Pahami Cara Belajar Anak Dengan AJT CogTest



“Umi, kayanya hasil ETS (Evaluasi Tengah Semester) ku jelek deh” Kata putri saya, Ra, saat kami sedang antri untuk ambil raport mid testnya di sekolah beberapa hari lalu. Seperti semua orangtua, saya pun sebenarnya menginginkan Ra mendapatkan hasil ujian yang bagus. Tetapi, hal itu tidak bisa dipaksakan. Anak mau belajar di sekolah dengan senang saja saya sudah sangat bersyukur. Maka, saya pun tidak terlalu memaksa putri saya untuk mendapatkan nilai yang bagus. Yang penting, ia sudah berusaha sendiri melakukan tugasnya sebagai pelajar.

Seringkali saya sedih kalau melihat Ra pulang ke rumah dengan wajah murung lalu bercerita tentang berbagai masalahnya di sekolah. Pernah dia bercerita, kalau ia sulit menyelesaikan soal pecahan. Ketika saya jelaskan berkali-kali dan saya berikan contohnya pun, putri saya tidak langsung mengerti. Saya sempat putus asa, bingung, bahkan kesal, bagaimana menjelaskan hal ini padanya. Lalu saya pasrah, saya dan Ra sudah berusaha, hasilnya terserah nanti deh.


Tapi, saya terkejut ketika hasil ETS dibagikan, ternyata nilai-nilai ETS putri saya tidak terlalu jelek. Nilai ETS yang diperolehnya 80 ke atas. Menurut saya sih, itu lumayan bagus, mengingat ia pernah mengeluh tentang beberapa masalah di sekolahnya. Jadi saya sedikit lega, inshaallah anak saya nggak bodoh kok. Dan memang saya percaya setiap anak itu unik, istimewa dan mempunyai kelebihan masing-masing. Cuma, seringkali saya bingung, memahami dan mencari cara belajar yang tepat untuk putri saya ini agar hasilnya maksimal. 

Pahami Cara Belajar Anak Dengan AJT Cog Test


Saya lalu coba searching di internet tentang cara mengetahui dan memahami cara belajar anak yang tepat sesuai kebutuhannya. Lalu, ketemulah saya dengan PT Melintas Cakrawala Indonesia yang memberikan solusi dan pelayanan untuk mengetahui kecerdasan anak melalui inovasi terbaru AJT CogTest, yaitu tes kognitif yang sudah dinormakan untuk anak Indonesia atau terstandardisasi sesuai dengan karakteristik bahasa serta budaya Indonesia. 

Kebanyakan alat tes IQ yang banyak dipakai di Indonesia disadur dari luar negeri sehingga belum sesuai norma yang ada di Indonesia. #AJTCogTest hadir sebagai alat tes kognitif yang dirancang oleh psikolog dan ahli psikometri Indonesia maupun internasional untuk anak Indonesia. Tes kognitif AJT berhasil berinovasi dengan mengembangkan alat ukur psikologi baru. Pembuatan item-itemnya berbasis budaya Indonesia misalnya memakai gambar buah pisang atau monyet. Sehingga jangan sampai memakai gambar salju yang tidak semua anak Indonesia tahu

AJT CogTest dikembangkan berdasarkan teori kecerdasan termutakhir, yaitu teori Cattell–Horn–Carroll (CHC Theory). AJT CogTest adalah tes kognitif yang akurat dan komprehensif dalam membantu mengidentifikasi kekuatan serta kelemahan belajar anak. Model CHC, yang mana AJT CogTest dikembangkan, adalah model kemampuan kognitif manusia paling komprehensif dan empiris yang mencakup beberapa dekade penelitian.


Tidak seperti alat tes kecerdasan lainnya, atau yang sering dikenal dengan tes IQ, #TesKognitifAJT memberikan hasil yang komprehensif dari 8 bidang kecerdasan anak. Selain dibuat ramah anak Indonesia, tes ini juga dianggap lebih rinci dan akurat karena mampu mengukur kecerdasan anak dari delapan aspek. Yakni fluid intelligence, working memory, long-term storage, long-term retrieval, processing speed, comprehension knowledge, visual processing, dan auditory processing

AJT CogTest dirancang khusus untuk siswa Indonesia yang berusia 5 sampai dengan 18 tahun. AJT CogTest merupakan hasil dari penelitian yang dilakukan selama lebih dari 4 tahun terhadap hampir 5.000 siswa dari 6 propinsi di Pulau Jawa, bekerja sama dengan Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Kevin McGrew sebagai konsultan proyek, ahli dari teori CHC dan Co-Author dari Woodcock-Johnson III & IV. AJT CogTest telah diujicoba di 10 sekolah terkemuka se-Jabodetabek.

Dengan melakukan tes IQ menggunakan AJT CogTest, diharapkan orang tua dan guru dapat memahami cara belajar yang terbaik untuk anak berdasarkan domain kognitif serta mengoptimalkan potensi yang dimiliki anak. Kemampuan kognitif adalah kemampuan untuk mengembangkan kemampuan rasional atau akal, yang terdiri dari beberapa tahapan: pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisa, sintesa, dan evaluasi. Hasil laporan AJT CogTest memungkinkan orang tua dan guru untuk mengarahkan anak dengan informasi lebih lengkap, serta membantu memahami pembelajaran anak mereka. Selain itu dapat juga membantu dalam melakukan penyesuaian yang tepat terhadap pendekatan pengajaran mereka baik di sekolah maupun di rumah.

Pahami Cara Belajar Anak Dengan AJT Cog Test


Ada 3 tingkat layanan AJT CogTest yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, yaitu Brief, Full Scale dan Comprehensive dengan biaya tes mulai dari 290 ribu rupiah. #YukKenaliAnakKita dengan AJT CogTest, serta ketahui profil pembelajaran unik anak kita untuk memahami bagaimana mereka dapat belajar lebih baik dan efektif. Untuk informasi lebih lengkap, kunjungi situs www.melintascakrawala.id atau instagram @melintascakrawalaid,atau hubungi WhatsApp messenger di nomor 087883258354.

Comments

  1. Wah harus nabung ini, pengen ikutan tes kognitif nih buat anakku. Jadi kalau sudah tes sebagai orang tua kita paham ya anak tuh harus distimulasi kayak gimana. Makasih informasinya mbak.

    ReplyDelete
  2. Gak ada anak yang bodoh. Semua anak memiliki kecerdasan masing-masing. Seperti Ra yang hebat, suka mengeluh tentang masalah di sekolahnya, tetapi ternyata nilainya bagus-bagus ya...

    ReplyDelete
  3. jadi penasaran pengen coba buat si bungsu, anaknya mau belajar kalo didorong dulu :D tapi udah gitu ngerti n bisa ngerjain soal setelah emaknya haus ngomong mulu hihihi
    makasi sharingnya mba :*

    ReplyDelete
  4. Teh, saya juga pingin nyari tes kognitif untuk Fira nih. Bisa dicari ya diinternet, coba dech, aku kepingin tahu, soalnya di sekolahan FIra cenderung cuek dalam belajarnya

    ReplyDelete
  5. Murah ya mbak untuk mengetahui bakat anak dari AJT CogTest ini
    Mau deh kepoin akun sosial medianya 😍

    ReplyDelete
  6. Wah ada to alat test kognitif gini. Aku pikir untuk melihat potensi anak hanya bisa dilakukan lewat pengamatan. Ternyata pake test juga bisa ya? Wah kayaknya butuh nih AJT COGTEST nih.

    ReplyDelete
  7. Sebenarnya di sekolah SD tuh selalu ada tes IQ, cuma enggak tahu apa itu AJT CogTest atau bukan. Yang pasti tes kaya gini perlu banget supaya kita tahu maunya anak ini bagaimana dan kita tidak salah dalam membimbingnya

    ReplyDelete
  8. Ikut senang ya sekarang sudah banyak cara untuk mengetahui cara belajar anak. Dengan AJT Cogtest ini kita jadi bisa lebih mudah mengarahkan anak untuk belajar.

    ReplyDelete
  9. Pengen banget nih tes kognitif ini buat anak, biar tau gaya belajar dan pengasuhan yang tepat untuk anak.

    ReplyDelete
  10. Nanti kalau anakku bisa dah besar mau cobain test kemampuan seperti ini deh mom.. Perlu jg yaa

    ReplyDelete
  11. ALhamdulillah~
    Kadang orangtua yang berlebihan yaa...padahal anak mah..in syaa Allah mampu.

    Dan dengan ikut tes ini, semakin menguatkan orangtua untuk mengarahkan anaknya pada kemampuan terbesarnya.

    ReplyDelete
  12. Aku percaya, "Setiap anak adalah unik!"
    Dan, tidak ada anak yang bodoh

    Yang ada adalah anak yang punya kelemahan sekaligus kekuatan

    Tugas kita, orang tualah untuk menemukannya dibantu teknologi, misalnya dengan AJT Cogtest!

    ReplyDelete
  13. Baru tau nih ada pengukuran kognisi yang detail seperti AJT Cogtest ini. Jadi bisa dipetakan ya nanti metode pembelajaran apa yg paling sesuai untuk anak kita berdasarkan hasil tesnya.

    ReplyDelete
  14. Saya baru tau loh mba tes ATJ ini.. dulu saya hafal bgd alat2 tesy psikologi dan harus update alat tes baru sebagai lulusan psikologi dan kerja di bagian HRD. Tapi sekarang udah ketinggalan jaman banget aku.. huhu

    ReplyDelete
  15. Tes ini benar- benar bisa membantu kita paham tipe dan cara belajar yang efektif untuk anak-anak kita ya

    ReplyDelete
  16. Maunya ada test langsung secara online gitu ya Mak biar simple dan mudah dilakukan.

    ReplyDelete
  17. Sangat penting ya Mak untuk melakukan tes AJT ini.

    Itu nanti setelah test ada ahli yang akan menjelaskan hasil dan tindakan selanjutnya, atau sudah bisa diketahui langsung Mak?

    ReplyDelete
  18. Hoooaaaa... Jadi pengen nyoba ngajak.anakku untuk melakukan CogTestnya deh. Karena memang kata psikologi dulu anak diusian anakku memang harus sering di gali bakat dan minatnya.

    ReplyDelete
  19. Yes aku percaya semua anak pintar dengan caranya sendiri. Gak bisa disama ratakan. Ada yang petakilan di kelas tapi nilai akademiknya gak pernah di bawah rata-rata, jadi ya mereka belajar dgn cara mereka sendiri.

    ReplyDelete
  20. Salfa akan saya ikutkan tes ini tahun depan karena sudah berusia 5 tahun
    Penasaran harus mengarahkannya seperti apa kelak

    ReplyDelete
  21. Kalau ada tes begini, jadi tenang ya mbak. Bisa lebih jelas mau memantau perkembangan anak karena bisa terlihat langsung hasilnya. Mana yang menjadi keunggulan terus diasah, yang kurang yaa dilatih lagi

    Salam manis,
    Artha

    ReplyDelete
  22. Mengikuti tes seperti ini memang penting ya, biar bisa tahu bagaimana cara belajar anak sehingga orang tua bisa mengarahkan dan memberi treatment yang sesuai.

    ReplyDelete
  23. Wah Raisa berani ya ngomong kalo hasil ujiannya jelek. Ismail dan Sidiq mesti ditanya dulu xixixi....Bagus niy tesnya, jadi bisa tau kecerdasan anak.

    ReplyDelete
  24. Betul, Mbak.. Tidak ada anak yang bodoh, hanya kecerdasannya saja berbeda-beda. Pinter-pinternya orang tua nih, bagaimana melihat potensi anaknya. :)

    ReplyDelete
  25. Luamayan juga ya dengan ajt cogtest jadi tahu anak demennya dimana
    karena tingkatanya beda-beda. Makasih Mba Kania, aku jadi ngerti inih ntar kalo punya anak harus gimana buat tahu hehehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Biaya Masuk SMP Islam di Tangerang Selatan

Alhamdulillah, Saya Sudah 2 Kali Operasi Caesar

Berendam Air Panas di Grage Hotel & Spa Kuningan

Agar Ayam Matang Tak Berdarah