Unik! 11 Inspirasi Pagar Minimalis untuk Kamu Warga Kota Kreatif

(Photo: Own The Yard)


Bandung memang terkenal sebagai kota kreatif di Indonesia. Kreativitas warga kota ini terlihat dari banyaknya rumah murah Bandung yang dibangun dengan desain unik serta lain daripada biasanya.

Contohnya saja seperti Albizzia House milik keluarga Bani Agus dan Siti Atikah, yang memiliki desain unik, serta dibangun dengan material yang tidak biasa.

Menggunakan teknik mumifikasi, hunian di kawasan Kiaracondong, Kota Bandung ini terlihat cantik dan juga kokoh, meski dibangun dengan kayu albasia yang terkenal lunak dan mudah rusak jika terkena air.

Kreativitas seperti inilah yang membedakan warga Kota Bandung dengan warga kota lain di Indonesia. Tiap orang tampak berlomba-lomba menghadirkan sesuatu yang unik dan berbeda satu sama lainnya.

Kebanyakan orang lebih condong membuat desain rumah murah Bandung yang unik, namun sangat jarang sebuah hunian dibangun dengan pagar yang dekoratif, bukan?

Nah, ini bisa jadi ide buat kamu yang ingin membangun rumah murah Bandung secara outstanding, lho.

Maka dari itu, hari ini saya akan memberikan beberapa inspirasi pagar minimalis serta dekoratif yang bisa kamu terapkan pada hunian pribadimu.

Penasaran? Cari tahu caranya di bawah ini, yuk.

Menggunakan elemen sederhana seperti seng


(Photo: SCAMNetwork)
 
Dengan sedikit kreativitas, penggunaan elemen sederhana seperti seng juga bisa dimanfaatkan sebagai pagar minimalis yang dekoratif, lho.

Cat ulang seng bekas tersebut hingga terlihat seperti baru. Agar semakin menarik, kamu juga bisa mengkombinasikannya dengan elemen kayu bekas dan tanaman hias dengan warna-warna yang cerah.

Selain unik, penggunaan material seperti seng bekas juga enggak bikin kantong kamu bolong. Cocok sekali bukan, untuk kamu yang ingin membangun rumah murah Bandung?

Pagar dengan konsep raw material

(Photo: Jim Bartsch)

Buat kamu yang enggak mau ribet memikirkan desain pagar, coba konsep raw material, deh. Selain murah dan simpel, konsep raw material membuat pagar rumahmu terlihat semakin kekinian.

Caranya gampang, bangunlah dinding mengelilingi rumah, seperti pagar. Poles lapisan dinding agar terlihat lebih rapih. Tambahkan juga ornamen tumbuhan gantung untuk memperindah tampilan pagar.

Gunakan tumpukan batu alam

(Photo: Pinterest)

Agar rumah murah Bandung milikmu terlihat lebih unik lagi, kamu bisa memanfaatkan tumpukan batu alam sebagai desain pagar minimalis.

Cukup siapkan bebatuan alam berukuran besar,  sedang, dan kecil. Tidak perlu perekat, seperti semen untuk memperkokoh pagar tersebut.

Yang perlu kamu lakukan hanya meletakkan batu berukuran besar sebagai pondasi pagar, kemudian batu berukuran sedang di lapisan kedua, dan batu berukuran kecil di bagian paling atasnya.

Pagar kayu dengan lampu tumblr

(Photo: recognizealeader.com)

Siapa bilang lampu tumblr atau lampu cabai hanya cocok digunakan sebagai dekorasi kamar tidur saja? Kamu juga bisa memanfaatkan lampu tumblr sebagai hiasan pagar yang dekoratif.

Selain membuat tampilan rumah murah Bandung milikmu terlihat lebih menarik, cahaya lampu tumblr juga membuat halaman rumahmu terkesan lebih hangat, lho.

Pagar kayu bergambar piano

(Photo: Pinterest)

Banyak musisi yang berasal dari Bandung, bukan? Desain pagar minimalis ini cocok sekali untuk kamu yang memiliki minat musik yang tinggi.

Hal yang perlu kamu lakukan adalah mengecat permukaan pagar kayu dengan kombinasi warna putih dan hitam, hingga membentuk tuts pada piano dan keyboard.

Gunakan jajaran botol bekas

(Photo: fineartamerica.com)

Ada dua acara yang bisa kamu lakukan dalam memanfaatkan botol bekas sebagai desa pagar minimalis.

Pertama, dengan menempatkan botol secara vertikal serta disusun menggunakan tiang besi yang dijadikan sebagai pagar rumah.

Serta yang kedua, kamu bisa melubangi pagar kayu secara vertikal, yang ditujukan sebagai tempat menaruh botol-botol bekas tersebut.

Sesuaikan desain pagar dengan tema rumah murah Bandung yang sedang kamu bangun, ya.

Manfaatkan kerangka sepeda bekas



(Photo: Pinterest)

Untuk warga kota Bandung yang senang bersepeda, desain pagar unik yang satu ini bisa memperlihatkan kepribadianmu sebagai pemilik rumah.

Potong satu persatu rangka pada sepeda bekas yang kamu miliki, kemudian bentuklah rangka-rangka tersebut menjadi sebuah pagar yang ditempelkan pada sebuah frame kayu.

Cat ulang rangka sepeda terlebih dahulu, agar terlihat lebih rapi dan tidak seperti rongsokan belaka.

Desain pagar menggunakan jendela kayu bekas

(Photo: Google Images)

Tentu kamu tahu dong, desain jendela kayu yang terdapat pada rumah-rumah tua. Jangan buang jendela-jendela tua tersebut, ya. Sebab, kamu bisa memanfaatkan jendela tersebut sebagai pagar minimalis untuk rumah murah Bandung milikmu, lho. Caranya juga gampang, tempelkan tiap bagian jendela dengan menggunakan paku, serta jajarkan jendela kayu mengelilingi rumah hingga membentuk seperti pagar.

Tidak hanya jendela, pintu bekas pun bisa dimanfaatkan!

(Photo: activerain.com)

Cara pengaplikasian pintu kayu bekas sebagai pagar kurang lebih serupa dengan pengaplikasian jendela kayu, kamu hanya perlu menjejerkan pintu tersebut secara berdampingan satu sama lainnya.

Agar terlihat lebih menarik, kreasikan pintu-pintu tersebut dengan cara mengecatnya dengan berbagai macam warna, atau kamu bisa menambahkan tumbuhan menjalar di atasnya.

Gunakan bilah-bilah bamboo

(Photo: Google Images)

Dalam pengaplikasian elemen bambu untuk pagar minimalis, kamu harus memperhatikan ukuran dari masing-masing dari bambu tersebut.

Pilihlah bambu yang memiliki ukuran sama, agar saat dipasang menjadi pagar, bambu-bambu tersebut terlihat lebih presisi. Selain itu, pilihlah warna bambu yang seragam agar memberi kesan lebih rapi.

Setelah mendapatkan apa yang kamu butuhkan, kamu tinggal menancapkan bambu-bambu tersebut pada tanah, dan rumah murah Bandung milikmu akan terlihat lebih kece, deh!

Manfaatkan pula pohon bambu utuh sebagai pagar

(Photo: Pinterest)

Jika sebelumnya kita hanya memanfaatkan batang bambu sebagai pagar minimalis, kali ini kita akan memanfaatkan pohon bambu utuh sebagai pagar rumah. Namun, pohon bambu yang digunakan di sini bukanlah bambu-bambu yang sering kamu lihat dipinggiran sungai, lho. Melainkan bambu dengan ukuran kecil yang sering digunakan sebagai pagar atau tumbuhan hias di pekarangan rumah. Jika kamu mencarinya di pasaran, masyarakat biasa menyebut bambu ini dengan sebutan bambu jepang.

Nah, manfaatkan bambu ini sebagai pagar rumah murah Bandung yang sedang kamu bangun. Namun, jangan lupa untuk rajin memangkas dahan dan daun dari bambu ini, ya, Agar rumahmu tetap terlihat asri dan tidak semak.

Itu tadi 11 inspirasi pagar minimalis yang bisa kamu aplikasikan pada hunianmu sendiri. Saran saya, seunik apapun kamu membangun pagar pada hunianmu, tetap jangan lupakan fungsi terpenting pada rumah tersebut, yaitu sebagai fitur keamanan pada rumah. Apalagi jika kamu memiliki rumah di pinggir jalan, pagar dengan tingkat keamanan yang baik sangat dibutuhkan untuk menjamin agar rumahmu tetap aman. Jika perlu, tambahkan pula fitur keamanan lain seperti CCTV pada hunianmu. Dengan demikian, meskipun rumahmu memiliki pagar yang mudah disusupi orang dari luar, namun ada fitur keamanan lain yang membuat hunianmu senantiasa aman.

Bagaimana, menarik enggak info yang saya berikan? Untuk mengetahui lebih banyak terkait informasi desain pagar, rumah, dan informasi properti lainnya, jangan lupa untuk kunjungi situs properti terbesar dan terpercaya 99.co Indonesia, ya.

Selamat mencoba!

Comments

Popular posts from this blog

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Alhamdulillah, Saya Sudah 2 Kali Operasi Caesar

Biaya Masuk SMP Islam di Tangerang Selatan

Agar Ayam Matang Tak Berdarah

Berendam Air Panas di Grage Hotel & Spa Kuningan