3 Cara Mengurangi Stres Pada Kaki


"Duh, umi pegal nih kak, gendong dede Raina terus dan ngerjain semua kerjaan rumah tangga. Rasanya badan gak karuan. " Beberapa kali saya spontan berkata seperti ini sama anak-anak, Kakak Za dan Ra, sambil memijit-mijit pundak dan kaki sendiri.

"Ah umi jangan bilang gitu, dong! " Kata kakak Za dan Ra dengan raut muka sedih. Saya tidak bermaksud membuat mereka sedih. Hanya saja, ucapan itu spontan terucap. Dan saya juga ingin mereka belajar berempati dengan kondisi ibunya.

Kakak Za biasanya suka menawarkan bantuan. "Umi.mau dibantuin apa sama kakak? "Tanyanya. Kalau Kakak Ra, dia suka langsung ikut bantuin mijit. Tangan mungilnya memang gak seberapa terasa saat memijit, tapi perhatiannya itu membuat hati berbunga-bunga. Rasanya pegal-pegal di badan jadi tak terasa.

Menggendong bayi memang melelahkan. Bukan tangan dan pundak saja yang pegal, bahkan kaki juga. Karena biasanya kalau saya menggendong dede Raina sambil jalan kesana kemari melakukan berbagai aktifitas. Sambil jalan ke tukang sayur, misalnya. Atau saat menyusui dede Raina sambil tiduran, seringkali saya harus menahan diri untuk tidak menggerakkan kaki agar dede Raina tidak bangun lagi setelah disusui dan dikeloni.

Biasanya orang yang lelah gampang tidur. Tapi saya malah kadang-kadang sebaliknya, suka susah tidur karena sering mengalami kram atau otot kaku di kaki. Otot kaki yang kaku sudah sering saya alami sejak hamil besar. Sekarang setelah anaknya lahir, kram di kaki masih kadang-kadang datang.

Dari artikel kesehatan yang saya baca, otot kaki yang kaku itu salah satu tanda stres. Ya, kaki juga bisa stres ternyata. Mungkin hal ini dikarenakan aktifitas fisik yang saya lakukan. Menggendong bayi juga membuat kaki lelah, karena kaki ikut menanggung beban dan menopang tubuh kita saat menggendong bayi. Tidak terbayangkan mereka yang banyak bekerja menggunakan kaki seperti penjahit, pedagang keliling, dan lain-lain. Tentu lelahnya lebih besar dari yang saya rasakan.

3 cara mengurangi stres pada kaki


Kaki adalah salah satu organ terpenting dalam tubuh manusia. Tapi sering kali kita mengabaikan kaki dan menyepelekan masalah yang memengaruhi kaki kita. Masalah pada kaki dapat menghambat rutinitas sehari-hari. Seperti saya, suka tak bisa tidur kalau kaki lelah dan kaku.

Ketika kaki mengalami kelelahan, coba deh kita lakukan hal ini pada kaki untuk mengurangi stress pada kaki.

1. Melakukan pijat kaki

Kalau sedang lelah banget, memang paling enak kalau dipijat ya. Saya sering pijat-pijat sendiri. Enaknya pijat sendiri, saya bisa menentukan sendiri waktunya. Kapan saja saya butuh memijat kaki, tinggal duduk selonjoran sambil pijat-pijat kaki sendiri. Bahkan bisa disambi sambil momong bayi. Taruh bayinya sebentar di kasur, lalu pijat kaki sendiri dengan memakai balsam, minyak pijat atau minyak aromaterapi, tergantung selera kita.

Mau cari tukang pijat juga gampang. Kita bisa tanya ke lingkungan kita tukang pijat tradisional yang bisa dipanggil ke rumah, bisa juga searching di internet untuk mencari tukang pijat modern terdekat dari rumah, bahkan pesan tukang pijat melalui aplikasi juga sekarang mah bisa. 

3 cara mengurangi stres pada kaki


Enaknya dipijat sama tukang pijat atau terapis, bukan cuma bagian kaki yang dipijat sehingga berkurang stresnya tapi juga seluruh tubuh. Tapi kita memang harus mengalokasikan sejumlah dana untuk biaya pijat nya. Tentunya lebih mahal kalau dipijat sendiri atau dipijat sama anggota keluarga sendiri. Minimal 100 ribu harus kita siapkan untuk menyediakan tukang pijat. Jangan lupa, pilih tukang pijat yang perempuan untuk perempuan, dan tukang pijat laki-laki untuk laki-laki.

2. Merendam kaki 

Merendam  kaki telah digunakan sebagai terapi obat selama berabad-abad. Merendam kaki di air yang mengandung peppermint semakin menyegarkan karena peppermint bisa menenangkan otot yang lelah. Ada juga yang menambahkan garam ke dalam air rendaman yang mengandung peppermint, karena garam bisa membuat saraf menjadi rileks. Sementara itu, lemon yang ditambahkan ke dalam air rendaman yang mengandung peppermint menjadikan kaki bebas jamur dan bau tak sedap di kaki berkurang.

Hmm, nikmatnya merendam kaki di air yang menyegarkan setelah bekerja keras seharian ya. Kita tak perlu datang ke salon untuk memanjakan kaki, sehingga bisa menghemat waktu dan biaya. Kita bisa melakukannya setiap hari ketika kaki lelah dan stress. Kita hanya perlu menyediakan waktu sebentar, wadah dan air, lap, serta berbagai bahan yang ingin ditambahkan ke dalam air untuk merendam kaki. Biayanya kurang dari 10 ribu untuk membeli lemon atau daun mint secukupnya (kalau peppermint dan garam khusus, saya kurang tahu kisaran harganya). Jika tidak punya bahan-bahan tersebut, air hangat saja sudah cukup untuk membuat kaki rileks. 

3 cara mengurangi stres pada kaki

3. Menyemprotkan foot spray ke kaki

Ini cara yang lebih praktis lagi. Sekarang ada produk spray penyejuk kaki berbagai merek yang bisa digunakan untuk mengurangi stress pada kaki. Foot spray dikenal sebagai salah satu produk perawatan kaki berbentuk kemasan botol semprot yang berfungsi untuk membasmi bau kaki tak sedap dan membuat kaki rileks dan segar. 

Foot spray juga mengandung zat anti mikroba yang sanggup merontokkan bakteri jahat penyebab bau kaki, akibat keringat berlebih saat memakai kaos kaki dan sepatu terlalu lama. Zat anti microba dalam foot spray menyerap kelembapan berlebih di kaki dan dapat menghalangi tumbuhnya jamur yang bikin kaki gatal. 

Produk ini juga membuat kaki terasa dingin dan segar seketika, apalagi setelah berjalan seharian. Soalnya, foot spray umumnya mengandung menthol yang mendinginkan kaki dan memiliki berbagai aroma yang wanginya bisa meningkatkan mood.

Foot Spray yang saya gunakan sekarang adalah KEEP COOL AND SOOTHE FOOT, produk foot spray yang menyegarkan dari Korea. Penyejuk kaki dengan ekstrak peppermint dan menthol ini kemasannya berbentuk botol biru transparan dengan volume 100 ml, cukup untuk menyegarkan kaki berminggu-minggu dan sangat mudah dibawa kemanapun. 

3 cara mengurangi stres pada kaki


Selain mengandung peppermint dan menthol, foot spray ini juga mengandung bahan alami lain. Ini dia bahan-bahan yang terkandung dalam Keep Cool and soothe Foot.

Alkohol, Air, Mentol, Minyak Mentha Piperita (Peppermint), Propylene Glycol, Wewangian, Butylene Glycol, Ekstrak Daun Mentha Piperita (Peppermint), Panthenol, Betaine, Minyak Buah Olea Europaea (Zaitun), Buah, Illicium Verum (Anise), Ekstrak Buah, PEG -40 Minyak Jarak Terhidrogenasi, 1,2-Hexanediol, Caprylyl Glycol
 
Cara pakainya gampang banget. Kapanpun kaki kita merasa lelah, saat di perjalanan atau di rumah, cukup semprotkan secara merata pada seluruh bagian kaki sejauh 20 cm, dua atau tiga kali. Pastikan kita juga menyemprotkannya pada sela-sela jari kaki, diamkan dan biarkan sampai mengering. Setelah kering, akan terasa sensasi dingin dan menyegarkan di kaki. Hmm, bikin adem, apalagi kalau cuaca sedang panas banget di luar rumah.

Keep Cool and Soothe Foot juga dapat disemprotkan pada kaus kaki atau bahkan stocking dan celana ketat loh, sehingga kita bisa meneruskan akifitas kita seperti biasa namun dengan lebih menyegarkan dengan adanya aroma mint dari foot spray. Bau di kaki akibat pemakaian kaus kaki juga jadi berkurang, kan.

3 cara mengurangi stres pada kaki


Keep Cool and Soothe Foot ini merupakan cooling foot spray terbaik di Korea karena sudah pernah mendapatkan penghargaan SAG Awards. Produk ini bisa dibeli dengan mudah di toko online Shopee melalui link berikut https://shopee.co.id/SOOTHE-COOLING-FOOT-SPRAY-100ml-i.141918777.2174107798  dengan harga kurang lebih 250 ribu. Karena produk ini asli dibuat di Korea, nanti produknya juga akan dikirim langsung dari Korea. 

Semoga review Soothe Cooling Foot Spray ini bermanfaat ya buat kamu yang lagi cari solusi untuk merilekskan kaki yang lelah atau stress. Kamu sendiri, biasanya apa yang dilakukan untuk mengurangi stress pada kaki sehingga kaki bisa rileks setelah beraktifitas?


Comments

  1. Dulu pernah beli tapi yang produknya oriflame nah ternyata cuma buat menghilangkan bau kakinya aja baru tahu ada produk yg bisa menghilangkan bau di kaki juga buat merefreshkan kaki yg pegel ya

    ReplyDelete
  2. Ini dia yang dicari cari para ibu ya mbak! Terimakasih infonya

    ReplyDelete
  3. jd inget pas hamil, seriiiing banget kaki kh kram mba. itu sakitnya ampuun deh, sampe mau nangis kadang :(.

    tp anehnya selesai melahirkn, hilang sih. ga sering lagi. sesekali aja palingan. tp memang setelh nikah ini aku jd jrg bangettt utk refleksi kaki. padahal dulu pas msh pacaran, ama pak suami kita rutin ke tempat refleksi utk refleksi kaki thok. enaaak bgt kaki kalo udh dipijit gitu.

    jd kangen sih pgn rasain lg :D.abis refleksi diksh minuman jahe, mkin enak di bdn :D

    ReplyDelete
  4. wuah foot spray nya gak hanya bisa disemprot ke kaki langsung yah mbak tp bisa ke kaoskaki atau stoking juga yah jadi gak ribet2 buat buka dulu. Harganya cucoklah yah mbak krn ini produk impor

    ReplyDelete
  5. Duuuh kak Zara tau aja nih kalo aku seringnya jompo, dulu aku pemakai setia foot spray kak. Liat brand ini kok ya seger banget semprot semprot di kaki ya

    ReplyDelete
  6. ini produk baru ya ka? aku baru tau... mau coba aah

    ReplyDelete
  7. bener banget kaki paling utama untuk berjalan dan cepet pegel, sekarang sudah enak ya tinggal semprot Keep Cool and Soothe Foot lebih seger deh ...

    ReplyDelete
  8. Ternyata kaki pun bisa stres. Eh kok aku baru denger Foot Spray ya, kudet sekali aku ini. Lihat Keep Cool and soothe Foot langsung pengen coba gitu, langsung ngebayangin kaki jadi relax

    ReplyDelete
  9. Biasanya saya minum minuman ion supaya gak kram kalau abis banyak jalan. Pakai foot spray ternyata bisa, ya. Cobain ah nanti

    ReplyDelete
  10. Kakikan juga butuh perhatian ya, jadi gak hanya wajah saja. Bahkan kaki yang menempa tubuh kita setiap harinya. Aku jadi kepikiran untuk beli foot spray ini juga deh.

    ReplyDelete
  11. aku baru tau ada produk foot spray gini, kayaknya praktis ya. Btw baca artikel ini jadi ingat udah lama gak pijet kaki bebe

    ReplyDelete
  12. Memang kaki sering lelah karena berbagai aktivitas. Saya palingan pijat aja, berendam belum, dan foot spray juga kayaknya boleh juga kalau dicoba. Ini belinya Di mana, Mbak?

    ReplyDelete
  13. Aku lagi Hamil nih mbak. Kaki kita sering banget pegel2. Jalan agak jauh dikit aja langsung pegeel. Boleh gak yaa Ibu hamil pake foot spray ini? Rekomen gak? Kadang Kalo aku mah dibawa tidur sambil pijit2 sebentar aja. Tapi pengen juga nyobain foot spray nya

    ReplyDelete
  14. Aku juga punya foot spray...
    Tapi seringnya lupa untuk dipake, hiiks~
    Kalau uda expired, bakalan berefek apa untuk kaki yaa...?

    ReplyDelete
  15. Ahhh iya. Kaki itu salah satu anggota tubuh yang kerap luput dari perhatian. Padahal fungsinya sama penting dengan anggota tubuh yang lain. Kalau aku sendiri caranya lebih ke nomor 1 dan 2. Hihi belum pernah semprot foot spray begitu sih. Anytime mungkin akan aku coba

    ReplyDelete
  16. Ahhh iya. Kaki itu salah satu anggota tubuh yang kerap luput dari perhatian. Padahal fungsinya sama penting dengan anggota tubuh yang lain. Kalau aku sendiri caranya lebih ke nomor 1 dan 2. Hihi belum pernah semprot foot spray begitu sih. Anytime mungkin akan aku coba

    ReplyDelete
  17. Aku kalo pegel juga suka kebangun2 tidurnya mba huhu. I feel you banget lah. Btw Ku baru tau ada Produk ini, menyegarkan Kaki yaah sepertinya Bisa lebih adem kaki.

    ReplyDelete
  18. Ketika kaki pegal aku selalu rendam kaki dengan menggunakan air hangat, tetapi belum pernah mencoba menggunakan foot spray, karena aku suka jalan, dan pasti sering banget merasakan kaki pegal, jadi tertarik banget buat mempunyai foot spray

    ReplyDelete
  19. Oh iya ya lihat spray kaki ini jadi keinget atlet bola maupun badminton yang pada spray di kaki biar memulihkan keadaan kaki

    ReplyDelete
  20. Saya jg sering tuh Mbak rendam kaki, kalau habis rendan tu rasanya segar aja gitu kakinya. Hmm, disemprot pake produk ini sehabis rendam kaki pasti bakalan lebih segar lagi ya plus wangi. Mau coba juga ah nanti, TFS ya Mbak :)

    ReplyDelete
  21. Butuh banget aku tuh ngurai stress kaki. Padahal nggak pakai heels tiap hari tapi karena aktivitas kali ya jadi cepat lelah gitu kakinya. hiks

    ReplyDelete
  22. pegel kaki itu asli bikin susah tidur, mbak. jadi pengen nyoba nih pakai footspray biar kaki nggak gampang pegal

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Biaya Masuk SMP Islam di Tangerang Selatan

Pertolongan Pertama Pada Anak Demam

Berendam Air Panas di Grage Hotel & Spa Kuningan

Alhamdulillah, Saya Sudah 2 Kali Operasi Caesar