6 Hal Yang Bisa Dilakukan Saat Mengunjungi Wisata Gunung Tangkuban Perahu


Gunung Tangkuban Perahu adalah salah satu gunung api aktif yang terletak di Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat. Menurut informasi mengenai Tangkuban Perahu di Wikipedia, gunung ini memiliki 13 kawah. Begitu masuk Kawasan Tangkuban Perahu, akan tercium bau belerang dari arah kawah. Tiga diantara kawah tersebut yaitu Kawah Domas, Kawah Ratu, dan Kawah Upas populer dijadikan sebagai tempat tujuan wisata.

Hari kedua lebaran, kami sekeluarga melakukan perjalanan ke Bandung dari arah Pamanukan, Subang, Jawa barat. Kami suda janjian dengan keluarga besar untuk bertemu di Bandung. Pagi-pagi setelah sarapan, kami melaju dengan mobil sewaan. Sampai di Bandung hari belum mencapai waktu zuhur. Untuk masuk ke hotel yang sudah dipesan pun belum bisa masuk. Akhirnya kami mampir ke sini, ke tempat wisata Tangkuban Perahu yang kebetulan searah dengan tujuan perjalanan kami.

6 Hal Yang Bisa Dilakukan Saat Mengunjungi Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Untuk memasuki kawasan Wisata Tangkuban Perahu dikenakan biaya 20 -30 ribu rupiah. Dengan biaya sebesar itu, kita bisa melakukan beberapa hal di Kawasan wisata Tangkuban Perahu.

Menikmati pemandangan menakjubkan di Tangkuban Perahu

Ya, pemandangannya disini sangat menakjubkan sehingga kita akan tak henti menyebut nama Allah Sang Pencipta. Hamparan gunung dan kawah di depan mata gagah sekali terlihat. Gunung dan kawah itu terlihat sangat dekat, namun ternyata jauh sekali. Coba saja teman-teman ambil batu dan lemparkan kea rah gunung atau kawah yang terlihat dekat itu, eh ternyata sampainya Cuma sekitar itu saja. Fatamorgana, yang terlihat dekat di depan mata ternyata jauh jaraknya.


tangkuban perahu
dokumen pribadi


Menikmati dinginnya udara di Tangkuban Perahu

Karena merupakan daerah pegunungan, maka udara di Gunung Tangkuban Perahu lebih dingin terasa. Dalam ilmu fisika dijelaskan bahwa di dataran tinggi seperti puncak gunung, tekanan udara lebih rendah, sehingga tidak ada tabrakan antara molekul udara. Hasilnya, kemunculan suhu panas lebih sedikit atau suhu lebih dingin. Yang tidak kuat dingin, jangan lupa untuk memakai jaket jika datang ke Tangkuban Perahu.

Menikmati kuliner di Kawasan wisata Tangkuban Perahu

Saat Lelah setelah berjalan-jalan di sekitar tempat wisata, kita bisa menikmati kuliner yang ada di Kawasan wisata Tangkuban Perahu. Ada berbagai gorengan dan minuman yang bisa menghangatkan tubuh, seperti goreng pisang, cireng, jamur crispy, bakwan, bandrek, kopi dan lain sebagainya. Ada juga yang menjual sosis bakar, jagung susu keju (jasuke), pop corn, dan lain-lain. Menikmati makanan sambil melihat megahnya Gunung Tangkuban Perahu adalah momen yang luar biasa.


kuliner tangkuban perahu
dokumen pribadi


Naik kuda di tempat wisata Tangkuban Perahu

Hal lain yang bisa dilakukan adalah menaiki kuda sewaan yang ada di sekitar tempat wisata Tangkuban Perahu. Karena kami tidak menyewa fasilitas ini, jadi tidak tahu harga sewanya nih. Tapi seru ya sepertinya jika bisa naik kuda keliling Tangkuban Perahu, sayangnya anak yang biasanya mau naik kuda lagi tidak mau.

Hiking ke Kawah Domas di Tangkuban Perahu

Begitu sampai di Kawasan wisata Tangkuban Perahu, kita akan bisa melihat Kawah Ratu, salah satu kawah popular di tempat wisata ini. Nah, jika ingin melihat Kawah Domas, kita harus berjalan sekitar 1 km lebih karena jalanan menuju tempat tersebut tidak bisa dilalui oleh mobil. Dulu ketika saya belum menikah, pernah akan mencoba hiking ke Kawah Domas Bersama teman-teman perempuan saya. Tetapi karena jalanannya sepi, kami tidak jadi hiking karena khawatir dengan keselamatan kami.

Belanja Cenderamata di Tangkuban Perahu

Banyak penjual cenderamata di sisi kanan dan kiri Kawasan wisata Tangkuban Perahu. Mulai dari makanan khas Bandung seperti bolu susu, gantungan kunci, pakaian, tanaman, mainan anak, topi, dan lain-lain. Anak saya membeli gantungan kunci dan gelang seharga 5000 rupiah. Tak perlu mahal, yang penting anak senang 😊.

cenderamata tangkuban perahu
topi anak, sala satu cenderamata yang bisa dibeli
di kawasan wisata tangkuban Perahu


Nah, itulah kegiatan yang bisa dilakukan saat kita ke Tangkuban Perahu. Kalau teman-teman ke Bandung, harus menyempatkan diri datang kesini ya!

 

 

Comments

  1. Ya Allah aku udh lama bgt ga kesinj lagi Mbaaa 😄😄. Trakhir ngajakin temen kuliah dari Malaysia kesitu. Seneng banget dia. Padahal sbelumnya aku juga baru sekali doang .

    Sbnrnya ga kuat Krn macet pas ke atas sih, makanya jrg kesana. Tapi begitu sampai, memang cakeeep yaa. Aku blm sampai ke kawah Domas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga samma udah lama engga ke Tangkuban Perahu. Dulu suka kesel karena tenda birunya penuuuh banget, di pinggiran kawah. Ga tahu ya sekarang apa sudah tertib atau belum...

      Delete
  2. Kece banget ya pemandangan di sini. Suamiku kayanya beli syal pas ke tangkuban perahu

    ReplyDelete
  3. aku terakhir ke tangkuban perahu 2016 kayanya. PAsti sekarang sudah banyak berubah. pengen dateng lagi dan melakukan semua aktifitas yang sudah dilist disini. Ntar aku masukin ke itinerary biar langsung dieksekusi aja deh

    ReplyDelete
  4. Huwaaa ... ada banyak sekali pilihan aktivitas liburan yang bisa dilakukan selama berada di Tangkuban Parahu ya. Kebayang sih serunya nyobain keliling naik kuda di sana. Apalagi kalau sengaja datang dengan pakaian proper, bakalan bisa sekalian bebikinan konten estetik deh. Secara Tangkuban Parahu kan pesona kawahnya sudah banyak dikenal luas.

    ReplyDelete
  5. Aku belum pernah nih ke tangkuban perahu.. pengen banget bisa berkunjung ke destinasi yang penuh legenda ini..

    ReplyDelete
  6. Ssaya yang orang Jawa Barat kok belum pernah ke Tangkuban perahu ya? kemana saja selama ini.. wkwkwk.
    Ah, harus di otewe kan ke Bandung nih segera

    ReplyDelete
  7. Salah satu destinasi wisata yg blm sempat aku kunjungi tuh di sini. Kebanyakan yg mau ku ajak ke Bandung tuh selalu city tour mulu. Diajak ke Lembang aja udh susah jg krn macet. Apalagi ke sini meski puas sekali sih lihat pemandangannya.

    ReplyDelete
  8. saya belum pernah nih ke tangkuban perahu, jadi udah ada bayangan nih nanti mau ngapain dan beraktivitas apa aja kalau jalan2 ke Tangkuban Perahu

    ReplyDelete
  9. Huwaaa lama banget ga ke Tangkuban Perahu, terakhir pas SD deh. Kayanya belum serame sekarang. Apakah sama masih dingin banget kek dulu? Sekarang enak udah bisa kulineran juga dan bisa naik kuda juga.

    ReplyDelete
  10. Eh sekarang juga ada yang jual cenderamata yaa, pasti lebih lengkap juga. Kayanya enak juga kalau Hiking ke Kawah Domas rame2 lebih seru.

    ReplyDelete
  11. Banyak hal bisa dilakukan disana ya kak. Apalagi juga bisa cerita ke anak juga soal historisnya. Berlipat ganda jadi pengalamannya

    ReplyDelete
  12. Pengeen bisa kesanaa juga. Bismillaah masuk wishlist dulu entah wujudinnya kapann hihi. Pemandangannya itu lhooo! iconic banget, biasanya cuma liat di RPUL jaman SD dulu wkwkw

    ReplyDelete
  13. pengen banget bisa berkunjung ke Tangkuban Perahu, sekarang jadi makin ada gambaran mau ngapain aja ya kalau ke sana.
    semoga suatu saat bisa beneran berkunjung :)

    ReplyDelete
  14. Pas jadi pengantin baru, lagi norak-noraknya sama Bandung.
    Jatuh cinta banget sama kota ini.
    Dan ke Tangkuban Perahu lah ya.. Karena masih jaim sama suamik, terus lama-lama makin gabisa jaim karena kelelahan, kami muterin Gunung Tangkuban Perahu. HUhuuu.. meski terbilang bukan gunung tinggi, tapi karena stamina jompo, ya gitu deeh.. nangeesss.. sampek seminggu cape-nya ga ilang-ilang.

    Tapi mashaAllah..
    Seneng banget main ke Tangkuban Perahu.

    ReplyDelete
  15. Udah banyak perubahannya sepertinya.
    Daku ke sana waktu masih SD kelas berapa dah haha.
    Semoga suatu saat bisa ke sana lagi travelingnya

    ReplyDelete
  16. Terakhir kesana tahun kemarin, treking ke kawah domas rebus telur di air panasnya seruu banget

    ReplyDelete
  17. Aku pernah nih gathering di Vila deket tangkuban perahu, sayang nya ga sempet melipir kesini. Udaranya emang Seger banget yaaa.

    ReplyDelete
  18. Impianku sejak SD nih bisa ke sini
    Sayangnya cuma sebatas bahagia dulu di rumah karena melihat foto foto yang dikirim teman.
    Semoga soon bisa ke sana ajak anak anak bertualang

    ReplyDelete
  19. Salah satu destinasi wisata tertua di Jabar, Gunung Tangkuban Perahu. Pesona alamnya begitu memikat. Ha, saya baru sekali doang ke sini. Itu pun udah belasan tahun lalu.

    ReplyDelete
  20. Belum pernah nih ke Tangkuban Perahu. Asik juga nih kalau ke sana bisa menikmati alam sambil naik kuda.

    ReplyDelete
  21. Sudah lama tidak mampir ke TP. Kalau udah pernah kayanya gak begitu antusias untuk datang lagi, hehehe... Tapi sekarang semakin banyak pembaruan ya. Banyak spot Instagram able juga ..

    ReplyDelete
  22. Keren banget kawasan Tangkupan Perahu ini ya. Bisa jalan-jalan menikmati keindahan gunung dan makanan kecil. Pasti asyik

    ReplyDelete
  23. Ternyata memang bagus banget sesuai yang banyak dideskripsikan orang-orang ya. Apalagi ada bumbu cerita rakyat di Tangkuban Perahu

    ReplyDelete
  24. Belum pernah ke gunung tangkuban perahu. Semoga suatu saat bs berkesempatan jalan2 ke gunung yg melegenda ini.

    ReplyDelete
  25. Wah pernah ke Tangkuban perahu waktu SD, sekarang padahal tinggal di Bandung tapi belum pernah main lagi kesana. Kalau lewat aja pernah hehe

    ReplyDelete
  26. Wah menyenangkan jalan-jalan ke Gunung. Soalnya aku jarang sekali jakan jalan ke gunung, lebih aering ke pantai. Ngomongin soal oleh oleh, aku juga gitu. Asalkan ada barang yang mengingatkan kita oernah berkunjung ke sana, oleh oleh ga harus mahal ataupun besar..

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Rekomendasi Homeschooling Terbaik Untuk Solusi Belajar Anak

Bermain Kartu UNO

Usia Nanggung Bikin Bingung (Memutuskan Kapan Anak Akan Sekolah)

Biaya Masuk SMP Islam di Tangerang Selatan

Berendam Air Panas di Grage Hotel & Spa Kuningan