Friday, January 2, 2015

Merekam Keceriaan Anak Melalui Foto dan Video



Salah satu media untuk mengabadikan kenangan bersama anak adalah foto. Sudah tak terhitung berapa banyak foto yang sudah saya buat untuk anak. Sebagian disimpan di kamera, handphone dan bahkan media sosial seperti facebook. Foto yang saya simpan di facebook, biasanya selain ingin memberitahu keluarga jauh kegiatan dan kabar saya dan anak-anak, juga tentu saja bisa menghemat memori handphone yang terbatas. Walau tak ada yang abadi di dunia ini termasuk internet, yaa setidaknya untuk saat ini internet bisa jadi pilihan untuk menyimpan gambar dalam waktu yang lama.

Anak-anak biasanya antusias jika melihat foto-foto lama mereka. Manfaat mendokumentasikan foto-foto anak yang saya rasakan:

  • Bisa mengetahui perkembangan mereka dari masa ke masa.

  • Mengingatkan akan berbagai kenangan yang indah dengan anak.

  • Bersenang-senang. Saat saya bersiap dengan kamera, anak-anak biasanya langsung beraksi dengan muka ceria, muka jelek, muka manis, dan sebagainya.

Selain foto, media lain adalah video. Ternyata ini lebih asyik, karena gambarnya bergerak dan ada suaranya. Sebagian video anak yang saya buat saya simpan di youtube, lagi-lagi lumayan untuk mengatasi memori handphone yang terbatas. Ibu blogger lain seperti mbak ShintaRies, bahkan membuat channel khusus untuk anaknya di youtube dengan tema jalan-jalan. Namanya AliyaRafiTube. “Cukup sederhana tapi ternyata membuat mereka senang” begitu kata Shinta Ries. Selain untuk seru-seruan, channel ini bisa dijadikan referensi tempat rekreasi anak bagi penontonnya.

“Mi, syuting film itu apa?”
“Mm, syuting film itu ada sekelompok orang bermaiin peran. Lalu dibuatkan videonya, lalu disiarkan di TV dan banyak orang menonton sehingga orang-orang itu terkenal.”
“Wah terkenal, kakak mau!”

Itu percakapan saya dengan Zaidan, anak pertama saya yang berusia 7 tahun, beberapa hari lalu. Saya Cuma tersenyum, tidak meng-amin-kan. Kalau menurut saya sih, terkenal atau tidak, yang penting jadi orang baik saja. Apa gunanya terkenal jika terkenal karena keburukannya. Kalau saya sih mengunggah video anak-anak di yotutube masih sebatas seru-seruan saja. Seneng saja kalau lihat anak-anak tertawa melihat tingkah mereka sendiri.

Beberapa video yang saya simpan di youtube bisa dilihat di sini.

Foto dan video hanya salah dua media untuk merekam keceriaan kita bersama anak-anak. Semua ayah dan bunda pasti suka mengabadikan kenangan bersama anak-anak mereka melalui dua media ini. Ya kan???

Ini kenangan saat Raissa masih gundullll

12 comments :

  1. Ekspresinyaaaaaa..ngegemesin bgd mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi...iya mak...kalo liat ini jadi ketawa lagi....:)

      Delete
  2. wahh jadi pengen bikin jugaa...anak2 suka liat video mereka di hp..bagus juga ya dikumpuln di utube..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak..saya sebatas have fun aja. Kalo liat video dr luar mungkin udah sampe promosi produk anak...

      Delete
  3. ya ampun makkk lucu banget itu foto bawah hehe..nyimpen foto atau video buat kenang2an kelak mereka besar..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak...kenang2an buat mereka kelak besar :)

      Delete
  4. Pipinya Dek Raissa pengen tak uwel2, lucu banget!

    ReplyDelete
  5. Ntar jadi priceless kalau dilihat lagi :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak..suka bingung jg foto yg berserakan gitu nhumpulinnya lg gimana..

      Delete
  6. Ah... teknologi sudah berkembang pesat. Kalojaman dulu... sebuah potret itu berharga banget. Nah sekarang, kita udah dimudahkan untuk merekam jejak kehidupan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya alhamdulillah ya mba udah ada teknologi yg memudahkan..

      Delete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...