Fungsi dan Macam-macam Zodiak


Secara etimologi, zodiac ini diambil dari bahasa Latin zodiacus yang berarti “lingkaran hewan”. Nah, hal tersebutlah yang menjadi latar belakang penggunaan nama-nama binatang untuk menamai ramalan zodiak hari ini terbaru.  

Secara ilmiah, zodiac berarti menyatakan sebuah siklus tahunan dari 12 wilayah sepanjang lingkaran ekliptik (suatu pola lintasan perubahan posisi matahari di angkasa) yang terbentuk karena gugus bintang menjadi 12 area dengan ukuran busur yang sama. 

Pembagian Gugus Bintang

Menurut informasi yang di dapat, pembagian gugus bintang di langit itu sudah dilakukan sepanjang eliptik (lintasan semu matahari) serta pembagian yang dimulai dari vernal equinox (perpotongan antara ekliptik dan garis khatulistiwa bola langit). Para ilmuwan dari Babilonia mengatakan, bahwa lingkaran eliptik dibagi menjadi 12 wilayah dengan ukuran yang sama. Lantas, seperti apakah fungsi dari zodiac?

Fungsi Zodiak

Pada dasarnya, fungsi utama dari zodiac ini berupa peta kedudukan atau posisi matahari di angkas. Namun karena adanya berbagai alasan, ternyata zodiac dimanfaatkan dan disalahgunakan yang kerap digunakan untuk meramal nasib seseorang (seperti buku berbentuk kipas). Kendati demikian, alangkah mengenaskan nasib zodiac karena ia tak seperti buku tulis yang masih dikenal fungsi utamanya. Ya, fungsi utama dari zodiac ternyata telah terkaburkan dan terpinggirkan oleh fungsi lainnya.

Fungsi zodiac


Macam-macam & Manfaat Zodiak

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa ramalan zodiac itu dibagi menjadi 12 wilayah. Ya, kedua belas wilayah tersebut diantaranya adalah Aries, Taurus, Gemini, Cancer, Leo, Virgo, Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius, dan Pisces. Adapun mengenai beberapa manfaat, jika kamu mempercayai zodiac seperti di bawah ini:

1. Memberikan Perasaan Positif

Sebuah kabar yang baik itu bisa membuat perasaan menjadi senang bagi para pendengarnya. Ya, meski ramalan zodiac tersebut belum tentu benar dan kamu tidak mempercayainya, namun setidaknya ramalan zodiac ini bisa memberikan perasaan positif. 

2. Membuat Diri Menjadi Lebih Waspada

Membaca ramalan negatif yang ditujukan, tentu dapat menciptakan rasa panik bagi para pembacanya. Berbeda untuk ramalan seperti zodiac, yang biasanya tidak mungkin menciptakan suasana-suasana yang menakutkan. 

3. Dapat Membantu Untuk Memahami Sifat Orang Lain

Sejatinya ramalan zodiac tidak selalu terfokuskan pada pembicaraan tentang masa depan saja, melainkan juga kerap membahas tentang kepribadian dua belas anggota zodiac yang berbeda satu sama lainnya. Untuk mereka yang mempercayainya, maka zodiac ini bisa digunakan sebagai acuan tentang diri sendiri lho. Bahkan, kita juga bisa belajar untuk menonjolkan bakat diri, serta meminimalisir kekurangan yang ada pada diri sendiri. 

4. Memberi Harapan

Terkadang saat kita sedang ditimpa kesulitan, maka dengan membaca ramalan positif itu dapat memberi sebuah harapan baru. Alhasil, kita bisa menjadi lebih sabar dan yakin bahwa setiap masalah yang dihadapi itu pasti ada jalan keluarnya. 

5. Bisa Memberi Hiburan

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa membaca ramalan zodiac itu bisa memberi hiburan bagi siapa saja. Ya, selain karena horoskop yang merupakan salah satu aspek entertainment, zodiac juga bisa memicu kita untuk melepaskan rasa penat dengan cara berkomentar. 

6. Bisa Memberi Ide

Sebuah ide tersebut bisa kamu dapatkan, entah itu di rekomendasi kegiatan saat liburan, kegiatan yang dilakukan saat merasa jenuh, dan lain sebagainya. Disamping itu, tersedia juga kolom zodiac yang sering memuat beragam hal seperti benda, warna, dan hari keberuntungan. 

Walau begitu, jangan jadikan zodiac sebagai sandaran utama dalam beraktivitas ya. Tetap percaya diri dengan diri sendiri karena setiap orang itu istimewa, termasuk kamu. 

Comments

Popular posts from this blog

Biaya Masuk SMP Islam di Tangerang Selatan

Pertolongan Pertama Pada Anak Demam

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Bermain Kartu UNO

Berendam Air Panas di Grage Hotel & Spa Kuningan