Cara Membuat Nasi bakar teri


Bagi kalian orang Sunda atau Jawa makan sudah tidak asing lagi dengan hidangan yang memakai teri. Karena nasi bakar teri ini hidangan andalah ketika berkumpul dengan teman ataupun keluarga. Bukan cuma karena rasanya yang gurih dan beraroma rempah yang menggugah selera, ternyata cara membuat nasi bakar teri ini sangat mudah. nasi bakar teri bisa menjadi salah satu pilihan resep untuk meramaikan sajian nasi liwet. nasi bakar teri pun tidak ribet dibuat, karena nasi liwet ini hanya butuh satu lauk yang pasti lezat dan nikmat, yakni ikan teri. Cara memasak dari nasi bakar teri pun cukup mudah untuk dipraktikan.

Bukan cuma nasi bakar teri yang bisa kamu jadikan referensi hidangan untuk keluarga. Masakan lain yang patut untuk kamu coba yaitu nasi liwet khas Sunda. Nasi gurih yang dimasak bersama santan kelapa yang ditambah dengan lauk pauk yang khas Sunda bikin selera makan keluarga meningkat. Nasi liwet khas Sunda yang terkenal dengan tekstur yang pulen dan gurih ini merupakan hidangan yang sangat mudah untuk ditemukan di rumah makan dan di restoran. 

Nasi bakar teri

Sumber gambar: yummy.co.id

Nasi liwet ini umumnya disajikan dengan cara yang tradisional. Nasi liwet disajikan di dalam kastrol dengan tambahan tahu, tempe,ikan asin, sayur dan lainnya. Salah satu resep masakan yang dapat dicoba di rumah adalah nasi liwet ikan teri, nasi liwet yang dicampur bersama dengan bumbu dan rempah kemudian ditambah dengan ikan teri jadi menu yang sangat spesial dan istimewa untuk dihidangkan ketika berkumpul bersama. Jangan lupa disertai tambahan sambal dan lalapan yang menjadikan menu khas Sunda. 

Kamu bisa mencoba nasi liwet  khas Sunda yang spesial dengan tambahan ikan teri di rumah dengan memakai rice cooker. Untuk membuatnya tidak membutuhkan waktu yang lama, bahkan dengan bahan dan bumbu yang mudah untuk didapatkan. Berikut adalah cara memasak nasi liwet ikan teri memakai rice cooker di rumah.

Bahan Utama

·       1 liter beras Air

·       1 ons ikan teri, goreng, sisihkan

Bahan Bumbu

·       6 siung bawang putih

·       2 batang serai

·       5 lembar daun salam

·       Garam secukupnya

·       Penyedap rasa

 Bahan Pelengkap

·       Tahu

·       Tempe

·       Sambal Lalapan

Langkah pertama

1.       bersihkan beras terlebih dahulu, lalu sisihkan dan kupas bahan bumbu seperti bawang putih

2.       kemudian goreng sampai kering dan harum , lalu tiriskan

3.       Masukan air dan juga beras ke dalam rice cooker.

4.       Tips bagi kamu yang mau membuat nasi liwet sebaiknya usahakan untuk menambahkan air dari memasak biasanya.

5.       Lalu masukan ikan teri yang sudah digoreng.

6.       Tambahkan juga serai, daun salam , bawang putih, penyedap rasa, garam yang sudah di goreng ke dalam rice cooker

7.       Aduk hingga semua bumbu tercampur dan matang , kurang lebih waktunnya 30 menit.

8.       Nasi liwet pun siap disajikan. Nasi liwet ikan asin teri khas sunda ini sangat pas disajikan dengan sambal dan lalapan. Sambal terasi , sambal oncom atau sambal tomat adalah pilihan yang tepat untuk melengkapi menu utama nasi liwet.

Beberapa pilihan lalapan bisa dijadikan hidangan, misalnya dengan tambahan timun, seladah atau kol. Hidangan nasi liwet memakai rice cooker bisa lebih mudah untuk dibuat tanpa harus melupakan citarasa aslinya. Tapi bagi kamu yang ingin membuat menggunakan kastrol, beras dapat dimasak bersamaan dengan bumbu kemudian biarkan air hingga meresap ya.

Comments

Popular posts from this blog

Biaya Masuk SMP Islam di Tangerang Selatan

Pertolongan Pertama Pada Anak Demam

Agar Ayam Matang Tak Berdarah

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Bermain Kartu UNO