Rileks Sejenak Dengan Mewarnai dan Main Game Yang Seru Bersama Anak



Semua orang pasti pernah merasa tertekan. Ya dengan pekerjaan kantor, pekerjaan rumah tangga yang tidak ada habisnya, pelajaran sekolah, hubungan yang rumit, dan sebagainya. Nah, kalau sudah begitu, rileks aja dulu dengan menciptakan suasana yang santai agar otot-otot dan syarat tubuh bisa sedikit lebih tenang lalu kembali pada rutinitas dengan lebih segar.

Saya juga mau nih rileks sejenak ah dari pekerjaan rumah tangga. Kebetulan, anak saya sangat menyukai kegiatan mewarnai. Jadi di rumah punya beberapa alat mewarnai seperti crayon, pensil warna, dan spidol. Kadang-kadang, saya suka ikut si kecil mewarnai agar lebih rileks sekaligus tentunya menemani anak dalam bermain. 

Loh, tak salah nih mewarnai untuk meredakan ketegangan. Kan biasanya kegiatan mewarnai itu identic dengan kegiatan bermain untuk anak kecil. Yes, mewarnai memiliki banyak manfaat buat orang dewasa. Carl Jung, seorang psikolog sekaligus tokoh psikologi analitis (1875-1961), telah menerapkan terapi mewarnai bagi pasien yang memiliki masalah psikologis. Tujuannya adalah untuk membuat pasien tenang dan lebih fokus. Mewarnai membuat pusat rasa takut di otak menjadi santai sehingga otomatis membuat kita lebih rileks. Untuk anak, manfaat mewarnai adalah melatihnya untuk fokus serta mengembangkan motoric halusnya.

color to life faber castell


Sekarang ini banyak kok dijual buku mewarnai untuk orang dewasa. Biasanya gambarnya lebih detail, tidak sesederhana buku mewarnai untuk anak. Nah, karena saya pemula, saya lebih suka mewarnai gambar yang tidak terlalu rumit seperti Colour To Life (CTL) dari Faber-Castell. Colour To Life sendiri merupakan inovasi terbaru dari Faber-Castell yang memadukan gambar secara konvensional dengan penggunaan teknologi Augmented Reality, yang membuat gambar yang diwarnai nantinya akan lebih hidup.

Colour to Life dilengkapi dengan 20 buah Connector pen sebagai alat mewarnai, buku mewarnai augmented reality yang berisi 15 lembar mewarnai, serta 5 karakter game yang berbeda-beda yaitu Giddy Up!, Pogo Boy, Dress Up Challenge, Balance Your Brain, dan Safe Flight. Seru banget karena dengan satu paket Color To Life bisa melakukan banyak hal dengan si kecil. Kebersamaan dengan anak jadi berkualitas dan tetap bernilai edukasi.

color to life faber castell

Langkah pertama menggunakan Colour To Life yaitu dengan mewarnai lembar mewarnai yang ada di buku augmented reality. Pilihan gadis kecilku sudah pasti yang ada gambar Barbie-nya deh. Tanpa basa-basi lagi, langsung dia mengambil connector pen dan mewarnai lembar kertas mewarnai bergambar Barbie. 

Sedangkan saya mewarnai lembar kertas bergambar seorang penunggang kuda. Harap dimaklum ya, saya kurang rapi dalam mewarnai. Tapi saya suka mewarnai dengan menggunakan pattern seperti yang ada di contoh di kemasan Colour To Life, karena jadi tidak terlalu cape namun jika dikerjakan dengan baik hasilnya bisa bagus dan menyegarkan mata yang melihat.

color to life faber castell

color to life faber castell

Selanjutnya, kita perlu download aplikasi Colour To Lite di Play Store atau dengan cara scan kode yang ada di kemasan Colour To Lite. Lalu scan gambar yang sudah kita warnai. Posisinya harus lurus minimal 30 cm sampai muncul warna hijau. Setelah itu, gambar yang kita warnai akan terlihat hidup karena berubah menjadi bentuk tiga dimensi di layar handphone kita. 

color to life faber castell
 
color to life faber castell

color to life faber castell

Kita juga bisa memainkan game sesuai dengan gambar yang kita warnai. Setelah discan, pilih game dan mainkan gamenya bersama si kecil. Adik Ra suka banget dengan game Dress Up Challenge dari Colour To Life. Permainan ini melatih memori anak. Game akan memperlihat manekin yang sudah didandani. Lalu nanti anak akan diminta mendandani manekin sesuai pakaian yang sebelumnya dikenakan. Permainan ini juga melatih bahasa Inggrisnya karena jenis pakaian dan aksesoris dalam permainan ini disajikan dalam Bahasa Inggris.

color to life faber castell
 
color to life faber castell


Mau selfie dengan karakter gambar yang telah kita warnai juga bisa loh, dengan menggunakan fitur kamera setelah gambar di scan. Karakternya bisa diputar sesuai dengan posisi yang diinginkan. Adik Ra langsung berpose dengan karakter kesukaannya seolah sedang mengobrol :)


color to life faber castell

color to life faber castell
  
Seru kan, anak jadi terlatih memadukan warna, berimajinasi, dan berlatih menggunakan fitur-fitur yang ada di aplikasi Colour To Lite. Ibunya juga bisa jadi sedikit rileks dari pekerjaan rutin rumah tangga dengan mewarnai dan seseruan dengan anak. Oh ya, tempat pembelian Produk Colour to Life ada di Tokopedia, Gramedia atau toko buku terdekat lainnya. Selamat bersenang-senang!

Comments

  1. Asikk banget ya bisa bermain dan seru-seruan bersama anak tercinta..

    ReplyDelete
  2. Heheje seru ya, anak saya juga suka banget ama game ini.
    Kegiatan mewarnainya jadi ajang kerjasama dan curhat ama emaknya 😊

    ReplyDelete
  3. Seru banget, ya mbak. bukan hanya anak-anak aja yang suka tapi maminya juga suka, hihihi

    ReplyDelete
  4. Waktu ke Gramedia Pandanaran Semarang, aku lihat spidol ini dan aku suka. Asik ya mewarnai terus bisa jadi permainan yang mengasikkan. Nice sharing mbak.

    ReplyDelete
  5. Mewarnai itu emang seruuu, salah satu cara bikin rileks dan mengalihkan dunia anak dari gadget :D aku baru nyobain Faber Castell Colour to Life ini hahahah seruuu, nanti pengen nyoba mewarnai karakter yg lain, bareng2 Raya biar bisa seru2an bareng :D

    ReplyDelete
  6. Oh ada ya buku coloring dari Faber Castell. Baru tau aku. Mau nyari aahh ... Siapa tau dapet di deket sini

    ReplyDelete
  7. Hihi lucu ya bisa difoto berhadap-hadapan gitu.

    ReplyDelete
  8. Waaaahh seru bangeett ya mainan kekinian bersama Faber Castell, jadi pengin beli ni..

    ReplyDelete
  9. keren ya hasilnya kayak sungguhan... bakalan nggak bosen deh anak-anak main macam beginian... selain mengasah kreativitas mereka juga memiliki imajinasi yang bakalan bikin ortu takjub...

    ReplyDelete
  10. Wah, terobosan baru nih dr Fabel Castel, dalam hal mewarnai. Berkarya dalam imajinasi.

    ReplyDelete
  11. Huwaaaa... proses scan ini yang keren, mbak. Lha passs banget warnanya sm yg ada di buku. Anak pastinya bakal senang kalau lihat padanannya begini

    ReplyDelete
  12. Oh..jadi tau mba Kania, kenapa mewarnai bisa release stres..
    Selama ini aku kalau sedang gak enak mood, malah jangan disuruh mikir gittuu...

    Faber Castell bener-bner digemari dari anak-anak hingga orang dewasa.

    ReplyDelete
  13. Aku lihat review Faber Castell Color to life ini malah mupeng pingin beli untuk diri sendiri soalnya aku juga suka mewarnai dan emang bantu banget untuk rileks. Apalagi kalau sudah selesai mewarnai rasanya tuh puas gitu melihat hasilnya. Merek Faber Castell ini emang top untuk urusan mewarnai, anak-anak di rumah juga pakai pensil warna Faber Castell dan di sekolahan juga disediakannya merek ini,

    ReplyDelete
  14. Unik ya, dia ngikutin pola pewarnaan dibuku juga. Punya za&Ra polos minimalis enak diliat. Punyaku byk arsirannya lucu🤣

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Alhamdulillah, Saya Sudah 2 Kali Operasi Caesar

Wirda Mansur, Anak Muda Inspiratif dan Nyentrik

Agar Ayam Matang Tak Berdarah

Menginap di Hotel Yang Ramah Anak di Bogor