Tuesday, May 20, 2014

Liburan, Zaidan Bantu Membuat Kue Kukus Pisang Kurma

Seminggu ini Zaidan libur sekolah karena kakak kelas 6 sedang ujian (Semoga Allah SWT memudahkan mereka yang sedang menjalani ujian, amiin). Jadilah saya harus memutar otak, bagaimana agar liburannya tak membosankan. Alhamdulillah kemarin diajak sepupunya main ke mall. Hari ini, rencananya mau berenang. Tapi ternyata Zaidan agak batuk dan pilek. Lalu mata saya melompat ke arah pisang-pisang yang mulai sangat matang. Aha! Daripada membusuk, lebih baik ajak Zaidan membuat kue kukus pisang saja.

Baru-baru ini ayah Zaidan memang sedang mencoba menerapkan pola makan Food Combining. Setiap pulang kerja, beliau sering membawa buah-buahan: jeruk, pisang, mangga, atau pepaya. Nah, tempo hari beliau membawa dua plastik pisang. Dalam hitungan hari pisang mulai membusuk, sementara di rumah hanya ada empat orang.

"Kak, bikin kue kukus pisang, yuk" ajak saya. Dengan ekspresi yang tidak begitu yakin, dia mengiyakan. Ya, dia sedang sedikit kecewa karena tidak bisa berenang hari itu. Semoga saja kegiatan inj bisa menghibur hatinya.

Bahan-bahan yang kami siapkan antara lain:
- 5 buah pisang matang
- 250 gr tepung terigu
- 3 sendok gula pasir
- 2 buah telur
- 125 ml susu coklat
- 2 sendok coklat bubuk
- 10 butir kurma, potong-potong

Cara membuatnya:
- Lumatkan semua pisangnya
- Kocok telur dan gula, tuangkan ke adonan pisang

- Tambahkan tepung terigu, coklat, baking powder dan susu cair.
- Aduk semua bahan sampai rata dan masukkan ke wadah yang sudah diolesi  mentega dan tepung terigu. Jangan lupa taburi dengan kurma yang sudah diiris-iris.
- Masukkan ke dandang yang sudah panas. Kukus sampai adonan tak menempel jika ditusuk lidi.

Kue kukus pisang kurma pun siap disantap hangat-hangat. Resep aslinya bisa browsing Google ya. Ini resep ala saya seadanya bahan. Alhamdulillah anak-anak adalah fans terbesar masakan sederhana saya. Jarang complain mereka, kecuali kalau saya lagi malas masak dan yang dimasak telor ceplok lagi telor ceplok lagi :p.




4 comments :

  1. Saya catat ya bun :D
    Menyenangkan sepertinya masak bersama :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. makassih..iya menyenangkan..tapi siap2 juga berantakan :D

      Delete
  2. Hai Mak Kania, ini award dariku untukmu ;) http://rumahjurnalku.blogspot.com/2014/05/the-liebster-award-dariku-untukmu.html

    ReplyDelete
  3. Waduh..award apa sih mak..yaya saya mampir ya

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...