Paket Lengkap Wisata Semarang, dari Budaya hingga Kuliner


Libur pergantian semester sekolah di Bulan Desember segera tiba. Saatnya merencanakan kegiatan liburan bersama anak selama libur sekolah. Masih bingung merencanakan liburan ke mana? Sudahkah kamu mencoba serunya wisata Semarang? Daerah ini menawarkan destinasi lengkap untuk liburan sekeluarga, mulai dari lokasi bersejarah, spot foto kekinian, hingga surganya kuliner. Yuk, simak daftar destinasi wajib di Semarang yang harus kamu kunjungi bersama keluarga terutama anak-anak musim liburan ini.

Ragam Destinasi Menarik

Terletak di pesisir utara pulau Jawa, wilayah ini merupakan pusatnya Jawa Tengah. Topografinya terbilang unik, terdiri dari dataran rendah dengan perbukitan memanjang.
Keunikan ini menjadikan wisata di Semarang sangat menarik dengan beragam destinasi. Penasaran dengan lokasi-lokasinya?

Lokasi Bersejarah Perpaduan Berbagai Budaya

Sebagai daerah strategis dengan pelabuhan yang berfungsi sejak abad ke-6, Semarang memiliki sejarah yang kaya. Masuknya pedagang asing di masa terdahulu, mengakibatkan perpaduan budaya Jawa, Belanda, hingga Tiongkok. Pelajari sejarah dan budayanya di sini:

1. Klenteng Sam Poo Kong

Awalnya dibangun sebagai masjid, landmark ini kini difungsikan sebagai klenteng. Klenteng ini dibangun untuk menghormati penjelajah dari Cina yang mendarat di Semarang, yaitu Laksamana Cheng Ho. Arsitekturnya sarat akan perpaduan budaya Islam dan Tiongkok.

klenteng sam poo kong
sumber: Wikipedia

2. Kota Tua

Daerah ini dulunya merupakan wilayah kekuasaan Belanda. Dengan deretan gedung bekas pemerintahan dan gereja tempoe doeloe, membuat kamu serasa kembali ke zaman kolonial.

3. Lawang Sewu

Dibangun pada tahun 1904, tempat ini dulunya berfungsi sebagai kantor kereta api pada zaman Belanda dan penjara pada zaman penjajahan Jepang. Lawang Sewu berarti pintu seribu, sebagai cerminan gedungnya yang memiliki banyak pintu dan jendela.

 

Destinasi Hits dan Kekinian

Jangan sampai ketinggalan untuk mengunggah foto-foto hits di media sosial. Kamu bisa mengunjungi beberapa lokasi wisata Semarang yang kekinian dan Instagramable.

1. Ayana Gedong Songo

Berlokasi di dataran tinggi yang sejuk, Ayana Gedong Songo menawarkan banyak spot foto kekinian. Ambil pose terbaikmu di kursi santai di tengah kolam atau sangkar raksasa dengan bantal-bantal. Ada juga tenda berbentuk bola transparan dan balon udara dengan latar perbukitan.

ayana gedong songo
sumber: Traveloka

2. Kampung Pelangi

Mau foto keren dengan modal murah meriah? Datang saja ke Kampung Pelangi. Di lokasi ini, kamu bisa menemukan deretan rumah, jalanan, hingga jembatan yang dicat berwarna-warni. Dengan modal Rp3 ribu kamu sudah bisa berfoto dengan latar bak di negeri dongeng.

3. Pantai Marina

Bagi yang mencari latar sunset, kamu bisa berkunjung ke Pantai Marina Semarang. Terdapat juga fasilitas kolam renang, jet ski, dan taman bermain. Untuk para pasangan, pantai ini juga cocok dikunjungi sebagai tempat wisata Semarang yang romantis.

Kuliner Khas yang Menggugah Selera
Sudah capek jalan-jalan, saatnya mengisi tenaga. Mana saja, sih, tempat kuliner khas yang menggoyang lidah?

1. Kawasan Pecinan

Kawasan ini berisi deretan gerai makanan dengan harga relatif murah. Lokasi kulinernya buka hari Jumat sampai Minggu, pukul 6 sore hingga 10 malam. Pas buat kamu yang mencari wisata malam di Semarang.

kuliner kawasan pecinan semarang
sumber: Traveloka
 2. Kawasan Simpang Lima
Saat malam hari, di alun-alun kota ini berdiri deretan tenda kuliner tradisional seperti tahu gimbal dan wedang ronde. Selain itu, kamu juga dapat berkeliling dengan menyewa sepeda lucu berlampu warna-warni.

Rencanakan Liburanmu ke Semarang

Sudah tidak bingung kan, mau ke mana liburan ini? Pastikan kamu merencanakan perjalanan kamu, karena banyaknya lokasi menarik yang wajib dikunjungi. Baiknya, susunlah itinerary dan budget dengan mengecek via online terlebih dahulu. Gunakan bantuan situs yang dapat memberikan informasi dan deal seputar wisata Semarang.

Comments

Popular posts from this blog

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Biaya Masuk SMP Islam di Tangerang Selatan

Pertolongan Pertama Pada Anak Demam

Berendam Air Panas di Grage Hotel & Spa Kuningan

Alhamdulillah, Saya Sudah 2 Kali Operasi Caesar