Mengenalkan Kegiatan Bercocok tanam Pada Anak Di Situ Perigi

 
Beberapa waktu lalu di sekolah anak saya yang paling kecil diadakan kegiatan bercocok tanam yang berlokasi di Situ Perigi. Memang anak usia 3 tahun belum mengerti kegiatan bercocok tanam. Saya aja sebagai orang dewasa masih belum terlalu paham loh bagaimana cara bercocok tanam yang betul. Inilah pentingnya mengenalkan anak pada bercocok tanam sedini mungkin.

Manfaat Kegiatan Bercocok Tanam Untuk Anak


Kegiatan bercocok tanam bisa melatih motorik anak saat tangan dan kakinya menyentuh tanah dan merasakan teksturnya, saat tangannya menyentuh air yang menyiram tanaman, saat tangan dan indranya lainnya merasakan dan melihat bagaimana bentuk berbagai tanaman.

Anak juga akan menerima informasi baru yang penting untuk hidupnya. Ia akan dikenalkan pada berbagai tanaman yang ada di sekitar kita. Ia juga diberitahu cara tanaman bisa tumbuh besar seperti dirinya, yaitu dengan cara dirawat dan dicintai melalui kegiatan penyiraman, pemberian pupuk dan air.


manfaat kegiatan bercocok tanam untuk anak



Mengenal Situ Perigi


Ini pertama kalinya saya berkunjung ke Situ Perigi. Lokasinya persis di seberang perumahan Permata Bintaro, Tangerang Selatan. Memang tidak langsung terlihat karena tanda masuknya kurang jelas terbaca.

Menurut informasi mengenai Situ Perigi di Wikipedia, Situ Perigi adalah danau buatan yang luasnya sekitar 7 hektar dengan kedalaman 1-4 meter. Ada pulau kecil di tengah nya yang dibentuk dari pengerukan danau.

Danau ini dibentuk di jaman kolonial Belanda untuk keperluan irigasi pesawahan. Dulunya ada banyak ikan yang hidup di danau ini seperti ikan lele, gabus, cupang sawa, belut, mujair, dan sebagainya.Terdapat banyak tanaman yang tumbuh di sekitar danau juga, seperti tanaman asam, dadap, rumput gajah, pisang, dan lain-lain. Pantas saja udara disini segar karena banyak tanaman.


situ perigi
sumber: wikipedia



Sepertinya Situ Perigi perlu perhatian yang lebih dari pemerintah daerah dengan cara dikelola dengan baik agar semakin cantik dan indah. Karena sempat didera masalah pencemaran dan perebutan lahan. Saat ini Situ Perigi dikelola oleh masyarakat sekitar. Tak dikenakan biaya saat masuk ke lingkungan Situ Perigi, hanya biaya parkir sekitar 5000 rupiah.

Selain lahan untuk parkir, ada warung-warung di sekitar Situ dan bangku-bangku. Kita bisa menikmati makanan sambil menikmati udara segar dan pemandangan Situ serta tanaman hijau di sekitarnya. Oh ya, ada trek joging juga mengelilingi Situ Perigi loh. 

Tempat ini lumayan untuk wisata murah meriah bersama keluarga untuk menikmati makanan dan pemandangan alam bahkan berolahraga. Bahkan menurut teman yang sering ke Situ Perigi, saat sore hari dan weekend suka agak ramai karena banyak permainan anak disini.

Comments

Popular posts from this blog

Biaya Masuk SMP Islam di Tangerang Selatan

Usia Nanggung Bikin Bingung (Memutuskan Kapan Anak Akan Sekolah)

Berendam Air Panas di Grage Hotel & Spa Kuningan

Pertolongan Pertama Pada Anak Demam

Bermain Kartu UNO