Pancake Pisang Keju, Kreasi Resep Tiga Sapi Yang Praktis, Enak, dan Sehat

 


Memiliki anak yang sedang dalam masa tumbuh kembang merupakan tantangan besar bagi setiap orangtua. Diantara tantangannya salah satunya adalah bagaimana menyiapkan makanan yang bervariasi sekaligus enak dan sehat untuk anak agar anak tidak banyak jajan di luar rumah.

Saya sendiri sebagai juru masak keluarga, selalu mengusahakan membuat sendiri berbagai kreasi makanan untuk keluarga. Saya senang mencoba berbagai resep baru. Memasak sendiri makanan untuk keluarga banyak keuntungannya. Kita jadi bisa lebih hemat karena bisa membuat kreasi makanan sesuai dana yang ada. Masakan yang dibuat juga akan lebih sehat karena kita bisa menjaga kebersihan dapur dan bahan makanan di dapur sendiri. Jika masakan sederhana yang saya buat disantap nikmat keluarga, rasanya bahagia sekali.

Saya bukan orang yang pintar memasak. Oleh karena itu, saya seringkali memilih untuk membuat menu masakan yang praktis untuk dibuat namun tetap sehat dan tentunya enak disantap. Semua orangtua pasti setuju, selain menu makanan utama, cemilan harus selalu sedia di rumah untuk anak-anak yang sedang dalam masa tumbuh kembang sebagai makanan selingan. Salah satu resep cemilan yang seringkali saya buat untuk keluarga terutama anak-anak yaitu pancake. Karena membuatnya sangat mudah, praktis, tak perlu banyak bahan dan bisa dikreasikan dengan macam-macam toping kesukaan anak.

 
Sejarah Pancake
 

Pancake berasal dari Bahasa Belanda pannenkoek yang artinya kue dadar berbentuk bulat dan datar. Pancake biasanya terbuat dari terigu, telur, susu, dan gula, lalu dipanggang di atas wajan datar dengan sedikit minyak. Pancake lalu disajikan dengan berbagai toping seperti sirup maple, mentega, selai, madu, dan irisan buah serta toping lainnya. Pancake bisa dinikmati sebagai cemilan maupun menu utama.


Kreasi resep Tiga Sapi


 

Orang Romawi sudah mengenal pancake terlebih dulu. Mereka menyebut pancake dengan sebutan Alita Dolcia atau makanan manis. Namun dalam perjalanannya, pancake merupakan makanan yang terkenal di Eropa yaitu pada sekitar tahun 1430. Pancake kemudian diadopsi oleh berbagai negara dengan bahan-bahan dan penyajian yang beragam. Misalnya saja, pancake di Inggris atau Perancis disajikan tipis seperti crepes, sedangkan di Amerika pancake biasanya memakai pengembang sehingga bentuknya lebih tebal. Di Indonesia, makanan menyerupai pancake juga terdapat di berbagai daerah, salah satunya kue serabi yang berasal dari Jawa Barat.

 

Pancake Pisang Keju, Kreasi Resep Cemilan Yang Praktis, Enak dan Sehat


Pancake Pisang Keju adalah salah satu kreasi resep cemilan yang sering saya buat. Kenapa saya memadukan pisang dan keju dengan pancake? Karena pisang adalah salah satu buah favorit kami sekeluarga dan paling sering ada di meja makan rumah kami. Pisang harganya sangat terjangkau, banyak jenisnya dan banyak manfaatnya.

 

Pisang adalah sumber energi instan untuk anak yang akif. Buah pisang dapat melancarkan pencernaan dan mengenyangkan. Pisang mengandung kalium yang mendukung tumbuh kembang anak dan menjaga kesehatan ototnya. Mengonsumsi pisang secara rutin juga baik untuk kesehatan otak anak, karena mampu meningkatkan produksi hormon serotonin. Hormon ini berfungsi untuk mengirim pesan antar sel otak dan mengendalikan mood yang baik. Pisang juga mengandung vitamin C dan antioksidan yang dapat menjaga daya tahan tubuh dan dan menangkal radikal bebas.

 

Sedangkan keju, adalah makanan olahan susu yang relatif disukai anak karena rasanya yang gurih. Manfaatnya juga banyak. Keju mengandung nutrisi penting seperti protein, lemak, kalsium, protein, magnesium, fosfor, vitamin A, vitamin B12, dan vitamin D yang dapat menjaga kesehatan tulang, gigi dan jantung.

 

Sekarang, simak yuk resep Pancake Pisang Keju ala saya yang praktis, enak dan sehat serta pastinya semua orang bisa membuatnya untuk keluarga. Oh ya, disini saya buat dua versi Pancake Pisang Keju ya, yaitu pancake klasik yang berbentuk bundar dan datar serta pancake lipat yang sudah diberi isian pisang dan keju. Kedua versi Pancake Pisang Keju tersebut bahan-bahan pembuatannya sama yaitu sebagai berikut :


Challenge Cerita Tiga Sapi


 

  • 100 gr tepung terigu
  • 150 ml Tiga Sapi Susu Evaporasi
  • 2 sdm minyak goreng
  • 1 butir telur
  • 1/4 sdt ragi instan atau bahan pengembang lain seperti baking powder atau baking soda (optional, jika tidak suka bahan pengembang bisa di-skip)
  • Tiga Sapi Kental Manis secukupnya
  • Keju parut secukupnya
  • 1 buah pisang, potong-potong sesuai selera.

 

Cara membuat Pancake Pisang Keju Klasik

 

  1. Dalam wadah, campurkan tepung terigu, garam, dan ragi instan.
  2. Dalam wadah lain, campurkan Tiga Sapi Susu Evaporasi, telur dan minyak lalu aduk sampai semua tercampur rata.
  3. Masukkan bahan cair ke bahan tepung perlahan-lahan sambil diaduk menggunakan whisk, sampai semua adonan pancake tercampur rata dan tidak bergerindil.
    Tiga Sapi Kental Manis

  4. Tutup rapat adonan pancake dan diamkan selama 10-15 menit.
  5. Panaskan wajan tahan panas dan olesi dengan sedikit minyak menggunakan tisu atau kuas dapur.
  6. Setelah wajan panas, masukkan adonan pancake sebanyak 1 sendok sayur, lalu tutup.
  7. Ketika adonan sudah berlubang, balik adonan pancake sampai kedua sisi matang merata.
    Kreasi resep Tiga Sapi

  8. Lakukan hal yang sampai semua adonan habis.
  9. Untuk penyajiannya, tata pancake di atas piring dan siram dengan Tiga Sapi Kental Manis. Beri pancake taburan keju parut dan potongan pisang.
  10. Pancake Pisang Keju siap dinikmati.

 

Tiga Sapi Praktis dan Ekonomis



Cara membuat Pancake Pisang Keju Lipat.

 

  1. Dalam wadah, campurkan tepung terigu, garam, dan ragi instan.
  2. Dalam wadah lain, campurkan Tiga Sapi Susu Evaporasi, telur dan minyak lalu aduk sampai semua tercampur rata.
  3. Masukkan bahan cair ke bahan tepung perlahan-lahan sambil diaduk menggunakan whisk, sampai semua adonan pancake tercampur rata dan tidak bergerindil.
  4. Tutup rapat adonan pancake dan diamkan selama 10-15 menit.
  5. Panaskan wajan tahan panas dan olesi dengan sedikit minyak menggunakan tisu atau kuas dapur.
  6. Setelah wajan panas, masukkan adonan pancake sebanyak 1 sendok sayur, lalu tutup.
  7. Ketika adonan sudah berlubang, beri taburan keju parut dan potongan pisang serta Tiga Sapi Kental Manis kira-kira 2 sdm atau sesuai selera. 
    Tiga Sapi Kental Manis

  8. Lipat adonan pancake segera, biarkan masak sebentar lalu angkat dan sisihkan.
  9. Lakukan hal yang sama sampai semua adonan pancake habis.
  10. Untuk penyajiannya, tata Pancake Pisang Keju lipat di piring saji dan segera nikmati selagi hangat.

 

Tiga Sapi Susu Evaporasi

Mudah sekali kan membuatnya. Kreasi resep Tiga Sapi ini rasanya juga enak dan tentunya termasuk cemilan yang sehat dan mengenyangkan. Ya, karena Tiga Sapi Kental Manis mengandung Kalsium, Vitamin A, Vitamin B1 dan Vitamin D3 yang bermanfaat untuk tubuh. Kalsium bermanfaat untuk memperkuat tulang anak. Vitamin A adalah nutrisi penting untuk organ penglihatan. Vitamin B1 memberikan energi pada sel saraf, dan vitamin D3 membantu tubuh menyerap kalsium dan fosfor yang penting untuk menjaga tulang tetap kuat.


Selain kandungannya yang bermanfaat untuk kesehatan, Rasa Tiga Sapi Kental Manis juga yang manis dan gurih sangat pas untuk melengkapi minuman dan makanan penutup untuk keluarga. Sebagai penyuka kopi susu, saya seringkali menambahkan Tiga Sapi Kental Manis pada minuman kopi hitam yang saya buat. Rasanya mantap sekali, perpaduan pahit kopi dan manis gurihnya Tiga Sapi Kental Manis seringkali membuat ketagihan. Saya juga sering membuat cemilan untuk keluarga menggunakan Tiga Sapi Kental Manis, seperti puding sutra, salad buah, dan termasuk pancake.


Buat yang sedang berusaha untuk menerapkan gaya hidup sehat, Tiga Sapi Susu Evaporasi sangat tepat loh untuk menemani hari-hari memasak anda. Karena Tiga Sapi Susu Evaporasi adalah susu tanpa lemak yang dilarutkan dengan air sehingga memperoleh kepekatan tertentu. Diproses dengan higienis, Tiga Sapi Susu Evaporasi merupakan susu evaporasi dalam kemasan kotak pertama di Indonesia yang dilengkapi penutup yang mudah diputar untuk dibuka dan ditutup kembali, sehingga isi kemasan anti tumpah.

 

Rasa creamy yang pas, gurih, dan lezat dari Tiga Sapi Susu Evaporasi cocok untuk bahan masakan, campuran minuman, maupun pengganti santan. Sekarang kita tak perlu khawatir saat membuat masakan gurih untuk keluarga. Karena kita bisa mmembuat masakan yang lebih sehat menggunakan Tiga Sapi Susu Evaporasi. Soto, opor, gulai, dan masakan lainnya menjadi lebih sehat dan lezat.


Seperti halnya Tiga Sapi Kental Manis, Tiga Sapi Susu Evaporasi juga mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh seperti kalsium, fosfor, kalium, dan sedikit lemak. Kelebihan lain Tiga Sapi Susu Evaporasi adalah Harga Lebih Hemat dan Isi Lebih Banyak. Tiga Sapi Susu Evaporasi kemasan karton 500 ml bisa dibeli seharga 14 ribu rupiah. Sedangkan Tiga Sapi Kental Manis ukuran kaleng 500 gr bisa dibeli dengan harga sekitar 12 ribu rupiah, Lebih Praktis dan Ekonomis karena isinya lebih banyak.

 

Dua bahan makanan ini, Tiga Sapi Kental Manis dan Tiga Sapi Susu Evaporasi hampir selalu ada di dapur kami untuk membuat berbagai kreasi resep Tiga Sapi. Karena saya hampir selalu membuat sendiri masakan dan cemilan serta minuman untuk keluarga. Selain itu, Tiga Sapi praktis dan ekonomis sehingga jadi pilihan untuk bahan memasak di rumah.


Oh ya, semua bahan-bahan untuk membuat pancake pisang keju seperti yang saya buat untuk keluarga mudah didapatkan, termasuk Tiga Sapi Kental Manis dan Tiga Sapi Susu Evaporasi. Tiga Sapi praktis dan ekonomis serta bisa dibeli di minimarket seperti Indomaret dan Alfamart, supermarket, online marketplace, toko grosir, dan toko bahan kue.

 

Oh ya, buat teman-teman yang suka memasak, ikutan Challenge Cerita Tiga Sapi, yuk! Akan ada kompetisi foto Cerita Tiga Sapi pada 9-30 September 2022 di Official Instagram Tiga Sapi berhadiah saldo OVO/Gopay total sejumlah 5 juta dan paket spesial dari Tiga Sapi! Caranya dengan mem-follow akun @lezatnyatigasapi di Instagram dan Facebook Fanpage Tiga Sapi, lalu upload testimoni membuat kreasi resep Tiga Sapi menggunakan Tiga Sapi Kental Manis atau Tiga Sapi Susu Evaporasi, serta tag @lezatnyatigasapi dan 3 akun teman dengan menyertakan hashtag #ceritatigasapi.

 

Untuk informasi lebih lengkap mengenai Challenge Cerita Tiga Sapi, silahkan mengunjungi official Instagram Tiga Sapi ya!

 

 

Comments

  1. camilan yang favorite dinikmati keluarga di rumah, khususnya anak-anak. Resepnya juga mudah banget.

    ReplyDelete
  2. Ternyata pancake hampir ada di setiap negara tapi beda penyebutan aja ya kak.
    Di kami juga suka banget sama pisang dan keju. Tapi anak-anak suka yang lebih rame, misalnya ditambah coklat atau meises lagi.
    Kalo soal susu evaporasi atau kental manis memang tiga sapi jadi pilihan terbaik. Anak-anak suka banget sama rasanya

    ReplyDelete
  3. Patut dicoba dirumah nih mbak hehehe

    ReplyDelete
  4. Yummy sekali, topingnya bisa banyak macam jadi gak ngebosenin

    ReplyDelete
  5. Yummyy pancake pisang dengan menggunakan susu cap tiga sapi pasti endulll...

    Mau cobain resepnya aah secara anak2 suka pancake tapi seringnya beli jadi 🀭

    ReplyDelete
  6. Istri sering banget minta saya beli susu Tiga Sapi ini karena enak kalau dibuatkan kue jadinya saya tahu soal susu ini

    ReplyDelete
  7. Enak banget pancakenya, ini bisa deh ya masak bareng anak-anak buat seru-seruan pas weekend. Pengen nyoba jadinya, mumpung masih punya stok Tiga Sapi nih.

    ReplyDelete
  8. ngiler banget lihat kreasi pancakenya, enak banget disantap bersama Tiga Sapi Kental Manis untuk breakfast yaa

    ReplyDelete
  9. ternyata dari jaman dulu pancake udah ada ya, mau nyobain resepnya akh, kelihatanya simpel dan bahannya ada di rumah

    ReplyDelete
  10. Panekuk ya kalo bahasa indonesianya.. enak banget ini susunya.. saya pernah lihat orang jualan minuman pakai tiga sapi dan rasanya enak..

    ReplyDelete
  11. hwaa enak banget kayaknya mba ini, kebetulan ada pisang juga di rumah, bosen dibikin pisang goreng mulu ya kann

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat mbakkk..kalo udah selesai bagi2 aku yaa.. hehehehe.. Pakai Tiga Sapi Mbak biar tambah creamy :D

      Delete
  12. Wow mudah banget cara bikinnya, wajib dicoba nih resep preasi pancakenya, pas banget anakku suka banget sama pancake gini nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya mom, anak-anak emang doyan banget sama pancake modelan seperti ini.

      Delete
  13. Yummy banget tuh kak pancake-nya. Sampe ditumpuk beberapa susun tuh. Hehe. Emang kalo pake Tiga Sapi, rasanya pasti super yummy.

    ReplyDelete
  14. Membuat pancake ternyata enggak ribet ya Mbak, kupikir ribet loh. Di rumah masih ada nih Tiga Sapi Susu Evaporasi, bisa nih nyoba bikin. Makasih ya buat resepnya πŸ™

    ReplyDelete
  15. cemilan paling favorit nih, simple bikinnya tapi enak yaa, pasti disukai semuanya nih hihi

    ReplyDelete
  16. huwaaaa enak nih pancake pisang kejunyaa, dulu aku juga suka bikin pancake tapi pake tepung rolled oat dan belum pake susu, bisa dicoba nih resep pancake pisang keju yang ini

    ReplyDelete
  17. Pancake ini makanan yang anakku sering bikin sendiri, karena kemudahan resepnya yaa.. Tapi belum pernah diberi topping pisang. Rasanya lebih manis dan campuran buah serta Tiga Sapi Susu Evaporasi atau Tiga Sapi Kental Manis akan menambah energi anak-anak setelah lelah beraktivitas di sekolah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi pengen bikin juga nih buat besok hihi,, resepnya lumayan ya ngga begitu ribet, dibuat bekal jg kayaknya cocok

      Delete
    2. Enak mbak kalau pakai pisang.. saya suka hehehe

      Delete
  18. Ini simpel dan pasti enak. Apa lagi pakai produk tiga sapi. Cobain resepnya ah

    ReplyDelete
  19. Salah satu menu buat sarapan yang menyenangkan bisa juga jadi cemilan sih pancake ini. Aku jadi penasaaran pengen coba buatin juga. sepertinya lezat banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener kak, bisa buat sarapan dan juga camilan. Jadi menggugah selera pastinya saat jadi temen bekerja

      Delete
  20. Bahannya tidak banyak, bikin mudah, praktis, dan enak ya, Mbak. Ini bisa buat sarapan atau bekal anak sekolah, bisa juga dinikmati sore hari pas nonton televisi, nih.
    Saya save nih, resepnya, Mbak. Mau saya coba nanti.

    ReplyDelete
  21. Baru ketemu ini pancake yang cara buatnya dikasih pisang, sebagai penggemar pisang, bisa nih nyobain ikutan bikin sesuai resep di sini, terima kasih, kak! :)

    ReplyDelete
  22. Wah ini enak banget dessert nya. Simpel dan bikin hari-hari jadi lebih berwarna. Soalnya rasa manis dan enak dessert membuat asupan makanan terasa lebih lengkap.

    ReplyDelete
  23. Kayaknya enak banget nih pancake-nya, cocok buat sarapan atau cemilan sore. Makin lezat pakai susu Tiga Sapi ya, enak dan bergizi tinggi. Makasih banyak resepnya Kak. Kapan-kapan mau coba (mau beli pisangnya dulu wkwkwk).

    ReplyDelete
    Replies
    1. setujuuu, kayanya enak banget nih ya buat cemilan juga nih sambil ngopi hihi

      Delete
  24. Terima kasih kak resepnya.
    Bisa dicoba ini membuat pancake, yang simple bahannya, apalagi dengan evaporasi susu juga

    ReplyDelete
  25. aku bikin pancake entah kenapa suka bagus sebagian donak, bagian lainnya suka nggak cakep,.. ngiler lihat pancakenya mba nih

    ReplyDelete
  26. Mudah banget bikin pancake-nya cocok buat ide bekal sekolah nih. Bahannya juga gampang dicari deh.

    ReplyDelete
  27. saya baru tahu kalau bikin pancake itu pakai ragi, mbak. maklum belum pernah bikin. kalau di luar negeri pancake ini jadi menu sarapan yaa

    ReplyDelete
  28. Pancake pisang jiga salah satu menu sarapan andalan mbak, gampang banget buatnya hahaha eh tapi kalau pake tiga sapi belum pernah ding

    ReplyDelete
  29. lagi lembur di tempat yang cuacanya dingin banget begini, auto laper lihat pancakenya pengen banget, apalagi ditaburin susu dan keju wuah pasti enak banget rasanya

    ReplyDelete
  30. aku juga suka nih mba bikin pancake pakai susu wkwk rasnaya kalau ngga ada emang kurang komplit aja gitu.. bisa juga pakai toping mapple syrup

    ReplyDelete
  31. Pancake pisang keju enak banget ini, salah satu makanan favorit saya hehe. Dan tuk pancake lipatnya mengingatkan saya pada jajanan jaman sekolah dulu tapi saya menyebutnya martabak mini. Ternyata buatnya mudah banget ya, praktis.

    ReplyDelete
  32. Aku sukaaa yg pancake ya dilipat. Jadi lebih praktis juga buat bekal anak, tinggal dibungkus 😊.. dulu aku sering bikin pancake ini, buat bekal ke kantor malah πŸ˜„.

    Susu tiga sapi setelah nyobain, ternyata memang enak. Guriiih rasanya. Bikin gulai, dan pake susu ini sebagai pengganti santan, malah lebih enak rasanya. Dan ga gampang basi Krn susu.

    ReplyDelete
  33. Anakku suka banget pancake pisang. Ahh jadi pengen buatin untuk anakku juga nih

    ReplyDelete
  34. Punya anak dalam masa pertumbuhan emang borosnya di ngemil justru makan berat ga begitu ya mammm...

    Emak kreatif harus menciptakan ide membuat cemilan yg sehat dan niikmat.

    ReplyDelete
  35. Pancake tu salah satu menu sarapan favorit anak-anak di rumah saya, biasanya sih kita buat yang polosan. Pas liat resep ini, jadi pengen nyobain pake keju plus pisang, tidak lupa pake tiga sapi-nya dari Indofood. kayanya bakal tambah yummy ya

    ReplyDelete
  36. Udah lama banget nih ga bikin pancake. Jadi pingin nyobain resep yang di sni. Apalagi pakai susu tiga sapi auto tambah enak

    ReplyDelete
  37. Kayaknya banyak negara yang punya ide memasak cemilan pancake. Tentunya dgn resep berbeda dan nama berbeda pula.

    Resep pancake nya praktis bgt mbak.. Saya harus coba.

    ReplyDelete
  38. Wah kebetulan banget di rumah lagi ada pisang dan susu tiga sapi
    Langsung aku contek resepnya ya, kak
    Penggemar pancake kami sekeluarga

    ReplyDelete
  39. Salfok sama pancakenya, enak bangett apalagi ada taburan kejunya yaa.. Diisi kental manis tiga sapi akan lebih maknyuss

    ReplyDelete
  40. yummy banget ini camilan, pancake keju atau pancake pisang.
    Membuatnya juga mudah, camilan favorit keluarga.
    Kalau menggunakan susu Tiga Sapi rasanya jauh lebih nikmat dan sehat.

    ReplyDelete
  41. Masakan simple tapi lezat ya kak. Aku juga ikut challenge ini nih kemaren kak. Aku buat resep bolu koja kukus Tiga Sapi.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Biaya Masuk SMP Islam di Tangerang Selatan

Usia Nanggung Bikin Bingung (Memutuskan Kapan Anak Akan Sekolah)

Berendam Air Panas di Grage Hotel & Spa Kuningan

Pertolongan Pertama Pada Anak Demam

Bermain Kartu UNO