Perlengkapan Umrah Untuk Muslimah

Alhamdulillah, jika anda termasuk salah satu tamu Allah kali ini yang sedang bersiap untuk ibadah umrah ke Baitullah. Menyiapkan perlengkapan yang akan dibawa umrah adalah salah satu hal yang perlu dilakukan agar menunjang ibadah umrah. Berikut ini perlengkapan umrah untuk muslimah yang kami bawa saat umrah bersama Multazam Utama Tour.

1. Dokumen

Biasanya, perusahaan travel tempat anda mendaftar umrah akan memberitahu anda dokumen apa saja yang harus dibawa saat umrah. Jika tidak salah, dokumen yang perlu disiapkan untuk umrah adalah kartu vaksin internasional (meningitis dan flu), visa, paspor, dan sertifikat vaksin covid.

2. Koper dan tas selempang

Koper dan tas selempang disediakan oleh perusahaan tur dan travel tempat kami mendaftar umrah. Koper untuk menyimpan barang-barang seperti pakaian dan lainnya, sedangkan tas selempang untuk menyimpan dokumen dan perlengkapan lain yang dibutuhkan saat di pesawat.


perlengkapan umrah muslimah


3. Baju muslim/muslimah

Baju muslim atau muslimah berupa baju apapun yang menutup aurat laki-laki dan perempuan dengan sempurna. Biasanya digunakan untuk shalat di mesjid, dan kegiatan sehari-hari di luar umrah. Laki-laki muslim di negara kita biasanya shalat menggunakan baju koko, gamis koko, dan pakaian lainnya yang sopan. Untuk muslimah bisa membawa gamis untuk kepraktisan, atasan bawahan yang longgar juga boleh. Boleh membawa 4 atau 5 buah baju muslim atau muslimah.

4. Pakaian dalam + pantyliner

Alat vital perempuan sangat sensitif dan bila perlu seringlah mengganti pakaian dalam. Bawalah sekitar 4-5 pakaian dalam yang nyaman. Jika kulitnya tidak bermasalah, bisa membawa celana sekali pakai (celana kertas). Pantyliner juga bermanfaat agar celana dalam senantiasa bersih.

5. Hijab panjang

Hijab panjang digunakan untuk sehari-hari sekaligus shalat. Perusahaan tur dan travel tempat kami mendaftar umrah menyediakan 2 hijab panjang untuk masing-masing jemaah perempuan. Jika perusahaan travel tidak menyediakan, kita bisa beli hijab panjang yang nyaman di toko online maupun offline. 

6. Kaus kaki wudhu

Kita bisa menyediakan sekitar 4 kaus kaki wudhu yang ada bolongnya di bawah, sehingga lebih praktis ketika berwudhu di luar hotel dan tidak perlu membuka kaus kaki.

7. Daleman gamis/rok

Untuk yang memakai gamis/rok, penting untuk memakai daleman  agar aurat tetap terjaga. Daleman gamis/rok berupa celana/kulot berbahan kaus yang nyaman. Bisa membawa 2-3 buah daleman untuk gonta-ganti.

8. Daleman hijab

Daleman hija berfungsi untuk menjaga rambut tetap di dalam hijab dan tidak keluar, sehingga aurat terjaga. Harga per buah nya terjangkau, di bawah 20 ribu dan bisa dibeli di berbagai toko hijab dan aksesoris baik online maupun offline. Bisa membawa 2-3 buah saja. 

perlengkapan umrah muslimah


9. Peralatan mandi

Sebenarnya peralatan mandi sudah disediakan oleh hotel tempat menginap saat umrah. Namun untuk hotel tertentu, disediakan secara terbatas. Jadi ada baiknya membawa sendiri handuk kecil, sabun dan sampo dalam kemasan kecil, pasta gigi dalam kemasan kecil, dan sikat gigi.

10. Botol minum, kotak makan, sendok.

Botol minum bermanfaat banget untuk menyimpan air zam-zam yang tersedia gratis di Mesjid Nabawi dan Mesjidil Haram. Manfaatkan waktu umrah dengan minum air zam-zam yang penuh manfaat dan berkah setiap hari.

Kotak makan digunakan saat kita ingin itikaf di mesjid, bisa menyimpan makanan dari restoran hotel di kotak makan. Atau, saat ingin menyantap makanan di kamar hotel (karena biasanya ramai dan tempat duduk terbatas) bisa memanfaatkan kotak makan yang dibawa.

11. Obat-obatan

Bawalah obat-obatan serta vitamin yang diperlukan saat umrah. Obat demam, batuk, pilek, pusing, minyak kayu putih, obat masuk angin, dan lain sebagainya. 

12. Skincare

Cuaca panas yang ekstrem kadang membuat kulit kering. Bawalah pelembab kulit dan pelembab bibir yang biasa dipakai secukupnya.

13. Jaket

Jaket dipakai saat di pesawat. Karena ketinggian permukaan saat naik pesawat, ditambah AC, biasanya udara di pesawat terasa dingin. Dengan memakai jaket di pesawat bisa menghindari perut kembung dan masuk angin. Namun, pakailah jaket saat sudah tiba di pesawat. Karena biasanya saat pemeriksaan di bandara jaket harus dibuka.

14. Gunting

Gunting digunakan saat tahalul, yaitu mencukur sedikit rambut sebagai tahap akhir ibadah umrah. Tapi jangan khawatir, di toko-toko di dekat mesjid juga banyak yang menjual aksesoris termasuk gunting kecil. Bahkan untuk laki-laki, bisa mencukur rambut di tukang cukur dekat Mesjidil Haram. Jangan lupa untuk menyepakati harga terlebih dahulu.

15. Kacamata hitam, topi lebar ATAU payung

Kacamata hitam, topi lebar, atau payung diperlukan saat keluar di cuaca yang panas. Biasanya saat tur perlu banget nih, kalau di hotel dan mesjid sudah pasti sejuk karena ada AC.

16. Sandal dan sepatu

Sandal yang nyaman diperlukan untuk sehari-hari saat pergi ke mesjid atau saat tur. Saya pakai sandal gunung Eager untuk perempuan, nyaman banget, recommended! Sementara itu, sepatu dipakai saat di bandara saat berangkat dan pulang umrah.

17. Masker cadangan

Di Arab Saudi pemerintahnya sudah membolehkan lepas masker karena sebagian besar masyarakat sudah vaksin booster 2. Untuk berjaga-jaga, kita bisa tetap memakai masker dan membawa masker cadangan. 

18. Alat komunikasi 

Alat komunikasi penting untuk tetap berhubungan dengan keluarga di tanah air. Yang perlu dibawa yaitu Handphone, charger, powerbank untuk mengisi daya handphone saat sulit menemukan colokan, serta travel adaptor jika diperlukan.

19. Uang secukupnya

Sebetulnya, kita umrah untuk beribadah. Tetapi budaya kita membiasakan untuk membelikan oleh-oleh untuk saudara di tanah air. Bawalah uang secukupnya, bisa dalam bentuk Rupiah ata Real karena banyak pedagang yang menerima uang Rupiah juga.

Itulah kira-kira perlengkapan umrah untuk muslimah yang bisa dibawa saat umrah. Semoga perjalanan umrah anda lancar.

Comments

Popular posts from this blog

Biaya Masuk SMP Islam di Tangerang Selatan

Usia Nanggung Bikin Bingung (Memutuskan Kapan Anak Akan Sekolah)

Berendam Air Panas di Grage Hotel & Spa Kuningan

Pertolongan Pertama Pada Anak Demam

Bermain Kartu UNO