Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Rumah

 


 

Setiap keluarga pasti menginginkan untuk memiliki rumah sendiri. Berbeda dengan menyewa, memiliki rumah sendiri punya kelebihan diantaranya bisa lebih bebas dan leluasa untuk menata rumah sesuai keinginan.

Namun membeli rumah bukanlah hal yang mudah dilakukan. Banyak hal yang harus diperhatikan ketika kita akan membeli rumah, diantaranya:


mustika village sukamulya
Sumber: pixabay


1.                  Sudah cukupkah dana kita untuk membeli rumah?

Nah, ini yang penting ketika kita akan membeli rumah? Uangnya ada tidak? Bagi kebanyakan orang butuh bertahun-tahun untuk menabung demi membeli sebuah rumah impian. Oleh karena itu, harus pintar-pintar berhemat dan mengatur keuangan agar bisa menyisihkan dana untuk membeli rumah. Bersabar dan konsisten menabung adalah kuncinya untuk meraih impian membeli rumah impian.

2.                  Dimana lokasi rumah yang kita inginkan?

Perlu diperhatikan juga lokasi rumah yang kita inginkan. Apakah kita ingin membeli rumah di kota, pinggir kota atau bahkan di desa. Jika kita ingin lokasi rumah di kota, tentu saja dana yang harus disiapkan harus lebih banyak dibandingkan lokasi rumah di pinggir kota atau desa. Sehingga waktu yang diperlukan untuk mengumpulkan dana pun semakin lama.

Sebenarnya lokasi rumah di pinggir kota pun bukan pilihan buruk loh. Karena sekarang semakin banyak dibangun perumahan di pinggir kota yang terjangkau dengan berbagai fasilitas yang mendukung, termasuk fasilitas transportasi menuju pusat kota.

3.                  Rumah seperti apa yang kita tinggali?

Rumah seperti apa yang ingin kita miliki? Apakah yang banyak kamarnya, apakah yang atau bernuansa modern atau tradisional atau minimalis, dan sebagainya. Pikirkan rumah apa yang sesuai dengan kebutuhan kita namun dengan tetap memperhatikan nilai estetika.

Tren rumah minimalis bisa jadi pilihan loh, terutama untuk yang tinggal di kota dengan segala kesibukannya. Karena pemeliharaannya lebih mudah, lebih fungsional dan lebih bersahabat dengan bumi karena jadi minim sampah.

mustika village sukamulya
Sumber: pixabay


4.                  Lingkungan rumah seperti apa yang kita harapkan?

Lingkungan rumah yang akan kita tinggali penting juga diperhatikan. Pilihlah lingkungan yang baik karena lingkungan yang baik akan mempengaruhi kehidupan kita juga lebih baik. Apalagi dengan membeli rumah, kita pasti bermaksud untuk menetap di lingkungan rumah dalam waktu yang lama. Wah, jangan sampai deh kita mendapat lingkungan rumah yang buruk yang akan berdampak pada kehidupan kita dan keluarga.

5.                  Apakah rumah kita bebas bencana?

Ini juga penting diperhatikan, apalagi akhir-akhir ini sering terjadi bencana. Pilihlah lokasi rumah yang bebas banjir, bebas longsor, aman dari kebakaran, dan bebas bencana lainnya.

Bicara tentang rumah bebas banjir, saya punya informasi menarik tentang hunian bebas banjir di Cikarang, Bekasi, yaitu Mustika Village Sukamulya. Hunian ini dibangun diatas lahan seluas 35 hektar dengan total 3300 unit rumah yang memberikan konsep dan prinsip keseimbangan hidup yang berkualitas.

mustika village sukamulya
Sumber: mustikaland.co.id


Mustika Village Sukamulya memiliki Water Treatment Plan (Pengolahan Air Bersih mandiri), Taman Tematik seluas 3300m² dan danau seluas 4600m² yang menunjang ekologi bagi penghuninya. Hunian ini juga dilengkapi infrastruktur RoW jalan utama 14m dan RoW lingkungan 6 - 7m (40% lebih lebar) sehingga membuat kenyamanan tinggal serta sirkulasi udara yang baik bagi penghuninya.

Mustika Village Sukamulya berlokasi sangat strategis karena hanya berjarak 20 menit ke Stasiun cikarang dan Toll Cibitung Cilincing, serta dikelilingi sekolah, rumah sakit, pasar dan pusat belanja lainnya. Hunian ini berkolaborasi dengan Creed Group-Japan untuk mengembangkan rumah yang terjangkau mulai dari 160 juta, namun tetap memperhatikan kualitas.

Untuk yang sedang berburu rumah impian, Mustika Village Sukamulya bisa jadi pilihan nih. Silahkan kunjungi website resminya untuk informasi lebih lengkap!

 

Comments

  1. Sekarang banyak banget perumahan dengan harga yang murah, dan cicilan yang ringan. Tapi balik lagi, aku lebih pilih lokasi yang harus diperhatikan, udah dapat incaran nih, moga bisa kebeli. Aamiin

    ReplyDelete
  2. Aku dulu juga udah DP rumah pas ada seminar. Ternyata saat survei lokasi, kondisi jalannya susah banget, banjir selutut lagi. Ya udah aku minta balikin DP-nya. Untung aja DPnya bisa balik lagi krn emg perjanjiannya gitu.

    Urusan rumah ini emg jodoh2an sih ya. Kadang udah survei lokasi dan cocok aja, masalah di belakang pasti ada aja yg muncul. Tinggal kita pinter2nya cari solusi ya kak.

    ReplyDelete
  3. Mustika Village Sukamulya lokasinya strategis banget yah deket stasiun dan pusat keramaian. Apalagi di Cikarang kan pusat industri banget, jadi cocok nih jadi hunian impian.

    ReplyDelete
  4. Duhh bismillah bisa punya rumah impian yaah mbaa. aamiin. ini jadi salah satu desain impian juga sih. apalagi lokasinya strategis kayak gini

    ReplyDelete
  5. Cita2ku pengen punya rumah kecil aja. Ada halaman, dan gak mepet dinding sama tetangga.

    ReplyDelete
  6. Banyak hal yg jadi pertimbangan sebelum beli rumah, karena rumah kan hunian yg penting untuk kita tinggali jadi sebisa mungkin harus yang aman dan nyaman

    ReplyDelete
  7. Makasih ya tipsnya, pengen juga sih tinggal di perumahan dengan sistem yang keamanan dan ketertiban yang lebih teratur, apalagi Sukamulya Village punya sistem pengolahan air mandiri jadi antibanjirbya

    ReplyDelete
  8. Point nomor 5 kudu jadi perhatian serius, terutama untuk kawasan perumahan bebas banjir ya kak.
    Perumahan Mustika Village Sukamulya boleh banget jadi pilihan hunian nih, apalagi yg kerja di Cikarang dan sekitarnya.

    ReplyDelete
  9. wah aku langsung cek web nya mustika village sukamulya, mayan ya mba, cukup terjangkau karena harganya mulai dari 160 jutaan tuh

    ReplyDelete
  10. Lokasi dan dana otu penting banget ya kak. Kalau dana belum cukup sebaiknya jangan coba-coba. Khawatir cicilan mandek di tengah jalan

    ReplyDelete
  11. Sepakat sekali Mbak, awalnya saya sendiri beli rumah yang lokasinya jauh dari tempat kerja dan harus berlelah setiap hari kerja karena jauhnya. dan akhirnya harus pindah rumah lagi karena faktor kesehatan dan keselamatan tidak kalah pentingnya.
    Ternyata faktor lokasi juga menjadi hal patut dipertimbangkan saat membeli rumah

    ReplyDelete
  12. Penting banget memerhatikan kelima point yang dipaparkan kak Kania. Ini membuat kita perlu sangat matang mempertimbangkan membeli properti, terutama untuk ditempati agar nyaman dalam jangka waktu yang lama.

    ReplyDelete
  13. Membeli rumah di Indonesia memang harus mempertimbangkan risiko bencana juga... Jangan sampai memilih rumah di lokasi yang rawan banjir dan longsor ya...

    ReplyDelete
  14. yang pertama pasti saya akan pikirkan lokasi lingkungannya aman atau tidak, kedua bebas banjir atau tidak, keduanya sangat penting buat saya. lainnya juga penting tapi bisa dinego. semoga tahun 2022 jadi bangun rumah impian dengan pasangan

    ReplyDelete
  15. wah poin satu iya banget, karena poin di bawahnya mengikuti poin satu yakni budget hehehe..

    tapi aku berdoa agar memiliki rumah yang dikelilingi olehlingkungan yang baik dan bebas bencana karena dua poin ini mengindikasikan keamaman dan kenyaman srta tempat tumbuh anak2 kelak

    ReplyDelete
  16. Tipsnya sepakat banget, bisa jadi acuan pas mau beli rumah tepat banget..
    Jadi pengen beli rumahh 🤲😁

    ReplyDelete
  17. iya, pilih pilih rumah emang harus teliti ya mbak
    senang ya klo ada yg terjangkau seperti ini, tapi kualitasnya juga oke

    ReplyDelete
  18. Jaman sekarang bebas banjir jadi salah satu pertimbangan penting sih kalo memang lagi mencari hunian idaman, plus akses airnya juga penting tuh kalo buat saya pribadi

    ReplyDelete
  19. wah cantik dan asri rumahnya ya. Eh tapi emmang kalau pas mau beli rumah, hitung dulu, kita mampu membayar cicilannya apa tidak.

    ReplyDelete
  20. Paling penting memang kalau lokasi rumah impian itu berada di lokasi bebas banjir, ditambah akses buat kemana-mana juga dekat dan mudah.

    ReplyDelete
  21. Lagi hunting rumah nih, Kak. Hiks. Sedih banget kalau cari di dalam kota, harganya banyak yang tidak terjangkau. Jadi kami terpaksa harus nyari agak ke pinggir, hehe.

    ReplyDelete
  22. wah keren nih ada pengolahan air bersih mandiri, jarang banget ada perumahan kaya gini, apalagi bebas banjir, ini tuh jadi hal utama yang saya lihat mesebelum lihat hal hal lainnya

    ReplyDelete
  23. Ya ampun kayaknya impian banyak orang dan anak bisa beli rumah untuk dihuni yak. Akupun gitu, semoga aja semua usahanya bisa terwujud baik

    ReplyDelete
  24. Sepakat, memilih rumah seperti memilih jodoh. Harus dipertimbangkan dari berbagai sisi. Agar kerasan dan membuat betah. Selain harga, pertimbangan lingkungan dan lokasi juga penting. Termasuk ketersediaan air bersihnya juga... Mustika Village Sukamulya sepertinya oke tuh..

    ReplyDelete
  25. Penting banget memang mempertimbangkan lokasi rumah sebelum membelinya, kaya aku dulu memastikan kalau rumahnya bebas banjir. Maklum di kotaku kalau hujan, banyak lokasi yang banjir. Kan malas banget tuh kalau harus kosek2 lantai karena banjir.

    Btw, rumahnya terjangkau banget tuh harganya.. padahal biasanya di Jabodetabek harga rumah udah uwow2 banget ya.

    ReplyDelete
  26. Betul sekali, untuk beli rumah itu ada buanyak sekali yang harus diperhatikan, ya! Nggak cuma sekadar harga dan lokasi aja.. Tapi kemampuan dan juga faktor eksternal lain.. jangan sampai deh salah pilih rumah dan ujung-ujungnya menyesal.. huhu

    ReplyDelete
  27. Terjangkau banget harganya dengan fasilitas yang ada. wah, di Pekanbaru udah mahal-mahal banget rumaha seperti ini.

    ReplyDelete
  28. Memang betul, rumah sendiri rasanya lebih nyaman timbang ngontrak ya mbak. Apalagi kalau sudah punya anak kecil dan lebih dari satu mesti butuh space lebih besar.

    ReplyDelete
  29. Betul banget. Penentuan lokasi jd hal penting. Paling enak kalo lokasi dekat jalan besar gitu .. akses jd mudah kemana2. Gak kayak rumah saya di gang kecil sampe gak punya parkiran.. yaaah disyukuri saja lah

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Biaya Masuk SMP Islam di Tangerang Selatan

Pertolongan Pertama Pada Anak Demam

Usia Nanggung Bikin Bingung (Memutuskan Kapan Anak Akan Sekolah)

Agar Ayam Matang Tak Berdarah

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro