Tips Bisnis Jual Beli Mobil Bekas yang Menguntungkan




Mobil merupakan kendaraan yang selalu dipilih terutama jika sudah memiliki keluarga karena dapat menampung banyak anggota keluarga. Saat ini sudah banyak produsen mobil yang mengeluarkan berbagai varian mobil untuk dijadikan pilihan sebagai kendaraannya. Banyaknya mobil terbaru membuat pengguna mobil terus melakukan update terhadap kendaraan yang digunakan salah satunya adalah melakukan jual beli mobil bekas. Hal ini untuk menghasilkan uang sebagai uang tambahan untuk membeli mobil baru. Menjual mobil juga bukanlah hal yang mudah karena mobil yang dijual haruslah memiliki bodi yang masih bagus, mesin yang berkualitas, dan memiliki administrasi alami. Oleh karena itu pada artikel ini akan dibahas tips bisnis jual beli mobil yang bekas.


Pada situs jual beli online juga sudah banyak menyediakan jasa penjualan mobil bekas sesuai dengan daerah asal dan juga sesuai dengan merek mobil yang diinginkan. Jika sudah memulai transaksi maka akan bertemu dengan penjualnya untuk lebih mengecek kondisi fisik mobil dan mesinnya. Berikut adalah tips jual beli untuk mobil bekas diantaranya:

jual beli mobil bekas
 
  • Ketahui momentum yang tepat untuk melakukan bisnis jual beli. Momentum ini berkaitan dengan pemahaman seorang penjual terhadap konsumen yang telah ditargetkan. Momentum ini merupakan waktu konsumen sudah mendapatkan gaji sehingga saat mendapatkan uang maka pembeli akan menyisihkannya untuk mengalokasinnya pada mobil bekas yang akan dibeli. Perhatikan juga momentum lainnya seperti waktu mulai masa perkuliahan atau sekolah, orangtua akan membutuhkan mobil.
  • Pastikan kelengkapan surat resmi terkait kendaraan karena pembeli tidak akan mau membeli mobil dengan dokumen yang tidak lengkap hal ini nantinya kan menyusahkan para pembeli dalam mengurus mobil ini.

Beberapa hal diatas sangat penting untuk diketahui sebagai dasar untuk memulai bisnis jual mobil bekas karena jika tidak maka pebisnis dapat mengalami kerugian penjualan mobil. Selain itu juga sebagai penjual pastikan selalu memastikan usaha jual beli yang sedang dijalankan sudah diketahui masyarakat setempat. Hal ini dibutuhkan supaya ketika hari upah telah tiba maka konsumen akan segera menghampiri tempat penjualan mobil bekas tersebut.

Tips jual beli mobil bekas lainnya antara lain:

  • Meningkatkan harga mobil dengan melakukan beberapa perbaikan kecil pada mobil supaya ketika mobil dideskripsikan kepada pembeli, pembeli akan sangat puas.
  • Sebagai pembeli pastikan tidak membeli mobil bekas melalui makelar karena akan membuat harga mobil semakin tinggi dan pembeli tidak dapat melihat mobilnya secara langsung.
  • Sebagai penjual pastikan menjual mobil yang diminati pasar, semakin banyak permintaan terhadap salah satu mobil akan membuat penawaran pasar semakin tinggi dengan menyediakan mobil tersebut.
  • Sebagai pembeli, dapat juga mengikuti lelang untuk mendapatkan mobil baru karena biasanya mobil yang dilelang karena belum lunas.

Saat ini banyak sekali situs belanja online yang menawarkan penjualan mobil bekas, oleh sebab itu sebagai pembeli pastikan memilih situs terpercaya. Dapat bertanya terhadap teman yang pernah bertransaksi mobil bekas dengan online dan dapat juga mencari tahu kebenarannya melalui browsing di internet. Hal ini sangat penting dilakukan supaya tidak menyesal dan uang yang dikeluarkan tidak menjadi sia-sia.

Jual beli mobil bekas memang harus dilakukan dengan benar oleh penjual dan pembeli. Penjual harus memahami pasar, memahami konsumen, memahami harga setiap penawaran mobil tentunya. Sebagai pembeli juga harus memahami mobil yang akan dibeli, dokumen kendaraan mobil, test drive untuk mengecek mesin dan bodi mobil. Dengan demikian transaksi penjual dan pembeli akan berlangsung dengan baik dan lancar.

Comments

  1. Aku pernah mba jual dan beli mobil bekas. Satu sisi emang jodoh-jodohan sih mba. Tapi kalau dapat mobil yang berkualitas pasti senang banget karena harganya pun lebih miring

    ReplyDelete
  2. Makasih tipsnya mbk kania. Perbaikan kecil mmg bs bantu bgd naikin harga. Lumayan kn nambah dikit harganya. 😊

    ReplyDelete
  3. nggak ada niatan mau jual mobil sih, soalnya cicilannya belum lunas. wkwk. Tapi makasih tipsnya mba, siapa tahu nanti mau beli mobil lagi #eh *yang pertama aja belum lunas woi :P*

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Alhamdulillah, Saya Sudah 2 Kali Operasi Caesar

Wirda Mansur, Anak Muda Inspiratif dan Nyentrik

Menginap di Hotel Yang Ramah Anak di Bogor

Agar Ayam Matang Tak Berdarah