Mengenal Kurikulum Internasional, Manfaat, Dan Rekomendasi Lembaga Pendidikan Internasional Dengan Biaya Lokal

  

Bicara tentang pendidikan di Indonesia, tentu tak lepas dari kurikulum pendidikan yang diterapkan. Sebagian besar sekolah-sekolah di negeri kita, baik sekolah negeri maupun swasta, menggunakan kurikulum nasional yang dibentuk dan diawasi oleh Kementrian Pendidikan dan kebudayaan Indonesia. Dalam kurikulum nasional, semua siswa wajib mempelajari mata pelajaran yang sama dengan bahasa pengantar Bahasa Indonesia.

Namun selepas pandemi kemarin, Menteri Pendidikan dan kebudayaan Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim, menggagas kurikulum yang menciptakan kegiatan belajar lebih fleksibel yaitu Kurikulum Merdeka Belajar. Kurikulum ini merupakan evaluasi dari kurikulum sebelumnya yaitu Kurikulum 2013 dan ditujukan untuk mengejar ketertinggalan di masa pandemi.

Mengenal Kurikulum Internasional

Tidak semua sekolah menerapkan kurikulum nasional. Ada sekolah atau Lembaga Pendidikan yang secara resmi menggunakan kurikulum khusus, misalnya seperti Kurikulum Internasional. Pada Kurikulum Internasional, siswa bisa mempelajari mata pelajaran apa saja yang ia minati dengan bahasa pengantar asing seperti Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin, atau bahasa negara-negara Eropa.

Selain dalam hal bahasa pengantar, yang membedakan Pendidikan Berkurikulum Internasional dan nasional adalah dalam hal tenaga pengajar. Di Lembaga Pendidikan Internasional setidaknya membutuhkan minimal satu tenaga pengajar asing untuk mengajar. Selain itu, dalam Pendidikan Internasional siswa juga menjalani ujian skala internasional, misalnya seperti International Baccalaureate (IB) atau Cambridge International Examination (CIE).


kurikulum internasional


Kurikulum Internasional sendiri ada banyak jenisnya. Jenis kurikulum Internasional yang diterapkan di Sekolah Internasional di Indonesia diantaranya adalah Kurikulum Montessori yang banyak diterapkan pada Pendidikan Pra Sekolah dan Sekolah Dasar, Kurikulum Internasional Cambridge yang dirancang dan dikembangkan oleh University of Cambridge, Kurikulum Baccalaureate yang berasal dari Jenewa (Swiss), Inernational Primary Curriculum (IPC) yang unggul karena fokus mengembangkan karakter siswa, serta Singaporean Primary School Curriculum (SPSC) yang menitikberatkan pada fleksibilitas belajar sesuai minat siswa.

Manfaat Menggunakan Kurikulum Internasional

Lembaga Pendidikan yang menggunakan kurikulum internasinal biasanya menerapkan biaya Pendidikan yang relatif tinggi. Hal tersebut dikarenakan sekolah harus menyediakan berbagai fasilitas yang mendukung pembelajaran lebih efektif, seperti menyediakan tenaga pengajar asing, serta fasilitas pendukung pembelajaran lainnya.

Namun meski demikian, orangtua rela untuk menyekolahkan anaknya pada Lembaga Pendidikan Internasional karena berbagai manfaat yang akan didapat. Anak yang bersekolah menggunakan Kurikulum Internasional sudah dapat dipastikan fasih berbahasa asing. Selain itu, anak mendapatkan pendidikan yang lebih modern dan terbaru, memiliki wawasan internasional, potensi kemampuan anak lebih terlatih, anak dapat disiapkan menjadi pemimpin masa depan yang memiliki kompetensi bekerja, serta anak akan lebih mudah untuk melanjutkan kuliah di luar negeri.


kurikulum internasional


Rekomendasi Lembaga Pendidikan Yang Menggunakan Kurikulum Internasional Dengan Biaya Lokal

Ya, mempersiapkan anak kuliah di luar negeri mungkin jadi salah satu alasan orangtua memasukkan anaknya pada Lembaga Pendidikan yang menggunakan Kurikulum Internasional sejak dini. Sehingga ketika kuliah di luar negeri anak sudah memiliki wawasan internasional dan fasih berbahasa asing, yang mana hal tersebut dibutuhkan untuk hidup dan kuliah di luar negeri. Dengan kuliah di luar negeri, diharapkan anak memiliki kompetensi bekerja yang akan sangat bermanfaat untuk masa depannya.

Hmm, tapi tentu saja biayanya tak sedikit yang harus dikeluarkan orangtua agar anak bisa kuliah di luar negeri. Kecuali jika orangtua memilih memasukkan anaknya pada perguruan tinggi dengan Pendidikan Internasional di Indonesia, biayanya akan jauh lebih terjangkau.

Sampoerna University


Ya, di Indonesia juga ada kok perguruan tinggi yang menerapkan Pendidikan Internasional. Salah satu perguruan tinggi dengan Pendidikan Internasional di Indonesia yang direkomendasikan adalah Sampoerna University. Sudah pernah mendengar nama kampus ini? Yuk, kenalan dulu dengan perguruan tinggi yang menawarkan Pendidikan Internasional unggul dengan kurikulum Amerika ini!

Sampoerna University adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang menawarkan pilihan terbaik bagi mereka yang mencari Pendidikan Internasional unggul. Sampoerna University merupakan satu-satunya universitas dengan standar kurikulum pendidikan, fakultas, dan operasional ala Amerika Serikat di Indonesia.

Bekerjasama dengan Universtity of Arizona, Sampoerna University menawarkan program Gelar Ganda yang memungkinkan kita belajar selama 4 tahun di Jakarta dengan kurikulum Amerika Serikat dan lulus dengan dua gelar: Gelar sarjana AS terakreditasi dari University of Arizona dan Gelar sarjana (S1) terakreditasi dari Sampoerna Univerity!

Pendidikan tinggi di Amerika Serikat adalah salah satu yang terbaik di dunia. Sekitar 40% dari 200 universitas terbaik di dunia berada di Amerika serikat. Menurut Council of World University Ranking (CWUR) tahun 2020-2021, University of Arizona sebagai mitra dari Sampoerna University menempati ranking ke 46 di dunia.

Dengan mengenyam Pendidikan Internasional di Sampoerna University, mahasiswa bisa mendapatkan Pendidikan berkualitas dunia tanpa harus meninggalkan Indonesia. Mahasiswa juga tak hanya diajarkan keahlian akademis, namun juga dituntut untuk berfikir, melakukan dan tumbuh jadi lebih baik.

Di Sampoerna University, Terdapat 4 fakultas di Sampoerna University yang dapat dipilih oleh mahasiswa, yaitu Fakultas Bisnis (Program Studi Perbankan, Pemasaran Digital, Kewirausahaan dan Akuntansi), Fakultas Teknik dan Teknologi (Program Studi Teknik Mesin, Teknik Industri, Visual Communication Design, Komputer, dan Sistem Informasi), Fakultas Ilmu Pendidikan (Program Studi Pendidikan Matematika dan Bahasa Inggris) serta Fakultas Seni dan Sains.

Lebih dari 70% pengajar di Sampoerna University memiliki gelar doktor. Sehingga tidak mengherankan jika mahasiswa yang diajar pun akan memiliki kompetensi bekerja dan keterampilan yang lebih baik untuk karirnya. Berkat Kurikulum Internasional di Sampoerna University, 94% lulusannya dapat segera berkarir baik di perusahaan nasional maupun internasional.

Di Sampoerna University, mahasiswa juga bisa menghemat sampai 75% dari biaya Pendidikan Internasional yang seharusnya dikeluarkan. Rasanya ini menjadi tawaran yang menggiurkan dari Sampoerna University untuk setiap calon mahasiswa maupun orangtua. Belajar dengan Kurikulum Internasional namun biaya lokal, Sampoerna University bisa menjadi solusinya.

   

Comments

  1. Ternyata begitu ya sampoerna university. Harganya masih bersahabat dengan kualitas internasional

    ReplyDelete
  2. Mau mendapatkan pendidikan bertaraf internasional, ya harus rela merogoh kocek yang lebih dalam. Hal ini tentu aja sebanding dengan kurikulum pendidikan yang didapatkan. Beruntungnya sekarang udah ada sekolah kurikulum internasional di Indonesia ya. Lewat kampus Sampoerna University. Apalagi didukung oleh salah satu kampus terbaik dari AS. Very nice sharing 👍

    ReplyDelete
  3. Seneng ya sekarang udah mulai ada kampus yang punya kurikulum internasional dan nggak main2 pula kerjasama universirasnya sama University of Arizona. Kalo kayak gini mah yakin bgt lulusan Sampoerna University bakal langsung dpt kerja 👏🏼 semoga segera buka buat S2 yak 🤭

    ReplyDelete
  4. Keren nih beres kuliah bisa langsung dapat dua gelar sekaligus. Duh kalau saja ad biaya dan saya mampu, meski udah tua, mau banget belajar di sana...

    ReplyDelete
  5. Saya belum terlalu ngeh dengan Sampoerna University, bisa direkomendasikan buat anak bujang juga dong ya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Biaya Masuk SMP Islam di Tangerang Selatan

Usia Nanggung Bikin Bingung (Memutuskan Kapan Anak Akan Sekolah)

Berendam Air Panas di Grage Hotel & Spa Kuningan

Pertolongan Pertama Pada Anak Demam

Bermain Kartu UNO