Hal Yang Perlu Disiapkan Saat Akan Ibadah Umrah

Alhamdulillah. Syukur kepada Allah SWT saat kabar diterimanya kembali jamaah Haji dan Umrah di Baitullah. Semua umat Islam bergembira, karena bisa kembali beribadah ke Baitullah untuk melaksanakan Haji atau umrah yang banyak sekali keutamaannya.

Haji, merupakan rukun Iman ke-6 yang bisa dilaksanakan umat Islam jika mampu. Mampu dalam segala hal, ya biaya, tenaga, dan lain sebagainya. Haji merupakan cita-cita puncak umat Islam dalam beribadah. Banyak yang memimpikannya untuk pergi Haji ke Baitullah. Dan banyak orang yang berusaha untuk mewujudkannya.

Karena keterbatasan kuota penerimaan ibadah Haji setiap tahunnya, banyak orang yang memilih untuk pergi menunaikan ibadah Umrah terlebih dahulu. Alasannya, umrah bisa dilakukan kapan saja, tidak terbatas pada bulan Zulhijjah, serta biayanya lebih terjangkau daripada Ibadah Haji.


persiapan umrah


Jika kita berniat menunaikan umrah, hal yang perlu disiapkan atau dibawa adalah sebagai berikut.

1. Siapkan ilmu

Ya, yang pertama adalah siapkan ilmunya terlebih dulu. Kenapa kita menunaikan umrah? Apa keutamaan umrah? Bagaimana tatacara umrah? dan ilmu pengetahuan tentang umrah lainnya. Dengan bekal ilmu, kita akan lebih fokus dalam beribadah sesuai tuntunan syariat. Karena walaupun kita ikut umrah bersama rombongan dari travel, terkadang pembimbing kita juga punya keterbatasan dan tidak selamanya bisa membimbing kita saat umrah.

Kalau kita punya ilmu keutamaan shalat di Mesjid Nabawi 1000x dan di Mesjidil Haram 100000x, niscaya kita akan selalu bersemangat shalat di mesjid saat umrah. Walau harus berjalan jauh dari hotel, walau menghadapi cuaca panas, dan rintangan lain.

Ada pengalaman saat umrah, seorang jamaah tidak menggunakan kaus kaki saat thawaf. Padahal salah satu syarat melakukan ibadah umrah adalah menutup aurat dengan sempurna, dan kaki adalah salah satu aurat yang wajib ditutup seperti halnya ketika akan shalat. Ada juga yang lupa untuk mandi besar saat akan umrah. Yang lainnya, ada yang memakai wewangian saat umrah padahal seharusnya tidak boleh untuk perempuan. Disinilah kita bisa saling mengingatkan ketika kita memiliki ilmunya.

2. Siapkan Hati

Berangkat ibadah umrah berarti kita akan menghadapi banyak hal. Kita akan meninggalkan keluarga untuk sementara aktu. Kita akan menghadapi perjalanan yang melelahkan: naik turun kendaraan serta melakukan aktifitas fisik ibadah umrah seperti thawaf dan sai. Kita akan menghadapi karakter orang dari berbagai dunia saat umrah. Kita akan berbagi kamar dengan orang lain. Kita akan antre makan di hotel dengan jemaah lain. Dan lain sebagainya.

Siapkan hati kita dengan kesabaran dan keikhlasan, serta memasrahkan semua urusan saat ibadah umrah pada Allah SWT. Jangan lupa tetap bersenang hati mengingat berbagai keutamaan umrah, walau banyak sekali halangan yang dihadapi.

3. Siapkan fisik

Ibadah umrah perlu fisik yang kuat karena sebagian kegiatannya perlu kekuatan fisik. Thawaf dilakukan dengan mengelilingi Kabah 7 putaran, Sai dilakukan dengan menaiki Bukit Safa dan Marwah sebanyak 7 perjalanan. Belum lagi menghadapi perjalanan menuju dan pulang umrah dengan naik turun kendaraan pesawat dan bus, menghadapi cuaca panas yang ekstrem, makanan yang kurang cocok, dan sebagainya.

Untuk yang biasa beraktifitas fisik dan mudah beradaptasi, inshaAllah mungkin berbagai kegiatan selama umrah akan bisa dijalani dengan baik, 

4. Siapkan Dana

Siapkan dana untuk umrah, bisa dengan menabung atau mencicil, dilakukan sendiri atau di lembaga terpercaya seperti bank. Walaupun masalah dana ini kadang tidak terduga. Ada yang modal niat, tiba-tiba berangkat umrah. Semua karena kemurahan Allah Yang Maha Kaya.




Comments

  1. Sepakat banget kak. Aku dulu sampai termimpi2 soal bekal untuk berangkat umroh ini. Ternyata bukan bekal baju dan uang, Tapi lebih ke bekal iman. Karena di sana juga diuji setiap kata dan perbuatan langsung dibalas

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Biaya Masuk SMP Islam di Tangerang Selatan

Usia Nanggung Bikin Bingung (Memutuskan Kapan Anak Akan Sekolah)

Berendam Air Panas di Grage Hotel & Spa Kuningan

Pertolongan Pertama Pada Anak Demam

Bermain Kartu UNO