Inilah Perkembangan Janin 4 Bulan Yang Perlu Ibu Ketahui


Memasuki usia kehamilan 4 bulan, tentunya perut akan menjadi lebih besar. Perkembangan janin 4 bulan berlangsung dengan cukup cepat, kehadirannya sudah mulai akan terasa. Tentunya, hanya ibu hamil yang akan merasakan hal ini. Mulai banyak ketidaknyamanan karena gerakan-gerakan dari sikecil yang begitu terasa.
Meskipun begitu, ibu tentu perlu bahagia akan hal tersebut. Karena, janin berkembang sesuai pada waktunya. Jadi, para ibu seharusnya sudah bisa menganggap wajar mengenai hal tersebut. Sebenarnya, bagaimana perkembangan janin 4 bulan? Yuk, cari tahu bersama-sama dengan membaca artikel di bawah ini.

 
perkembangan janin 4 bulan

Bagaimana Perkembangan Janin 4 Bulan ?

Tentunya, banyak dari para orang tua yang ingin tahu lebih dalam mengenai perkembangan dari janin pada masa kehamilan 4 bulan. Berikut ini perkembangannya:
Usia 17 Minggu
Pada masa ini, janin sudah mulai membesar dan wujud dari janin akan menjadi lebih proporsional. Selanjutnya, untuk tubuhnya juga sudah mulai membentuk seperti manusia. Mulut dari janin sudah dapat membuka dan menutup. Serta, untuk bola mata juga sudah bisa melakuan gerakan-gerakan yang kecil.
Tidak hanya itu saja, tetapi tangan dan jari juga sudah terbentuk dengan baik. Tangannya sudah mulai mengepal, bahkan bisa memberikan respon terhadap bunyi dari luar. Hanya saja, tubuhnya masih keriput karena belum menyimpan lemak terlalu banyak.
Usia 18 Minggu
Posisi janin  4 bulan pada fase ini mengalami pertumbuhan yang signifikan. Pembuluh darah dari janin telah muncul ke permukaan dari kulit. Telinganya sudah mulai membentuk, meskipun memang belum begitu sempurna. Fase ini memang cukup menjadi hal yang paling ditunggu oleh para orang tua.
Disinilah, Usg janin 4 bulan sudah bisa mengenali jenis kelamin dari janin yang terdapat pada kandungan. Selain itu, ibu juga akan merasakan lebih jelas mengenai gerakan dari janin yang terdapat pada kandungan.
perkembangan janin 4 bulan

Usia 19 Minggu
Usia kehamilan 19 minggu, janin sudah bisa menelan cairan ketuban. Serta, untuk bagian dari ginjal pada janin dapat melakukan produksi dari urine. Rambut di bagian kepalanya juga sudah mulai tumbuh. Disisi lain, bagian tubuh yang lainnya mengalami pertumbuhan yang cukup pesat.
Seperti saraf untuk mencium, melihat,mendengar,menyentuh,merasa sudah terbentuk di otak. Jadi, perkembangan ini tentu sangat baik sebagaimana krusial dalam pembentukan janin. Sebagai orang tua, tentu harus tahu mengenai masa ini. Karena, posisi dari janin mengalami perkembangan yang signifikan. Jadi, dalam aktivitasnya juga harus lebih berhati-hati.
Usia 20 Minggu
Usia 20 minggu pada janin, mengalami beberapa perkembangan. Mulai dari tubuh janin yang sudah terlapis lemak.  Jadi, lapisan bernama vernix caseosa ini berguna untuk melindungi kulit janin saat berada di dalam cairan ketuban. Kemudian, janin juga akan lebih banyak menelan. Artinya, sumber kebutuhan terhadap janin akan menjadi lebih meningkat.
Bobot dari janin juga mengalami pertumbuhan yang tinggi. Untuk itu, pada masa ini harus dibutuhkan suplai gizi yang tinggi. Tentunya, agar kebutuhan nutrisi dari janin tetap berjalan dengan baik. Jadi, akan sangat membantu untuk membuat kondisi janin tumbuh dengan baik. Serta, bisa mendapatkan nutrisi yang penuh.
Itu dia perkembangan janin 4 bulan yang perlu ibu pahami. Jadi, sudah seharusnya untuk perkembangan dari janin diketahui. Karena, bagi para ibu hamil yang baru pertama kali mungkin akan merasakan hal yang berbeda. Semoga bermanfaat!

Comments

  1. Perkembangan yang membahagiakan para calon ibu dan ayah. Dengan teknologi sekarang seperti USG 4D lebih baik lagi hasilnya

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Biaya Masuk SMP Islam di Tangerang Selatan

Pertolongan Pertama Pada Anak Demam

Berendam Air Panas di Grage Hotel & Spa Kuningan

Alhamdulillah, Saya Sudah 2 Kali Operasi Caesar