Tugas Yang Dilakukan Oleh Malaikat Jibril

 


Tugas malaikat cukup beragam. Percaya dengan adanya malaikat merupakan salah satu bentuk ketakwaan kepada Allah SWT. Percaya kepada malaikat juga bagian dari rukun iman yang kedua. Seperti yang diketahui, bahwa nama malaikat terbilang cukup banyak. Salah satu nama malaikat yang sering dituliskan dalam sejarah Islam adalah malaikat Jibril.  Hal tersebut dikarenakan malaikat Jibril dikenal memiliki banyak interaksi dengan Nabi Muhammad SAW. Berikut Tugas Yang Dilakukan Oleh Malaikat Jibril antara lain :

1.      Memberikan Komando Kepada Malaikat Untuk Turun ke Bumi

Salah satu tugas malaikat Jibril adalah memberikan komando kepada malaikat untuk turun ke bumi. Menurut pendapat para ulama, turunnya malaikat Jibril dilakukan setiap satu tahun sekali pada saat malam Lailatul Qadar. Tujuannya adalah untuk memberikan keselamatan dan keberkahan pada umat manusia.

 

tugas malaikat jibril

2.      Mengurus Angin

Tugas malaikat Jibril yang lainnya adalah mengurus angin. Seperti yang terlampir dalam hadis riwayat Imam Al – Baihaqi dalam kitab Syu’abul Iman, semua yang berhubungan dengan angin menjadi tanggung jawab dari malaikat Jibril. Bunyi dari hadis tersebut sebagai berikut, “Empat malaikat yang mengurus urusan dunia yaitu Jibril, Mikail, Izrail dan Israfil. Jibril diserahi tugas mengatur angin dan para malaikat. Mikail diserahi untuk mengurus hujan dan tumbuhan. Izrail diserahi untuk mencabut nyawa, sedangkan Israfil diserahi tugas menyampaikan perintah kepada mereka.”

 

3.      Memenuhi Hajat Manusia

Setiap malaikat sudah diberikan tugasnya masing – masing. Salah satu tugas yang dilakukan oleh malaikat Jibril adalah memenuhi hajat umat manusia. Tugas ini diberikan dari Allah SWT kepada malaikat Jibril untuk memenuhi dan menahan segala kebutuhan atau hajat bagi manusia yang telah rajin melakukan ibadah dengan berdoa kepada Allah SWT. Hal ini telah disebutkan ke dalam hadis riwayat Imam Al – Baihaqi dari kitab Tsabit.

 

4.      Mendampingi Orang Sakaratul Maut Dalam Keadaan Suci

Malaikat Jibril bertugas untuk menjadi pendamping orang yang melalui sakaratul maut dalam keadaannya yang suci dan bersih. Malaikat Jibril dipercaya akan turut memberikan rahmat yang telah diberikan oleh Allah SWT sekaligus kemudahan dalam melalui peristiwa sakaratul maut. Peristiwa ini sudah diceritakan dalam kitab Nuruzh Zhalam yang disusun oleh Syekh Nawawi.

 

5.      Menyampaikan Wahyu Kepada Nabi Muhammad SAW

Percaya kepada malaikat menjadi sebuah bentuk ketakwaan pada Allah SWT. Salah satu nama malaikat yang dikenal oleh banyak orang adalah malaikat Jibril. Tugas dari malaikat Jibril di antaranya adalah menyampaikan wahyu yang dikirimkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW. Wahyu yang disampaikan oleh malaikat Jibril pada Nabi Muhammad SAW berbentuk Al – Qur’an yang menjadi kitab umat Islam saat ini.

 

6.      Mengajarkan Agama Melalui Nabi Muhammad SAW

Selain bertugas untuk menyampaikan wahyu, tugas malaikat Jibril lainnya adalah untuk mengajarkan agama melalui Nabi Muhammad SAW. Hal tersebut sudah tertulis di dalam surat An – Nahl ayat 102 sebagai berikut, “Katakanlah, Rohulkudus (Jibril) menurunkan Al-Qur’an itu dari Tuhanmu dengan kebenaran untuk meneguhkan (hati) seseorang yang telah beriman dan menjadikannya sebuah petunjuk serta kabar gembira bagi orang yang berserah diri (kepada Allah).”

 

7.      Mengelola Dunia

Salah satu riwayat hadis menyebutkan, bahwa ada empat malaikat yang telah mendapatkan tugas dari Allah SWT untuk mengelola dunia. Di antara dari mereka berempat terdapat malaikat Jibril yang bertugas untuk mengurusi angin.

 

Tugas malaikat terdiri dari tanggungjawab yang didapat. Malaikat sendiri sudah dipercaya oleh Allah untuk melakukan tugasnya masing – masing dalam mengurus dunia dan akhirat.

Comments

Popular posts from this blog

Rekomendasi Homeschooling Terbaik Untuk Solusi Belajar Anak

Bermain Kartu UNO

Usia Nanggung Bikin Bingung (Memutuskan Kapan Anak Akan Sekolah)

Biaya Masuk SMP Islam di Tangerang Selatan

Berendam Air Panas di Grage Hotel & Spa Kuningan