3 Cara Mudah Cegah Diabetes

Diabetes adalah penyakit yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah dalam tubuh. Glukosa adalah sumber energi bagi btubuh manusia. Namun pada penderita diabetes, glukosa tersebut tidk dapat digunakan oleh tubuh. Hormon insulin yang mengendalikan glukosa tidak dapat dapat diproduksi oleh pankreas sesuai dengna kebutuhan tubuh. Tanpa insulin tersebut, sel-sel tubuh tidak dapat menyerap dan mengolah glukosa menjadi energi. 

Diabetes bisa menyerang siapa saja, baik tua maupun muda. Jika seseorang terkena diabetes, ditandai dengan gejala seperti mudah lelah, sering meras ahaus dan lapar, penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas, penurunan massa otot, pandangan kabur, luka sulit sembuh dna mudah terkena infeksi. gejala lainnya yaitu mulut kering, gatal=gatal, disfungsi ereksi, rasa nyeri pada kaki, hipoglikemia reaktif, serta bercak hitam di leher, ketiak dan selangkangan sebagai tanda resistensi insulin.

Oleh karena itu, alangkah lebih baik jika kita bisa mencegah diabetes. Ada 3 cara mudah mencegah diabetes datang dengan cara sebagai berikut.

1. Batasi konsumsi gula, garam, lemak (GGL)

Banyak makanan dan minuman kekinian yang mengandung gula (minuman kemasan, soda), garam dan lemak (seperti gorangna dan frozen fodo). menurut Kementrian kesehatan, batasan konsumsi gula, garam, dan lemak per harinya adalah sebagai 4 sdm makan gula (50 gr), 1 sdt garam (5 gr), 5 sdm lemak (50 gr).


cegah diabetes


2. Tingkatkan konsumsi buah dan sayur

Penelitian di Eropa menunjukkan bahwa setiap penambahan konsumsi sayur dan buah sebanyak 66 gram, dapat menurunkan resiko diabetes sebanyak 25%. Selain mengandung serta, antioksidan dalam sayir dan buah juga membantu mengurangi resiko diabetes.


cegah diabetes


3. Melakukan aktifitas fisik

Melakukan aktifitas fisik selama 30 menit per hari atau 150 menit per minggu memiliki banyak manfaat. Dengan melakukan aktifitas fisik, hormon insulin menjadi lebihh sensitif sehingga dapat mencegah diaetes. Selain itu, dengan melakukan aktifitas fisik setiap hari dapat menjaga berat badan tetap ideal, membiat perasaan lebih bahagia, kualitas tidur lebih baik, dan dapat mengatur tekanan darah.


cegah diabetes


Yuk, kita lakukan 3 hal tersebut dengan rutin untuk mencegah resiko diabetes. 





Sumber referensi:

ayosehat.kemkes.go.id

alodokter.com



Comments

Popular posts from this blog

Rekomendasi Homeschooling Terbaik Untuk Solusi Belajar Anak

Bermain Kartu UNO

Usia Nanggung Bikin Bingung (Memutuskan Kapan Anak Akan Sekolah)

Biaya Masuk SMP Islam di Tangerang Selatan

Berendam Air Panas di Grage Hotel & Spa Kuningan