjakan diri menurut aku penting sih, biar ga stres hihi. Wishlistku di 11.11 nanti alat2 keperluan rumah tangga, kebetulan mau pindahan rumah soalnya hehhee.

    ReplyDelete
  14. Setuju banget Mba, kalau bukan kita yang mengapresiasi dan memanjakan diri, siapa lagi ya kan? Aku paling suka pijet atau luluran. Misal malas ke salon aku panggil tukang pijit biasanya sekalian luluran.

    Selain ituuu, window shopping. Masukin wishlist ke keranjang biar kata entah di chckoutnya kapan. Hahahahaha

    ReplyDelete
  15. Aku udah bikin list belanja ntar tanggal 11 nop tinggal eksekusi pilihan baju atau tas pesta, hihii

    ReplyDelete
  16. Memanjakan diri salah satunya emang belanja. Terutama online shop, huuu.. surgaaaa ituuuh

    ReplyDelete
  17. Hahaha, itu Pak Go Gwin Nam yang pelit bin iritnya Masya Allah!

    Kalau aku ya, namanha udah kerja kudu hepiin diri sendiri juga dan salah satunya belanja itu. Tapi tetap pilih kebutuhan bukan keinginan

    ReplyDelete
  18. Seneng deh kalau ada diskon pas beli barang yang dibutuhkan. Rasanya bangga bisa menghemat hehe..

    ReplyDelete
  19. Memanjakan diri dengan belanja itu akuuh bangeeet, mbak

    ReplyDelete
  20. Waahh 11.11 yaa aku juga punya benda incaran yang mau kubeli di Lazada nih

    ReplyDelete
  21. Caraku memanjakan diri dari hasil sebulan kerja dengan beli buku mba. Hehe.
    Harbolnas buku termasuk gak, ya. 😁

    ReplyDelete
  22. Ini mindset aku banget, Mak. Udah kerja keras, mati-matian cari uang, kita worth it untuk memanjakan diri. Dan juga memanjakan keluarga. Yang paling aku suka dalam hal memanjakan diri, tentu saja adalah belanja. Apalagi kalo ada promo menarik. Makin semangat deh belanjanya. :)))

    ReplyDelete
  23. Boleh banget dong, mbak. Masa iya kita dilarang me time meski sejenak. Kita butuh waktu untuk sejenak."mewaraskan diri"

    ReplyDelete
  24. Udah ada promo lagi ya di Lazada? Waahh kudu cuuuzz ini mah. Banyak inceran kalau di situ, asyiikk.. thanks untuk infonya ya mba.

    ReplyDelete
  25. Waaah infonya pas banget ini, nyiapin list belanjaan dulu deh buat ikutan festival di lazada. Thanks ya :)

    ReplyDelete
  26. wahhh selamat mbak kania, semoga dilancarkan hingga proses kelahiran yaaa

    salah satu cara memanjakan diri buat bumil memang belanja, dulu aku gitu, sekalian persiapan kebutuhan baby khaaaaan

    ReplyDelete
  27. Woohh.. boleh banget mba, kenapa nggak manjain diri, aku aja suka manjain diri klo udh sabtu ama minggu

    ReplyDelete
  28. Wah kalau saya pengen banget melengkapi perlengkapan dapur pas 11.11 nanti. Maklum rumah.baru jadi masih sedikit perlengkapan dapurnya

    ReplyDelete
  29. Buat ibu-ibu apalagi baru melahirkan, emang rasanya me time tuh penting tapi agak susah hehehe. Jadi me time sebisanya di rumah aja, bisa belanja online trus tau2 barang datang jadi bahagia deh

    ReplyDelete
  30. Me time pisan euy baca ini ikut oengin memanjakan diri banget :))

    ReplyDelete
  31. wuah wishlist kita beda mbak
    ya maklum sih, aku belum punya bayi
    ah, suami aja belum punya.
    ahahaha

    semoga terwujud ya mbak wishlistnyaaa
    biar makin bahagiaaaa

    ReplyDelete
  32. Manjain diri sekali-kali ya mbak. Btw, sehat terus yaa bumil. Lancar sampai persalinan.

    ReplyDelete
  33. Adek bayi seneng banget pasti, ibunya punya wishlist untuknyaa juga hehee
    Smoga adek bayinya sehat2 selaluu yahMbak Kania, lancar persalinannya
    Pun lagi, barang2 yg jadi Wishlistnya bisa tercapai
    Semangat mbak, Good Luck ^_^

    ReplyDelete
  34. boleh banget dong memanjakan diri, dan bayi hihihi..

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Alhamdulillah, Saya Sudah 2 Kali Operasi Caesar

Wirda Mansur, Anak Muda Inspiratif dan Nyentrik

Menginap di Hotel Yang Ramah Anak di Bogor

Agar Ayam Matang Tak Berdarah