Kenali dan Waspadai Penyakit Pasca Melahirkan Bersama SehatQ.com


Setiap perempuan yang sudah menikah tentu ingin punya anak untuk meneruskan keturunan. Tetapi, tidak sedikit dari mereka yang takut saat melewati fase hamil atau melahirkan. Karena perubahan hormon yang terjadi pada fase tersebut bisa membuat kondisi seorang ibu tidak nyaman bahkan sakit.

Kehamilan ketiga saya terjadi pada usia yang sudah tak lagi muda. Jadi saya harus lebih banyak berusaha agar bayi dalam kandungan sehat, sayanya juga sehat lahir batin. Saya ingin tetap sehat selama hamil dan terutama pasca melahirkan karena saya harus merawat si bayi dan anggota keluarga lain. Saya belajar lagi dari nol tentang kehamilan dan kelahiran dari berbagai artikel kesehatan. Salah satunya dari website dan aplikasi SehatQ.com , sebuah media yang membantu kita mengelola kesehatan keluarga.


penyakit pasca melahirkan


Banyak banget fitur di aplikasi SehatQ.com yang bermanfaat buat saya. SehatQ.com memuat berbagai artikel kesehatan, tool kesehatan interaktif, fitur Tanya jawab dan live chat dengan dokter, forum diskusi komunitas, informasi dokter dan rumah sakit yang bisa dikunjungi,  infografis dan video penjelasan yang mudah dipahami. SehatQ.com juga memiliki database lengkap mengenai penyakit, obat, prosedur dan tes kesehatan. 

Berikut ini beberapa penyakit yang sebaiknya kita kenali dan waspadai Pasca Melahirkan.

  1. Depresi Pasca Melahirkan
Saat bayi sudah keluar dari rahim ibu, katanya seorang ibu sudah bisa merasa lega karena melihat bayinya sehat dan beban dari tubuh sudah berkurang. Memang benar demikian, namun banyak juga ibu yang habis melahirkan mengalami depresi pasca melahirkan. 

Dari database penyakit di SehatQ.com, saya  menyadari bahwa pasca melahirkan anak kedua tahun 2011 lalu, saya mengalami depresi pasca melahirkan. Beberapa gejala depresi pasca melahirkan berikut ini yang saya kutip dari aplikasi SehatQ.com, saya alami juga saat itu.
  • Tidur terlalu banyak atau merasa sangat lelah, tetapi tidak dapat tidur.
  • Merasakan berbagai nyeri, sakit, atau penyakit yang tidak dapat dijelaskan.
  • Mengalami perubahan suasana hati secara tiba-tiba dan tanpa peringatan.
  • Kesulitan mengingat.
  • Tidak dapat berkonsentrasi serta tidak dapat membuat keputusan sederhana.
  • Tidak dapat berhenti makan atau malah tidak tertarik untuk memakan apapun.
  • Sedih atau menangis berlebihan, meskipun tidak mengetahui alasannya.
  • Merasa tidak berharga, malu, dan merasa bersalah terhadap diri sendiri.
  • Ingin melarikan diri dari semua hal dan orang.
  • Memiliki pemikiran yang mengganggu untuk menyakiti diri maupun bayi sendiri.
  • Merasa tidak terkoneksi secara emosional dengan bayi sendiri.
  • Tidak tertarik dengan hal yang biasanya disukai atau dinikmati.
  • Cemas, marah dan mudah tersinggung tanpa alasan.
  • Putus asa dan gelisah.
  • Sangat lelah dan tidak berenergi.
  • Memiliki pikiran berulang tentang kematian atau bunuh diri.
  • Menarik diri dari keluarga dan teman, karena takut ada seseorang yang akan mengambil bayi Anda, atau takut mereka berpikir bahwa Anda adalah ibu yang buruk.

depresi pasca melahirkan


Memang saya tidak periksakan ke dokter, karena malu dan takut. Ternyata banyak juga ibu lain yang tidak memeriksakan diri ke dokter dengan alasan yang sama. Padahal, depresi pasca melahirkan yang parah akan berbahaya bukan hanya bagi si ibu namun juga anggota keluarga lain termasuk bayi, sehingga ibu perlu pengobatan. 

Nah, di aplikasi SehatQ.com, kita diberikan penjelasan tentang penyakit ini, bagaimana tahapan pengobatannya, dan diberi rujukan dokter yang bisa menangani penyakit tersebut.

  1. Rambut rontok
Normalnya, manusia mengalami rambut rontok sebanyak 50 smapai 100 helai per hari. Namun bagi ibu pasca melahirkan, bisa mengalami rontok lebih dari jumlah tersebut. Hal ini karena produksi hormon estrogen kembali ke tingkat normal dan siklus pertumbuhan rambut kembali ke siklus normalnya. Inilah alasan di balik jumlah rambut rontok yang terlihat lebih banyak dari biasanya. 

Saya sendiri suka kaget melihat banyaknya rambut yang rontok, dan helaiannya bisa ditemukan di berbagai sudut rumah termasuk lantai kamar mandi. Tapi daripada panik, lebih baik kita melakukan berbagai hal untuk mengatasi rambut rontok tersebut. Yaitu dengan memperlakukan rambut dengan lembut, mengurangi pengering dan pelurus rambut, memakai kondisioner rambut, mengonsumsi makanan sehat serta vitamin. Jika cara-cara tersebut masih belum mempan, kita bisa berkonsultasi ke dokter. Di aplikasi SehatQ.com, ada rujukan beberapa dokter ahli terkait masalah kesehatan ini.

rambut rontok


  1. Benjolan di Leher
Adanya benjolan di leher bisa terjadi pada siapapun, bukan hanya ibu pasca melahirkan. Namun yang terjadi pada saya, benjolan di leher dua kali terjadi pasca melahirkan anak kedua dan ketiga. 

Benjolan di leher bisa disebabkan karena berbagai hal. Bisa karena pembengkakan kelenjar getah bening atau kelenjar tiroid, kista, atau pertumbuhkan kulit jinak. Untuk memastikannya, memang harus diperiksakan ke dokter. Yang jelas, penyakit ini terkait dengan kekebalan tubuh. Ibu baru melahirkan daya tahan tubuhnya berkurang karena harus memulihkan diri dari proses melahirkan, ditambah harus menyusui bayi dan mengurus anggota keluarga lain.

DI aplikasi SehatQ.com, dijelaskan berbagai tahapan pengobatan untuk mengatasi benjolan di leher dan ke dokter ahli apa kita harus memeriksakan diri. Kita akan harus menjalani berbagai tes dan pengobatan, tergantung jenis benjolannya.  

benjolan di leher


Selain fitur database penyakit, saya juga suka dengan fitur database obat di aplikasi SehatQ.com. Kebetulan, saya punya beberapa obat di rumah yang tidak habis dikonsumsi. Mau dibuang sayang, tapi mau dipakai takut salah pemakaiannya. Saya tinggal cari nama obat di database obat SehatQ.com, lalu diklik, nanti segala informasi tentang obat tersebut muncul. Obatnya jadi tidak mubazir karena bisa digunakan lagi setelah saya mengetahui informasi obat tersebut dari database obat di SehatQ.com.

Dengan adanya berbagai informasi penyakit pasca melahirkan di SehatQ.com, kita bisa melakukan berbagai pencegahan sebelum sakit terjadi. Untuk informasi lebih lengkap mengenai aplikasi SehatQ.com, bisa mengunjungi media sosialnya berikut ini. Salam sehat!

IG: @sehatq_id
TW: @sehatq 
FB: SehatQ 



Comments

  1. Saya juga mengalami rambut rontok pasca melahirkan. Syukurlah teknologi makin kece ya, sebelum periksa ke dokter kita bisa baca-baca dulu artikel kesehatan biar ada bahan dan pertimbangan sebelum ke dokter.

    ReplyDelete
  2. Wah, sekarang kalau nyari artikel kesehatan ga susah lagi, ya. Tinggal mampir di sehatq

    ReplyDelete
  3. Wah, noted. Informasi ini akan saya ingat jika sudah menikah dan melahirkan. Support keluarga harus jadi mood booster terkuat ya mbak

    ReplyDelete
  4. aku juga ngalamin rambut rontok setelah melahirkan. dan belum nemu obatnya. aku sudah buka sehatQ.com lengkap banget ya isinya. dan mudah sekali digunakan. kita bisa cari penyakit apa lalu dihubungkan dengan dokter terkait.

    ReplyDelete
  5. aku juga ngalamin rambut rontok pasca melahirkan dan belum nemu obatnya. aku sudah buka sehatQ.com memberikan informasi yang lengkap ya mba. kita tinggal cari apa yang kita butuhkan lalu akan dihubungkan dengan dokter terkait.

    ReplyDelete
  6. Aplikasi dimana man jaman skrg suka bikin apapun terjangkau. Sehatqu menarik juga ya kak. Terimakasih sharingnya.

    ReplyDelete
  7. Seneng baca artikel kesehatan di SehatQ jadi banyak referensi dan jadi tahu banyak hal.

    ReplyDelete
  8. sayapun mengalami 2 dari 3 penyakit pasca melahirkan, depresi dan rambut rontok.
    depresi sudah tidak akan tetapi rambut rontok masih berlanjut. saya nanti ikutan konsultasi ah ke SehatQ.com

    ReplyDelete
  9. Waahh harus banget nih aku cek sehatq.. soalnya sukak ribet kalo pengen tau tentang penyakit atau dokter di daerahku

    ReplyDelete
  10. Nah dari sejak hamil saya pun sudah rontok sekali rambut, mudah-mudahan nanti setelah lahiran gak lagi :D web SehatQ.com ini memang informatif banget ya, saya juga suka mencari info kesehatan disana

    ReplyDelete
  11. Semoga sekarang Mbak Kania sehat selalu ya..dah lewat masa enggak nyaman pasca melahirkan.
    Menarik sekali, dengan adanya berbagai informasi penyakit pasca melahirkan di SehatQ.com, kita bisa melakukan berbagai pencegahan sebelum sakit terjadi.
    SehatQ cim beneran bisa jadi jujugan seputar kesehatan nih..

    ReplyDelete
  12. Wah solutif banget nh buat mom yang terkenadala pergi keluar tapi tetap dapat update info kesehatan bumil ya mom

    ReplyDelete
  13. SehatQ memang membantu banget. Daripada dapat info dari sumber yang belum jelas kebenarannya. Mending cari di SehatQ aja

    ReplyDelete
  14. Memang setelah melahirkan, ibu butuh banyak dukungan dari sekitarnya. Udah banyak cerita yang kena Depresi setelah melahirkan, faktor utamanya ibu kelelahan dan kurang dukungan sekitar. Baru tahu ada aplikasi SehatQ. Bagus juga, ya

    ReplyDelete
  15. SehatQ memudahkan sekali ya Mom. Selain memberi banyak informasi tentang penyakit pasca hamil, melalui app ini, keluarga Indonesia juga dimudahkan untuk mengetahui berbagai hal tentang kesehatan di keluarganya. Tersedia banyak artikel kesehatan pula

    ReplyDelete
  16. Aku makin suka nih akses info dari sehatq.com lengkap dan informatif banget ya mbk...

    ReplyDelete
  17. Nah bener, di SehatQ kita bisa jadi mewaspadai penyakit apa pun ya. Dari mulai gejala, faktor risiko, obat, pengobatan, dan yang lain-lainnya. Bahkan kita bisa nanya ke dokternya.

    ReplyDelete
  18. Bisa menjadi andalan banget d saat aku travelling karena saat d jalan ada aja kan rasa gaenak badan yg kerasa

    ReplyDelete
  19. Rambut rontok efek depresi ternyata ya.. dulu.. dibilangnya kall bayi doyan main ludah.. nyembur nyembur gitu.. maka ibunya rambutnya akan rontok... padahal huhungannya apa coba hehehhe

    ReplyDelete
  20. Informasinya mengedukasi banget, asalkan mau buka aplikasinya, kita bisa makin cerdas akan isu kesehatan

    ReplyDelete
  21. Aku mengalami post partum depression karena anakku kolic dan urus newborn sendirian :( saat itu belum ada aplikasi SehatQ sih ya

    ReplyDelete
  22. Solusi cerdas gak pake ribet, SehatQ pilihannya. Plus, informatif pula. Jadi, enggak usah galau cari rujukan kemana-mana. Tinggal klik SehatQ, beres!

    ReplyDelete
  23. SehatQ ini kyknya websitenya lengkap banget ya mengulas kesehatan. Gak cuma kesehatan fisik tapi juga kesehatan mental. Suka baca2 SehatQ juga akhir2 ini mbak buat dapat info kesehatan.

    ReplyDelete
  24. SehatQ.com memudahkan sekali ya. Kita jadi nggak panikan karena informasinya lengkap. Dan masalah rambut rontok itu aku banget. Sampai sekarang rambutku masih rontok parah. Ternyata di sehatQ.com ada dijelaskan apa penyebabnya dan cara mengatasinya.

    ReplyDelete
  25. wahh komplit bener yak sehatq ini. kita juga jadi tenang karena informasinya lengkap. .dan tahu harus gemana kalo ada gangguan kesehatan ya

    ReplyDelete
  26. Kalau aq setelah melahirkan anak pertama malh pre eklampsia, harus mengurangi makan garam

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Biaya Masuk SMP Islam di Tangerang Selatan

Pertolongan Pertama Pada Anak Demam

Berendam Air Panas di Grage Hotel & Spa Kuningan

Alhamdulillah, Saya Sudah 2 Kali Operasi Caesar