Tak Perlu Mainan Mahal Agar Anak tersenyum

Memberi mainan banyak sekali manfaatnya buat anak. Ada mainan anak yang bisa mengasah motorik anak, mengasah keterampilan dan kreatifitas anak, dan yang pasti membuat anak senang. Kalau anak senang, berbagai informasi akan mudah diserap oleh anak. 

Mainan anak banyak sekali macamnya. Harganya juga ada yang murah dan mahal. beberapa mainan ada yang awet dan ada juga yang cepat rusak. Kadang suka sayang sekali kalau mainan cepat rusak dan akhinya jadi sampah. Makanya, sesekali kita coba membuat mainan dari bahan yang ada di rumah saja. Karena tak perlu mainan mahal agar anak tersenyum.

1. Plastik

Harga balon memang tak terlalu mahal biasanya. Balon yang biasa saja di tukang mainan harganya di kisaran ribuan saja. Tapi sesekali buat balon dari plastik yang ada di rumah seru juga loh, dari plastik bekas apa saja. Lalu bisa ditambahkan warna yang disukai dengan cara dicat. Pasti jadi kegiatan yang asyik dengan anak. Bisa juga ditambahkan tali, wajah, atau aksesoris lain sesuai kreatifitas dan bahan yang ada di rumah.

Ada paket yang datang ke rumah? Jangan buang bubble wrapnya ya, karena bisa dimainkan dengan cara ditekan sampai bunyi bersama anak. seru loh, hihi.



2. Kertas

Dari kertas banyak mainan yang bisa dibuat. Kertas bekas bisa digunakan untuk membuat bola-bola kertas dengan cara meremas-remas kertas bekas sampai menjadi bulat seperti bola. Bisa juga dengan membuat boneka spiral seperti di video berikut.


3. Stik es krim

Stik es krim bekas jangan dibuang dulu ya. Kita bisa membuat boneka puppet dengan menggunakan stik es krim, rumah-rumahan, dan mainan lainnya.


4. Sampah organik

Ingat waktu ayah bunda masih kecil? Kita mungkin pernah dibuatkan mainan mobil-mobilan dari kulit jeruk bali. Nah, coba deh buatkan juga buat anak ketika ada kulit jeruk bali di rumah. Kita juga bisa memanfaatkan cangkang telur untuk membuat kolase. Atau daun dan bunga kering untuk membuat lukisan yang cantik bersama anak.

5. Kardus bekas

Kardus juga bisa dimanfaatkan untuk membuat mainan anak. Seperti yang pernah kami lakukan dengan membuat mainan pinguin dari kardus, sembali belajar mengenal huruf.


Hm, kira-kira mainan apalagi ya dari bahan yang ada di rumah yang murah meriah namun tetap bisa membuat anak tersenyum bahkan tertawa? Share yuk di kolom komentar! Ayah bunda, tetap semangat ya jadi teman main anak!

Comments

Popular posts from this blog

Biaya Masuk SMP Islam di Tangerang Selatan

Usia Nanggung Bikin Bingung (Memutuskan Kapan Anak Akan Sekolah)

Berendam Air Panas di Grage Hotel & Spa Kuningan

Pertolongan Pertama Pada Anak Demam

Bermain Kartu UNO