Manfaat Memiliki Asuransi Kesehatan Tambahan



Sakit, siapapun pasti tidak mau mengalami hal ini. Sakit itu tidak enak. Tidak bisa kerja, ibadah tak nyaman, pokoknya karena sakit aktivitas yang biasa kita lakukan jadi terganggu. Belum lagi jika kita harus memeriksakan diri ke dokter. Iya, sakitnya jadi berkurang karena sudah berobat, namun harus mengeluarkan sejumlah biaya untuk pengobatan. Makanya, terasa banget manfaat memiliki asuransi kesehatan.

Di keluarga saya, orang yang memiliki riwayat sakit yang lumayan banyak adalah suami. Sejak muda, ia memang pekerja keras, suka belajar jadi suka lupa merawat kesehatannya. Usianya saat ini 39 tahun. Di usia yang belum juga 40 tahun ini beliau sudah 2 kali operasi (jantung dan ginjal), beberapa kali terapi back pain, dan tak terhitung berapa kali bolak-balik ke dokter jika darah tinggi atau kolesterolnya naik. Pola makan yang kurang baik dan tuntutan pekerjaan yang membuat stress, kadang menambah pemicu sakitnya. Dengan riwayat sakitnya yang demikian, sudah tentu terasa sekali manfaat memiliki asuransi kesehatan yang bisa digunakan sekaligus sebagai asuransi rawat inap.

Alhamdulillah wa syukurillah, perusahaan tempat suami bekerja menyediakan asuransi kesehatan yang cukup untuk karyawan dan anggota keluarga karyawan. Saya dan anak-anak merasakan manfaat asuransi kesehatan dari tempat suami bekerja. Saat anak pertama rawat inap di rumah sakit selama seminggu karena infeksi saluran kemih di usia 3 tahun, Alhamdulillah biaya rumah sakit semuanya ditanggung asuransi kesehatan. Saat anak kedua sakit gigi dan harus bolak-balik ke dokter gigi (tahu sendiri kan, ke dokter gigi biasanya tak Cuma sekali), Alhamdulillah semua biayanya ditanggung asuransi kesehatan. 

 
manfaat asuransi kesehatan
saat saya rawat inap di rumah sakit karena melahirkan anak ketiga

Saat saya melahirkan anak ketiga dan harus rawat inap di rumah sakit selama 4 hari, Alhamdulillah biaya rumah sakit ditanggung asuransi kesehatan juga. Saat bayi saya harus rawat inap selama 3 hari di rumah sakit karena breastmilk jaundice, Alhamdulillah asuransi kesehatan membantu biaya pengobatannya. Memang kadang-kadang pengobatan di rumah sakit tidak ditanggung asuransi kesehatan sepenuhnya, tapi setidaknya biaya pengobatan jadi ringan dengan adanya asuransi kesehatan.

Tapi pernah suatu waktu saat suami sedang cuti kerja karena sekolah, asuransi kesehatan diberhentikan sementara oleh kantor termasuk untuk anggota keluarga. Lalu Kakak Ra, si anak kedua, terkena typus. Ia harus cek laboratoriumdan bolak-balik ke dokter untuk konsultasi. Biaya yang dihabiskan untuk proses pengobatannya kurang lebih sejuta rupiah dari dompet pribadi, karena asuransi kesehatan dari kantor suami tidak bisa dipakai. Lumayan juga, biaya sebesar itu bisa buat makan sekeluarga sebulan. Hiks, berat memang, tapi demi kesembuhan anak ya mau tak mau harus berkorban.

Saya jadi suka berfikir, kalau suami sudah pensiun, bagaimana ya? Saya harus punya asuransi tambahan di luar asuransi utama untuk berjaga-jaga di masa yang akan datang ketika sudah tidak bisa mendapatkan asuransi kesehatan dari kantor suami. Saat ini, saya sedang mencari berbagai informasi tentang asuransi kesehatan yang bisa saya pertimbangkan untuk dimiliki sebagai asuransi kesehatan tambahan. 

Saat sedang googling di internet, saya menemukan informasi tentang Mega Hospital Investa di website Mega Life. Mega Hospital Investa merupakan salah satu produk asuransi kesehatan terbaik dari PT PFI Mega Life Insurance. Mega Hospital Investa adalah asuransi kesehatan yang memberikan manfaat berupa pembayaran Santunan Harian Rawat Inap apabila kita menjalani rawat inap di Rumah Sakit baik yang disebabkan oleh penyakit maupun kecelakaan. Di samping itu, program ini juga memberikan perlindungan asuransi jiwa dan no claim bonus dengan persyaratan tertentu. 

manfaat asuransi kesehatan mega lige Investa


Dengan memiliki asuransi terbaik di Indonesia seperti Mega Hospital Investa ini, kita bisa mendapat santunan rawat inap sampai 1 juta rupiah per hari, dengan premi terjangkau mulai dari 7 ribu rupiah per hari. Tidak hanya itu, ada juga manfaat untuk menanggung biaya rawat ICU/ICCU dengan nilai hingga 2 juta rupiah per hari. Untuk lebih lengkap besar premi dan manfaat yang didapat dari asuransi kesehatan Mega Hospital Investa, bisa dilihat di tabel berikut ini.

premi asuransi dan manfaat mega life investa


Dengan melihat tabel di atas, kita bisa memperkirakan manfaat yang kita dapat jika memiliki asuransi kesehatan Mega Life Investa. Misal nih Pak Fulan usianya 30 tahun, punya asuransi kesehatan Mega Life Investa Plan A dengan membayar premi bulanan. Besar premi yang harus dibayarnya adalah 95 ribu rupiah. Jika ia dirawat di rumah sakit selama 6 hari, ia akan mendapat santunan harian non ICU sebesar Rp 250,000 X 6 hari yaitu Rp 1,500,000. Atau ia akan mendapat santunan harian ICU sebesar Rp 500,000 X 6 hari yaitu Rp 3,000,000. Biasanya saya suka pusing dengan hitung-hitungan manfaat asuransi yang akan didapat ketika dulu ditawari teman salah satu polis asuransi. Namun perhitungan manfaat asuransi kesehatan Mega Life Investa sangat mudah dimengerti. 

Biasanya walau sudah punya asuransi kesehatan utama dari kantor atau dari pemerintah seperti BPJS, ada saja biaya tambahan yang harus dikeluarkan. Misalnya saat ada rujukan untuk pindah ke kamar yang lebih tinggi. Nah, Mega Hospital Investa tetap akan memberikan manfaat santunan rawat inap. Hanya dengan mengirimkan segala bentuk fotokopi dokumen beserta cap basah resmi dari rumah sakit, kita pasti akan dapat manfaatnya. Inilah manfaatnya memiliki asuransi kesehatan tambahan yang bisa sekaligus asuransi rawat inap diluar asuransi kesehatan utama yang kita miliki.

Jangan khawatir dengan proses mengajukan polis asuransi kesehatan yang katanya ribet. Dengan Mega Hospital Investa, kita tidak perlu lagi dipusingkan dengan proses yang berbelit serta hal lainnya yang membuat pusing. Bahkan, kita tidak perlu cek kesehatan untuk mengajukannya. Selain itu, produk ini akan mengembalikan premi dengan total 50% dari yang sudah kita bayarkan jika tidak ada klaim selama periode 36 bulan! Yup, jadi seperti kita investasi saja ya. 

premi asuransi Mega Life Investa


Naudzubillah sih, jauh-jauh deh dari sakit atau musibah kecelakaan, dengan cara menjaga kesehatan dan berhati-hati di setiap perjalanan. Tapi memiliki asuransi kesehatan terbaik tetap perlu sebagai bentuk ikhtiar kita atas hal yang tak bisa diduga di masa yang akan datang. Silahkan langsung kunjungi website Mega Life ya jika tertarik untuk mencari informas lebih lanjut dan mengajukan polis asuransi Mega Hospital Investa!

Nah, bagaimana dengan anda, sudah punya asuransi kesehatan? Atau sedang mencari asuransi kesehatan tambahan untuk keluarga? Ceritakan dong manfaat asuransi kesehatan atau asuransi rawat inap yang pernah anda alami, agar bisa jadi sharing pengalaman yang bermanfaat buat kita semua.


Comments

  1. Allhamdulillah terbantu dengan adanya asuransi ya mbak, maklum lah biaya kesehatan sekarang mahal banget apalagi kalau harus rawat inap

    ReplyDelete
  2. Kayak saya dong pekerja keras, Dan alhamdulillah ada cover asuransi dari perusahaan juga.. setelah berkeluarga, saya merasa penting banget punya asuransi untuk proteksi...

    ReplyDelete
  3. Asuransi memang penting sekali ya mbak. Sangat terasa ketika kita sakit. Semoga anggota keluarga kita senantiasa sehat yaa..

    ReplyDelete
  4. Asuransi memang penting. Walau dari kantor ada, saya juga punya asuransi mandiri. Tapi asuransi paling baik adalah jaga kesehatan: tidur cukup dan jaga makan. Itu salah satu modal utama untuk masa tua.

    ReplyDelete
  5. Asuransi kesehatan memang penting ya, mba Kania. Lebih memudahkan saat harus menjalani rawat inap. Ga bingung cari biaya untuk deposit di rumah sakit. Semoga kita sehat selalu ya, mbak

    ReplyDelete
  6. Sangat membantu sekali ya mbak kalau kita sudah ikutan asuransi kesehatan, nggak bingung pinjam sana pinjam sini kalau ada sesuatu

    ReplyDelete
  7. Mega insurance ini easy to claimed ga mbak?

    ReplyDelete
  8. Asuransi ini ibarat penjaga. Seandainya sesuatu yg tidak kita inginkan terjadi, maka kita sudah punya persiapan.
    Pentingnya asuransi ini saya rasakan ketika saya bekerja di luar negeri. Semoga semakin banyak yang memahami pentingnya asuransi ya

    ReplyDelete
  9. Meskipun ada sebagian orang yang anti asuransi, tapi kalau saya pribadi sih asuransi itu untuk jaga-jaga. Saya juga merasakan manfaat asuransi ketika melahirkan anak kedua.

    ReplyDelete
  10. Asuransi kesehatan itu memang perlu ya..

    Hendaknya tiap orang wajib punya..

    Asuransi itu ibarat sedia payung sebelum hujan

    ReplyDelete
  11. Kadang-kadang, asuransi dari kantor masih harus di-back up lagi dengan asuransi lain, ya, Mbak

    ReplyDelete
  12. percaya gak percaya aku juga baru sadar kalo selama hidup asuransi kesehatan yang kupunya ya dari kantor mba, ituh aja

    ReplyDelete
  13. Ia harus memiliki asuransi tambahan , untung aku dah di cover mega life

    ReplyDelete
  14. Iyap mba aku juga ngerasa dengan adanya asuransi kesehatan, hidup juga jadi lebih tenang ya mba. Smoga kita sehat selalu ya mba.Aamin

    ReplyDelete
  15. Aku sampai sekarang belum punya asuransi kesehatan, kak..
    Semoga yaa...doanya hanya minta kesehatan, kemudahan dan kelapangan atas setiap masalah.

    Sehat-sehat selalu, kakaque~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kaya sahabatku cerita, waktu melahirkan...karena suami-istri sama-sama memiliki asuransi kesehatan, jadi pas doi melahirkan, cairlah semua uang asuransi itu.
      Bahagia banget...

      Delete
  16. Memilki asuransi kesehatan memang sangat penting ya, mbak. Walaupun sudah mempunyai BPJS, tapi asuransi tambahan itu sangat penting dan membantu sekali :)

    ReplyDelete
  17. Waahhh cover 1 juta per hari buat kamar itu sudah bagus banget. Apalagi premi nya muraaah. Jadi pengen ngulik lebih dalam nih Mega Investa ini.

    ReplyDelete
  18. Memiliki asuransi memang penting mba
    Karena kita harus memikirkan jangka panjangnya
    Karena untuk berjaga-jaga

    ReplyDelete
  19. Punya Asuransi tuh bener2 bermanfaat sekali y mba sebagai perlindungan ..dicover 1 juta itu bagian yang menarik

    ReplyDelete
  20. Hari gini makin banyak ya hal yang bisa dicover asuransi. Pandai-pandai kitanya memilih asuransi yang sesuai dengan kebutuhan kita ya. Dan tentunya, memilih asuransi yang kredibel adalah prioritas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi kepengen tahu lebih lanjut deh Asuransi Mega Life ini. Cus ke websitenya aaah...

      Delete
  21. Asuransi emang ngebantu banget ya mba. Kayak ga guna gitu saat kita baik baik aja sih, makanya banyak orang beranggapan ngga penting dan ngga harus. Begitu sesuatu terjadi langsung repot ketar ketir cari dana utk pengobatan

    ReplyDelete
  22. Memang penting untuk punya asuransi kesehatan. Sebab kesehatan keluarga paling utama. Ketika harus mendadak berobat tapi kondisi keuangan menipis, asuransi sangat membantu.

    ReplyDelete
  23. siapapun pasti tidak ingin sakit ya mba :D tapi tidak ada salahnya selalu sedia payung sebelum hujan. Memiliki asuransi kesehatan tentu akan membuat kita lebih tenang

    ReplyDelete
  24. Sekarang pakai bpjs dan asuransi swasta, dua2nya dibayarin kantor, eh kalau bpjs mah berapa % dipotong dari gaji ya... Jadi kepikiran juga, gimana nanti kalau pensiun...

    ReplyDelete
  25. Kesehatan memang segala-galanya. Orang akan mempertaruhkan apapun, demi sehat. Seandainya kejadian buruk menimpa kita, maka asuransi ini bisa jadi penjagaan diri, ya.

    ReplyDelete
  26. yap terkadang walau katanya sudah ditanggung BPJS tapi tetap saja ada yg harus dibayar sendiri sebab melebihi kuotanya. Gak salah deh punya asuransi kesehatan lainnya

    ReplyDelete
  27. Paling berasa emang kalau udah di rawat, kemarin pas kena dbd aja udah abis 8 juta, penting banget harus punya asuransi

    ReplyDelete
  28. Bener banget, udah sakit jangan sampai jadi tambah pusing gara-gara harus mikirin biaya yang harus dibayarkan selama pengobatan. Tapi nyari asuransi yang mudah proses klaimnya itu nggak gampang heuu..

    ReplyDelete
  29. ya saat ini memang sangat diperlukan asuransi, karena biaya sakit itu mahal sekali. sudah sakit masih memikirkan biaya rumah sakit pula

    ReplyDelete
  30. Betul banget Mbak, memilih asuransi kesehatan terbaik merupakan salah satu ikhtiar kita, jaga-jaga kalau ada apa-apa.

    ReplyDelete
  31. Kalau saya, kebetulan hanya pakai BPJS saja nih. Karena dulu Ayah saya sempat bermasalah untuk klaim asuransi dengan salah satu perusahaan asuransi, akhirnya kami bertahan saja dengan asuransi pemerintah yang memang diberlakukan wajib karena orangtua saya bekerja di pemerintahan. Jadi kami pun menabung biaya kesehatan sendiri juga untuk jaga jaga pada penyakit yang tidak ditanggung BPJS.

    ReplyDelete
  32. Asuransi jadi pilihan banyak keluarga Indonesia nih ya sekarang. Apalagi sekarang semakin banyak pilihan asuransi

    ReplyDelete
  33. Tanpa disadari, asuransi menjadi begitu penting yaaa. Tapi meski jaga2 dengan asuransi, kita wajib rawat tubuh dulu sehari2 biar gak terklaim itu.

    ReplyDelete
  34. Asuransi kesehatan emang perlu ya mbak. Aku sendiri, selain pakai BPJS, alhamdulillah, dr kantorsuami dicover soal rawat inap.

    Saat perlu ke dokter umum, aku pakai BPJS. Saat rawat inap seperti saat melahirkan, aku pakai asuransi yg dr kantor suami

    ReplyDelete
  35. Sangat perlu ini, karena biaya sakit itu tidak murah. Bisa merogoh kocek dalam-dalam kalau tidak ada asuransi. .

    ReplyDelete
  36. Hohoho.. aku belum punya asuransi kesehatan nih... penting banget padahal yak... yaudah aku lihat2 asuransi Megalife ini deh...

    ReplyDelete
  37. Dagdigdug denger ceritanya. Kalau sudah pengalaman kita sering gunakan fasilitas kesehatan, asuransi itu sangat bermanfaat ya.

    ReplyDelete
  38. Asuransi itu penting banget sih, apalagi mengenai kesehatan ya

    ReplyDelete
  39. Alhamdulillah ya Bun.. ada asuransi. Jadi ga kuatir lagi memikirkan biaya kalo kita atau anggota keluarga jatuh sakit.

    ReplyDelete
  40. asuransi kesehatan ternyata memang penting dan banyak manfaatnya ya

    ReplyDelete
  41. Asuransi kesehatan memang salah satu yang harus kita punya karena kita gak pernah tau kapan kita akan sakit.

    ReplyDelete
  42. Memang memiliki asuransi kesehatan sangatlah penting, walau hanya BPJS. Biaya perawatan kesehatan itu mahal loh bun...

    ReplyDelete
  43. Aku juga punya asuransi tambahan selalin KIS atau BPJS punya juga sih asuransi swasta buat kesehatan nantinya.

    ReplyDelete
  44. menjaga pola hidup yang sehat dan pola makan sehat memang penting agar kita senantiasa sehat tapi ya gak ada salahnya juga sih ya mbak, kita punya asuransi kesehatan untuk berjaga-jaga dengan segala kemungkinan

    ReplyDelete
  45. Wah, mengurus asuransi tambahan di Mega Hospital Investa mudah ya

    ReplyDelete
  46. aku juga tim yang harus punya asuransi, karena sakit itu mahal banget, jadi mesti ada proteksi, saya pun juga masih berusaha untuk tidak menggunakan asuransi dari pemerintah, lelah dengan prosesnya

    ReplyDelete
  47. Asuransi emang penting banget yak.. nah apalagi ada tambahannya.. Jadi wajib punya asuransi ini nih.

    ReplyDelete
  48. Murah ya Mbak, preminya.

    Saya penasaran, adakah asuransi syariahnya?

    ReplyDelete
  49. MasyaAllah, semoga sehat2 selalu suaminya. Pas suami kecelakaan sekali doang itu aja aku udah ketakutan luar biasa. Memang baiknya kalo kerja mesti diketahui dulu nanggung asuransi apa gak.

    ReplyDelete
  50. Dulunya sih aku ga suka banget yang namanya asuransi, tapi semua itu berubah semenjak ayahku meninggal karena kecelakaan. Faktanya, asuransi memang banyak membantu.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Biaya Masuk SMP Islam di Tangerang Selatan

Pertolongan Pertama Pada Anak Demam

Berendam Air Panas di Grage Hotel & Spa Kuningan

Alhamdulillah, Saya Sudah 2 Kali Operasi Caesar