Thursday, June 18, 2015

No More Walking/Running While Eating

Punya anak aktif, makan pun kadang mereka sambil berlari ke sana kemari. Berkali-kali diingatkan untuk duduk ketika makan, anak-anak akan berlari lagi sambil bercanda. Waktu mereka masih batita, mungkin saya sedikit longgar. Mereka biasanya agak susah makan. Jadi, saya biarkan mereka main sambil saya suapi. Padahal sih seharusnya mereka bisa diajarkan untuk duduk selagi makan dari kecil.

Selain kurang baik bagi kesehatan dan etika, makan sambil bermain kesana kemari juga tidak nyunnah, tidak sesuai contoh dari Nabi. Nabi SAW mengajarkan untuk makan sambil duduk bersimpuh (seperti duduk sopannya seorang perempuan) dan tidak bersandar.


Untuk menanamkan kedisiplinan, memang kita orangtua seharusnya tegas. Zaidan, anak pertama yang berusia 8 tahun, sudah bisa dan mau mengikuti nasihat agar makan sendiri dan duduk selagi makan. Kadang duduk di lantai, kadang duduk di kursi makan. Untuk anak kedua yang masih 3 tahun 10 bulan, Raissa, harus berkali-kali diingatkan untuk duduk. Kadang dia mau kadang tidak. Tapi, ajaibnya kemarin dia mau makan sendiri dan duduk. Sepertinya dia sedang senang duduk di kursi makan baru kami. Mm, nggak baru juga sih karena kami sebetulnya menukar kursi dan meja makan lama yang berukuran besar dengan meja dan kursi makan yang berukuran lebih kecil.

Meja makan lama memang bisa memuat banyak. Makanan, rice cooker, bahkan obat-obatan bisa ditaruh di sana. Tapi, meja makan yang lebih kecil ternyata lebih simpel, lebih rapi, dan membuat rumah lebih luas. Dan, mudah-mudahan membuat semua anggota keluarga lebih dekat karena ketika kami duduk tidak terhalang jarak yang jauh.

Sesuatu yang besar, tidak selamanya bagus. Sesuatu yang kecil pun tak selamanya jelek. Semuanya tentang selera dan seberapa besar manfaat yang didapat.

7 comments :

  1. Mantap, kalo perlu meja makannya diperkecil lagi, biar makin deket, hehehe... Yah anaknya 3 taun memang masih agak susah diatur soal makannya. Paling juga harus pelan-pelan...

    ReplyDelete
  2. Aisyah sekarang kalau makan gak bisa diem. Susah bgt disuruh duduk. Tapi memang kalau masih kecil gak bisa dipaksa. Mungkin kalau udah dua atau tiga tahun harus agak tegas lg

    ReplyDelete
  3. anak-anak jarang makan di meja makan, tapi biasanya duduk di karpet mbak. Gak pernah say anyuapi sambil jalan-jalan

    ReplyDelete
  4. Memang harus dibiasakan sejak kecil sehingga menjadi karakter
    Waktu maih tingkat satu taruna Akabri, selma setahun kami tidak boleh bersandar saat makan. Termasuk jika sedang berada di kantin.
    Terima kasih artikelnya
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  5. Kebiasaan itu memang susah banget. Anakku dulu sempet salah asuhan, makan di atas karpet depan tv

    ReplyDelete
  6. harus di biasakan sejak kecil sehingga jadi terbiasa ya mbak

    ReplyDelete
  7. anak-anak saya gak selalu makan di meja makan, sih. Tapi, saya selalu tegaskan untuk gak makan sambil jalan-jalan :)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...