Friday, April 29, 2016

Berkreasi Dengan Manik-manik (Beads)


Kegiatan merangkai manik-manik adalah kegiatan bermain yang baru buat Ra. Merangkai manik-manik atau disebut beading banyak manfaatnya untuk anak, salah satunya bisa melatih motorik halus anak. Biasanya untuk melatih motorik halus Ra yang berusia 4,5 tahun, kegiatan yang saya berikan untuk Ra yaitu menggunting, menempel, menggambar, mewarnai, dan menulis. Jadi, saat saya beritahu Ra bahwa kita akan merangkai manik-manik untuk membuat kalung dan gelang, Ra cukup senang dan antusias.



Bead set yang saya pakai yaitu ELC Bead Set Create Beautiful Jewelery. ELC Bead Set terdiri dari 7 toples kecil berisi manik-manik (beads) dari bahan plastik dengan berbagai warna dan bentuk. Ada yang berbentuk bola, bintang, hati, kupu-kupu dan yang lainnya.  1 toples kecil lainnya berisi 2 buah string (tali elastis) sepanjang masing-masing 50 cm lebih.

 
ELC bead set

Cara merangkai beadsnya, pertama-tama siapkan stringnya dulu. Ra mau membuat sebuah kalung, jadi string dengan panjang 50 cm lebih itu sudah cukup dan tak perlu dipotong. Sebelum Ra memasukkan string ke lubang beads, saya bantu ia membuat simpul mati di ujung string agar beads tidak lepas. Lalu Ra sendiri yang memasukkan satu persatu beads-nya. Aaah, saya ikutan senang saat Ra berhasil merangkai beadsnya dan membuat kalung sesuai kreasi yang diinginkan. Saat string sudah penuh dengan beads, kembali saya bantu mengikat string dengan simpul mati.

Tahu tidak apa yang terjadi setelah saya mengikat string? Ternyata saya tak cukup memastikan string sudah terikat kuat. Jadi ketika Ra memasukkan kalung ke lehernya, ikatan simpul string mengendur dan beads-nya sebagian berjatuhan ke lantai. Syukurlah Ra tidak bersedih. Malah sebaliknya, dia semangat merangkai beads yang terlepas. Memang pengalaman pertama biasanya selalu berkesan. Mungkin itu yang dirasakan Ra karena ini adalah pengalaman merangkai beads pertamanya. Dari ekspresi wajahnya, saya yakin Ra senang punya kalung beads yang ia rangkai sendiri.


Selain untuk melatih kemampuan motorik halus, Ra juga bisa mendapatkan manfaat lain dari mainan ini. Ra belajar matematika dengan menghitung berapa beads yang ia rangkai dan mengenal berbagai bentuk beads. Dari sisi psikologi, Ra juga belajar bersabar, konsentrasi, dan berfikir bagaimana caranya memasukkan string ke lubang beads. Ra belajar mengasah kreatifitas membuat kreasi kalung dan gelang yang diinginkan. Ra juga belajar melatih kekuatan tangan, genggaman jari, dan koordinasi tangan-mata.

Coba juga yuk bikin kalung dan gelang dengan beads bersama si kecil. Kalau terlalu berat untuk membeli bead set, bisa membuat beads dari kertas atau playdoh buatan sendiri. Cara membuat beads dari kertas atau playdoh bisa gooling di internet. Mungkin nanti jika saya sempat membuatnya akan saya share di blog ini.

13 comments :

  1. Wah, keren, itu misal d jual k warung warung bisa jd usaha tuh

    ReplyDelete
  2. wah serunya bermain beads, anak saya juga udah sering merengek - rengek minta dibeliin ini. Tapi dengan pertimbangan adiknya yang masih suka memasukkan benda apapun ke mulut, jadi kita sebagai orang tua belum kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, mainan ini utk anak yg lebih besar sekitar 3-10 th

      Delete
  3. Wah seru banget ya bisa maen beads .... Saya malah baru tau kalo ada mainan seperti itu ,,, hehhe ,,, maklujm saya orang desa jadi mainya ya kalo gak di sawah ya di pohon wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. bsgud ko main di sawah dan manjat pohon, sy juga generasi main di sawah dan manjat pohon :D

      Delete
  4. dulu suka merangkai manik-manik, sekarang udah ggpernah lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya malah baru pertama kali nih mba sama anak. ternyata beading juga punya banyak metode yang rumit ya :)

      Delete
  5. melatih motorik si anak juga ya mbak untuk meronce seperti ni

    ReplyDelete
  6. Jangankan anak2, saya yang udah dewasa aja masih suka mainan beads mba hihihi.
    Seruuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya mba saya liat di yutub seru bgt merangkai beads dg berbagai teknik

      Delete
  7. Calon anak yang kreatif ya mbak... Ohya mbak, udah ikutan lomba blog Paybill.id? Katanya menarik hadiahnya hehe ini link-nya http://bit.ly/SatuBlogPaybill Semoga beruntung!

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...