Friday, January 16, 2015

5 Tips Agar Anak Mau Membaca Buku





Ini adalah note yang saya tulis di facebook pada tanggal 11 November2010. Saat itu saya masih bekerja sebagai tenaga pengajar. Sepulang bekerja, capek, saya seringkali membiarkan anak menonton televisi agar ia anteng. Setelah mengikuti pelatihan dari tempat mengajar, saya pun mendapat pencerahan tentang manfaat membaca buku terutama untuk anak. Berikut adalah 12 manfaat membaca buku untuk anak:
  • Menambah kosakata anak
  • Meningkatkan keterampilan berkomunikasi
  • Mengenal konsep baru, misalnya warna, bentuk, huruf, angka, dan lain-lain
  • Melatih kemampuan berpikir logis
  • Melatih konsentrasi karena membaca membutuhkan rentang perhatian yang cukup lama. Anak belajar bagaimana tetap dalam posisi tenang, mendengarkan dan memproses informasi agar diterima dengan baik.
  • Mengembangkan  imajinasi dan kreatifitas melalui bacaa tentang keanekaragaman kehidupan.
  • Membuka cakrawala dengan beragam informasi yang diperoleh dari membaca.
  • Siap menghadapi kehidupan nyata, karena anak sudah mendapat gambaran dari apa yang mereka baca.
  • Membangun hubungan erat orangtua dan anak melalui proses membacakan buku.
  • Membentuk pola perilaku dan nilai social melalui bacaan yang mengandung pendidikan karakter.
  • Menumbuhkan minat baca.
  • Menigkatkan prestasi akademik bagi mereka yang sudah terbiasa membaca buku sejak dini.

Zaidan sukaaa banget baca buku ini ^^


Kedua anak saya suka membaca. Namun setelah mengenal gadget, kegiatan membaca mereka berkurang. Maka saya harus menerapkan berbagai tips agar mereka rajin lagi membaca. Ini 5 tips saya agar anak mau membaca buku:
  • Memberikan hadiah jika hari ini mau membaca buku. Biasanya hadiahnya berupa makanan atau boleh bermain gadget dalam waktu yang ditentukan. Ada buku tentang Nabi Muhammad yang dibelikan ayahnya dan belum Zaidan sentuh sama sekali. Maka (hari itu) Zaidan dibolehkan main gadget, asal menyelesaikan dulu buku tentang Nabi Muhammad.
  • Membelikan buku yang menarik minat mereka. Zaidan sedang suka serial Dooly si anak Dinosaurus. Alhamdulillah punya suami yang juga cinta buku. Saat Zaidan menginginkan seri ini dan kami ada rejeki, kami pun tak ragu membelikannya. Bukunya kocak dan banyak pengetahuan yang bisa diambil. Membelikan buku tak harus yang baru, kadang kalau kita sekeluarga sedang jalan-jalan ke kios buku bekas di pasar dekat rumah, buku bekas pun kami beli. Tentu yang kondisinya masih bagus. Untuk Raissa, 3 tahun, apapun bukunya asal ada gambar menarik, dia suka.
  • Memberikan reward berupa buku, misalnya saat nilai ujian bagus maka hadiahnya buku.
  • Ada waktu khusus untuk membaca, misalnya setelah shalat magrib. Kegiatan yang boleh dilakuakn dalam waktu ini adalah membaca dan mengaji.
  • Matikan televisi agar mereka lebih bisa konsentrasi membaca.

Sejauh ini tips ini saya lakukan dengan pasang surut. Semoga saya bisa konsisten. Saya berharap bukan saja anak-anak saya yang rajin membaca, tapi anak-anak Indonesia umumnya.

Harapan Untuk Meningkatkan Minat Baca di Lingkungan Tempat Tinggal

Lingkungan tempat tinggal saya itu komplek perumahan. Saya tidak meragukan bahwa lingkungan ini berpendidikan dan berkecukupan secara ekonomi. Membeli sebuah buku tentu sangat terjangkau bagi lingkungan ini, insyaallah. Namun, lingkungan ini dikelilingi oleh rumah-rumah penduduk yang ekonominya biasa saja, masih mengontrak, anak di sekolah negeri yang biayanya gratis. Membeli buku bagi golongan ini mungkin hal yang luar biasa.

Beberapa kali saya mendapat buku gratis. Tak banyak, namun karena kadang kami beli buku juga, pasti lama kelamaan lemari buku kami tak akan muat lagi. Ketika saya harus mengeluarkan sebagian buku saya karena overload, saya ingin masjid di komplek kamilah yang menerimanya selain anak cucu.

Kenapa masjid? Karena tak mungkin saya membuka taman baca di rumah. Rumah adalah tempat anggota keluarga istirahat setelah beraktifitas di luar rumah. Hampir setiap hari saya mengantar jemput anak saya ke masjid untuk les menghafal Alquran. Saya sepertinya tidak melihat masjid komplek memiliki perpustakaan. Padahal potensinya cukup besar. Banyak pelajar, mahasiswa, dan orang-orang terdidik lain yang tinggal di komplek ini. Anak-anak dari luar komplek juga banyak yang belajar mengaji di masjid. Sepulang mengaji, mereka bisa mampir ke perpustakaan sambil meminjam buku. Kalau repot setiap hari buka, 3 kali seminggu selama 1 jam mungkin cukup. 

Tapi…ini hanya harapan saya untuk jangka panjang. Tidak sekarang-sekarang ini karena bukunya pun masih seuprit.  Saya juga belum menyampaikan ide ini ke pihak pengelola masjid. Harapan ini setidaknya tetap menyalakan semangat saya untuk berburu buku gratis.



Sumber referensi: http://www.bimba-aiueo.com/12-manfaat-membaca-bagi-anak/


24 comments :

  1. asyik juga ya mak, jika di lingkungan masjid ada perpustakaan, walalupun perpus nya kecil, tapi pasti akan bermanfaat

    ReplyDelete
  2. Terimakasih atas partisipasinya. Telah dicatat sebagai peserta :)

    ReplyDelete
  3. Idenya bagus juga, Mba.
    Jarang ada perpustakaan di masjid yang dekat perumahan.

    ReplyDelete
  4. Saya kangen beli buku-buku bekas berkualitas, tapi disini nggak ada :(

    Sukses ngontes-nya mak :)

    ReplyDelete
  5. Sekarang juga sementara membimbing anak-anak agar cinta membaca. Semoga sukses GAnya ya mbak. Jadi tertarik buat ikutan juga. Semoga sempat membuat postingan :)

    ReplyDelete
  6. Buku bukan hanya jendela ilmu, tetapi jendela dunia yang selalu menunggumu :D

    Salam kenal (tandapetik.com)

    ReplyDelete
  7. Iya Bunda, minat baca saat ini memang berkurang drastis... Terlebih di Kampung saya di pelosok Selatan Kota Cianjur.. kayaknya buku itu sulit masuk. Dan butuh penggerak untuk meningkatkan minat baca disana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena distribusi buku juga susah ya pa..

      Delete
  8. Gitu ya.. sejak gadget jadi tren, budaya membaca pun mulai ditinggalkan anak-anak.. Harus mulai disiasati ya Mak.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, harus disiasati gimna biar seneng baca lagi

      Delete
  9. perpus di masjid saya ga aktif :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya di mesjid besar yang aktif ya mba, karena ada petugas khususnya :)

      Delete
  10. menumbuhkan minat baca anak2 memang penting banget ya Mbak, aku juga kadang merasa kesulitan.. makasih tipsnya :)

    ReplyDelete
  11. wihihihi bagus nih mba, aku jadi dapet ilmu baru buat jadi ibu di masa depan. hehhehe
    salam kenal ya mba^^

    ReplyDelete
  12. Memang mengenalkan & membiasakan membaca sejak dini sangat perlu sekali. Semoga terwujud harapannya. Aminkan pula untuk harapanku yng kurang-lebih senada ya Mak... :)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...