Anakku dan Breastmilk Jaundice


Dua bulan lalu saya sudah melahirkan bayi dengan jenis kelamin perempuan di sebuah rumah sakit dekat rumah lewat operasi cesar. Namun dua hari setelah dibawa pulang, bayi harus dirawat di NICU bayi. 

Jadi, anak ketiga saya, bayi Raina, badannya kuning. Ia harus dirawat di NICU bayi selama 3 hari. Kata dokter, istilah medisnya breastmilk jaundice. Bayi sehat, berat badannya bagus tapi badannya kuning. Tak diketahui penyebabnya, namun dicurigai karena ada zat dalam ASI yang mengurang kemampuan bayi mengatasi kadar bilirubin dalam tubuhnya.

Breastmilk Jaundice normal, hanya perlu waktu 2-3 bulan sampai kuningnya hilang. Golongan darah saya dan bayi Raina yang beda ternyata berpengaruh juga, sembuh dari kuningnya lebih lama. Adik Raina harus sering tes bilirubin untuk mengecek kadar bilirubinnya.

Melahirkan tapi bayinya tidak ada di rumah, gimana rasanya ya?

breastmilk jaundice


Pastinya sedih, yang ada tiap malam nangis karena berpisah (sementara) sama bayi yang baru dilahirkan. Udah gitu, tak henti ditelepon sama suster di rumah sakit untuk anter ASI ke RS. Jadi tambah kepikiran dan sempat susah perah ASI.

Cari ojek online di tengah malam yang mau anterin ASI ke RS pun sempat lamaaa dan alot tawar menawarnya, karena mereka harus bayar parkir dan jalan jauh ke lantai 3 RS untuk mengantarkan ASI. Akhirnya, ya daripada anak tak minum ASI dikasih ongkos lebih abang gojeknya untuk parkir dan ongkos jalan. Yang ada rasa syukur aja sih ada yang masih mau nolongin anter ASI di tengah malam.

Alhamdulillah, tes bilirubin terakhir menunjukkan kadar bilirubin bayi Raina mulai berkurang. Raina udah 2 bulan usianya di awal Ramadan kemarin. Semoga ia selalu sehat dan jadi anak yang solehah, amiin.

Comments

Popular posts from this blog

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Alhamdulillah, Saya Sudah 2 Kali Operasi Caesar

Wirda Mansur, Anak Muda Inspiratif dan Nyentrik

Agar Ayam Matang Tak Berdarah

Menginap di Hotel Yang Ramah Anak di Bogor