Merawat Kulit Wajah Saat Hamil dan Setelah Melahirkan


Hamil dan melahirkan adalah proses alami yang dialami oleh seorang wanita. Biasanya pada saat hamil terjadi perubahan hormon yang menyebabkan berbagai perubahan pada tubuh. Salah satunya adalah munculnya bercak kehitaman di kulit karena meningkatnya hormon estrogen saat hamil.  

Hal ini wajar terjadi dan akan menghilang setelah melahirkan nanti. Namun jika dirasa cukup mengganggu, bisa diatasi dengan mengaplikasikan makeup yang aman untuk ibu hamil. Terutama ibu hamil yang tetap bekerja saat hamil, atau ibu hamil yang ingin tampil percaya diri saat momen tertentu, makeup khusus ibu hamil bisa membantu penampilan ibu hamil tetap cantik dan menarik. 

Saya pernah bertanya pada mba Oline -seorang blogger asal Bekasi yang selalu tampil cantik dengan sentuhan makeup- tentang makeup yang aman untuk ibu hamil. Kata beliau sih, makeup yang aman untuk ibu hamil adalah yang tidak mengandung pemutih wajah atau bahan-bahan berbahaya yang akan mempengaruhi janin dalam kandungan.



merawat wajah saat hamil dan setelah melahirkan


Jadi, penting banget nih buat kita mengetahui kandungan dalam skincare atau kosmetik yang kita pakai selama hamil. Banyak artikel kecantikan di internet yang menginformasikan berbagai kandungan dalam sebuah produk skincare atau kosmetik. Sempatkan mencari informasi tersebut agar kita bisa memutuskan produk skincare atau kosmetik yang aman selama kita hamil. Sepengetahuan saya, bahan-bahan berbahaya untuk ibu hamil dalam skincare dan kosmetik adalah merkuri, retinoid, hydroquinone, BHA, rodamin, benzoil peroxide, dan lain-lain.

Tapi yang pasti sih, selama hamil, kulit wajah harus tetap dirawat dan jangan malas untuk merawatnya. Minimal dengan membersihkan wajah setiap hari dan mengaplikasikan pelembab di wajah saat kulit wajah terasa sangat kering. 

Setelah melahirkan, seorang perempuan akan sibuk mengurus bayinya. Walaupun begitu, sebaiknya sih juga tetap meluangkan waktu untuk merawat kulit wajah. Selain untuk kenyamanan diri sendiri, juga bermanfaat untuk menyegarkan kembali tubuh dan pikiran setelah lelah mengurus bayi.

merawat wajah saat hamil dan setelah melahirkan


Setelah melahirkan, perempuan biasanya menyusui bayinya. Jadi, pilihlah produk perawatan yang aman untuk ibu menyusui. Karena perubahan hormon saat hamil biasanya tetap berpengaruh setelah melahirkan. Pilihlah produk skincare yang tidak memberikan pengaruh buruk pada pori-pori kulit, sertamenggunakan pembersih yang lembut yang tidak mengandung bahan komedogenik (yang bisa menyebabkan jerawat). Tapi untuk saran yang lebih terpercaya sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit.

Merawat kulit wajah setelah melahirkan juga bisa dilakukan dengan cara istirahat atau tidur yang cukup. Minta tolong sama keluarga kita di rumah untuk bergantian mengurus bayi ketika kita butuh istirahat. Jangan lupa juga untuk tetap rajin menyempatkan diri membersihkan wajah dengan produk yang aman untuk ibu menyusui. Sesekali pergi ke salon untuk mendapatkan facial wajah juga tak ada salahnya sekalian refreshing di sela-sela kerempongan mengurus bayi. 

Intinya, kapanpun merawat kulit terutama wajah itu penting untuk kesehatan kulit itu sendiri dan kenyamanan diri sendiri, bonusnya kita akan terlihat tetap cantik. Apalagi saat hamil dan setelah melahirkan, butuh perawatan ekstra karena perubahan yang terjadi dalam tubuh akibat hormon. Rasa malas pasti ada, terlebih karena kondisi yang sedang hamil dan sibuk mengurus bayi setelah melahirkan. Tapi kalau sudah niat untuk merawat diri, pasti selalu ada jalan.

Comments

  1. Merawat kulit setelah melahirkan pun nggak bisa sembarangan ya, mbak. Apalagi kalau menyusui. Tapi, banyak banget informasi bermanfaat mengenai treatment khusus buat wajah ibu yang menyusui. Jadi, gampang diikuti dan bahannya ada di rumah

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Biaya Masuk SMP Islam di Tangerang Selatan

Pertolongan Pertama Pada Anak Demam

Berendam Air Panas di Grage Hotel & Spa Kuningan

Alhamdulillah, Saya Sudah 2 Kali Operasi Caesar