8 Bahan Alami Pengusir Tikus Secara Mudah Dan Ampuh


Tikus tidak hanya menjadi musuh para petani saja, tetapi juga menjadi hewan yang paling banyak diburu saat hadir di rumah. Memang kehadiran tikus didalam rumah membuat kurang nyaman. Pasalnya tikus seringkali merusak segala macam barang yang ada di rumah dengan cara menggigitnya. Mereka akan merusak kabel, pakaian, peralatan masak berbahan plastik, hingga bahan makanan. Tikus banyak menghabiskan waktunya di tempat yang kotor, lembab, dan bau, sehingga hewan tersebut bisa dengan mudahnya membawa berbagai penyakit ke dalam rumah. 

Memang tikus memiliki kelincahan yang luar biasa, sehingga membuat kamu harus berusaha lebih keras untuk menjebaknya. Tidak perlu bingung bingung dan repot, karena kamu bisa memanfaatkan bahan bahan alami yang ada di sekitaran rumah untuk cara mengusir tikus. Berikut dibawah ini 8 bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengusir tikus secara mudah dan ampuh, diantaranya yaitu :

Bahan alami pengusir tikus


1. Irisan Bawang Merah

Bawang merah mengeluarkan aroma khas dan tajam yang bisa membuat penciuman tikus menjadi kurang sedap. Jadi saat irisan irisan bawang merah tersebut kamu letakkan di sudut sudut ruang, maka akan membuat tikus enggan untuk berlama lama disana lalu akan segera pergi. 

2. Butiran Lada Hitam

Sama seperti irisan bawang merah, butiran lada hitam ini juga aromanya sangat menyengat yang bisa membuat tikus enggan untuk dekat dengan pintu. Rupanya biji lada mengandung senyawa piperin yang mengeluarkan bau menyengat yang membuat tikus terganggu.

3. Kulit Durian

Ternyata tikus tidak menyukai sedapnya wangi durian. Oleh karena itu setelah makan durian, jangan langsung dibuang kulitnya, karena bisa dimanfaatkan untuk mengusir tikus. Caranya mudah, kamu tinggal menyimpan kulit durian tersebut lalu meletakkannya di jalur yang sering dilalui tikus. Tunggu 2 hingga 3 hari, dijamin jebakanmu pasti berhasil. 

4. Baking Soda

Baking soda ternyata tidak hanya bisa dijadikan sebagai bahan pembuatan kue saja, tetapi juga sangat ampuh membuat tikus kabur dari rumah dan kapok balik lagi. Saat tikus menghirup bubuk baking soda tersebut, maka gas yang masuk kedalam tubuh tikus akan terperangkap lalu tidak bisa keluar melalui sendawa.  

5. Daun Mint

Ternyata kesegaran daun mint tidak disukai tikus. Kamu bisa mencampurkan daun mint dengan air lalu menyemportkannya langsung ke area yang sering dilalui tikus. 

Cara mengusir tikus


6. Cangkang Atau Kulit Telur

Untuk mengusir tikus juga ternyata bisa memanfaatkan cangkang atau kulit telur. Caranya mudah, kamu tinggal menghaluskan kulit telura lalu menaburkannya di tempa yang suka dilintasi tikus. Sebaiknya cara ini dilakukan dimalam hari supaya jebakannya tepat kena sasaran. 

7. Ramuan Saus Cabai Dan Deterjen

Untuk membuat kapok tikus juga bisa dengan cara memasukkan deterjen ke dalam wadah botol berisi air. Kemudian campuran saus cabai kedalamnya lalu kocok. Lalu semprotkan ramuan tersebut saat tikus muncul. Reaksinya bisa langsung dilihat, tikus yang terkena cairan akan langsung merasa kepanasan. 

8. Daun Salam

Dan terakhir cara ampuh lain untuk mengusir tikus adalah dengan memanfaatkan daun salam. Kamu hanya tinggal menyebar daun salam tersebut ke area yang sering disinggahi tikus. Saat tikus memakannya, daun salam tersebut bisa menyebabkan kematian pada tikus. Lakukan cara ini hingga semua tikus di rumahmu kabur. 

Selain itu masih ada bahan alami lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk mengusir tikus secara mudah dan ampuh yaitu daun sirsak, bubuk kopi, dan cengkeh. 


Comments

Popular posts from this blog

Biaya Masuk SMP Islam di Tangerang Selatan

Pertolongan Pertama Pada Anak Demam

Agar Ayam Matang Tak Berdarah

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Bermain Kartu UNO