Makan Masakan Sunda dengan Pemandangan Gunung Ciremai

Makan masakan sunda dengan view Gunung Ciremai, ini adalah salah satu kegiatan yang paling saya suka saat pulang kampung. Rumah orangtuasaya di kampung halaman punya pemandangan Gunung Ciremai di kejauhan. Kadang saya duduk di kursi di halaman sambil ngobrol atau makan dan memandangi pemandangan Gunung Ciremai di kejauhan. 

Waas, kata orang sunda mah, saat melihat pemandangan luar biasa ini. Waas itu artinya perasaan yang muncul saat mengingat suatu kenangan atau saat melihat pemandangan yang luar biasa. Melihat keindahan pemandangan Gunung Ciremai di kejauhan mengingatkan akan Sang Pencipta dan kuasa-Nya yang luar biasa.


Gunung ciremai


Ternyata di dekat rumah ada restoran baru dengan menu masakan sunda dan view Gunung Ciremai. Hal ini saya ketahui saat diajak makan bersama oleh keluarga besar. Lokasinya ada di Jalan Raya Desa Cilowa, tak jauh dari Terminal Cirendang atau Pasar Kramatmulya. Nama restorannya adalah Restoran Saung Gunung.

Begitu sampai di area parkir yang cukup memadai, terlihat bangunan saung dan tulisang Saung Gunung cukup besar di depan restoran. Begitu masuk ke dalam restoran, akan terasa suasana yang eksotik dengan furniture meja dan kursi serba kayu. Jalanan bebatuan menambah suasana alam yang menyenangkan. Ditambah lagi, terlihat jelas pemandangan Gunung Ciremai di belakang restoran. Kebtulan waktu kami datang suasananya mendung, jadi gunung tidak terlihat.


restoran saung gunung kuningan jawa barat

Kami segera memesan makanan, yaitu paket nasi ayam dan sayur asem, nasi tutug oncom, cumi goreng tepung, dan sebagainya. Minuman yang kami pesan adalah wedang jahe, kopi, teh, dan berbagai milkshake untuk anak-anak. Jadi selain menu masakan sunda seperti sayur asem dan nasi tutug oncom, ada juga masakan dan minuman lain yang bisa dipesan.

Saya sendiri pesan paket nasi ayam bakar yang dilengkapi dengan sayur asem, sambal, lalap, tahu dna tempe. Porsi nasinya tidak terlalu banyak, sangat pas sih untuk ukuran perut saya. nasinya dibentuk seperti tumpeng yang cukup menarik perhatian. Ayam bakarnya enak banget, rasanya manis dan garing, serta matang merata. Satu paket ini porsinya pas, gak terlalu banyak dan tak terlalu sedikit. Alhamdulillah, habis nih satu porsi nasi ayam bakar dengan menyisakan sedikit sambal hehe.

Oh ya, restoran Saung Gunung dilengkapi dengan mushola yang cukup memadai di bagian belakang restoran. Kalau saja ada playground, anak-anak akan makin betah makan di Restoran Saung Gunung. Untuk yang sedang dalam perjalanan, boleh mampir ke restoran ini karena lokasinya di pinggir jalan besar yang sering dilewati musafir.


restoran saung gunung kuningan jawa barat

Comments

  1. Paling mantul memang menyantap makanan sambil melihat pemandangan alam ya, Mbak. Apalagi ditambah udara sejuk, dan suasana hijau. Bikin hati dan mata adem hehehe.
    Dan rekomended sekali ini, karena letaknya pas pinggir jalan besar. Jadi yang lewat dan kebetulan waktunya makan, bisa sekalian mampir.

    ReplyDelete
  2. Saya orang kuningan, Mba. Kuningan timur. Kalau mudik yang diincar nasi kasreng luragung sekalian lewat. Dari desaku juga view gunung ciremai terlihat jelas. Kalau cuaca lagi bagus seneng aja lihat gunung tertinggi di Jawa Barat.
    Btw, belum pernah makan di Saung Gunung Kuningan. Next, ke sini kalau mudik.

    ReplyDelete
  3. Menyantap menu ayam bakar komplit di saung dengan pemandangan nun jauh Gunung Ciremai...Itu mah nikmatnya tiada tara. Kira-kira habis berapa ya untuk maksi sekeluarga?

    ReplyDelete
  4. restoran dengan view pemandangan emang selalu jadi pilihan yang tepat ya, soalnya bisa sekalian healing eh perut kenyang, hehe

    ReplyDelete
  5. Tak masukin list destinasi liburan ke pulau jawa. Resto nya pasti dingin banget itu.

    ReplyDelete
  6. Nyaman banget kalau di resto Saung Gunung juga menyediakan mushola, jadi kalau sedang dalam perjalanan panjang dan lewat pun bisa numpang sebentar buat makan dan shalat.

    ReplyDelete
  7. Paling demen nih kalau ada resto yang punya mushola. Apalagi ketika mampirnya itu mendekati waktu salat magrib lumayan kan sambil nunggu makanan siap terus bisa salat magrib sekalian.

    ReplyDelete
  8. ini biasanya laris sih.. apalagi kalau rasa makanannya enak, udah pasti jadi primadona karena pemandangannya juga baguss untuk dilihat2 pengunjung

    ReplyDelete
  9. Nuansa tempat makannya enak banget mbak, apalagi menu-menunya menggugah selera. Pengen nyoba nasi tutug oncomnya

    ReplyDelete
  10. Wahh dari fotonya saja sudah kelihatan udaranya sangat sejuk yaa mba. Jadi pengen plesiran ke daerah gunung

    ReplyDelete
  11. Meski bukan orang Sunda, tapi saya suka sekali dengan menu khas Sunda. Apalagi mengunjungi resto khas Sunda yang tempat makannya di saung2...bikin betah deh berlama2 menikmati kuliner di tempat ini.

    ReplyDelete
  12. Nasi ayam bakar yang dilengkapi dengan sayur asem, sambal, lalap, tuh paket komplit nikmat banget. Apalagi sambil liat view Gunung Ciremai. Asli deh ngga mau pulang.

    ReplyDelete
  13. Enak ini santap asik di saung, apalagi sambil melihat pemandangan juga. Serta pas waktu sholat bisa langsung ke mushola, jadi bikin nyaman

    ReplyDelete
  14. Jadi kangen kuningan selama pandemi sering ke kuningan mencoba beberapa hotel yang memiliki fasilitas air panas alami. Next kalau ke kuningan lagi mau ikut cobain aah...

    ReplyDelete
  15. Wah aku senang banget kalau ada tempat makan yang bisa membuat kita menikmati pemandangan sebagus ini
    Uda perut kenyang, hati juga senang

    ReplyDelete
  16. wah seru banget pas banget berencana ke Ceremai, meski entah kapan tapi kalau ke sana bisa nyobain makanannya di sini

    ReplyDelete
  17. Pasti tempat makannya nyaman banget nih karena bisa langsung menikmati pemandangan gunung

    ReplyDelete
  18. Cantik ya tempatnya. Bagaimana dengan harga makanannya, apakah ramah di kantong mbak?

    ReplyDelete
  19. Aku baru dari Kuningan beberapa waktu lalu..
    Seneng banget dan gak nyangka kalau Kuningan tuh dinginn yaa..
    Seru juga makan di Restoran Saung Gunung, rekomendasi kak Kania.

    ReplyDelete
  20. masakan sunda emang juara sih. apalagi ditambah pemandangan yang spektakuler, bikin betah aja

    ReplyDelete
  21. Model tempat makan kayak gini emang cocok banget buat kumpul keluarga sambil healing tipis2 ya kak. Bisa ngebayangin sambil makan lihat gunung Ciremai, jadi ogah pulang haha

    ReplyDelete
  22. Langsung buka map dong aku untuk cari lokasi Saung Gunung Kuningan. Menikmati makanan sambil menikmati pemandangan yang indah, bakal asik banget. Apalagi kalau udara sekitarnya juga sejuk.

    ReplyDelete
  23. Pemandangannya cantik banget. Bikin nafsu makan jadi bertambuh-tambuh. Apalagi makan saat cuaca lagi dingin. Suedappp euyyy

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Biaya Masuk SMP Islam di Tangerang Selatan

Usia Nanggung Bikin Bingung (Memutuskan Kapan Anak Akan Sekolah)

Berendam Air Panas di Grage Hotel & Spa Kuningan

Pertolongan Pertama Pada Anak Demam

Bermain Kartu UNO