Menjaga Kesehatan Tulang dan Sendi Sejak Dini

 

Tulang merupakan bagian tubuh yang sangat penting. Tulang berfungsi sebagai penyokong tubuh dan melindungi organ penting seperti otak, jantung dan berbagai organ lainnya dari cedera.

Tidak kalah penting untuk tubuh adalah sendi. Sendi adalah alat gerak dan penghubung antar tulang. Sendi memungkinkan gerakan tubuh, mulai dari gerakan sederhana seperti melipat jari tangan sampai gerakan yang komplek seperti berlari, berjalan, dan melakukan aktifitas lainnya. Tanpa adanya sendi, tubuh akan terasa kaku dan tak dapat bergerak dengan leluasa.

Seiring bertambahnya usia, kesehatan tulang dan sendi semakin berkurang. Massa tulang lebih cepat menurun dibandingkan dengan kemampuan tubuh membuat sel baru untuk menggantikannya. Kondisi ini kita kenal dengan osteoporosis. Sementara itu, sendi juga mengalami kekakuan seiring bertambahnya usia.

Menurut penelitian, satu dari lima perempuan di atas usia 50 tahun kemungkinan mengalami osteoporosis yaitu kondisi pengeroposan yang dapat melemahkan tulang. Fakta bahwa osteoporosis banyak dialami oleh perempuan, seharusnya membuat kita semua perempuan semakin sadar akan kesehatan tulang dan juga sendi. Tetapi, bukan berarti laki-laki juga tak bisa terkena osteoporosis loh.


menjaga kesehatan tulang dan sendi sejak dini dengan susu etawarich
Sumber ilustrasi: canva


Kondisi kesehatan tulang yang lain adalah pengapuran tulang. Pengapuran tulang yaitu terjadinya tonjolan tulang di sekitar persendian akibat penumpukan dan pengerasan kalsium. Kondisi ini terjadi karena bertambahnya usia, aktivitas harian, atau riwayat penyakit.

Oleh karena itu, kita perlu memperhatikan kesehatan tulang dan sendi sejak dini. Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi sejak dini. Menurut berbagai sumber, menjaga kesehatan tulang dan sendi bisa dilakukan dengan berbagai cara berikut ini.

  1. Tetap bergerak aktif atau olahraga

Aktifitas apapun yang mengharuskan bergerak melawan gravitasi seperi lari, jalan cepat, dan sebagainya akan menstimulasi tulang menjadi lebih kuat dan mencegah tubuh menarik mineral penting seperti kalsium dan fospat dari tulang. Olahraga juga merupakan salah satu kunci untuk mendapatkan sendi yang sehat. Semakin banyak bergerak, semain rendah resiko terjadinya kekakuan sendi.

Seorang ahli ortopedi di Cedars Sinai Kerlan-Jobe Institute di Los Angeles, California, Bernama Jeffrey Zarin, MD, mengatakan bahwa kurang olahraga dapat membuat tulang lemah dan rapuh. Beliau menyarankan untuk melakukan aktivitas sedang selama 150 menit setiap minggunya. Menggerakkan tubuh secara rutin seperti berenang, jalan kaki, yoga, dan lain-lain memberikan kesempatan tulang lebih padat dan sendi lebih sehat.



Jalan pagi, ikhtiar untuk tulang sehat.

  1. Menjaga berat badan tetap ideal

Berat badan yang berlebih dapat meningkatkan resiko cedera pada tulang. Berat badan yang berlebih juga dapat mempengaruhi dan memicu ketegangan pada sendi lutut, pinggul dan punggung. Dengan menjaga berat badan tetap ideal, akan mendukung kesehatan tulang dan sendi.

  1. Tidak Merokok dan Minum Alkohol

Kebiasaan mengonsumsi alkohol dan merokok dapat merusak kesehatan tubuh termasuk tulang. Konsumsi alkohol dan rokok yang berlebih dapat mengurangi kepadatan tulang, sehingga resiko osteoporosis lebih rentan terjadi.

  1. Berjemur di bawah sinar matahari

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan tulang adalah dengan memenuhi kebutuhan vitamin D dalam tubuh. Sinar matahari pagi merupakan sumber vitamin D yang baik untuk tubuh karena dapat membantu penyerapan kalsium yang diperlukan untuk tulang yang kuat.


sumber vitamin D
menikmati matahari pagi, sumber vitamin D, di perjalanan


  1. Memperbanyak asupan kalsium

Kalsium dalam tubuh berperan untuk menjaga kesehatan tulang. Makanan dan minuman yang mengandung kalsium diantaranya adalah kacang-kacangan, tahu, sayuran hijau, ikan salmon, dan susu untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi.

Salah satu produk susu untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi yang berkualitas adalah susu etawarich. Berikut ini coba untuk review susu etawarich dan berbagai manfaatnya untuk kesehatan tubuh, termasuk untuk kesehatan tulang dan sendi.


review susu etawarich


 

Manfaat Susu Etawa etawarich Untuk Kesehatan Tulang dan Sendi

Susu etawarich adalah susu kambing etawa berkualitas yang banyak sekali kelebihannya. Diantaranya adalah kandungan susu etawa rendah gula dan lemak, tanpa tambahan bahan pengawet, 100% organik sehingga aman dikonsumsi segala usia, nutrisinya 3 kali lebih baik serta kalsiumnya lebih tinggi.

Manfaat susu etawa etawarich untuk kesehatan tulang dan sendi berasal dari bahan-bahan berkhasiat yang ada di dalamnya. Bahkan tidak hanya untuk kesehatan tulang dan sendi, khasiat susu kambing etawarich juga dapat dirasakan oleh bagian tubuh lainnya. Kandungan susu etawa etawarich terdiri dari bahan-bahan terbaik seperti:


susu untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi


  • Susu kambing etawa. Kandungan susu etawa yang terdiri dari fosfor, kalsium, sodium dan florin bermanfaat untuk pencernaan, menurunkan kolesterol, dan untuk kesehatan tulang dan sendi.
  • Ekstrak gamat, kaya akan protein, kolagen, glukosamin, dan kondroitin yang bisa mengatasi nyeri sendi dan membantu pembentukan tulang rawan pada tubuh. Sehingga sangat tepat jika susu etawarich disebut juga susu nyeri sendi karena kandungan ekstrak gamatnya bermanfaat mengatasi nyeri sendi.
  • Daun sirsak, kaya akan flavonoid yang dapat mencegah asam urat dengan cara menghambat kerja enzim xhantine oxidase.
  • Kayu manis, mengandung kumarin, kaneelaldehida, dan eugenol yang bersifat antioksidan dan antiinflamasi.
  • Bee pollen, mengandung flavonoid, quercetin, dan gluthathione yang dapat menangkal efek radikal bebas, menurunkan kolesterol jahat, memelihara fungsi hati, dan menjaga kesehatan jantung.
  • Gula stevia, merupakan pemanis dengan kandungan nol kalori.

Dengan berbagai bahan berkhasiat di atas, manfaat susu etawa etawarich banyak didapatkan. Khasiat susu kambing etawarich untuk memperlancar pencernaan, menjaga kesehatan jantung, bermanfaat sebagai susu untuk pengeroposan tulang atau susu tulang keropos, mengatasi permasalahan sistem pernapasan, menjaga kesehatan sel tubuh, serta dapat mencegah anemia.


khasiat susu kambing etawarich sebagai susu untuk pengeroposan tulang


Biasanya susu kambing memiliki bau yang khas yang kadang sebagian orang kurang menyukainya. Namun lain halnya dengan susu etawarich yang tidak berbau prengus, sehingga setiap orang bisa dengan nyaman mengonsumsi minuman kesehatan untuk tulang dan sendi ini. Susu etawarich juga mengandung 98% susu kambing dan gula stevia yang rendah kalori sehingga lebih sehat. 

Susu untuk kesehatan ini bisa didapatkan di berbagai e-commerce resmi seperti di Tokopedia, Shopee, Tiktok dan Whatsapp. Membeli susu etawarich di e-commerce pada official store distributor resmi tentu akan lebih baik untuk mendapatkan manfaat susu untuk kesehatan ini dan bisa terhindar dari barang palsu, ilegal, dan tiruan.


review susu etawarich untuk kesehatan tulang dan sendi


Buat anda yang sedang mencari susu untuk pengeroposan tulang atau susu tulang keropos atau susu nyeri sendi, susu etawarich ini sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi. Yuk, jaga kesehatan tulang dan sendi sejak dini dengan mengonsumsi minuman kesehatan untuk tulang dan sendi seperti susu etawarich! Semoga sedikit review susu etawarich ini bermanfaaat.

 

Sumber referensi:

  • etawarich.id
  • lifestyle.kompas.com
  • halodoc.com

  

Comments

  1. Banyak yak manfaatnya, gak cuma untuk tulang maupun sendi, susu etawarich juga bikin minum susu kambing makin nyaman, gak bauk prengus

    ReplyDelete
  2. ih bener, etawarich ini tipe susu kambing yang enggak prengus. jadi waktu diminum enak juga, enggak bikin eneg

    ReplyDelete
  3. Betul Kak, mejaga kesehatan tulang harus sejak dini. Jangan nunggu tulang keropos ya? Menurut sumber yang saya baca juga Kak, menjaga tulang sejak dini juga bisa memperlambat laju penurunan massa tulang.

    ReplyDelete
  4. manfaat susu kambing etawarich ini banyak ya. sejak dini lebih baik mulai konsumsi susu kambing untuk mencegah pengeroposan tulang.

    ReplyDelete
  5. susu etawarich ini memang rekomended sekali untuk menjaga tulang dan sendi ya kak, untung banget sekarang dah ada official storenya di toped dan shopee jadi mudah kalau mau beli.

    ReplyDelete
  6. Selain harus rajin olahraga ternyata biar tulang sendi tetap kuat meski umur makin menua ternyata emang perlu asupan susu ya. Beruntung ketemu sama susu etawarich ini salah satu solusi untuk masalah persendian biar nggak sering merasa linu dan pegal.

    ReplyDelete
  7. Susu etawarich ternyata ga bau prengus ya, penting ini, karena yang bikin males minum kan karena bau prengus khas susu kambing

    ReplyDelete
  8. Tetap bergerak aktif dan berolahraga untuk mencegah osteoporosis ini adalah salah satu peer terbesar saya sebagai anak yang mageran mbak hehe. Oh iya, saya juga konsumsi susu etawarich di rumah dan kerasa banget khasiatnya

    ReplyDelete
  9. Setuju banget, kita harus jaga kesehatan tulang dan sendi sejak dinj ya kak, salah satu caranya dengan minum susu kambing etawa dari etawarich ini yaaa

    ReplyDelete
  10. Setuju bahwa menjaga kesehatan tulang sejak dini itu penting sekali..jangan seperti aku yg terlambat dan tahu2 osteopeni..hehe .

    ReplyDelete
  11. Tulang merupakan aset yang sangat penting. Karena menunjang kehidupan manusia sepanjang hayat. Makanya kesadaran merawat tulang harus dibangun sejak dini ya. Salah satunya dengan minum susu kambing etawa rich ini. Semoga tulang kita sehat selalu ya kak.

    ReplyDelete
  12. Nah, poin menjaga tubuh tetap ideal ini penting banget mba, karena memang kalau berat berlebih bisa membebani tulang dan sendi kan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kudu rajin olahraga dan mengatur pola makan , tetep yaa..
      Dan membiasakan untuk minum susu kambing etawarich.

      Delete
  13. Dengan menjaga kesehatan tulang sejak dini, seenggaknya kita menghindari sakit-sakit yang kayak diderita mamaku. Rasanya beliau sudah nggak kuat buat jalan lamaan dikit.

    ReplyDelete
  14. Kandungan kalsium sangat dibutuhkan oleh tubuh kita khususnya penguat tulang dan gigi. Lebih praktis mendapatkan nutrisinya itu dari susu kambing etawa ini ya. Selain praktis bisa beli online juga

    ReplyDelete
  15. kesenggol dong sama artikelnya, karena aku jarang olahraga, wkwkwkwk. gak tau kenapa kok males banget ya, padahal jalan kaki aja dulu yang gampang ya. kerasa sekarang emang sering banget sakit sendi dan punggung. otw mulai konsisten ah dan minum etawarich juga buat support bagian dalamnya.

    ReplyDelete
  16. Saya punya kerabat yang konsumsi susu kambing. Dia memang dapat anjuran dokter. Bisa nih saya rekomen produk susu ini apalagi aromanya tidak prengus.

    ReplyDelete
  17. Udah cobain beneran ampuh kah? Soalnya pengen beli untuk mamaku yang udah umur 50 lebih, suka ngeluh lututnya sakit. Kasian 😭 pengen beli kalau beneran ampuh

    ReplyDelete
  18. Banyak banget ya manfaat dari susu etawarich ini. Semoga bisa tersedia di apotik apotik seluruh indonesia. Aamiin

    ReplyDelete
  19. Sepertinya aku butuh asupan kalsium ini, secara melahirkan dan menyusui 6 anak, pasti kalsium di tubuh sudah banyak banyak berkurang hiks hiks

    ReplyDelete
  20. Jadi inget sendi sendi mulai pegel karena mungkin kebanyakan duduk dan kurang berolahraga. Trus pengen lagi konsumsi susu kambing.

    ReplyDelete
  21. Kakak saya minum lho susu kambing katanya bagus untuk diet karena rendah lemak

    ReplyDelete
  22. Daku minum susu etawa ini seneng karena gak bau prengus, apalagi ponakan daku juga suka.
    Memang enak rasanya, manisnya gak kemanisan

    ReplyDelete
  23. Aku beberapa waktu ini mulai olahraga lagi setelah sebelumnya mandek. Mau hidup lebih sehat gitu. Asupan makanan juga wajib dijaga. Kalau minum susu, belum sih. Mau lihat-lihat dulu mana yang oke

    ReplyDelete
  24. Susu kambing etawa sudah tersohor manfaatnya sebagai susu berkalsium tinggi.

    Buat yang alergi susu sapi juga bisa jadi alternatif bagus nih minum susu ini.

    ReplyDelete
  25. waah bagus yaa susu etawarich ini. Manfaatnya ternyata banyakk. thanks ka sudah sharing

    ReplyDelete
  26. aku juga suka minum susu kambing. Bagus buat pertahanan tubuh dan tulang. Jadi yang butuh asupan kalsium memang bisa cobain susu kambing sih.

    ReplyDelete
  27. Etawarich ini banyak manfaatnya ya kak. Rasanya enak dan penuh gizi, kayaknya enak ini dijadiin pengganti kopi, soalnya aku lagi ngurangin kopi banget.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Rekomendasi Homeschooling Terbaik Untuk Solusi Belajar Anak

Bermain Kartu UNO

Usia Nanggung Bikin Bingung (Memutuskan Kapan Anak Akan Sekolah)

Biaya Masuk SMP Islam di Tangerang Selatan

Berendam Air Panas di Grage Hotel & Spa Kuningan