Mengenal Kurikulum Internasional, Manfaat, Dan Rekomendasi Lembaga Pendidikan Internasional Dengan Biaya Lokal

  

Bicara tentang pendidikan di Indonesia, tentu tak lepas dari kurikulum pendidikan yang diterapkan. Sebagian besar sekolah-sekolah di negeri kita, baik sekolah negeri maupun swasta, menggunakan kurikulum nasional yang dibentuk dan diawasi oleh Kementrian Pendidikan dan kebudayaan Indonesia. Dalam kurikulum nasional, semua siswa wajib mempelajari mata pelajaran yang sama dengan bahasa pengantar Bahasa Indonesia.

Namun selepas pandemi kemarin, Menteri Pendidikan dan kebudayaan Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim, menggagas kurikulum yang menciptakan kegiatan belajar lebih fleksibel yaitu Kurikulum Merdeka Belajar. Kurikulum ini merupakan evaluasi dari kurikulum sebelumnya yaitu Kurikulum 2013 dan ditujukan untuk mengejar ketertinggalan di masa pandemi.

Mengenal Kurikulum Internasional

Tidak semua sekolah menerapkan kurikulum nasional. Ada sekolah atau Lembaga Pendidikan yang secara resmi menggunakan kurikulum khusus, misalnya seperti Kurikulum Internasional. Pada Kurikulum Internasional, siswa bisa mempelajari mata pelajaran apa saja yang ia minati dengan bahasa pengantar asing seperti Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin, atau bahasa negara-negara Eropa.

Selain dalam hal bahasa pengantar, yang membedakan Pendidikan Berkurikulum Internasional dan nasional adalah dalam hal tenaga pengajar. Di Lembaga Pendidikan Internasional setidaknya membutuhkan minimal satu tenaga pengajar asing untuk mengajar. Selain itu, dalam Pendidikan Internasional siswa juga menjalani ujian skala internasional, misalnya seperti International Baccalaureate (IB) atau Cambridge International Examination (CIE).


kurikulum internasional


Kurikulum Internasional sendiri ada banyak jenisnya. Jenis kurikulum Internasional yang diterapkan di Sekolah Internasional di Indonesia diantaranya adalah Kurikulum Montessori yang banyak diterapkan pada Pendidikan Pra Sekolah dan Sekolah Dasar, Kurikulum Internasional Cambridge yang dirancang dan dikembangkan oleh University of Cambridge, Kurikulum Baccalaureate yang berasal dari Jenewa (Swiss), Inernational Primary Curriculum (IPC) yang unggul karena fokus mengembangkan karakter siswa, serta Singaporean Primary School Curriculum (SPSC) yang menitikberatkan pada fleksibilitas belajar sesuai minat siswa.

Manfaat Menggunakan Kurikulum Internasional

Lembaga Pendidikan yang menggunakan kurikulum internasinal biasanya menerapkan biaya Pendidikan yang relatif tinggi. Hal tersebut dikarenakan sekolah harus menyediakan berbagai fasilitas yang mendukung pembelajaran lebih efektif, seperti menyediakan tenaga pengajar asing, serta fasilitas pendukung pembelajaran lainnya.

Namun meski demikian, orangtua rela untuk menyekolahkan anaknya pada Lembaga Pendidikan Internasional karena berbagai manfaat yang akan didapat. Anak yang bersekolah menggunakan Kurikulum Internasional sudah dapat dipastikan fasih berbahasa asing. Selain itu, anak mendapatkan pendidikan yang lebih modern dan terbaru, memiliki wawasan internasional, potensi kemampuan anak lebih terlatih, anak dapat disiapkan menjadi pemimpin masa depan yang memiliki kompetensi bekerja, serta anak akan lebih mudah untuk melanjutkan kuliah di luar negeri.


Menguasai kompetensi bekerja lewat pendidikan internasional


Rekomendasi Lembaga Pendidikan Yang Menggunakan Kurikulum Internasional Dengan Biaya Lokal

Ya, mempersiapkan anak kuliah di luar negeri mungkin jadi salah satu alasan orangtua memasukkan anaknya pada Lembaga Pendidikan yang menggunakan Kurikulum Internasional sejak dini. Sehingga ketika kuliah di luar negeri anak sudah memiliki wawasan internasional dan fasih berbahasa asing, yang mana hal tersebut dibutuhkan untuk hidup dan kuliah di luar negeri. Dengan kuliah di luar negeri, diharapkan anak memiliki kompetensi bekerja yang akan sangat bermanfaat untuk masa depannya.

Hmm, tapi tentu saja biayanya tak sedikit yang harus dikeluarkan orangtua agar anak bisa kuliah di luar negeri. Kecuali jika orangtua memilih memasukkan anaknya pada perguruan tinggi dengan Pendidikan Internasional di Indonesia, biayanya akan jauh lebih terjangkau.

Sampoerna University


Ya, di Indonesia juga ada kok perguruan tinggi yang menerapkan Pendidikan Internasional. Salah satu perguruan tinggi dengan Pendidikan Internasional di Indonesia yang direkomendasikan adalah Sampoerna University. Sudah pernah mendengar nama kampus ini? Yuk, kenalan dulu dengan perguruan tinggi yang menawarkan Pendidikan Internasional unggul dengan kurikulum Amerika ini!

Sampoerna University adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang menawarkan pilihan terbaik bagi mereka yang mencari Pendidikan Internasional unggul. Sampoerna University merupakan satu-satunya universitas dengan standar kurikulum pendidikan, fakultas, dan operasional ala Amerika Serikat di Indonesia.

Bekerjasama dengan Universtity of Arizona, Sampoerna University menawarkan program Gelar Ganda yang memungkinkan kita belajar selama 4 tahun di Jakarta dengan kurikulum Amerika Serikat dan lulus dengan dua gelar: Gelar sarjana AS terakreditasi dari University of Arizona dan Gelar sarjana (S1) terakreditasi dari Sampoerna Univerity!

Pendidikan tinggi di Amerika Serikat adalah salah satu yang terbaik di dunia. Sekitar 40% dari 200 universitas terbaik di dunia berada di Amerika serikat. Menurut Council of World University Ranking (CWUR) tahun 2020-2021, University of Arizona sebagai mitra dari Sampoerna University menempati ranking ke 46 di dunia.

Dengan mengenyam Pendidikan Internasional di Sampoerna University, mahasiswa bisa mendapatkan Pendidikan berkualitas dunia tanpa harus meninggalkan Indonesia. Mahasiswa juga tak hanya diajarkan keahlian akademis, namun juga dituntut untuk berfikir, melakukan dan tumbuh jadi lebih baik.

Di Sampoerna University, Terdapat 4 fakultas di Sampoerna University yang dapat dipilih oleh mahasiswa, yaitu Fakultas Bisnis (Program Studi Perbankan, Pemasaran Digital, Kewirausahaan dan Akuntansi), Fakultas Teknik dan Teknologi (Program Studi Teknik Mesin, Teknik Industri, Visual Communication Design, Komputer, dan Sistem Informasi), Fakultas Ilmu Pendidikan (Program Studi Pendidikan Matematika dan Bahasa Inggris) serta Fakultas Seni dan Sains.

Lebih dari 70% pengajar di Sampoerna University memiliki gelar doktor. Sehingga tidak mengherankan jika mahasiswa yang diajar pun akan memiliki kompetensi bekerja dan keterampilan yang lebih baik untuk karirnya. Berkat Kurikulum Internasional di Sampoerna University, 94% lulusannya dapat segera berkarir baik di perusahaan nasional maupun internasional.

Di Sampoerna University, mahasiswa juga bisa menghemat sampai 75% dari biaya Pendidikan Internasional yang seharusnya dikeluarkan. Rasanya ini menjadi tawaran yang menggiurkan dari Sampoerna University untuk setiap calon mahasiswa maupun orangtua. Belajar dengan Kurikulum Internasional namun biaya lokal, Sampoerna University bisa menjadi solusinya.

   

Comments

  1. Ternyata begitu ya sampoerna university. Harganya masih bersahabat dengan kualitas internasional

    ReplyDelete
  2. Mau mendapatkan pendidikan bertaraf internasional, ya harus rela merogoh kocek yang lebih dalam. Hal ini tentu aja sebanding dengan kurikulum pendidikan yang didapatkan. Beruntungnya sekarang udah ada sekolah kurikulum internasional di Indonesia ya. Lewat kampus Sampoerna University. Apalagi didukung oleh salah satu kampus terbaik dari AS. Very nice sharing 👍

    ReplyDelete
  3. Seneng ya sekarang udah mulai ada kampus yang punya kurikulum internasional dan nggak main2 pula kerjasama universirasnya sama University of Arizona. Kalo kayak gini mah yakin bgt lulusan Sampoerna University bakal langsung dpt kerja 👏🏼 semoga segera buka buat S2 yak 🤭

    ReplyDelete
  4. Keren nih beres kuliah bisa langsung dapat dua gelar sekaligus. Duh kalau saja ad biaya dan saya mampu, meski udah tua, mau banget belajar di sana...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beres kuliah langsung siap bersaing dengan kompetitor lainnya. Sudah punya skill matang untuk bersaing di dunia kerja . Keren bet dah Sampoerna University ini

      Delete
  5. Saya belum terlalu ngeh dengan Sampoerna University, bisa direkomendasikan buat anak bujang juga dong ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kepikiran hal yang sama nih, anakku tahun ini harusnya lulus udah. Pengen kusarankan dia lanjut kuliah lagi di Sampoerna University, mengingat jalan dia masih panjang dan persaingan tenaga kerja juga akan semakin ketat lho beberapa tahun ke depan.

      Delete
  6. Bicara kuliah hrus juga mikirin biaya lainnya, jadi cari yg murah, tapi kualitas nya terjamin.. Stlh baca info diatas, jdi pngn kuliah di Sampoerna University bisa menghemat 75%.

    ReplyDelete
  7. kampus-kampus yang basisnya kurikulum internasional memang sangat direkomendasikan, karena banyak sekali manfaat yang didapat dengan standar kurikulum internasional, mulai dari bahasa, mindset, jiwa leadershipnya, creative thinkingnya, koneksi dan lainnya sangat bagus

    ReplyDelete
  8. Jadi, semisal kita udah sekolah di sekolah yang punya kurikulum nasional kayak kurikulum merdeka atau kurikulum 2013 sampai SMA. Masih bisa merasakan sekolah ber kurikulum Internasional di Sampoerna University ya, Kak. Okelah. Biar makin mantap. Siapa tahu kan bisa sekolah di luar negeri. Proses transfer nya lebih mudah. Katanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah masih ada peluang ya, bagus nih bisa jadi lompatan buat go Internasional ya :)

      Delete
  9. luar biasa kurikulum internasional yang diterapkan sama Sampoerna University, sesuai banget sama Indikator Kinerja Utama (IKU) PT nih

    ReplyDelete
  10. Bisa dapat dua gelar dan kuliahnya pun ternyata bisa hemat sampai 75% juga, wah mengasikkan jadinya raih gelar sarjana di Sampoerna University

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooh, Kak. Mana katanya di Sampoerna University tuh memungkinkan banget kalau semisal kita pingin pindah kuliah di luar negeri. Asyik banget dah ah.

      Delete
  11. Semoga rezeki kita lancar dan sehat yaaa, berharap banget anakku kelak bisa sekolah atau kuliah dengan kurikulum internasional. Udah terbukti bisa banget menghantarkan anak menjadi sukses dan mampu bersaing di era globalisasi sih. Yang penting, dapat berkontribusi terhadap negara

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, Kak. aku sih kayaknya bakalan mulai rencanain pendidikan adikku buat kuliah di Sampoerna University gitu, Kak. Biar bisa go internasional dia nya. Hehehehe

      Delete
  12. Semoga rezeki kita lancar dan sehat yaaa, berharap banget anakku kelak bisa sekolah atau kuliah dengan kurikulum internasional. Udah terbukti bisa banget menghantarkan anak menjadi sukses dan mampu bersaing di era globalisasi sih. Yang penting, dapat berkontribusi terhadap negara

    ReplyDelete
  13. Kurikulum internasional baguss yaa..sesuai dengan kebutuhan jaman sekarang
    Anak. Memang secara harga lebih pricely

    ReplyDelete
  14. Rekomendasi kampus Sampoerna University bagus dan kurikulumnya mendukung untuk kemajuan generasi anak muda zaman. Dengan sistem pembelajaran dan didukung oleh dosen yang bagus, maka lulusan Sampoerna University semakin banyak diminati di dunia kerja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi punya bekal ya Teh buat mudah diterima kerja.
      Apalagi juga mendapatkan dua gelar, mantul memang

      Delete
  15. Sekarang pastinya sekolah harus mampu mengikuti perkembangan dalam dunia pendidikan yha termasuk kurikulum internasional ini. Tentunya juga disesuaikan dengan kapasitas kemampuan para peserta didiknya nih. Keren banget yha Sampoerna University yang menerapkan kurikulum internasional dengan biaya lokal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biayanya ini asik ya, jadinya biaya lokal tapi belajarnya ala luar negeri. Makin semangat deh belajarnya dengan tekun

      Delete
  16. Dulu salah satu impian saya adalah berkuliah di tempat dengan kurikulum internasional, karena suka dengan metode pembelajarannya tapi gakesampaian. Namun, alhamdulillah pendidikan s1 saat ini udah selesai dan tetap harus bersyukur.

    ReplyDelete
  17. Ada banyak manfaat ya kalau bisa belajar dan mengembangkan kemampuan selama pendidikan dengan mengikuti kurikulum internasional.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Punya kemampuan yang bisa diandalkan dan jadinya percaya diri ketika bekerja ya kak Mon

      Delete
  18. Perubahan kurikulum memang harus disesuaikan dengan perkembangan zaman. Gak bisa lagi sekadar menghafal atau fokus ke nilai saja. Untunglah sekarang ada Sampoerna University yang memudahkan mahasiswa kuliah dengan sistem pendidikan internasional, tanpa harus ke luar negeri.

    ReplyDelete
  19. sekarang pengen menempuh pendidikan internasional gak perlu jauh ke luar negeri. soalnya udah ada Sampoerna University yg biaya pendidikannya sangat terjangkau meski terapkan pendidikan internasional.

    ReplyDelete
  20. Kampus yang menerapkan kurikulum internasional akan membuka peluang mahasiswanya mempunyai kompetensi bersaing secara global ya. Seperti lulusan dari Sampoerna University sudah siap menghadapi dunia kerja. Keren.

    ReplyDelete
  21. kurikulum internasional memang jadi bikin anak kita lebih kritis yaa.. kita sebagai orangtua jadi harus belajar lebih untuk tahu seperti apa tren pembelajaran ke depan.

    ReplyDelete
  22. Sampoerna University bisa jadi contoh untuk universitas lainnya yang sudah menerapkan kurikulum internasional. Apalagi biayanya masih terjangkau dan hemat :)

    ReplyDelete
  23. Sampoerna University sebagai pendidikan berbasis internasional boleh banget ini buat rekomendasi untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Aku cek di web ada banyak pilihan bidang akademik dan menggunakan kurikulum internasional.

    ReplyDelete
  24. dengan kurikulum internasional bisa mempersiapkan anak untuk bersaing didunia global. Makin banyak terpapar makin siap menghadapi perkembangan global. Apalagi sekarang semua berbasis kompetensi

    ReplyDelete
  25. Keren banget strateginya Sampoerna University kerjasama dengan University of Arizona US untuk menerapkan kurikulum internasional

    ReplyDelete
  26. Saya inginnya sih sistem pendidikan Indonesia mengadopsi kurikulum internasional di sekolah negeri. Tapi memang implementasinya masih PR banget mengingat ada banyak adaptasi yang harus dilakukan tidak hanya oleh guru tapi juga orangtua dirumah. Tapi at least udah ada lembaga pendidikan yang punya kurikulum internasional ya seperti Sampoerna university. Pilihan yang tepat sih untuk anak melanjutkan kuliah nanti.

    ReplyDelete
  27. Yang menarik adalah ketika membutuhkan kurikulum internasional karena berbagai kelebihan yang ditawarkan, maka Sampoerna University menyediakan kesempatannya dengan sangat baik dan kerjasama kampus ternama juga di Amerika. Semakin gigih dan semangat dalam belajar.

    ReplyDelete
  28. Sebagai generasi yang hidup di era digital, penting banget loh nmabah wawasan dengan menyerap metode pembelajaran berbasis internasional. Harapannya biar daya kompetensinya semakin yahut

    ReplyDelete
  29. Zaman sekarang pendidikan anak-anak memang harus jadi prioritas yah. Pilihan untuk lanjutin pendidikan di Sampoerna University udah pas banget, dengan kurikulumnya internasionalnya yg juga oke.

    ReplyDelete
  30. Berarti sejak dini diprsiapkan bahasa inggtis passive active nih.. buat mempermudah memahami dst

    ReplyDelete
  31. Dari dulu kayaknya Sampoerna ini concern banget soal pendidikan rakyat Indonesia yak. Sempet denger soal program beasiswanya, jadi makin yakin sama kualitasnya Sampoerna University

    (Arai)

    ReplyDelete
  32. Aku juga pengennya tuh ntr bisa sekolahin anak yang ada kurikulum internasionalnyaa biar siapp go global dia heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga sama Mbaji, kuat-kuatin doa dan ikhtiar nih semoga rezekinya nyampe buat sekolahin anak di Sampoerna university kelak. amiin

      Delete
  33. Memang yaaa kesuksesan di masa mendatang adalah ia yang telah dipersiapkan masa depannya salah satunya lewat jalur pendidikannya.

    ReplyDelete
  34. Senang juga ya ada kampus yang pakai kurikulum internasional tapi harganya masih terjangkau.

    ReplyDelete
  35. Banyak bener ya manfaat kurikulum internasional ini. emang kudu pinter milih karena Persaingan dunia kerja ngebuat kita harus bisa mempersiapkan diri sebaik mungkin dengan segala macam kemampuan. Kalau ngga, bakalan kalah bersaing.

    ReplyDelete
  36. Bagaimanapun, mencari kerja akan terasa lebih ringan jika memiliki berbagai skills. Karena kebutuhan dunia kerja berikut persaingannya sangat ketat sekali. Dibutuhkan anak muda yang tangguh.

    ReplyDelete
  37. Enak ya kalo sekolah/kuliah di lembaga pendidikan yg pake kurikulum internasional, jadi standarnya tinggi, pake bahasa inggris, dan lulusannya juga dijamin kompeten (plus gampang cari kerja)/

    ReplyDelete
  38. kebetulan nih anak saya lulus SMA tahun ini, Saya sebagai ortu juga pengin dong anak mendapatkan pendidikan yang terbaik. Saya baca Sampoerna University meskipun menggunakan kurikulum internasional tapi biayanya biaya lokal, berrati masih terjangkau masyarakat umum ya. menarik sekali ini.

    ReplyDelete
  39. Paling dirasakan saat berhubungan dengan kurikulum internasional adalah kemampuan bahasa peserta didik ya. Pastinya kemampuan bahasa asing makin terasah karena selalu digunakan dalam pbm

    ReplyDelete
  40. Jadi pengen kuliah lagi nih. Setauku kalau lembaga pendidikan menggunakan kurikulum internasional biayanya juga ikut internasional. tapi kalau ada yang kurikulum internasional biaya lokal saya tentu tertarik.

    ReplyDelete
  41. Ini jadi catatan banget buatku ntr kalo mau nyekolahin anakkk >.< masyaAllah impian banget emang Sampoerna University iniiii <3

    ReplyDelete
  42. Bagusnya Sampoerna University ini bisa dapat gelar dari luar negeri juga meskipun biaya kuliahnya dalam negeri ya.

    ReplyDelete
  43. Keren banget deh kampus dalam negeri dengan biaya lokal yang menerapkan kurikulum internasional. Makin bagus pastinya ke depan jika teraplikasikan dengan baik kurikulumnya nih,keren banget.

    ReplyDelete
  44. Waah sampoerna university patut di lirik nih, memang mempersiapkan bekal anak di dunia kerja nanti sangat penting.

    ReplyDelete
  45. Senangnya ya kalau sudah ada kurikulum seperti ini
    Orang tua akan lebih bijak dan punya waktu untuk tahu fokusnya anak sudah sampai di mana

    ReplyDelete
  46. Lembaga pendidikan yang memakai kurikulum internasional akan menghasilkan SDM yang lebih kompeten di kancah global, ya

    ReplyDelete
  47. Kurikulum Internasional ini memang wajib diterapkan, karena perubahan di dunia kerja terus berlangsung seiring waktu. Skiil pun harus terus ditambah, agar nantinya tidak hanya bisa bersaing di dalam negeri, tapi juga bersaing di luar negeri.

    ReplyDelete
  48. Jadi penasaran dengan pembiayaan di Sampoerna University.
    Mudah-mudahan, next anak-anakku bisa mengenyam dunia pendidikan dengan kualitas terbaik seperti kurikulum internasional.
    Waktunya mengencangkan sabuk, nabung lagi buat pendidikan mereka

    ReplyDelete
  49. Nah, yang kayak gini nih pastinya dicari. Universitas yang menyelenggarakan kuliah dengan standar internasional tetapi biayanya lokal. Pasti pada banyak peminatnya

    ReplyDelete
  50. memasuki sekolah atau kampus dengan kurikulum internasional akan memudahan kita memasuki dunia internasional, karena dari awal sekolah atau kuliah mereka sudah memframe kita untuk bisa masuk dunia internasional, baik itu pekerjaan ataupun pendidikan berikutnya

    ReplyDelete
  51. Masuk ke sekolah atau kampus dengan kurikulum internasional mempermudah kita memasuki dunia internasional, baik itu pendiikan ataupun pekerjaan. Sehingga sangat penting jika kita ingin masuk dunia internasional, dari awal harus sudah masuk ke sekolah atau kampus dengan standar kurikulum internasional

    ReplyDelete
  52. andai dulu sudah ada ya haha mungkin jadi pilihan juga.. dan sepertinya aku lihat juga mereka punya beberapa program beasiswa untuk di SU. menarik sekali menjadi pilihan anak muda zaman sekarang

    ReplyDelete
  53. Kalau kuliah di Sampoerna University bakalan dapat ilmu dan pengalaman yang luar biasa nih. Sudah berstandar internasional, terus biayanya jauh lebih terjangkau ketimbang kita kuliah langsung di AS.

    ReplyDelete
  54. aku belum pernah sekolah yang pakai sistem kurikulum internasional. cuma pernah ngerasain program RSBI setahun waktu SMA dan semua pelajaran emang pakai bahasa inggris. jadi berpikir kayaknya seru ya nyekolahin anak kita pakai kurikulum internasional, selain bikin fasih bahasa inggris, poin utamanya tuh mengasah potensi bukan cuma hafalan aja.

    ReplyDelete
  55. Pendidikan sekarang butuh ditingkatkan ya kak. Salah satunya dengan menerapkan kurikulum internasional agar lulusannya siap kerja

    ReplyDelete
  56. Adanya Sampoerna University solusi ya buat mahasiswa yang ingin mengenyam pendidikan setara internasional tapi dengan biaya lokal. Keren deh

    ReplyDelete
  57. Sampoerna University menjadi pilihan pendidikan internasional di dalam negeri ya Kak. Apalagi kurikulumnya sudah internasional ala Amerika Serikat.

    ReplyDelete
  58. Setelah punya anak, cita-citaku sekarang bisa memberikan hak pendidikan terbaik buat mereka agar bisa punya bekal dalam menyongsong tantangan dunia kerja global masa kini.

    ReplyDelete
  59. Kurikulum internasional dengan biaya lokal? Ortu mana yang nggak tertarik dengan lembaga pendidikan seperti ini. Saya pun terus berburu lembaga pendidikan yang setidaknya bisa menambah asupan wawasan internasional pada anak-anak.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Rekomendasi Homeschooling Terbaik Untuk Solusi Belajar Anak

Bermain Kartu UNO

Usia Nanggung Bikin Bingung (Memutuskan Kapan Anak Akan Sekolah)

Biaya Masuk SMP Islam di Tangerang Selatan

Berendam Air Panas di Grage Hotel & Spa Kuningan