Daftar Menu Buka Puasa Favorit Indonesia, Nomor 5 Adalah Yang Paling Favorit!



Ramadhan identik dengan beragam makanan apalagi saat menjelang berbuka puasa, biasanya kita menyediakan berbagai macam makanan untuk buka. Salah satu yang terkenal adalah kolak pisang, tetapi tidak hanya kolak pisang yang selalu tersedia dalam menu buka puasa. Masih banyak menu buka puasa yang khas dari berbagai daerah di Indonesia. Misalnya 5 menu berikut.


1. Bubur Kampiun

Makanan khas Minangkabau ini juga selalu tersedia selama bulan Ramadhan. Bubur kampiun atau yang biasa disebut bubur campuran memiliki isian lengkap. Bubur rasa manis ini terdiri dari bubur, ubi jalar, pisang, candil, dan nasi ketan hitam. Manisnya bubur ini membuat bubur ini disukai oleh banyak orang tidak hanya orang Minangkabau tetapi juga hampir di seluruh Indonesia.

Bubur kampiun


2. Kicak

Kicak adalah menu buka puasa khas dari kota Yogyakarta. Makanan ini populer selama bulan Ramadhan dan biasanya dijual di daerah Kauman. Kicak terbuat dari beras ketan. Rasa manisnya memang bisa membangkitkan nafsu makan setelah puasa sehari penuh.

3. Lepat Gayo

Ingin mencicipi menu spesial Ramadhan dari Aceh? Jika Anda mengunjungi Aceh selama bulan puasa, Anda akan melihat banyak penjual yang menjual Lepat Gayo. Lepat Gayo sendiri sama dengan kue lepat pada umumnya yang terbuat dari tepung ketan, gula aren, dan parutan kelapa.

4. Jojongkong

Jojongkong adalah makanan khas dari Lampung yang juga selalu tersedia selama bulan Ramadhan. Jojongkong mirip dengan bubur sumsum, yang memiliki campuran santan manis dan gurih ditambah gula merah. Bubur jojongkong ini juga merupakan menu favorit kuliner warisan Cina selama bulan puasa.

Jojongkong


5. Gorengan

Salah satu kebiasaan masyarakat Indonesia saat berbuka puasa adalah makan gorengan, mulai dari bakwan, risol, tempe goreng, tahu goreng, dan lainnya. Gorengan adalah menu wajib bagi orang Indonesia saat berbuka puasa. Di antara lima makanan di atas, yang paling populer adalah makanan goreng, namun, di balik rasanya yang enak, ada beberapa efek buruk jika Anda terlalu banyak makan gorengan.

Efek Buruk Dari Berbuka Puasa Dengan Makanan Goreng


Kandungan lemak dalam minyak dalam makanan yang digoreng membuat makanan yang digoreng sulit dicerna, terutama ketika makanan yang digoreng adalah makanan pertama yang Anda makan ketika berbuka puasa. Karena sulit dicerna, proses mencerna makanan yang digoreng akan memakan waktu lama dan dapat mengganggu dan menghambat saluran pencernaan untuk mencerna nutrisi lain.

Untuk mencegah masalah pencernaan yang bisa terjadi akibat konsumsi makanan yang digoreng, Anda harus membatasi konsumsi makanan yang digoreng, terutama sebagai menu buka puasa. Jika Anda ingin makan makanan yang digoreng, Anda harus memasaknya sendiri dengan minyak goreng baru. Makanan goreng yang dibeli dari jalanan biasanya menggunakan minyak yang telah digunakan berulang kali sehingga dapat memicu pembentukan zat yang berbahaya bagi tubuh dan kesehatan. 

Selain itu, Anda juga bisa mencoba alternatif makanan lain sebagai menu buka puasa alih-alih berbuka puasa dengan makanan yang digoreng. Beberapa contoh makanan pembuka yang lebih sehat daripada makanan yang digoreng, seperti dimsum yang proses memasaknya hanya dikukus, atau bisa juga dengan beragam buah dan yogurt.

Yogurt


Yogurt, adalah pilihan yang sangat baik untuk dikonsumsi selama bulan Ramadhan sebagai menu sahur dan buka puasa. Yoyoghurt mengandung bakteri lactobacillus hidup yang bermanfaat untuk pencernaan Anda. 

Menurut para ahli nutrisi, bakteri baik akan bekerja secara optimal ketika perut kosong. Itulah sebabnya yogurt baik dikonsumsi sebagai menu sahur dan buka puasa, sehingga pencernaan Anda dapat terlindungi dengan baik. Jangan makan makanan berminyak seperti gorengan terlalu banyak. Selain merusak kinerja sistem pencernaan, ini bisa menimbun lemak jahat yang juga memicu obesitas. 

Itulah menu-menu favorite untuk berbuka dari Indonesia, jangan lupa untuk selau mengecek jadwal puasa hari ini agar kalian tidak telat saat melaksanakan sahur dan berbuka puasa!

Comments

Popular posts from this blog

Biaya Masuk SMP Islam di Tangerang Selatan

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Pertolongan Pertama Pada Anak Demam

Berendam Air Panas di Grage Hotel & Spa Kuningan

Bermain Kartu UNO