3 Hal Yang Dikangeni Dari Kota Bandung



Bandung merupakan ibukota provinsi Jawa Barat yang cukup terkenal karena memiliki banyak pesona. Kota ini sering jadi tujuan jalan-jalan  bagi wisatawan domestik dan luar negeri. Ada juga yang datang ke kota ini untuk menempuh pendidikan dengan adanya berbagai sekolah dan universitas berkualitas di kota ini. 

Saya sendiri datang ke kota Bandung tahun 2000-an awal untuk menempuh pendidikan Diploma tiga, lalu dilanjutkan dengan pendidikan sarjana. Kurang lebih lima tahun saya tinggal di kota ini sebelum saya bekerja, menikah, dan kini tinggal di daerah Tangerang. Banyak banget kenangan saya tentang Bandung, baik yang manis maupun pahit. Kota ini selalu ngangenin untuk didatangi dan sulit dilupakan begitu saja. 

Ini nih, 3 hal yang bikin saya kangen datang ke Bandung.

1. Menikmati tempat wisata di Bandung


Kebetulan, dulu saya kuliah dan tinggal di daerah Bandung utara yang relatif lebih sejuk dibandingkan dengan daerah Bandung selatan dan barat. Yaitu  di Desa Ciwaruga selama tiga tahun dan di area Dago selama dua tahun. 

Karena kesejukannya itu, banyak tempat wisata dan penginapan di dua area tersebut. Untuk penginapan, banyak macamnya yang bisa dipilih sesuai kebutuhan serta dana yang ada. Mau menginap di hotel dengan berbagai fasilitas dan kelas, guest house, atau sewa apartemen harian Bandung. Semuanya ada dan tersedia di kota yang juga dikenal dengan julukan kota kembang ini.

salah satu apartemen di Cihampelas Bandung (traveloka.com)

Untuk tempat wisata, di dekat desa Ciwaruga ada Taman Kupu-kupu yang bisa dikunjungi bareng keluarga. Sementara itu, di Dago banyak sekali factory outlet yang jadi tujuan wisata belanja para wisatawan. Tidak jauh dari Dago, ada Museum Geologi yang sering dijadikan sebagai tempat wisata edukasi bagi anak sekolah. Tiket masuk Museum Geologi murah banget loh. Lumayan banget lah, kalau mau menghabiskan akhir pekan berkualitas dengan anak di sini.

Anak saya, Za, saat jalan-jalan ke Museum Geologi tahun 2013

Di seberang Museum Geologi ada Taman Lansia yang super adem untuk sekedar jalan-jalan menikmati kesejukan udara Kota Bandung. Tempat wisata lainnya di Bandung yang cukup populer adalah Gedung Sate, Kebun Binatang Bandung, Taman Lalu Lintas, kebun teh pangalengan, Floating Market lembang, Kawah Putih Ciwidey, Farm House Lembang, De Ranch, Saung Angklung, dan sebagainya.

Anak saya, Ra, saat di Taman Lalu Lintas (2013)
Za & ayahnya di Kebun Binatang Bandung (2013)

 2. Menikmati Kuliner Kota Bandung

Bandung juga dikenal dengan kulinernya yang nikmat dan bermacam-macam. Ada batagor Bandung, martabak Bandung, yogurt Cisangkuy, tahu susu Bandung, nasi timbel merah, nasi tutug oncom, brownies Amanda, pisang bolen, surabi Bandung, dan masih banyak lagi yang lain. 

Saat masih tinggal di Dago, kuliner yang sering saya santap adalah toge goreng dan sup buah. Dua-duanya merupakan kuliner kaki lima yang cukup nikmat dengan harga yang terjangkau. Toge goreng merupakan sajian toge yang digoreng bersama bahan-bahan lain. Sedangkan sup buah adalah nama lain dari es buah, merupakan buah yang dipotong-potong dan disajikan dengan kuah dari sirup dan susu.
 
nasi timbel (mamang.id)

Oh ya, di Bandung juga lah kali pertama saya mencoba nasi timbel merah. Salah satu yang terkenal adalah nasi timbel yang terletak di dekat Masjid Istiqomah Bandung. Teman kuliah saya lah yang mengenalkan saya pada nasi merah timbel ini. Nasi timbel dibungkus daun dengan lauk ayam goreng dan lalapan, nikmat disantap saat masih hangat.

Dari semua kuliner Bandung, surabi lah yang paling saya sukai. Di Jalan Gegerkalong, ada kedai surabi yang cukup terkenal yaitu Surabi Enhai. Dinamakan demikian karena terletak di seberai kampus NHI, sebuah kampus dengan program pendidikan pariwisata. Surabi Enhai disajikan dengan berbagai toping mulai dari oncom, pisang, telur, cokelat, keju, dan lain-lain. Enaaak deh pokoknya, semua topingnya saya suka.

infobdg.com

3. Kebersamaan dengan teman-teman di Bandung

Kebersamaan dengan teman-teman kost dan kuliah saat masih tinggal di Bandung juga bikin kangen.  Menghadapi akhir bulan bersama teman kost,  hiking ke tempat wisata alam seperti Kawah Putih dengan teman kuliah,  belajar berorganisasi dengan teman-teman di organisasi kampus,  jadi kenangan yang tak bisa dilupakan. 


Konon, orang Bandung dikenal someah alias ramah. Ya, memang banyak orang Bandung yang ramah, namun yang kurang ramah juga ada saja.  Alhamdulillah, saya bertemu dengan bapak dan ibu kost yang penyayang, serta tetangga pemilik warung makan yang baik hati dan mau dipinjami telepon saat orangtua saya menelepon dari kampung halaman. 

Teman-teman kuliah yang asli Bandung juga baik-baik. Bagaimana ya kabar mereka sekarang? Beberapa kali acara reuni kampus tidak bisa saya datangi Karena saya berhalangan hadir. Saya pun hanya bisa mengetahui kabar teman-teman lewat media sosial. 

Itulah 3 hal yang saya kangeni dari Kota Bandung. Kalau kamu, pernahkah mengunjungi kota ini? Hal apa yang bikin kamu kangen pada kota Bandung? Saya yakin Bandung sudah banyak berubah dari terakhir kali saya mengunjunginya. Semoga perubahan kota Bandung selalu ke arah yang baik ya. Aamiin.

Comments

  1. kalo saya yang paling kangen sama nomer 1 & 2. hehehe

    ReplyDelete
  2. Setuju, mba. Kuliner di Bandung itu unik dan sering ngangenin

    ReplyDelete
  3. Sini, Mbaaaak...ke Bandung lagi biar makin nggak bisa lupa sama Bandung :D

    ReplyDelete
  4. Poin dua dan tiga sama dengan alasan saya kangen Bandung. Para penjual juga ramah-ramah dan nggak ada kesan memaksa harus beli jadi nyaman belanjanya.

    ReplyDelete
  5. Belum pernah mbak. Semoga suatu hari nanti bisa ya mbak

    ReplyDelete
  6. Kota yang ga pernah bosan untuk dikunjungi berkali kali

    ReplyDelete
  7. di ciwaruga dan di dago? alumni polban kah? hehe. kalo aku asli orang bandung, dan sekarang balik bandung setelah beberapa tahun merantau. i definitely have a love-and-hate relationship with the city, tapi sekarang lebih banyak love-nya. :D

    ReplyDelete
  8. kulinernya..tapi macetnya**ga kangen saya mbak.. hehe..

    ReplyDelete
  9. Aku setuju tuh mba sama poin ke-3, yang ngangenin dari kota Bandung tuh kulinernya yang unik dan resto nya yang instagramable

    ReplyDelete
  10. Kuliner Bandung memang beragam dan enak ya, jadi salah satu surga kuliner di Indonesia. Wisata sejarahnya juga menarik, jadi kombinasi keduanya cukup lah membuat Bandung jadi susah dilupa..

    ReplyDelete
  11. memang nagngenin , cuma skrg suka males jaaln2 di bandung krn macet

    ReplyDelete
  12. Bandung memang juara ya mba untuk urusan wisata dan kuliner, enggak pernah bikin bosan dan maunya datang terus, apalagi banyak wisata yang ramah anak

    ReplyDelete
  13. Orang Bandung memang ramah2 ya, bahasa sundanya pun halus2 semua. Kalau saya kangen sama mie kocok dan batagor di sana. Enaknya ngangenin wkwkwk.

    ReplyDelete
  14. Aku paling doyan kulineran pastinya, karena selalu enak dan kreatif. Dan yg aku kangenin selalu bude aku yang tinggal di bandung. Hehehe

    ReplyDelete
  15. Keramahan warga bandung dan gadisnya yang geulis-geulis bikin kangen. Bandung juga banyak bangunan bersejarah yang arsitekturnya eksotik.

    ReplyDelete
  16. Wah mba. Bandung memang kota yang ngangenin ya. Aku orang padang dan besar di Bandung. Eh sekarang tinggal di tangerang selatan. Walau begitu hati mah tetap ada di bandung hihihi.

    ReplyDelete
  17. Kulinernya menggoda banget niiihh... itu surabinya serasa memanggil2 untuk dicolek dan dinikmati. Semoga ada kesempatan untuk jelajah Bandung kapan2.

    ReplyDelete
  18. Duh, Bandung ngangenin ya, kemarin pas ada kerjaan di Bandung, aku sekalian jalan-jalan sendiri menyenangkan deh Bandung

    ReplyDelete
  19. Yang bikin kangen Bandung: makanannya !

    ReplyDelete
  20. Aku ko merasa terharu yaa sebagai warga asli Bandung.. walau kini domisili Jakarta. Tapi bener banget mba Bandung itu selalu ngangengin dan gak ada matinya baik kuliner,fashion dan wisatanya

    ReplyDelete
  21. Duh, baca ini jd kangen surabi enhai, udah lama banget ga ke sana... Semoga bisa segera main ke bandung lg ya mbak :)

    ReplyDelete
  22. Pernah sekali ke bandung tapi bukan jalan2. Dan jalannya menuju ke sana, sukses banget bikin mabok sepanjang perjalanan pulang-pergi.

    ReplyDelete
  23. Saya tinggal di Bandung 2006-2008. Hiburannya kalau minggu pagi jalan-jalan ke gasibu sekalian cuci mata.

    ReplyDelete
  24. Bandung emang selalu ngangenin! Aku setalah baca ini jadi terinspirasi buat nyewa apt kl ke bandung, secara hotel2 suka penuh kalau musim liburan, mayan juga kan kalau bisa sewa apt harian, secara fasilitasnya juga banyak yg bagus & ngga kalah sama hotel :D

    ReplyDelete
  25. Jadi kangen Bandung. Sempat kos di Bandung. Meski nggak lama tapi selalu kangen dnegan semua yang ada di Bandung. Dulu nggak pernah bosan makan nasi tutug oncom. Enak banget. Sampai sekarang, belum ketemu nasi tutug oncom yang rasanya sama waktu di Bandung.

    ReplyDelete
  26. Aku jarang banget ke bandung.. Soalnya kalau weekend pasti macet... Hehehe pengen kesana lagi nie.. Pengen makan surabi juga...

    ReplyDelete
  27. Rasanya dah lama ga kebandung biasanya jastipan kartika sari hehehe
    Sekarang seringnya nginep apartemen malah soale tempatnya luasssss jadi enak

    Ke bandung ahhhh jalan-jalan makann serabii

    ReplyDelete
  28. Buat sy Bandung always ngangenin...kangenin ibu bpk masa kecil ...makanannya budayanya semuanya...

    ReplyDelete
  29. Bandung tuh gak pernah ngebosenin, selalu ada aja atraksi atau tempat baru yang hits untuk dikunjungi. Dengan anakku bakal kuliah di Bandung, kek nya akan makin sering deh main ke sana.

    ReplyDelete
  30. Bandung Bandung Banduuung...selalu istimewa karena pemandangan yang cantik, makanan enak dan teman yang asyik

    ReplyDelete
  31. Karena aku tinggal di bandung, tentu kangennya sama kampung halamanku, Surabaya.
    Tapi, saat pulang ke Surabaya, kangennya rumah, Bandung.

    Bandung itu selain ramah, juga lalu lintasnya sudah aku kenal betul tipikalnya..jadi kalau nyetir sendiri gak kagok.
    Trus ramah anak.
    kemanapun, pasti ada ruang publik yang bisa dinikmati bersama keluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak Kania...
      Selain kuliner sama wisatanya, kangen Bandung apanya lagi, kak?
      Hehehe...
      Di sini kalau main, tempatnya hararatisss...(ke taman atau perpus), jadi makin betah di Bandung.

      Delete
  32. Klau dengar kata Bandung pasti aku ingat mantan Walikotanya 😊

    Mudah2an suatu hari nanti bisa berkunjung ke Bandung juga, penasaran dgn tempat2 wisatanya 😍

    ReplyDelete
  33. Wah dirimu pernah kuliah di Bandung ya. Mak? Jangan-jangan kita pernah ketemu di angkot atau di mall hihihi. Surabi Enhai itu emang legend banget. Apalagi pas malam dingin gini. Nikmat banget ditemeni sama kopi atau teh. Tuh, kan. Aku jadi laper pengen ngemil :D

    ReplyDelete
  34. Saya sudah lama banget nggal kebandung, baru 2 kali liburan kesana, selain adem untuk belanja juga enak di bandung, banyak pilihan dan murah

    ReplyDelete
  35. Bandung teh ngangenin banget ya. Suasananya rame tapi tetap hangat. Bandung tu banyak juga tempat penginapan dan pilihannya banyak, saya sperrinya pernah nginep di apartemen yang ada di foto itu deeh, familiar banget sama kolam renangnya

    ReplyDelete
  36. belum sebulan lalu aku ke bandung. kebetulan anak2 main ke museum geologi juga. kalo ke bandung, ga pernah ngeluyur ke wisata kekinian. pasti ke tempat2 penuh kenangan bersama pacar tercinta (suami haha). Makan malam di cilaki itu pasti :D

    ReplyDelete
  37. Saya ke Bandung tahun 2006-2008. Dan saya kenal nasi merah juga setelah tinggal di Bandung. Duh jadi pengen makan nasi merah

    ReplyDelete
  38. Bandung emang super duper ngangenin pol!
    Pengin ke BDG lagi euy. Moga2 akhir tahun bisa main2 ke BDG
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  39. Iya banget, Bandung memang ngangenin. Pergi jauh ke mana pun, Bandung selalu akan dikangenin. Main ke Bandung Selatan coba. Pasti bakal lebih suka sama Bandung :D

    ReplyDelete
  40. Kangen Bandung juga, selalu mau balik lagi kesana. Baru tau museum geologi, boleh juga tuh kalo kesana mampir lagi.

    ReplyDelete
  41. Kmrin k Bandung 2hr 3 mlm kurang, explore wisatanya hanya 4 tmpat dan Blum icip2 kulinernya juga mesti stay lama yakkk dan kangen mo k Sana lg

    ReplyDelete
  42. Kalau aku kangen banget sama Bandung karena sekarang child friendly dan kulinernya enak2.hahahah

    ReplyDelete
  43. wah...taman kupu2 itu destinasi baru atau lama ya...tahun 2005-2009 tinggal di bdg tp ga tau taman2 kupu2 :D

    ReplyDelete
  44. Iya, aku paling semangat kalau ada acara ke Bandung, senang dengan suasananya. Jadi pengen stay beberapa minggy di sana terus bikin buku, hihi. Surabinya menggoda

    ReplyDelete
  45. Kuliah di ciwaruga mbak? Kok aku jadi curiga di Polban yah 😁 main main lagi ke Bandung yuk mbak.. Banyak tempat wisata baru, mayan buat konten, hehe

    ReplyDelete
  46. Jangankan orang luar bandung, saya aja yg orang bandunh, baca ini jd pengen wisata kuliner makanan khas bandung hihihi...

    ReplyDelete
  47. Yang aku bikin Bandung, banyak kenangan disana. Termasuk surganya kuliner, cari apapun pasti ada ya.

    ReplyDelete
  48. Hmmm ke Bandung, yang pasti saya kangen makanannya :D
    TRus oleh2 kuenya ituuuu.
    Sama kotanya tentu aja, sebenarnya saya blm menjelajah Bandung sampai jauh2 sih, tapi suka aja gtu kalau ke Bandung hehe. Moga tahun ini bisa berwisata ke bandung lg aamiin

    ReplyDelete
  49. Yang paling dikangenin pastinya kulinernya kalau di Bandung, apalagi kupat tahu sama mie kocoknya, batagornya juga hahaha semuanya suka di Bandung

    ReplyDelete
  50. Aku cuma tinggal di Bandung untuk liburan bertahun yang lalu juga kangen mbak. pengen kesana lagi dan nostalgia sambil ngajakin anak-anak dan suami. Pengen makan combro juga sih, kangen beneran euy

    ReplyDelete
  51. Kalau aku kangen kuliner apalagi cuanki serayu, terus kedai kopi si Toko Djawa itu. Aduhhhhhh... Jadi pengen ke Bandung ini liburan. Terus kalay staycation suka nyari boutique hotel karena di Bandung suka bagus-bagus.

    ReplyDelete
  52. Beneran langsung kangen Bandung setelah baca..nasi timbelnya menggoda dan tempat wisata yang enggak ada habis-habisnya..ada terus yang harus dieksplor..love Bandung!

    ReplyDelete
  53. Bandung tea atuh juara hehehe. Sekarang Bandung semakin rame memang sama pengunjung dari luar kota. Bandung im in love

    ReplyDelete
  54. Terakhir ke Bandung pas masih kecil ke Tangkuban Perahu, Cibaduyut dll. Udah lama banget pingin ke sana lagi tapi belum jadi-jadi. Apalagi semenjak Dilan menyeruak, wkkka. Jadi pingin napak tilas setting film Dilan.

    ReplyDelete
  55. Bandung adalah salah satu destinasi impian nih apalagi makanannya banyak banget nih yang enak enak

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Biaya Masuk SMP Islam di Tangerang Selatan

Pertolongan Pertama Pada Anak Demam

Berendam Air Panas di Grage Hotel & Spa Kuningan

Alhamdulillah, Saya Sudah 2 Kali Operasi Caesar