Review Medela Harmony, Pompa ASI Manual Pertama Dengan Teknologi Ekspresi 2 Fase



ASI (Air Susu Ibu) adalah makanan terbaik bagi bayi. Banyak penelitian yang menyebutkan manfaat ASI untuk bayi. ASi bermanfaat sebagai anti bakteri dan antivirus, sumber makanan yang higienis, mengandung berbagai mutrisi, dapat menghindari obesitas pada anak, membantu perkembangan otak bayi, dan sebagainya. Jauh sebelum itu, Allah SWT dalam Aquran sudah memerintahkan ibu untuk menyusui bayinya. Tentu perintah itu diberikan karena ada manfaatnya.

Saya bersyukur banget bisa memberikan ASI untuk ketiga anak saya. Anak pertama dan kedua minum ASI sampai 2 tahun. Sementara itu, anak ketiga saat ini sudah lulus ASI eksklusif dan masih terus minum ASI disamping makanan bayi lainnya.

Saya suka salut sama ibu bekerja yang tetap bisa memberikan ASI pada bayinya. Jaman sekarang, hal itu memang memungkinkan karena banyak peralatan yang mendukung ibu bekerja memberikan ASI pada bayinya. Pompa ASI, kulkas khusus ASI, dan peralatan lainnya sekarang bisa didapatkan dengan mudah dengan harga yang bervariasi.


pompa asi manual medela harmony


Bicara tentang pompa ASI, dulu saya berpikir saya tidak memerlukan alat ini karena saya tidak bekerja di luar rumah, jadi bayi bisa menyusu langsung pada ibunya. Saya juga suka berfikir negatif kalau menggunakan pompa ASI itu rasanya akan sakit. Tapi ternyata saya salah. Pompa ASI tidak saja digunakan oleh ibu bekerja yang memberikan ASI buat bayinya. Pompa ASI juga digunakan untuk mengurangi bengkak pada payudara ibu yang baru melahirkan. 

Ya, di hari-hari pertama melahirkan Raina -anak ketiga saya-, payudara saya bengkak karena ASI yang penuh. Sementara itu, bayi pun belum bisa menyusu pada ibunya dengan sempurna, banyak bobonya. Bayi pun akan kesulitan ketika menyusu pada payudara yang bengkak. Jadi saya merasakan manfaatnya ketika ASI diperah dengan pompa. Hal ini bisa mengurangi bengkak pada payudara, ASI yang sudah diperah bisa disimpan di freezer menggunakan botol ASI atau plastik khusus ASI.

Raina juga sempat dirawat di rumah sakit karena breastmilk jaundice. Ia harus diberikan perawatan di NICU bayi, sementara saya di rumah. Beberapa jam sekali saya harus mengirimkan ASI yang sudah diperah ke rumah sakit untuk diberikan pada Raina. Lagi-lagi, saya terbantu dengan adanya alat untuk memompa ASI. Jika dibandingkan dengan diperah menggunakan tangan, tentu saja memompa ASI menggunakan alat jauh lebih banyak hasilnya.

manfaat pompa asi


Review Pompa ASI Manual Medela Harmony


Kali ini saya mau review salah satu pompa ASI yang saya punya di rumah, yaitu pompa ASI manual Medela Harmony. Saat saya menerima pompa ASI ini, kemasannya melindungi produk dengan sangat baik. Kemasan kardusnya ada 2 lapis, produknya sendiri dibungkus dengan plastik yang tersegel rapi.

pompa asi manual medela harmony


Spare part Pompa ASI Manual Medela Harmony terdiri dari 8 bagian, yaitu:
  • Corong/Personalfit breast shield 24 mm
  • Connector
  • Botol
  • Multi lid/tutup botol
  • Tuas
  • Diafragma/tangkai dengan O-ring
  • 2 Membran
  • Ujung katup
  • Dudukan botol
pompa asi manual medela harmony


BTW, di Pompa ASI Manual Medela Harmony  ada spare part bernama membrane yang tidak saya temui di pompa ASI manual yang saya pakai sebelumnya. Membrane bwarnanya putih dan entuknya tipis seperti kertas. Saya penasaran banget dengan spare part ini karena letaknya yang ada di ujung katup seperti menghalangi jalan ASI. Tapi ternyata ia berpengaruh dalam kinerja pompa ASI itu sendiri, kalau ada sobek pada membrane dapat mengakibatkan hisapannya kosong / tidak ada hisapannya.

Sebelum dipakai, saya harus membersihkan dan mensterilkan dulu spare part Pompa ASI Manual Medela Harmony dengan cara berikut:

  1. Lepas spare part Pompa ASI Manual Medela Harmony menjadi bagian sendiri-sendiri
  2. Bilas spare part Pompa ASI Manual Medela Harmony dengan air bersih dingin (kira-kira 20 derajat celcius)
    pompas asi manual medela harmony
  3. Bersihkan semua bagian Pompa ASI Manual Medela Harmony dengan air sabun hangat (kira-kira 30 derajat celcius)
  4. Bilas lagi semua bagian Pompa ASI Manual Medela Harmonydengan air bersih dingin
  5. Jika tidak akan segera dipakai, Keringkan Pompa ASI Manual Medela Harmony dengan kain bersih atau biarkan mengering sendiri dan taruh di rak paling atas.
    pompa asi manual medela harmony
  6. Jika akan dipakai untuk memerah ASI, rebus semua bagian Pompa ASI Manual Medela Harmony selama 5 menit.
    pompa asi manual medela harmony
  7. Keringkan Pompa ASI Manual Medela Harmony dengan kain bersih atau biarkan mengering sendiri, lalu pakailah untuk memompa ASI setelah kering.
Awalnya saya bingung bagaimana memasangnya dan berpikir ini akan ribet dan makan waktu. Eh tapi ternyata tidak tuh, merakit Pompa ASI Manual Medela Harmony cukup mudah karena alhamdulillahnya ada buku petunjuk/manual juga di dalam kemasannya. Manual membantu saya mengenal spare part Pompa ASI Manual Medela Harmony dan cara memasang Pompa ASI Manual Medela Harmony. Manual disediakan dalam 5 bahasa yaitu Bahasa Inggris, spanyol, cina, Arab, dan Indonesia. Cara memasang Pompa ASI Manual Medela Harmony juga bisa dilihat di channel youtube Medela Indonesia berikut ini. 



Pompa ASI Manual Medela Harmony cukup ringan. Desainnya juga cukup cantik dengan warna kuning yang cerah. Dari manual yang saya baca, disebutkan bahwa Pompa ASI ini punya kelebihan dibanding pompa ASI manual lainnya. Pompa ASI Manual Medela Harmony merupakan pompa ASI manual pertama yang menggunakan teknologi Ekspresi 2 fase. Teknologi ini meniru irama alami isapan bayi. Tuas pada pompa ini memiliki 2 fungsi, di mana bagian tuas dengan gerakan pendek untuk stimulasi dan bagian yang panjang untuk fase memerah. Sama seperti ketika bayi menyusu pada payudara!

Saya langsung cobain Pompa ASI Manual Medela Harmony. Awalnya saya selalu merasa takut akan sakit jika memakai pompa ASI karena pernah mengalami pompa ASI yang saya pakai di rumah sakit membuat payudara sakit sampai berdarah. Mungkin juga Karena saya salah menggunakan pompanya karena saya tidak memahami alatnya, baru pertama kali pakai dan tidak ada suster yang membantu saat itu. 

Alhamdulillah, pakai Pompa ASI Manual Medela Harmony saya baik-baik aja dan rasanya ya seperti bayi menghisap payudara saja. Hisapan pertama menggunakan tuas pendek terasa cepat. Lalu tak berapa lama, setelah ASInya keluar, saya gunakan tuas yang panjang untuk mengeluarkan ASI. Tinggal putar tuasnya aja, karena tuas bisa diputar 360 derajat. lalu setelah ASI diperah, bisa ditutup dengan multi lid yang disediakan dan simpan untuk nanti dipakai ketika diperlukan.

Mungkin keistimewaan teknologi Ekspresi 2 fase inilah yang membuat Pompa ASI Manual Medela Harmony lumayan mahal dibanding pompa ASI manual lainnya. Di toko online, harganya bisa mencapai 300 sampai 600 ribuan. Sayangnya dalam kemasan Pompa ASI Manual Medela Harmony ini tidak disediakan dot, sehingga harus membeli dalam keadaan terpisah dari paket Pompa ASI Manual Medela Harmony.

pompa asi manual medela harmony


Sekarang setiap mau pergi, saya usahakan dulu memompa ASI untuk perbekalan ASI Perah di perjalanan, ketika akan ke rumah sakit, belanja ke mall, antar anak sekolah, atau kondisi perjalanan lainnya. Soalnya, kadang-kadang ada situasi yang gak memungkinkan bayi untuk menyusu langsung, atau seringkali saya tak menemukan tempat khusus untuk menyusui bayi di tempat umum.

Menurut saya, memiliki Pompa ASI di rumah itu perlu banget buat ibu menyusui untuk mengantisipasi hal-hal tertentu saat bayi tidak bisa menyusu langsung pada ibu. Tentu saja, Bayi menyusu langsung kepada Ibu memiliki kelebihan dimana akan merangsang adanya hormon ‘bahagia‘ dan hormon ini termasuk salah satu yang merangsang produksi ASI tetap stabil. Oleh karena itu hendaklah memaksimalkan saat-saat bersama antara Ibu dengan Anak.

Jika ingin tahu lebih banyak tentang  Pompa ASI Manual Medela Harmony, bisa kunjungi IGnya @medela_id ya. Semangat meng-ASI-hi buat seluruh ibu!

Comments

  1. Saya juga pakai Medela, Mbak. Alhamdulillah bisa ngasih ASI ke anak sampai dua tahun. Penuh perjuangan banget kalau diingat. Syukurlah ada pompa ASI Medela yang membantu mensukseskan perjuangan itu.

    ReplyDelete
  2. Aku juga pake Medela Harmony Mbak. Meski nggak ngantor, tapi sesekali perlu sedia pompa ASI yang sesuai memang

    ReplyDelete
  3. Sama,Saya salut sama ibu bekerja yang tetapi mengASIhi bayinya. Alhamdulillah ya sekarang ada pompa ASI ini.

    ReplyDelete
  4. Membaca artikel ini bikin aku mengingat2 kembali masa2 menyusui arya dan fatin, yg mana saya ngotot sekali harus ASI

    ReplyDelete
  5. Perjuangan para ibu masa kini demi memberikan yang terbaik untuk buah hatinya tuh suka bikin melting. Beruntung sekarang makin banyak kemudahan untuk mama masa kini, ya

    ReplyDelete
  6. Dulu saya pernah mencoba berbagai pompa asi, kalau gak salah 3 kali gonta ganti merek karena gak cocok. Belum kenal dengan modela juga, baca review ini jadi tahu deh pompa asi yang cocok buat saya gunakan nanti.

    ReplyDelete
  7. 2011 pompa asi belum sebanyak sekarang dan belum familiar, sehingga sulit didapatkan dan harganya juga lumayan mahal. pompa asi ini bener2 bermanfaat banget dan bentuknya ringkas, jadi enak digunakan.

    ReplyDelete
  8. Adik mau, kak...nyusu pakai dot?
    Aku dulu punya pompa ASI manual juga...tapi, emm...karena gak ahli kali yaa..
    Dapetnya selalu sedikit.
    Kalo uda gitu, akunya sedih dan makin sedikit.
    Hiiks~

    Motivasi dan keyakinan dari dalam diri sendiri mesti dikuatkan dulu yaa..

    ReplyDelete
  9. Aiiihh gemes sekali dedeknya.
    Aku tuh suka salut sama ibu yang sukses memberikan ASI, memang seorang ibu itu sungguh luar biasa ya mbak.

    Semangat mengASIhi, Mbak :)

    ReplyDelete
  10. Aku lebih suka pompa manual biarpun lumayan pegel tangan. Tapi jadinya olahraga otot tangan juga dan lebih giat nyari cara supaya asi banyak keluar. Ku juga pake madela manual ini kak. Beneran kerasa sih sedotannya kenceng.

    ReplyDelete
  11. ini pompa asi pertama yang kubeli hehehe dan akhirnya beli medela yang elektrik juga

    ReplyDelete
  12. Aku juga merasa terbantu banget sedia pompa asi dan dapet pinjeman medela manual juga. Kalo PD ku kenceng, langsung aku pompa tapi nggak lama sih sekitar sebulan aja karena khawatir bingung puting

    ReplyDelete
  13. yap wajib punya. meski saya ibu rumah tangga yg di rumah saja tapi memompa ASI bisa untuk stok ASIp. jadi kalau misalnya saya tak bisa menyusui karena suatu hal, gak bingung lagi

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Biaya Masuk SMP Islam di Tangerang Selatan

Pertolongan Pertama Pada Anak Demam

Berendam Air Panas di Grage Hotel & Spa Kuningan

Alhamdulillah, Saya Sudah 2 Kali Operasi Caesar