Penyebab Hidung Tersumbat Pada Anak-anak




Anak-anak lebih rentan terhadap penyakit dibandingkan dengan orang dewasa yang memiliki kekebalan tubuh lebih kuat. Salah satu jenis penyakit yang kerap diderita si kecil adalah hidung tersumbat. Tanpa sebab yang jelas, hidung anak bisa tersumbat mengganggu pernafasan. Bahkan kadang sering juga dari hidung keluar cairan bening, kuning ataupun kehijauan. Jika anak mengalami hidung tersumbat, penting untuk mengetahui penyebabnya agar bisa diberikan penanganan yang tepat. Jika anak Anda sering mengalami hidung tersumbat, berikut ini adalah beberapa sebab yang sering terjadi:


penyebab hidung tersumbat pada anak

  1. Virus.
Hidung tersumbat sering disebabkan oleh virus dengan gejala keluarnya cairan dari dalam hidung. Virus tersebut bisa berupa virus influenza yang menyerang manusia dengan kekebalan tubuh yang rendah. Anak kecil memang memiliki kekebalan tubuh yang belum kuat sehingga virus ini mudah menyerang. Obat hidung tersumbat yang aman untuk anak untuk penyebab virus, Anda bisa memberi si kecil obat tetes yang mengandung NaCl. Selain itu tingkatkan kekebalan tubuh anak dengan cara memberikan makanan dan minuman yang sehat agar tubuh bisa melawan virus dengan sendirinya dan hidungpun kembali lega.

  1. Alergi.
Sebab lain dari hidung tersumbat adalah alergi. Anak bisa mengalami alergi pada benda atau makanan tertentu dan tubuh bereaksi dengan menyempitnya pembuluh di rongga hidung. Serbuk sari, makanan, debu dan benda asing yang masuk ke dalam hidung bisa menjadi penyebab hidung tersumbat akibat alergi. Jika hal ini terjadi Anda bisa memberikan obat anti alergi pada anak, namun untuk mendapatkannya Anda perlu berkonsultasi dengan dokter. Jika ada benda asing yang masuk ke dalam rongga hidung, sebaiknya Anda juga langsung membawa si kecil ke dokter agar benda asing tersebut segera bisa dikeluarkan.

Untuk obat hidung mampet dan hidung meler akibat virus, Anda bisa membelinya di apotik dalam bentuk obat tetes sehingga mudah diaplikasikan. Berikan juga minuman hangat dan makanan yang sehat untuk membantu penyembuhan dari dalam. Jika hidung tersumbat belum lega selama 3 hari, jangan ditunda lagi untuk membawa si kecil ke dokter agar mendapat pengobatan yang lebih lengkap.

Comments

Popular posts from this blog

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Biaya Masuk SMP Islam di Tangerang Selatan

Pertolongan Pertama Pada Anak Demam

Berendam Air Panas di Grage Hotel & Spa Kuningan

Alhamdulillah, Saya Sudah 2 Kali Operasi Caesar