Pantai Pandawa, Pantai Cantik di Bali Yang Sayang Jika Dilewatkan

Sebelumnya, saya bukanlah anak pantai. Maksudnya, saya bukan orang yang sangat menyukai pantai. Alasannya, karena saat pertamakali mengunjungi pantai, pantai yang saya kunjungi itu kotor, banyak sampah dan ombaknya besar sekali sehingga membuat saya ketakutan dan khawatir tenggelam dibawa ombak. Saya lebih suka wisata alam seperti hutan, gunung dan sejenisnya dibanding pantai. Wisata ke alam selain lebih menyegarkan badan dan pikiran, juga bisa lebih mendekatkan diri pada Ilahi.

Namun pandangan itu berubah sedikit demi sedikit ketika saya dan keluarga kecil saya mengunjungi Pulau Dewata, Bali, pada tahun 2015 lalu. Disana kami mengunjungi beberapa tempat wisata termasuk wisata pantai, salah satunya Pantai pandawa. Masha Allah, Pantai pandawa cantik banget. Saat itu cuacanya mendukung, cerah. Matahari memang terik, namun itu yang membuat lukisan alam Pantai pandawa di depan mata terlihat jelas. Langit biru, air laut biru, pasir putih.

pantai pandawa

Saat itu, saya, suami, dan dua anak saya menginap di sebuah hotel di dekat Pantai Kuta. Alasannya, karena dekat dari bandara dan bisa ke pantai setiap hari. Dari hotel ke pantai Kuta hanya sekitar 20 menit. Buat teman-teman yang ingin berwisata ke Bali dan menikmati wisata alamnya, alangkah baiknya nih kalau menginap di hotel yang dekat pantai supaya bisa menikmati udara segar dan pemandangan pantai setiap hari.

Kami berencana menghabiskan waktu liburan empat hari di Bali. Di hari ketiga, suami saya mengajak kami sekeluarga mengunjungi Pantai Pandawa atas rekomendasi supir mobil yang kami sewa dari agen travel. Ya, karena kami bawa anak-anak, suami saya memutuskan untuk menyewa kendaraan supaya mudah dan nyaman saat mengunjungi tempat-tempat wisata di Bali.

Perjalanan dari hotel tempat kami menginap ke pantai Pandawa cukup lama, sekitar satu jam. Sepanjang perjalanan, supir menjelaskan bahwa kami melewati tol laut untuk sampai ke Pantai Pandawa. Berdasarkan informasi di internet, tol laut di Bali namanya Tol Laut Mandara (singkatan dari Aman Damai Sejahtera) yang merupakan tol laut pertama di Indonesia. Tol karya anak bangsa ini panjangnya sekitar 12,7 kilometer. Di sepanjang perjalanan Tol Mandara , kita bisa menikmati pemandangan hutan mangrove dan birunya air laut.

pantai pandawa

Mendekati Pantai Pandawa, tebing-tebing tinggi terlihat menjulang tinggi. Oh ya, dulu Pantai Pandawa dikenal dengan pantai rahasia (secret beach) karena lokasinya terletak di belakang tebing. Dulunya akses ke Pantai Pandawa atau Pantai Kutuh –karena terletak di Desa Kutuh- ini sulit. Namun karena banyak orang yang menikmati keindahan pantai Pandawa, pemerintah membuka akses jalan sepanjang 1,5 km menuju pantai ini.

Lebih dekat ke lokasi pantai, terdapat patung lima pandawa yaitu Yudhistira, Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa yang iletakkan di antara dinding-dinding tebing. Oleh karena itulah pantai ini dinamakan Pantai Pandawa. Kelima patung ‘penjaga’ pantai tersebut diukir oleh para seniman asli Bali. Di lokasi yang sama, ada pula patung Dewi Kunti yang merupakan ibu dari kelima ksatria Pandawa. Semua patung-patung tersebut berwarna putih dengan tinggi sekitar lima meter, diberikan kain warna ungu di bagian pinggang, dan berjajar menghadap ke pantai.

Pantai Pandawa saat itu terlihat luar biasa. Lamat-lamat terdengar gamelan Bali dan serombongan pemain gamelan terlihat di kejauhan. Mungkin sedang ada upacara keagamaan. Di sepanjang pantai, terdapat warung-warung yang menjual berbagai makanan, minuman, mainan, dan oleh-oleh khas Bali. Ada juga toilet-toilet di bagian belakang warung itu untuk membasuh badan sehabis berenang. Di depan warung, berjejer payung-payung pantai beserta kursinya. Untuk duduk di sana dikenakan biaya sewa.

pantai pandawa

Saya membeli 1 stel baju pantai tipis bercorak batik untuk adik Ra seharga 30 ribu-an di sebuah warung di pinggir pantai. Kebetulan saya lupa membawa baju renang anak-anak. Buat teman-teman yang mau berwisata pantai di bali, jangan lupa membawa baju renang untuk anak karena baju yang sesuai memudahkan pasir untuk terlepas saat dibersihkan, juga mudah kering kembali.

Kakak Za dan adik Ra langsung lari mendekati air laut yang biru bersama ayahnya. Saya menunggu mereka di warung sambil menyeruput air kelapa muda yang segar dan menikmati Pantai Pandawa yang cantik. Anak-anak sempat panik dan menangis melihat kedahsyatan ombak Pantai Pandawa. Tapi ayah mereka berhasil meyakinkannya untuk mendekat ombak.

Setelah puas bermain, kakak Za dan adik Ra membersihkan diri di toilet lalu menyantap makanan dan minuman yang telah dipesan dengan semangat sambil melihat debur ombak Pantai Pandawa yang cukup tinggi. Setelah kenyang, kami menyempatkan diri berfoto di tebing bertuliskan Pantai Pandawa sebagai kenangan bahwa kami pernah berada di pantai cantik ini.

pantai pandawa

Oh ya, menurut Info pantai pandawa di Blog Traveloka selain berenang dan menikmati pantai, kita juga bisa melakukan hal lain yang mengasyikkan di Pantai Pandawa. Misalnya bermain perahu kano dengan biaya sewa 25,000 rupiah per jam, melihat budidaya rumput laut, bermain paralayang di Bukit Timbis dengan harga sewa mulai dari 400 ribu rupiah, menikmati pijat tradisional Bali, berselancar atau surfing,  dan berburu souvenir unik di toko-toko cenderamata di pinggir pantai. Sayangnya, saya sekeluarga tidak sempat melakukan semua hal tersebut karena anak-anak sudah kecapean setelah bermain air dan pasir.

Jika teman-teman ke Bali, jangan lewatkan mampir ke Pantai Pandawa ya. Sayang kalau ke Bali tidak mengunjungi pantai-pantainya yang cantik. Mengunjungi pantai juga relatif lebih murah jika dibandingkan tempat wisata lainnya, juga bisa melakukan banyak hal untuk sekeluarga. Walaupun begitu, budget tetap harus disiapkan jika ingin menikmati berbagai fasilitas di pantai-pantai di Bali.

Comments

1. Berarti sekarang sudah bukan rahasia lagi ya, Mba.

Makin ramai karena memang tempatnya bagus

ReplyDelete
  2. Aku belum pernah ke pantai pandawa,penasaran sama jalannya yg kiri kanan kayak tebing

3. Kalo bicara bali, pasti kita langsung bilang tentang pantainya. Pantai-pantai di bali memang selalu menarik untuk dikunjungi

1. betulll, udah 2 th berlalu tp masih terbayang aja keindahannya

Delete
  4. Pantai Pandawa kayaknya keren nih, saya belum ke Bali, kalau kesana saya pengen mampir di pantai Pandawa..

ReplyDelete
  5. Kelihatannya lebih sepi daripada di Kuta ya Mba, kalau di Kuta udah terlalu ramai, apalagi saat peak session

1. iya waktu sy ke kuta juga ramai, sore lebih ramai biasanya

Delete
  6. Jadi makin pengen liburan ke Bali nih. Saya belum pernah ke Bali. Selalu mupeng kalau baca kisah liburan ke Bali

ReplyDelete
  7. Keren banget ya pantainya. Seger lihatnya, biru-biru.

8. Kalau inget Bali, aku jadi meneteskan air mata karena pas ke Bali aku dan suami sama sekali gak mampir ke pantainya. Alesannya karena takut rame >__< dan liat ini semakin kepengen ke Bali lagi. Ke pantai Pandawa aja deh minimal hiks

1. coba mba ke pantainya pagiiii banget masih sepi dan seger habis subuh

Delete
  9. Pengin deh, jalan ke sana. Tapi koq sepertinya saya ada trauma dengan alam, gara-gara gempa dan tsunami. Hikss... Mungkin justru sayanya yang harus melawan ya, biar jangan kalah gitu aja. Sayang kalau gara-gara itu nggak bisa enjoy.

ReplyDelete
  10. Waaa aku ke Bali tapi enggak let pantai ini. Next time ke Bali lagi pingin ah ke Pandawa juga.. Pantainya masih bagus dan lumayan bersih yaa..

11. wahh, dulu pertama kali kesini pas pantai pandawa baru di bangun mbak. sepanjang jalan kanan kiri banyak banget tebing2 cantik. belum banyak pengunjung pas dulu. pasirnya juga oke punya. Sekarang, banyakkah turis yang kesana mbak ?

12. pantai di Bali memang indah-indah yaa. semoga suatu saat bisa ke sana

ReplyDelete
  13. Bagus ya pantainya dan gak terlalu kotor seperti pantai kuta. Thanks sharingnya mbak :)

14. Pantai-pantai di Bali emang keren ya mbak.

15. Masih bersih dan cantik banget pantai Pandawa ini..

ReplyDelete
  16. Akses ke lokasi cukup mudah. Papan penunjuk jalan tersedia di berbagai tempat. Topografi juga tidak terlalu susah. Pemandangan pantai batugamping khas formasi Bali Selatan absolutely stunning and amazing. Air laut biru hingga biru tosca, ombak yang tidak terlalu kencang. cocok untuk dijadikan destinasi wisata keluarga. Pas kesini juga lagi ada olahraga paralayang. keren