Memanfaatkan Kardus Bekas



Sampah merupakan masalah yang penting dan perlu diperhatikan. Terpikir nggak sih, gunungan sampah yang kita liat di tempat pembuangan sampah itu lama-lama akan bertambah banyak dan menyebabkan berbagai masalah. 


Semua bencana yang terjadi di sekitar kita pasti ada ulah kita manusia. Sampah ini adalah salah satu masalah yang menyebabkan bencana banjir, misalnya. Jadi langkah kecil apapun mesti kita lakukan dari rumah untuk mengurangi sampah, atau mengolahnya dengan baik. 


Masalah sampah ini masalah yang besar sih. Mau bicarain sampah di rumah tangga aja dulu, yaitu salah satunya kardus. Karena saya kadang suka belanja online, tentu saja dapat sampah-sampah kardus kan dari pembungkus paket yang datang. 

Memanfaatkan kardus bekas



Solusi yang mudah kalo di rumah tangga sih ya saya kasih ke pemulung, karena bisa dijadikan penghasilan bagi mereka setelah mereka jual kardus tersebut. Kalau mau kita jual sendiri juga bisa sehingga kita bisa dapat penghasilan. Tapi memang harus dikumpulkan dulu ya biar sekalian banyak, jadi butuh tempat yang memadai. Kardus bekas biasanya dicari orang atau perusahaan untuk dipakai membungkus paket atau didaur ulang dan dijadikan berbagai barang bermanfaat lainnya. 


Cara lain memanfaatkan kardus bekas dengan dibuat berbagai kreasi di rumah. Nah, saya tuh orang yang paling nggak kreatif selain karena gak ada waktu untuk membuat kreasi dikarenakan ada anak batita. Tapi, pengen banget memanfaatkan kardus bekas di rumah. 


Kardus bekas bisa di manfaatkan untuk membuat berbagai kreasi, diantaranya adalah sebagai berikut. 


1. Menndekorasi ruangan. 


Daripada membeli barang baru, menggunakan kardus bekas akan bisa menghemat dana. Waktu saya masih mengajar di sekolah alam, hampir semua dekorasi ruangan kelas dibuat sendiri oleh guru menggunakan salah satunya kardus bekas. 

Memanfaatkan kardus bekas



Di salah satu tayangan youtube mengenai dekorasi (saya lupa channelnya) saya juga melihat pemilik channel membuat meja dari kardua, namun kemudian dilapisi taplak cantik sehingga kardus tak terlihat. 


Kardus bekas bisa juga untuk menutupi kekurangan di ruangan. Kalau ada lubang atau goresan di dinding bisa ditutupi dengan kardus bekas yang terlebih dulu dihias dengan berbagai karakter. 


2. Membuat berbagai alat belajar anak


Alih-alih membeli mainan atau alat belajar anak, bisa juga membuat sendiri mainan atau alat belajar anak. Kardus bekas bisa dikreasikan menjadi berbagai mainan seperti mobil-mobilan, kapal-kapalan, dan lain-lain. 


Dulu waktu anak kedua masih kecil, saya pernah membuat mainan pinguin dari kotak kardus bekas susu. Nanti ada huruf-huruf yang ditulis di kardus berbentuk ikan yang yang dimasukkan ke kotak penguin sebagai makanannya. Seru, belajar mengenal huruf sambil bermain, hemat pula karena bikinnya dari kardus bekas. 

Memanfaatkan kardus bekas
Poster anak jadi gak keriting karena diberi alas kardus


Baru-baru ini, saya memanfaatkan kardus bekas untuk alas poster edukasi. Saya punya poster anak Little Zam tentang Alquran. Tapi posternya menggulung terus, jadi anak mainnya gak karuan karena ngambek posternya menggulung terus. Saya cari cara biar posternya gak menggulung terus dan akhirnya poster saya tempel di kardus tebal dan saya beri gantungan. Yeay alhamdulillah, posternya gak keriting lagi dan anak happy karena bisa main dengan nyaman. 

 

3. Tempat buku dari kardus bekas


Punya kardus yang tingginya lebih banyak daripada panjang dan lebarnya? Bisa dibuat tempat buku nih. Cukup potong segitiga bagian atasnya, lalu hias dengan kertas kado atau hiasan lainnya sesuai bahan yang ada di rumah. 


Kebetulan saya udah ada tempat buku seperti disebutkan di atas, hanya saja alasnya rusak. Jadi alasnya saya beri kardus tebal, dilem dan diberi selotip biar kuat. Lalu saya hias dengan kantong goody bag bekas dan hiasan dari kain flanel. Jadi tempat buku yang rusak bisa dipakai lagi. 

Memanfaatkan kardus bekas



4. Kotak penyimpanan barang dari kardus bekas


Kotak kardus bisa dijadikan kotak penyimpanan berbagai barang di rumah. Kalau bisa, pilihlah kardus yang tebal agar awet. Bungkuslah kardus dengan tali yang dililit di semua permukaan kardus, atau bahan lain yang ada di rumah seperti kain bekas, kertas kado dan lain-lain. Lalu hias sesuai dengan keinginan. Kardus bekas pun jadi bermanfaat. 

Memanfaatkan kardus bekas



Comments

  1. Kardus saya dibikin macem2 juga sama anak saya.. biasanya tempat mainan. Tapi karena sering dimainkan jadi rusak juga kardusnya hehe

    ReplyDelete
  2. wahhh mayan banget yaa bisa bikin berbagai dekorasi dan peralatan penyimpanan dari kardus bekas mba, 3R banget nih

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Biaya Masuk SMP Islam di Tangerang Selatan

Pertolongan Pertama Pada Anak Demam

Agar Ayam Matang Tak Berdarah

Usia Nanggung Bikin Bingung (Memutuskan Kapan Anak Akan Sekolah)

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro