Posts

Showing posts from 2021

Berbagai Jenis Mobil SUV Untuk Kebutuhan Mobilitas Sekeluarga

Image
  Bagi sebagian keluarga, memiliki mobil merupakan sebuah kebutuhan karena banyak banget manfaatnya. Adanya mobil bisa mempermudah mobilitas semua anggota keluarga tanpa kepanasan dan kehujanan. Berangkat dan pulang kerja, mengantar anak ke sekolah, berbelanja, mengantar orangtua ke rumah sakit, bepergian keluar kota, dan banyak lagi hal yang bisa dilakukan dengan memiliki mobil. Selain banyak manfaatnya, mobil juga bisa menampung banyak orang dibandingkan motor. Akan lebih hemat waktu dan tenaga jika bepergian bersama keluarga menggunakan mobil, terutama jika bepergian keluar kota seperti mudik lebaran yang biasa dilakukan umat Islam tiap tahun. Bepergian dengan mobil sendiri juga lebih nyaman, tidak bedesakan dengan orang lain di transportasi umum. Kalau mau berhenti di pinggir jalan untuk keperluan mendesak, bisa lebih leluasa. Kalau bawa anak kecil saat bepergian keluar kota, tak perlu merasa tak enak dengan penumpang lain jika anak rewel, seperti halnya ketika berada di transp

Pengalaman Menyapih SI Kecil Dari ASI

Image
  Menyapih si kecil dari ASI merupakan pengalaman   yang sentimental. Kenapa tidak? Karena momen tersebut mengingatkan saya kalau anak udah makin besar dan bersiap ke tahap kehidupan dia yang selanjutnya.   Seperti kakak-kakaknya, anak saya yang ketiga mulai menyusu sampai kurang lebih usia 2 tahun. Awalnya saya mau mulai benar-benar menyapih Raina setelah miladnya yang ke-2. Tapi sebelum milad ke-2 udah mulai disosialisasikan ke Raina kalau dia akan disapih. Saya kasih tahu dia lewat kata-kata, kalau Raina sebentar lagi akan 2 tahun dan udah mulai besar, jadi dia tak akan menyusu lagi. Entah Raina ngerti atau tidak.   Raina juga saya sibukkan dengan berbagai permainan dan saya upayakan Raina kenyang dengan makanan, sehingga Raina lupa untuk menyusu. Drama serunya mulai deh ketika saya benar-benar mulai menyapih Raina dengan Bismillah memohon kekuatan dari Allah SWT.   Hari 1 Raina sudah jarang menyusu, hanya pas mau tidur dan bangun tidur. Malam pertama Raina tak rewe

Silaturahmi Lebaran Tak Lengkap Tanpa Wisata Bareng Keluarga

Image
Tahun ini pemerintah melarang mudik lebaran karena pandemi Covid-19 masih terjadi di negeri kita. Saya sempat sedih tak bisa mudik. Lebaran tanpa mudik itu rasanya ada sesuatu yang kurang. Sudah tradisi di masyarakat kita untuk bersilaturahmi dengan keluarga jauh saat lebaran dengan melakukan mudik. Saya pun biasanya tak luput melakukan tradisi ini. Karena saya merantau, saya biasanya memanfaatkan momen lebaran untuk pulang kampung bertemu orangtua dan anggota keluarga besar lainnya. Arti mudik itu menurut KBBI online (Kamus Besar Bahasa Indonesia) yaitu pulang ke kampung halaman. Jadi sebenarnya mudik tak harus saat menjelang lebaran dan bisa kapan saja dilakukan. Larangan mudik dari pemerintah itu berlaku untuk waktu tertentu yaitu tanggal 6 sampai 17 Mei 2021, sebelum dan sesudah waktu lebaran. Yang mana waktu tersebut memang biasanya waktu yang paling ramai dengan para pemudik. Mobil pribadi dan umum, kereta api, kapal laut, dan pesawat, semua mode transportasi tersebut ramai de

Daftar Channel Cerita dan Lagu Anak Islam di Youtube

Image
  Sudah setahun lebih anak-anak belajar di rumah selama pandemi. Si sulung yang duduk di bangku SMP pernah saya tanya, apakah ia lebih suka belajar tatap muka atau saring. Sama saja, jawabnya. Belajar tatap muka atau daring sama-sama banyak tugasnya! Kalau anak yang kedua, jawabannya gak tahu Kalau si bungsu karena belum sekolah, masih 2 tahun, tiap hari kegiatannya main sambil belajar. Main lego, main sepeda, main balok, melukis, nonton cerita anak , mendengarkan lagu anak, dan kegiatan lainnya yang bisa bisa menstimulasi tumbuh kembangnya.  Terimakasih pada teknologi, pada Youtube, pada content creator, yang sudah menyajikan tontonan cerita anak dan lagu edukatif di Youtube. Dengan modal kuota internet, kita bisa nonton banyak channel cerita dan lagu anak yang mendidik.  Berikut ini beberapa daftar channel cerita dan lagu anak terutama yang ada muatan Islaminya, yang bisa kita kunjungi.  1. Nusa dan Rara Sudah tahu dong Nusa dan Rara. Nusa dan Rara adalah 2 anak kakak dan adik, diman

Tempat Yang Paling Dirindukan Saat Pandemi

Image
  Sudah setahun lebih pandemi COVID-19 melanda negeri ini dan sudah setahun lebih juga kegiatan kita dibatasi hanya di rumah saja. Memang sekarang kelihatannya sudah semakin longgar karena alasan ekonomi. Tetapi kami sekeluarga sendiri masih banyak beraktivitas di rumah karena alhamdulillah suami bisa bekerja dari rumah.  Di rumah saja, rasanya makin terbiasa atau bosan atau ? Mungkin dua-duanya ya. Sebelum pandemi, saya sendiri sih sudah terbiasa di rumah karena memang kegiatan sehari-hari mengurus keluarga. Namun dengan adanya semua orang di rumah ya makin banyak juga pekerjaannya. Namun semuanya perlu disyukuri karena melihat semua anggota keluarga dalam keadaan sehat walafiat. Ada rasa bosan juga dan pengen keluar rumah kemana gitu. Paling keluar rumah untuk olahraga sekalian bertegur sapa sama orang. Untuk keluar kota (nengok orangtua) belum, karena kesibukan suami dan terbatasnya mobilitas kami. Udah rindu berat sebenarnya, orangtua rindu banget sama cucunya. Apalagi pas lebaran

Pilihan Popok Bayi Baru Lahir Yang Tepat

Image
  Popok bayi baru lahir sekarang sudah banyak pilihan bunda. Berbagai merk popok bayi sudah memiliki ukuran untuk new born (bayi baru lahir). Ketika memilih popok untuk buah hati apalagi bayi baru lahir harus yang tepat bunda. Kenapa? Karena kulit bayi baru lahir sangat sensitif. Jadi harus berhati-hati dalam memilih berbagai kebutuhan bayi baru lahir Seperti haknya dalam memilih bedak, shampo dan sabun serta pakaian yang digunakan oleh bayi. Jika ternyata bayi kurang nyaman biasanya akan ditandai dengan kulit yang tiba-tiba kemerahan atau menangis setiap mengenakannya. Begitu juga dengan popok bayi yang akan bunga pilih. Salah penggunaan popok bayi bisa menyebabkan yang namanya ruam popok bunda. Ketika terjadi hal yang demikian maka bunda harus tahu cara mengatasinya. Untuk lebih jelasnya silahkan baca pada paragraf selanjutnya. Pengertian ruam popok Sebelum mengetahui cara mengatasi ruam popok pada bayi alangkah baiknya jika kita mengerti apa itu ruam popok. Peradangan yang terjadi

6 Koleksi Puma Kids Untuk Anak

Image
  Bagi kamu pecinta sepatu olahraga pasti tahu dengan merek yang satu ini yaitu Puma . Puma sendiri merupakan perusahaan internasional yang memproduksi sepatu olahraga serta perlengkapan olahraga lainnya. Perusahaan ini berbasis di Jerman dan didirikan oleh Rudolf Dassler. Perusahaan ini sudah dikenal dalam dunia sepak bola karena menjadi sponsor pemain sepak bola terkenal. Di Amerika Serikat, Puma terkenal dengan sepatu bola basket kulitnya yang diperkenalkan pada tahun 1968. Tidak hanya sepatu olahraga, Puma memproduksi pakaian dan aksesoris olahraga lainnya. Bahkan, Puma memproduksi produknya tidak hanya untuk orang dewasa saja, tetapi untuk anak-anak juga ada. Produknya untuk anak-anak ini ada sepatu, baju, tas, dan sebagainya. Berikut di bawah ini beberapa koleks-koleksi Puma untuk anak. Jaket Olahraga Pastinya anak-anak perlu melakukan aktivitas olahraga. Dalam mendukung hal tersebut, dibutuhkan baju yang cocok bagi anak-anak dalam berolahraga. Salah satunya yaitu jaket track ola

10 Nama Sunda Unik Bermakna Indah Untuk Bayi Laki Laki Dan Perempuan

Image
  Memilih nama untuk bayi memang bukan perkara mudah. Pasalnya proses pemberian nama ini tidak boleh dilakukan sembarangan. Setiap orang tua harus benar benar memikirkan dengan matang tentang sebuah nama yang akan diberikan pada bayinya baik laki laki atau perempuan. Pastinya setiap orang tua ingin anaknya memiliki nama yang memiliki arti bagus. Tidak sedikit juga orang tua yang ingin memberi nama unik untuk bayi kecilnya.  Inspirasi nama unik bermakna bagus bisa berasal dari mana saja, salah satunya adalah dari bahasa Sunda. Berikut dibawah ini referensi 10 nama Sunda unik bermakna indah untuk bayi laki laki dan nama anak perempuan sansekerta , diantaranya yaitu :  A. Nama Sunda Unik Bermakna Indah Untuk Bayi Laki Laki 1. Ageng Nama Sunda unik ini memiliki makna “anak laki laki”. Nama yang masih jarang digunakan ini sebagai pilihan alternatif dengan makna yang sama dari nama Aceng atau Ajang. Nama unik ini juga bisa memberi kesan gagah bagi anak yang memilikinya.  2. Dewata Keha

Resep Nasi Goreng Kimchi Yang Enak

Image
  Demam K-pop dan drama korea bukan hanya melanda kalangan remaja. Semua kalangan juga suka dengan drama korea bahkan K-pop. Hal ini membuat budaya Korea menjadi popular di Indonesia. Mulai dari gaya pakaian hingga bahasanya juga popular. Tidak kalah popular adalah makanan Korea. Tidak heran jika banyak tersebar restoran Korea di Indonesia. Makanan Korea yang sangat popular di Indonesia salah satunya adalah kimchi. Kimchi adalah makanan yang terbuat dari sawi putih yang diberi garam lalu didiamkan. Kemudian diberikan bumbu pedas yang terdapat bubuk cabe dan bumbu ala Korea lainnya. Setelah itu didiamkan atau difermentasi. Kimchi ini rasanya mirip dengan asinan di Indonesia namun lebih kuat rasanya. Nah kimchi ini bisa dicampur dengan bahan makanan apapun termasuk nasi goreng. Berikut resep nasi goreng kimchi yang enak. 1. Nasi Goreng Kimchi Biasa Resep nasi goreng yang pertama ini adalah resep nasi goreng kimchi yang biasa hanya dengan kimchi aja. Tentu saja tetap ditambahkan bumbu

Cara Membuat Nasi bakar teri

Image
Bagi kalian orang Sunda atau Jawa makan sudah tidak asing lagi dengan hidangan yang memakai teri. Karena nasi bakar teri ini hidangan andalah ketika berkumpul dengan teman ataupun keluarga. Bukan cuma karena rasanya yang gurih dan beraroma rempah yang menggugah selera, ternyata cara membuat nasi bakar teri ini sangat mudah. nasi bakar teri bisa menjadi salah satu pilihan resep untuk meramaikan sajian nasi liwet. nasi bakar teri pun tidak ribet dibuat, karena nasi liwet ini hanya butuh satu lauk yang pasti lezat dan nikmat, yakni ikan teri. Cara memasak dari nasi bakar teri pun cukup mudah untuk dipraktikan. Bukan cuma nasi bakar teri yang bisa kamu jadikan referensi hidangan untuk keluarga. Masakan lain yang patut untuk kamu coba yaitu nasi liwet khas Sunda. Nasi gurih yang dimasak bersama santan kelapa yang ditambah dengan lauk pauk yang khas Sunda bikin selera makan keluarga meningkat. Nasi liwet khas Sunda yang terkenal dengan tekstur yang pulen dan gurih ini merupakan hidang

8 Bahan Alami Pengusir Tikus Secara Mudah Dan Ampuh

Image
Tikus tidak hanya menjadi musuh para petani saja, tetapi juga menjadi hewan yang paling banyak diburu saat hadir di rumah. Memang kehadiran tikus didalam rumah membuat kurang nyaman. Pasalnya tikus seringkali merusak segala macam barang yang ada di rumah dengan cara menggigitnya. Mereka akan merusak kabel, pakaian, peralatan masak berbahan plastik, hingga bahan makanan. Tikus banyak menghabiskan waktunya di tempat yang kotor, lembab, dan bau, sehingga hewan tersebut bisa dengan mudahnya membawa berbagai penyakit ke dalam rumah.  Memang tikus memiliki kelincahan yang luar biasa, sehingga membuat kamu harus berusaha lebih keras untuk menjebaknya. Tidak perlu bingung bingung dan repot, karena kamu bisa memanfaatkan bahan bahan alami yang ada di sekitaran rumah untuk cara mengusir tikus . Berikut dibawah ini 8 bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengusir tikus secara mudah dan ampuh, diantaranya yaitu : 1. Irisan Bawang Merah Bawang merah mengeluarkan aroma khas dan tajam yang bisa