Sedang Mengincar Rumah Subsidi? Perhatikan Tips Di Bawah Ini



Memiliki rumah sendiri merupakan impian setiap keluarga. Bahagia rasanya jika mempunyai rumah sendiri tanpa menyewa pada orang lain. Memiliki rumah sendiri walau kecil lebih bebas menghuninya, terutama jika ingin mendekorasi rumah sesuai keinginan.

Fenomena rumah subsidi pemerintah yang hadir dalam 5 tahun terakhir ini diketahui diburu beragam para pencari properti yang mencari hunian pribadi pertamanya. Meskipun memiliki ukuran yang tidak terlalu luas, yaitu tipe 24 hingga tipe 36, hunian ini dirasa cukup untuk memenuhi kebutuhan hunian bagi generasi milenial yang ingin membeli hunian secara pribadi.


Hal tersebut dibuktikan dengan banderolan harganya yang tergolong murah yakni dikisaran 150 juta. Dari harga tersebut, konsumen dapat mencicilnya dengan biaya 1 juta per bulannya. Selain murah, alasan rumah dijual bersubsidi banyak diburu para pencari properti karena biaya DP yang tergolong ringan yakni hanya 1 % dari total harga rumah dijual. Namun ingat, rumah bersubsidi ini hanya ditujukan kepada masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang memiliki gaji maksimal 4 juta rupiah dan memiliki penghasilan tetap per bulannya.

Meskipun murah, tidak semua kondisi dari rumah dijual bersubsidi itu sempurna. Tidak sedikit permasalahan yang hadir dari proyek yang dipasarkan kepada para pencari properti dalam segmen tersebut.

Bagi Anda yang saat ini sedang berburu rumah bersubsidi pemerintah, ada baiknya untuk melakukan sejumlah pertimbangan sebelum membelinya. Poin-poin di bawah ini merupakan faktor yang sekiranya dapat Anda pertimbangkan.

rumah subsidi


Lokasi Proyek

Proyek rumah dijual bersubsidi dari pemerintah hadir hampir di seluruh pelosok wilayah di Indonesia. Ada yang dekat dengan kota atau pusat keramaian, ada pula yang memiliki lokasi sangat jauh dari lokasi tersebut. Lokasi yang paling disarankan adalah lokasi proyek yang tidak terlalu jauh dari rutinitas aktivitas Anda sehari-harinya. Jika terlalu jauh jaraknya, kami khawatir Anda akan mengeluarkan sejumlah biaya transportasi yang tidak sedikit dan justru membuat Anda boros setiap harinya.

Aksesibilitas yang Menunjang

Berkaitan dengan faktor lokasi, aksesibilitas juga merupakan poin yang harus Anda perhatikan. Jika preferensi lokasi yang Anda pilih adalah lokasi yang agak jauh dari hunian, Anda harus memperhatikan sarana transportasi yang menunjang ke tempat Anda beraktivitas. Selain transportasi, pertimbangkan juga kondisi jalan yang menghubungkan proyek tersebut ke pusat keramaian. Jangan pilih rumah dijual bersubsidi dengan kondisi jalan yang masih rusak, banyak lubang, berpotensi banjir, atau rawan bencana longsor

Lakukan Survei Fisik

Ingat, jangan cukup menentukan pilihan rumah dijual bersubsidi mana yang dipilih hanya dengan mengenalnya pada pemasaran via online atau promosi properti di event-event besar. Sangat mutlak disarankan untuk mengecek kondisi fisik dari proyek yang ditawarkan.

Saat melakukan survei fisik dari proyek, setidaknya ada 3 poin yang harus diperhatikan dari bangunan tersebut. Kondisi atap adalah yang paling pertama untuk dicek. Cek dengan teliti pemasangan rangka atap, pemasangan genteng, dan tingkat rembesan air dari atap.

Selanjutnya yakni instalasi listrik dan air. Dalam instalasi listrik, Anda harus memastikan kesamaan dari spesifikasi voltase/watt yang Anda dapatkan dari acara promosi yang Anda hadiri. Instalasi air juga perlu dicek dengan teliti apakah telah terpasang dengan baik. Bersamaan dengan pengecekan instalasi air, Anda sekiranya juga harus mengecek kondisi air di area tersebut. Beberapa faktor yang harus diperhatikan adalah volume air, tingkat keasaman (Ph), serta kebersihan dan kejernihan air. Jangan pilih rumah dijual dengan faktor-faktor kondisi air yang buruk.

Terakhir, periksa juga instalasi sanitasi, khususnya septic tank. Jarak standar septic tank minimal 1,5 meter ke bangunan dan 10 meter ke sumur pompa air.

Selamat berburu rumah impian anda, semoga anda mendapat rumah yang didambakan ya!

Comments

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Biaya Masuk SMP Islam di Tangerang Selatan

Alhamdulillah, Saya Sudah 2 Kali Operasi Caesar

Berendam Air Panas di Grage Hotel & Spa Kuningan

Pertolongan Pertama Pada Anak Demam