Saat Engkau Sakit..

Sudah sering sakit gigi karena geraham sebelah kiri berlubang. Seperti minggu kemarin, aduuh, nyut-nyutan sampai sakit kepala. Rasanya tidak semangat dalam  melakukan aktivitas. Tidur pun tidak nyenyak dan sering terjaga setiap malam. Makan apalagi, tidak berselera. Anak-anak juga batuk dan pilek, membuat pekan kemarin kami banyak istirahat di dalam rumah.

Saat sakit itu memang tak menyenangkan, karen jadi mengganggu aktifitas. Tapi banyak hal yang bisa diambil hikmahnya ketika sakit. Saat sakit, sering sekali yang teringat adalah kematian, walaupun cuma sakit gigi. Duuh sakit gigi aja menderita begini, apalagi sakit saat ruh kita dicabut oleh malaikat maut. Dengan mengingat kematian, semoga kita banyak beramal soleh untuk bekal di hari akhir.

Saat sakit adalah saat diampuninya dosa bagi orang muslim. Sebagaimana disampaikan dalam hadist riwayat Muslim berikut ini: "Tidaklah menimpa seorang muslim suatu penyakit, keletihan, kepediahn, kesedihan, hingga kecemasan yang dirasakannya, melainkan dengan semua itu Allah akan menghapus kesalahan-kesalahannya."

Walaupun ada keutamaan sakit bagi seorang muslim, jangan biarkan tubuh kita sakit ya. Dengan mengalami sakit, badan kita menuntut haknya untuk beristirahat dari aktifitas yang berat. Maka penuhilah haknya dengan istirahat, makan dan minum yang bernutrisi, hilangkan pikiran buruk, serta mengonsumsi obat yang bisa mengembalikan tubuh kembali bugar. 

Jangan juga bermalas-malasan ketika sudah mulai membaik ya. Segera bangkit dan mulai beraktifitas lagi untuk meraih ridha-Nya. Semangat, dan jangan lupa berdoa meminta kesehatan setiap hari pada-Nya. "Allaahumma aafinii fii badanii. Allahumma aafinii fii sam'i. Allaahumma aafinii fii basharii. Laa ilaah illaa anta [Y Allah sehatkan badanku, Ya Allah sehatkan pendengaranku, Ya Allah sehatkan penglihatanku, Tiada Tuhan selain Engkau]"


saat engkau sakit
Sumber gambar: pixabay



Comments

Popular posts from this blog

Biaya Masuk SMP Islam di Tangerang Selatan

Usia Nanggung Bikin Bingung (Memutuskan Kapan Anak Akan Sekolah)

Berendam Air Panas di Grage Hotel & Spa Kuningan

Pertolongan Pertama Pada Anak Demam

Bermain Kartu UNO