Dosis dan Peringatan Sebelum Meminum Obat Chlorpheniramine

 


Chlorpheniramine atau biasa di sebut dengan obat CTM merupakan obat untuk meredakan tanda - tanda ada penyakit  alergi yang mana hal tersebut bisa di akibatkan oleh makanan, obat obatan, gigitan serangga, terkena paparan debu, terkena paparan bulu binatang, atau  bisa dikarenakan serbuk sari. Obat ini juga di peruntukan untuk meringankan adanya tanda-tanda batuk pilek atau bisa disebut ( common cold ). Chlorpheniramine beroprasi di dalam tubuh dengan cara menghambat kerja histamine, yakni adalah campuran senyawa yang dapat menyebabkan adanya gejala atau tanda alergi di saat seseorang terjangkit zat atau bahan pemicu alergi ( allergen ).  Diantara  dampak alergi yang dapat di redakan dengan obat ini adalah ketika mata anda tersasa berair, hidung anda tersumbat, batuk serta gatal pada kulit, hidung, mata, dan tenggorokan.

obat chlorpheniramine


Ada banyak merk dagang  Chlorpheniramine :

·       Brontusin

·       Ceteem

·       Chlorpheniramine

·       Chlorpheniramine maleate

·       Cough en plus,

·       Etaflusin

·       Molexflu

·       Nalgestan

·       Omecough

·       Samcodin

·       Zacoldine

Obat ini juga merupakan golongan obat anthistamin dan mempunyai kategori obat yang menyembuhkan dengan bebas terbatas serta mempunyai manfaat ntuk meredeakan gejala alergi ( allergen ). Chlorpheniramine obat alergi ini di peruntukan untuk dewasa dan anak anak usia diatas 1 tahun, dan termasuk dalam kategori obat jenis B, dimana dilakukan studi pada binatang percobaan yang tidak memperlihatkan adanya resiko terhadap  janin, akan tetapi belum ada penelitian yang terkontrol pada wanita atau ibu ibu hamil.

Chlorpheniramine khusus untuk wanita atau ibu ibu hamil dan yang sedang menyusui harus mengkonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter kepercayaan anda. Kenapa demikian? Hal ini dikarenakan  Chlorpheniramine dapat menyerap kedalam asi, dan dapat menurunkan produksi ASI , maka dengan begitu ibu yang sedang menyusui balita harus tetap waspada serta berkonsultasi kepada dokter sebelum mengosumsi obat tersebut. Adapun untuk jenis jenis obat ini yang dikeluarkan yakni ada yang berbentuk tablet , kaplet, kapsul, serta sirup.

obat chlorpheniramine


Peringatan Sebelum Meminum Obat Chlorpheniramine

Di bawah ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengosumsi obat alergi ini

·       Ketika akan meminum obat ini jika anda alergi, konsultasi ke dokter  jika anda alergi terhadap Chlorpheniramine atau obat lain.

·       Obat jangan diberikan kepada anak anak dengan usia di bawah 2 tahun tanpa berkonsultasi terhadap dokter lebih dahulu.

·       Jika yang menderita asma, bronchitis, emfisema, diabetes, feniketonuria, penyakit jantung glukoma, penyakit  liver, obstruksi usus, lambung , pembesaran prostat, kejang atau kecanduan alcohol. Anda harus berkonsultasi juga terhadap dokter.

·       Beritahu dokter jika kalian sedang menggunakan obat, suplemen, atau produk  herbal.

·       Jangan mengosumsi  obat alergi jika kalian baru saja atau sedang menjalani pengobatan dengan monoamine oxidase inhibitors.

·       Berkonsultasi dan beritahu dokter jika anda ibu ibu hamil, ibu yang sedang menyusui atau merencanakan kehamilan 

·       Segera pergi menemui dokter apabila kalian mengalami reaksi alergi obat atau overdosis setelah mengosumsi  Chlorpheniramine

Dosis

Berikut ini adalah aturan pemakaian obat alergi :

·       Dewasa dan anak anak usia lebih dari 12 tahun : 4 mg tiap 4-6 jam , dosis maksimal 24 mg perhari

·       Anak usia 6-12 tahun 2 mg tiap 4-6 jam dosis maksimal 12 mg per hari

·       Anak usia 2-5 tahun 1 mg tiap 4-6 jam dosis maksimal 6 mg per hari

·       Anak usia 1-2 tahun 1 mg  2 kali sehari dosis maksimal 4 mg per hari.

 

 

 

 

 

 

 

Comments

Popular posts from this blog

Biaya Masuk SMP Islam di Tangerang Selatan

Pertolongan Pertama Pada Anak Demam

Usia Nanggung Bikin Bingung (Memutuskan Kapan Anak Akan Sekolah)

Agar Ayam Matang Tak Berdarah

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro