Ramen Halal, Sehat, dan Enak, ya Michiyo Ramen!



Siapa yang tak kenal ramen, hidangan mi dari Jepang ini mulai dikenal di Indonesia. Hal ini ditandai dengan munculnya restoran-restoran khas Jepang yang menyajikan ramen sebagai salah satu menunya. Festival budaya Jepang yang digelar di Indonesia kerap memperkenalkan ramen sebagai salah satu hidangan khas Jepang sehingga ramen semakin dikenal orang Indonesia. Di daerah Jepang sendiri, ramen memang dijadikan sebagai salah satu alat promosi wisata Jepang dan ramen di setiap daerah di Jepang memiliki kekhasannya masing-masing.

Saya sekeluarga kadang-kadang suka menonton tayangan kuliner jepang di channel Waku-Waku Japan, entah apa nama programnya saya lupa.  Dalam tayangan tersebut sang pembawa acara mencoba beberapa kuliner Jepang, salah satunya ramen. Cara orang Jepang makan ramen dengan cara diseruput sampai berbunyi begitu menggoda. Padahal kelihatannya ramennya sederhana sekali, hanya ramen, kuah, daging dan sayur sebagai toping. Mungkin ini juga yang membuat ramen jadi makin terkenal dan banyak orang ingin mencobanya. Cara orang Jepang memakannya membuat orang yang melihat jadi ngiler untuk mencoba ramen.

Ramen adalah mi hasil buatan tangan atau mesin yang diceburkan ke dalam mangkuk berisi kuah yang dibuat dari berbagai jenis kaldu (umumnya kaldu babi). Mi dibuat dari terigu dengan kadar gluten tinggi ditambah air dan bahan kimia lain seperti potasium karbonat, natrium karbonat dan kadang-kadang asam fosfat. Bahan-bahan kimia yang bersifat alkali mengubah sifat alami gluten dalam tepung terigu dan membuat mi menjadi kenyal sekaligus mengaktifkan senyawa flavonoid yang terkandung dalam tepung terigu sehingga mi berwarna kuning. Di atas ramen juga umumnya ditambahkan beraneka ragam toping seperti chasiu, menma, telur rebus, sayuran hijau, irisan daun bawang, nori, dan lain-lain.

michiyo ramen halal dan sehat
4 varian rasa  ichiyo Ramen
 
Sekarang sepertinya tak perlu jauh-jauh ke Jepang kalau ingin mencoba ramen, karena di Indonesia sudah ada ramen kemasan yang bisa kita beli di beberapa marketplace yang ada. Namanya Michiyo Ramen. Untuk umat Islam, tidak perlu khawatir karena Michiyo ramen sudah mengantongi sertifikat halal. Alhamdulillah, akhirnya ada ramen halal yang bisa saya cobain nih bersama keluarga. Logo halalnya bisa dilihat dengan jelas di bagian atas kemasan Michiyo Ramen.

MIchiyo Ramen adalah fresh ramen, bukan mie instan, karena tidak mengandung bahan pengawet sehingga menjadikannya lebih sehat. Michiyo ramen juga diproduksi dengan teknologi tinggi yaitu sterilisasi sehingga bebas dari bakteri. Michiyo Ramen diperoses tanpa melalui proses penggorengan sehingga menjadikan Michiyo Ramen lebih sehat karena zero trans fat. Lemak trans atau trans fat kurang baik bagi tubuh karena bisa meningkatkan koleserol jahat yang menyebabkan penyakit jantung. Makan Michiyo Ramen setiap hari rasanya jadi bebas khawatir Karena jaminan bebas bakteri dan zero trans fatnya. Maklum, kadang-kadang suka malas makan nasi setelah mengerjakan banyak pekerjaan rumah tangga dan inginnya makan makanan lain. Michiyo Ramen bisa jadi alternatif makanan sehat buat saya.

michiyo ramen halal dan sehat
Kelebihan Michiyo Ramen bisa dilihat di kemasannya, halal dan sehat
 
Michiyo Ramen menggunakan bahan pati kentang sehingga ramen lebih kenyal dan nikmat. Mi Jepang dengan gaya kekinian ini dilengkapi dengan toping daging asli yang menyesuaikan selera masyarakat Indonesia masa kini. Dagingnya nggak pelit, cukup banyak sehingga menjadikan Michiyo Ramen tambah enak dan kaya rasa. 

Ada 4 varian rasa Michiyo Ramen, yaitu Beef Teriyaki, Chicken Teriyaki, Beef Bolognese, dan Chicken Mushroom. Semuanya termasuk ramen tanpa kuah (dry). Ramen produksi PT Jakarana Tama yang berlokasi di Bogor ini kemasannya cukup besar dibandingkan mi instan biasa, yaitu ber dimensi sekitar 26 cm X 17,5 X 4,5 cm dan berat bersih 185 gram. 

michiyo ramen halal dan sehat

michiyo ramen halal dan sehat
Michiyo Ramen Chicken Teriyaki, siap disantap :)
 michiyo ramen halal sehat

michiyo ramen halal sehat
Ramennya tertutup toping dagingnya karena saking banyaknya ..


Semua varian Michiyo ramen disertai bumbu-bumbu, irisan bawang, bumbu pasta dan daging, serta bahan pelengkap. Dari namanya, Beef Teriyaki, sudah pasti kita bisa menebak kalau ramen ini dilengkapi dengan daging sapi dan bumbu teriyaki. Begitu juga dengan Michiyo Ramen Chicken Teriyaki, dilengkapi dengan daging ayam, irisan bawang Bombay, dan bumbu teriyaki. Kedua varian ramen tersebut dilengkapi dengan pelengkap berupa minyak wijen dan rumput laut. Buat yang tidak suka rasa asin rumput laut, mungkin toping ini bisa diskip karena rasa asin dari pelengkap rumput lautnya lumayan terasa dan membuat Michiyo Ramen Beef Teriyaki serta Chicken teriyaki makin kaya rasa.

michiyo ramen halal dan sehat
michiyo ramen halal dan sehat
Michiyo Ramen Chicken Mushroom
michiyo ramen halal dan sehat

michiyo ramen halal dan sehat
Michiyo Ramen Beef Bolognese












Michiyo Ramen Chicken Mushroom dilengkapi dengan daging ayam dan jamur serta pelengkap berupa daun bawang kering. Sedangkan Michiyo Ramen Beef Bolognese dilengkapi dengan pasta daging sapi dan bawang Bombay serta keju. Daging dalam Michoyo Ramen cukup banyak, bisa dilihat sendiri di gambar, ramennya sendiri jadi tidak terlalu terlihat. Puas banget deh makannya

Untuk menyajikan Michiyo Ramen, tinggal ikuti saran penyajian di belakang kemasan. Ramen direbus dalam air mendidih sekitar 2 menit. Lalu rendam bumbu pasta dalam air mendidih selama 2 menit. Tuangkan ramen dan bumbu-bumbu ke dalam piring atau mangkuk, lalu aduk rata. Tuangkan bumbu pasta di atasnya dan taburkan bahan pelengkap. Menyajikan ramen cukup mudah dan praktis kok. Saya menambahkan sayuran yang ada di rumah untuk pelengkap lainnya agar makan Michiyo Ramen makin enak. 

michiyo ramen halal dan sehat


Dari keempat varian Michiyo Ramen yang sudah saya coba, saya paling suka Michiyo Ramen Chicken Mushroom. Menurut saya, rasanya pas dengan lidah saya dan saya memang suka dengan jamur. Kekenyalan Michiyo Ramen juga pas. Ramen yang terlalu kenyal justru akan sulit dinikmati, menurut saya. Oh ya, Michiyo Ramen juga tidak terlalu pedas jika bubuk cabenya ditambahkan ke ramen. Anak-anak saya bisa menikmati Michiyo Ramen tanpa merasa kepedasan. Kalau saya ingin tambah pedas, tinggal tambahkan cabe segar atau cabe bubuk yang ada di rumah. 

Sebagai penikmat kuliner, saya cukup gembira dengan hadirnya Michiyo Ramen. Harganya memang cukup premium, sekitar 25 ribu per bungkus. Tetapi sebanding lah dengan porsi, rasa, dan kelebihan lain yang didapatkan. Ramen halal, sehat, dan enak, ya Michiyo Ramen.

Comments

  1. kenapa sih Michiyoo, slalu bikin kebayang2 utk dimakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dibayangin mba, langsung beli lagi hehe

      Delete
  2. Aku mau repurchase ke sekian kalinya kayaknya, saking enaknya hahaha.

    ReplyDelete
  3. Kalau Mie nya fresh begini makin berselera makannya. Mba ini mie direbus pakai air panaskan dulu atau langsung cemplung?

    ReplyDelete
  4. Mbaa, dari penampilannya aja udah beneran bikin ngiler banget nih mba. Soal harga ya pas ama penampilannya ya

    ReplyDelete
  5. Saya suka Michiyo Ramen, kenyang, topingnya banyak pula

    ReplyDelete
  6. Ramennya enak dan punya pilihan rasa yang nggak pasaran. Porsi besar dan topping melimpah, nikmat!

    ReplyDelete
  7. Gak usah ke restoran deh kalo gitu, masak Michiyo ramen aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Michiyo udah ada jaminan halalnya

      Delete
  8. bener mba sebanding dengan harganya btw kesukaan kita samaa..chicken mushroom!hehe

    ReplyDelete
  9. Akhirnya ada alternatif pilihan Mie Ramen yang Halal selain merek yang biasa saya konsumsi selama ini. Btw, ma kasih buat sharingnya ya Bang.

    ReplyDelete
  10. Penasaraaaan! :). Dibanding udon, sebenernya aku paling sukaaaa bgt ramen. Krn kuahnya lbh gurih. Tp pas di jepang lalu aku ga bisa makan ramen samasekali krn ga nemu yg halal. Rata2 kuahnya dr kaldu babi. Pdhl pgn rasain kalo ramen asli jepang seperti apa.

    Ntr mau coba cari mie ramen ini deh. Dr penampakan toppingnya itu loh menggoda banget.

    ReplyDelete
  11. Duuuhhh jadi pengen yang chicken mushroom juga mbak, kmarin ragu mau nyobain yang teriyaki apa yang mushroom duluan.... hihihi....

    ReplyDelete
  12. Aku tuh penyuka bolognese, ngeliat ramen ada varian bolognese jadi penasaran deh dengan rasanya 😃

    ReplyDelete
  13. Dagingnya itu banyak dan asli yaa... jadi ketagihan makannya.

    ReplyDelete
  14. mienya kenyel, aku suka banget pas gigitnya.. hihi

    ReplyDelete
  15. aku suka semuanya sih ini enak banget dan toppingnya mantab. favorit yang beef teriyaki

    ReplyDelete
  16. saya biasa beli mi ramen yang model mi instan, kalau lihat ini yahh beda jauh memang mbak, dan nampaknya dari rasa pasti menjanjikan kelezatannya.

    ReplyDelete
  17. Enaaaak, mau lagiiiii, semua rasa punya keunikan sendiri2, jd favorit ke keluargaku nih Michiyo ini :*

    ReplyDelete
  18. Iya chicken dan juga beef teriyakinya enak ini. Bumbunya gurih dan agak manis, kayaknya dari kecapnya beda deh, lebih enak. Kalau yang best tetap saya suka yang beef bolognese :D

    ReplyDelete
  19. Ya ampuuuun cuma ini nih yg blom aku cobain, yg lain udah semua. Baru kali ini loh ngerasain makan mie berasa kentang, dan ini juara bngt, sumpah nagih...

    ReplyDelete
  20. Masih dibungkus aja kelihatan kalau ramennya lembut :)

    ReplyDelete
  21. Michiyo ini emang ramen juara mbak, udah zero trans fat, gak pakai pengawet, halal pula :D

    ReplyDelete
  22. Biasanya kalau denger kata ramen, yg pertama terbanyang tuh kata ga halalnya, jadi kalau nemu produk ramen yang halal tuh rasanya hepi banget.

    ReplyDelete
  23. Topping irisan dagingnya banyak banget mba, aku naksirr pengen langsung cobain Michiyo Ramen *_*

    ReplyDelete
  24. Senengnya ya anak-anak juga bisa menyantap ramen ini. Anak-anakku ketagihan. Semoga segera ada di supermarket.

    ReplyDelete
  25. aku paling suka sama yang beef teriyaki, itu daging beneren ga tanggung2 ya

    ReplyDelete
  26. juara banget dah ramen ini, ga berasa makan mie instan hahahaa :) mie nya beda, bumbunya melimpah

    ReplyDelete
  27. Kalau aku yang jad Favorite pertama Chicken Teriyaki, yang kedua Beef bolognese hehehe. Bumbunya pas dan perpaduan toppingnya bikin makin nikmat, tinggal tambahin sayur biar gizinya makin komplit :)

    Ramen Michiyo ini teksturnya emang lebih lembut sih, suka deh pokoknya!

    ReplyDelete
  28. Mie sehat dimasak pakai sayur mayur yang sehat, uhmm jadi nggak perlu lagi ngerasa was was ya pas makan mie

    ReplyDelete
  29. ramennya ngenyangin. Paporit aku tuh Chicken teriyaki, chicken mushroom, sama beef teriyaki. Itu endeus surendeus bambang sutedjo!

    ReplyDelete
  30. Wuahh enak banget plus tambahan sayurnya akuu sukak banget. Jadi tetep sehat pake sayur

    ReplyDelete
  31. aahhh ramen halal... tanpa pengawet pula ya mbak

    ReplyDelete
  32. Pas aku buka bungkusnya, aku mikir hah kok dikit banget, pas dicoba makan sampe abis, kenyang buangetttt hahaha enaaaaak

    ReplyDelete
  33. Iya salah satu ketakutan aku kalau makan ramen adalah kehalalannya karena emang aslinya pakai kuah B2 ya mbak. Tapi pas tahu ada ramen halal dan sehat pula duuh langsung bahagia banget. Wajib banget dicobain nih.

    ReplyDelete
  34. Saya..saya..saya dari keluarga pencinta Mie segala bentuk. Asik..nambah lagi nih rekomendasi mie yang halal buat dinikmatin. Dan anehnya kenapa Mie Ramen instan ini rasanya beda dan selalu bikin kangen :D

    ReplyDelete
  35. Yeaaay aku suka banget ada ramen halal yang gampang dimasak :D

    ReplyDelete
  36. Halalnya itu lhooo jadi bikin makin nikmat makan Michiyo Ramen, di samping toppingnya yang melimpah

    ReplyDelete
  37. Mienya gede bangeeet. Nggak sabar buat nyobain jugaaa.

    ReplyDelete
  38. Aku baca penjelasan tentang ramen koq kayanya ribet dan mengkhawatirkan ya hehehe...tapi serius ramen ini beda dari ramen kebanyakan? trus enak? duh jadi mau nyobain.

    ReplyDelete
  39. Jarang-jarang ya mba ada ramen instan yang toping-nya udah 1 set gini. Ga repot beli-beli daging lagi deh. Praktis

    ReplyDelete
  40. Yummy... jadi ngiler lihat postingannya...

    ReplyDelete
  41. enak aja gak cukup sih ngeliat sehat dan halalnya lanjut lah santap terus

    ReplyDelete
  42. Dari 4 rasa ini, yang paling recomended yang mana, Mba?

    ReplyDelete
  43. wih mantul (mantap betul) praktis banget nih dan bikin kenyang nih kayaknya

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Alhamdulillah, Saya Sudah 2 Kali Operasi Caesar

Wirda Mansur, Anak Muda Inspiratif dan Nyentrik

Agar Ayam Matang Tak Berdarah

Menginap di Hotel Yang Ramah Anak di Bogor