Tradisi Lebaran

 

Di setiap daerah pasti ada kebiasaan tertentu yang dilakukan pada hari raya Idul Fitri atau lebaran. Walaupun bukan meruapakan kewajiban agama yang harus dilakukan, namun jika kebiasaan itu baik dan tidak berpengaruh buruk tidak perlu kita khawatirkan atau nyinyiri, Apa tradisi lebaran di daerah teman-teman?

Tradisi Lebaran di Desa Cilowa

Desa Cilowa terletak di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Di kampung halaman saya di Desa Cilowa ada beberapa tradisi lebaran yang suka dilakukan. Berikut ini diantaranya.


tradisi lebaran
Pemandangan Gunung Ciremai berselimut awan dari kampung halaman


Mengirim Bingkisan Lebaran

Menjelang lebaran, biasanya ada tradisi mengirim bingkisan lebaran. Ini tradisi baik yang hampir ada di semua daerah ya. Ajaran agam juga menganjurkan untuk memberi hadiah. Namun jika tidak ada, tidak usah dipaksakan juga. Nah, di lingkungan keluarga saya biasanya yang muda yang memberikan bingkisan lebaran pada yang tua. Bingkisannya bisa berupa makanan atau pakaian.

Pawai Obor

Pawai obor baru tahun-tahun terakhir ini dilakukan lagi. Pawai obor dilakukan pada malam takbiran. Biasanya para remaja masjid yang menggagas kegiatan ini untuk ikut menyemarakkan hari raya. Para peserta pawai obor berjalan keliling desa sambil membawa obor dan bertakbir. Ya, inilah esensi dari malam hari raya, yaitu bertakbir membesarkan nama Allah SWT.

Ziarah Kubur

Setiap desa biasanya memiliki kuburan. Ziarah kubur menurut tuntunan agama bisa dilakukan kapan saja. Hanya saja, pada momen Ramadhan dan Idul Fitri jadi lebih ramai orang berziarah ke kuburan. Mungkin karena banyak anggota keluarga yang mudik yang sekalian berziarah ke kuburan keluarganya.

Setelah shalat Idul Fitri, banyak yang melakukan ziarah ke kuburan keluarga. Sambil berjalan ke kuburan, kita keliling ke rumah-rumah tetangga untuk silaturahim. Begitu pun pulangnya, sambil keliling rumah tetangga untuk bersilaturahim. Tak heran, pada pagi hari setelah shalat Hari Raya kuburan akan terasa ramai karena banyak orang berziarah.


ziarah kubur


Silaturahim Dengan Tetangga dan keluarga Besar

Silaturahim adalah hal yang sangat dianjurkan agama karena banyak keutamaannya. Diantaranya bisa menambah saudara, tambah rejeki, dan juga bisa bikin awet muda!

Seperti yang saya sebutkan, kami suka keliling rumah tetangga untuk silaturahim lebaran sambil berjalan ke kuburan atau jalan ke rumah saudara. Di desa itu kebanyakan orang masih bersaudara, walaupun saudara jauh. Hubungan kekerabatan di desa relatif dekat sehingga hampir semua orang kenal dan akrab. Buat yang tidak terbiasa dengan banyak orang akan merasa sedikit Lelah karena harus menyiapkan tangan dan senyuman saat bertemu dengan orang-orang untuk berlebaran.

Bagi-bagi THR ke keponakan?

Di masa saya kecil sih rasanya nggak pernah dapat amplop THR deh. Sekarang-sekarang aja makin banyak saudara yang suka bagi-bagi amplop THR ke keponakan yang belum menikah. Namun jika tak ada, jangan juga dipaksakan karena bukan meruapakan keharusan. Kita kan tidak tahu kondisi seseorang. Mungkin saja dia memang ada rejeki tapi ingin terbiasa berhemat dan menyimpan uangnya untuk sekolah anak atau cicilan rumah.

 

 

Comments

  1. Kurang lebih di tempatku juga sama mba, kecuali pawai obor 😄. Itu ga pernah. Kalo takbiran ya takbiran biasa. Tapi sempet pas aku sedang di Sibolga, takbirannya kayak karnaval, ada mobil dan kereta hias 😄.

    Pernah juga pas di Aceh, jelang mau puasa, sehari sebelumnya keramas dan airnya dicampur dengan perasan jeruk nipis. Ntahlah apa gunanya 😅

    Seru sih yaaa tradisi begini. Selagi masih bagus, aku sih ikut aja

    ReplyDelete
  2. wah, lama gak komenin blog ini.
    Pawai obor udah jarang di kota kami. Kayaknya semenjak pandemi juga minim kegiatan sebelum lebaran. Bagi-bagi amplop THR ke bocah udah kebiasaan ya mba. Senang juga lihat anak2 hepi. Kalau dulu, saya dapat koin udah senang banget. Dulu gak pake amplop, jadi baju kami dijahitin kantong sama Ibu atau bawa tas kecil khusus, hehehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Rekomendasi Homeschooling Terbaik Untuk Solusi Belajar Anak

Bermain Kartu UNO

Usia Nanggung Bikin Bingung (Memutuskan Kapan Anak Akan Sekolah)

Biaya Masuk SMP Islam di Tangerang Selatan

Berendam Air Panas di Grage Hotel & Spa Kuningan