Rekomendasi Oleh-oleh Umrah

Umrah adalah salah satu ibadah yang dinantikan untuk dilaksanakan oleh umat Islam. Bersyukurlah untuk mereka yang sudah melaksanakannya. Untuk yang belum, berusahalah mewujudkannya karena banyak sekali keutamaan umrah. Jangan lupa untuk meminta pada Allah SWT agar bisa diberi kesempatan mengunjungi dan beribadah ke Baitullah.

Tradisi msyarakat kita adalah memberikan oleh-oleh sepulang dari umrah. Memang menyiapkan oleh-oleh bukan bagian dari ibadah umrah. Tetapi tak ada salahnya jika kita memberikan oleh-oleh umrah. Tentu jangan sampai memberatkan kita, karena kita bukan melakukan travelling melainkan ibadah.

Berikut ini adalah rekomendasi oleh-oleh umrah yang bisa dibeli untuk oleh-oleh umrah:

1. Air zam-zam

Air zam-zam adalah oleh-oleh yang harus banget dibawa pulang ke tanah air karena berbagai keutamaannya. Dalam hadist, Nabi Muhammad SAW mengatakan bahwa air zam-zam adalah sebaik-baik air di permukaan bumi karena menyehatkan, dapat menghapus dosa, dan keutamaan lainnya. 

Biasanya, dari travel dimana kita berangkat umrah kita akan mendapatkan air zam-zam, tetapi jumlahnya dibatasi. Kita bisa membelinya lagi di berbagai toko oleh-oleh umrah di tanah air.

2. Kurma

Kurma juga oleh-oleh yang direkomendasikan untuk dibawa pulang ke tanah air. Kurma memiliki banyak keutamaan karena menyehatkan dan bisa menghindari kita dari sihir, seperti yang disebutkan Nabi Muhammad SAW dalam salah satu hadist. Biasanya biro perjalanan tempat kita mendaftar umrah akan membawa jemaah tur ke perkebunan kurma di Madinan. Disana, ktia bisa membeli berbgai macam kurma khas Madinah sesuai kebutuhan dan dana.

3. Kacang Arab

Banyak jenis kacang arab yang bisa dijadikan oleh-oleh tergantung selera dan dana yang kita punya. Jangan lupa untuk tes rasa. Kalau belanja di toko, biasanya ada yang bisa dicoba dulu. Sebaliknya, kalau belanja di pedagang kaki lima, biasanya sudah dibungkus. Di tanah air, jika ingin membaginya pada kerabat, jangan lupa untuk memesan 


oleh-oleh umrah


4. Gantungan kunci

Gantungan kunci khas Kota Mekkah dan Medinah dengan berbagai bentuk bisa dijadikan sebagai oleh-oleh umrah yang murah meriah. Harganya mulai dari 2 real atau sekitar 8 ribu rupiah. Selain itu, beratnya ringan jadi bisa beli dalam jumlah banyak sesuai kebutuhan.

5. Cokelat Arab

Cokelat memang ada di setiap negara. Teatpi, siapa si yang akan menolak cokelat. Semua orang pasti suka cokelat. Cokelat bisa dijadikan oleh-oleh dalam momen apapun. Yang menarik dari cokelat sebagai oleh-oleh umrah adalah ada yang dikemas dalam kemasan kecil-kecil seperti permen sehingga sangat pas untuk dibagikan ke kerabat, rasanya juga tak kalah enak dan banyak yang dipadukan dengan buha lokal seperti kurma.

6. Sajadah

Sajadah juga bisa dijadikan oleh-oleh umrah yang istimewa karena akan dipakai oleh si penerima hadiah untuk ibadah shalat. Ada yang berukuran besar dan kecil, tebal dan tipis, bisa dipilih sesuai selera dan dana yang ada.

7. Perabotan khas Arab

Perabotan khas Arab biasanya berwarna emas dan perak yang membuatnya menarik untuk dipandang. Mulai dari gelas kecil, teko, nampan, dan sebagainya semuanya menarik untuk dibeli sebagai oleh-oleh umrah. Namun jangan lupa untuk memperhatikan beratnya karena berat koper di pesawat dibatasi sekitar 30 kg saja.

8. Siwak

Bersiwak itu adalah sunnah, yaitu menggosok gigi dengan kayu siwak yang banyak kegunaan dan manfaatnya untuk gigi. Karena itu, siak banyak dijadikan oleh-oleh umrah.

9. Kosmetik arab 

Kosmetik arab banyak macamnya dengan harga yang juga bervariasi. Pacar arab bisa dibeli mulai dari 2 real per bungkus, lipstik arab, celak arab, pewarna rambut alami, pelembab, dan banyak lagi yang lainnya.

10. Mainan arab

Mainan arab yang khas seperti boneka unta banyak dijual di toko oleh-oleh umrah. Biasanya dibeli untuk oleh-oleh umrah untuk kerabat yang punya anak kecil.

Sebagai informasi, harga oleh-oleh umrah di Kota Medinah biasanya sedikit lebih murah dibandingkan di Mekkah. Namun meski begitu, jangan sampai juga kalap dalam berbelanja. Ingat, kita datang jauh-jauh bukan berbelanja sebagai tujuan utama, namun beribadah!

Comments

  1. Trakhir umroh, aku paliiing suka beli coklat dan kacang almond mba. Kacang2 mereka enak sih memang. Kalo kurma Krn ga doyan sih Yaa, jadi aku memang ga terlalu tertarik. Kalipun beli utk keluarga yg doyan di rumah. Mama mertua pernah mitna dibawain lipstik yg dulu pernah dia pake, dan enak di bibir katanya. Aku beliin deh, tapi buatku yg terbiasa Ama lipstik zaman skr, aku ga cocok Ama lipstik yg diminta mama. Aromanya lipstik jaman dulu bangettt 😅. Jadi kangen umroh lagi . Kalo utk beli oleh2, Aku paling suka cari di Madinah .

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Biaya Masuk SMP Islam di Tangerang Selatan

Usia Nanggung Bikin Bingung (Memutuskan Kapan Anak Akan Sekolah)

Berendam Air Panas di Grage Hotel & Spa Kuningan

Pertolongan Pertama Pada Anak Demam

Bermain Kartu UNO