Pemulihan Pasca Operasi yang Begitu Penting dengan Menghindari Beberapa Hal yang Bisa Menghambatnya


Menjalani operasi mengharuskan Anda untuk menjalani pemulihan setelahnya. Diperlukan waktu yang cukup lama hingga berminggu-minggu agar pasien bisa benar-benar sembuh dan beraktivitas secara normal. Proses pemulihan luka operasi bukanlah hal yang sepele karena tidak bisa disembuhkan dengan obat hidung mampet dan hidung meler karena dibutuhkan obat khusus yang bisa mempercepat proses penyembuhan luka.

Selain menggunakan obat yang bisa mempercepat penyembuhan luka pasca operasi yang bisa didapat dengan beli saja di goapotik, terdapat pula beragam hal yang perlu dihindari agar proses pemulihan bisa berjalan lebih cepat. Apa sajakah hal tersebut? Inilah dia beberapa diantaranya:


Makanan dengan lemak Tinggi

Bagi Anda yang bertubuh terlalu gemuk, makanan dengan kadar lemak yang tinggi jelas menjadi salah satu makanan yang wajib dihindari. Tapi, jika Anda tidak memiliki masalah berat badan, makanan berlemak jelas bukanlah suatu masalah dan justru sangat dibutuhkan. Namun, jika Anda baru saja melakukan operasi, maka sebaiknya hindari terlebih dahulu makanan dengan kandungan lemak yang terlampau tinggi.

pemulihan pasca operasi


Konsumsi makanan dengan lemak yang terlalu tinggi bisa menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan. Sistem pencernaan yang terganggu akan membuat suplai energi tidak optimal. Selain itu, lemak yang terlalu tinggi juga akan meningkatkan potensi sembelit dan membuat proses pembuangan lebih sulit terjadi.

Makanan Instan

Makanan instan jadi pilihan terbaik apabila Anda ingin makan sesuatu namun tidak memiliki banyak waktu untuk mempersiapkannya. Selain itu, makanan instan juga bisa menjadi alternatif makanan sewaktu genting dimana tidak ada banyak cadangan makanan yang tersisa. Namun, makanan instan punya dampak buruk bagi tubuh dan perlu dihindari terutama jika Anda baru saja selesai melakukan operasi.

pemulihan pasca operasi


Makanan instan mengandung pengawet didalamnya agar bisa tahan lama dan siap dikonsumsi kapanpun Anda inginkan. Di dalam makanan tersebut, terkandung zat kimia yang dapat membuat perut terasa kembung. Perut yang kembung akan menghambat proses penyembuhan luka dan membuat luka bekas operasi jadi lebih lama sembuh. 

Comments

Popular posts from this blog

Biaya Masuk SMP Islam di Tangerang Selatan

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Pertolongan Pertama Pada Anak Demam

Berendam Air Panas di Grage Hotel & Spa Kuningan

Alhamdulillah, Saya Sudah 2 Kali Operasi Caesar